Skip to main content

Tips Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga yang tak Disuka



Kalau ditanya pekerjaan rumah tangga apa yang disuka, hihihi… dijamin, saya bakal agak lama mikirnya. Karena sebetulnya kalaupun saya kelihatan sering melakukannya, dasarnya karena nggak betah saja kalau melihat itu tidak dikerjakan. Jadi ya suka tidak suka, tetap harus dilakukan.

Mungkin ada kali ya ibu rumah tangga kayak saya yang sehari-hari di rumah, nggak kerja di luar rumah, tapi ngakunya kurang suka mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Kalau ada yang kayak gitu, sebetulnya ada tipsnya nih biar awalnya nggak suka, lalu jadi nggak terpaksa untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Caranya, yuk jawab beberapa pertanyaan berikut ini.

- Siapa yang mau melakukannya?

Kalaupun kita sedang tidak ingin melakukan pekerjaan rumah tangga, sedang nggak enak badan, sedang sibuk, atau jangan-jangan sedang malas, ya paling tidak kita mesti mikirin nih, siapa yang lantas bisa melakukan kegiatan tersebut.

Misalnya untuk urusan cuci-setrika, bisa dilempar (*deuh, dilempar deh bahasanya! Hahaha…) ke laundry. Atau kita bisa memanggil orang untuk melakukan urusan tersebut.

Urusan memanggil orang atau memiliki asisten rumah tangga memang bisa jadi solusi paling akhir ya. Selain, mungkin kita berbagi kegiatan tersebut dengan suami.

Kalau urusan memasak, bisa disiasati dengan beli. Meski kalau urusan itu untuk anak kecil, agak susah juga ya kalau beli. Mau nggak mau ya harus masak sendiri.

- Sampai kapan itu tidak ingin dilakukan?

Kadang ada waktunya kita kayak merasa sedang nggak ingin melakukan segala yang berurusan dengan rumah. Ehem, alih-alih dari istilah malas sih aslinya…

Nah paling tidak, perasaan nggak ingin melakukan kegiatan itu ada deadlinenya. Mau sampai kapan kita mendiamkan semua urusan pekerjaan rumah tangga?

Untuk mengusir rasa bosan, kita bisa refreshing dulu sebentar. Nonton drakor atau jalan-jalan sama anak barangkali bisa jadi selingan. Siapa tahu, selesai dari refreshing bikin kita jadi rajin mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

- Akan jadi apa kalau pekerjaan rumah tangga itu tidak dilakukan?

Ini dia yang suka bikin saya nggak jadi malas. Hahaha… Jadi kalau lihat segala yang nggak beres, lalu pertanyaan ini sampai terlintas di kepala, udah deh, langsung pasukan malas di kepala buyar seketika.

Dari sekian pekerjaan rumah tangga, kalau dirunut, ini dia sih yang bisa dibilang paling saya suka sampai ke yang paling tidak saya suka.

1. Mencuci

Saya tuh paling malas lihat pakaian yang numpuk di gantungan baju. Paling nggak suka tahu baju yang sedikit saja baunya sudah nggak enak. Langsung deh, blung, masuk ke wadah pakaian kotor!

Untungnya, saya agak hobi nyuci. Pekerjaan ini menurut saya yang paling ringan sih. Tinggal percayakan baju kotor pada detergen selama beberapa menit, angkat-turunkan baju di detergen dengan sedikit gucek, bilas, lalu jemur.

Apalagi kalau nyucinya pakai mesin cuci. Tinggal dibiarkan saja berputar di mesin dan bisa kita tinggal dengan mengerjakan hal lain.

Ada alasannya sih sebetulnya kenapa saya malas mempercayakan cucian ke laundry. Soalnya kalau kita nyuci sendiri kan bisa tahu, baju kita tercampur dengan baju lain yang sekotor apa, senajis apa, lalu kita pun tahu proses nyucinya biar bersih dan bebas dari najis.

2. Bersih-bersih

Nomor satu sampai tiga ini sebetulnya peringkatnya agak sama sih.

Seperti halnya ketidakbetahan saya kalau melihat pakaian yang numpuk di gantungan baju, saya pun nggak suka lihat hal yang nggak bersih di rumah. Bawaannya mesti sesegera mungkin saya bersihkan.

Bisa dibilang nomor dua dan nomor tiga ini hasil didikan orang tua terutama ayah saya. Ayah itu paling disiplin membiaskan kebersihan dan kerapihan di rumah. Jadilah ketika menikah, kebiasaan itu tertular ke saya.

Kalau kata teman saya yang sealiran OCD-nya, perempuan itu tercipta untuk cantik dan indah. Jadi mestinya jadi perempuan itu mesti suka bersih dan nggak boleh jorok.

3. Beres-beres

Kelar bersih-bersih, selanjutnya ya beres-beres. Kebiasaan ini tetap saya lakukan meski sudah ada anak.

Maksudnya, biasanya kalau ada anak kecil di rumah, banyak orang akan bilang, “Nggak apa-apa deh rumah berantakan. Yang penting anak bisa bereksplorasi.”

Okay, saya pun memang akan bilang hal yang sama. Tapi ada waktunya juga kan semua itu harus dibereskan dan nggak dibiarkan. Pun, nggak berarti juga kita jadi ibu yang harus melulu membereskan semuanya.

Saya sendiri sering mengajak si kecil sejak ia usia batita untuk membantu membereskan mainannya sendiri. Caranya, setiap ia mau bermain dengan mainannya yang lain, maka mainan yang sudah selesai saya minta untuk dibereskan terlebih dahulu.

4. Masak

Sebagai orang yang merasa tangannya kurang enak kalau dipakai mencipta masakan, saya sadar diri, dan akhirnya agak malas kalau disuruh masak.

Tapi bukan berarti saya jarang banget masak lho ya. Masak sih hampir tiap hari. Tapi tujuan masaknya ya buat makan di hari itu. Apalagi punya anak kecil. Kan kita perlu memperhatikan kebutuhan asupan gizinya setiap hari.

5. Setrika

Ini dia pekerjaan rumah tangga yang pualing malas saya lakukan. Soalnya, setrika itu harus dilakukan dengan duduk lama, atau berdiri kalau pas saya pakai papan setrika.

Walhasil, di rumah saya itu paling sering banget terlihat pakaian yang sudah disetrika menumpuk di dalam wadahnya dalam bentuk terlipat sudah siap untuk setrika.

Sama halnya dengan mencuci, saya juga susah percaya sama orang lain untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. Alasannya mulai dari nggak cocok urusan lipatan yang nggak pas kalau ditumpuk di lemari, sampai hasil setrikaan yang kurang halus sehingga saya nggak puas.

Jadi sebenci-bencinya setrika, ya tetap juga harus saya lakukan sendiri…


Itu dia cerita saya tentang urusan pekerjaan rumah tangga kalau diomongin dari segi suka nggak suka. Kalau teman-teman, sukanya pekerjaan rumah tangga seperti apa? Terus kalau nggak suka, apa dong tipsnya biar suka? Jawab di kolom komentar ya…

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Honor 10 Lite, Buat Ekspresi Selfie Makin Percaya Diri

Hari Rabu tanggal 27 Februari kemarin bisa jadi hari yang membahagiakan bagi yang suka selfie pakai kamera hp. Pasalnya, brand Honor mengeluarkan seri Honor 10 Lite buat ekspresi selfie makin percaya diri.
Gimana nggak bikin selfie jadi makin Pe De, kemampuan kamera utama apalagi kamera depannya itu keren banget lho. Belum lagi teknologi yang dipakai oleh Honor 10 Lite.
Dari bocoran spesifikasinya, saya kok malah teringat kejadian beberapa waktu sebelumnya. Jadi kamera belakang hp tetiba rusak, dan itu bikin saya harus melakukan banyak cara untuk membuat satu video 40 detik saja.

Oh iya, baca tulisan ini juga yuk tentang Lima Hal Positif Ini Bisa DIlakukan Para Orang Tua Jika Punya Kesempatan Mengakses Facebook dan Youtube Sepuasnya.
Cerita tentang Ekspresi dengan Kamera Hp yang tak Berkualitas
Beberapa waktu lalu, saya dan banyak teman influencer memang dapat job-joban bikin video 40 detik untuk aplikasi tertentu yang akan launching. Sedihnya, kamera hp saya itu kualitasnya menyedihkan b…

Membentuk Karakter Baik pada Anak

Anak cowok tidak boleh menangis, inilah suatu bentuk streotype yang kerap dilakukan orang tua kepada anak demi membentuk karakter baik pada anak. Streotype sendiri berarti mengkotak-kotakkan ciri tertentu berdasarkan pandangan umum yang kadang belum terbukti kebenarannya.
Padahal, tak selamanya hal tersebut benar dan bisa jadi merupakan pendidikan yang keliru. Misalnya, anak cowok juga boleh menangis dalam arti batas-batas yang wajar. Begitu halnya dengan permainan yang diberikan dan diperbolehkan untuk anak cowok dan cewek.
Mainan anak juga tidak boleh streotype. Anak cowok boleh main boneka. Begitu juga anak cewek boleh mainan mobil-mobilan. Pekerjaan di rumah juga harus dibagi secara bijaksana. Anak laki-laki boleh juga diajarkan memasak. Sesekali anak cewek juga boleh melakukan pekerjaan cowok.
Pendidikan anak memang berawal dari keluarga. Ayah dan ibu adalah malaikat bagi anak termasuk mengarahkan aktivitas yang mempengaruhi pekerjaan dan sifat.
Sedangkan apabila ada seseorang yang …

Menjadi Wanita dengan Karir Lebih Bagus dari Pasangan

Wanita berkarir dan ikut membiayai kebutuhan keluarga? Kini hal tersebut sudah dianggap wajar. Tapi bagaimana jika menjadi wanita dengan karir lebih bagus dari pasangan?
Yang sering terjadi, ketika ternyata karir wanita lebih cemerlang daripada pasangan apalagi suami, hal ini masih dianggap tidak biasa di kalangan masyarakat.
Tapi… siapa sih yang tidak mau mendapat karir atau memperoleh penghasilan lebih besar? Namun jika kemudian posisinya lebih tinggi dari suami, maka hendaknya hal seperti ini dibicarakan di antara pasangan itu sendiri.
Karena, ini bukan lagi menyangkut penilaian orang yang melihatnya. Akan tetapi lebih kepada hal-hal apa saja yang kemungkinan akan terjadi di dalam hubungan pasangan tersebut.
Akan lebih baik kalau dari awal sudah ada komunikasi, komitmen, dan keseimbangan di antara suami dan istri. Sedangkan kalau itu terjadi sebelum menikah, ada baiknya komunikasikan terlebih dahulu. Kalau sudah, baru komitmen bersama dan keseimbangannya seperti apa.
Seperti apapun se…

Saat Punya Pasangan dalam Satu Kantor

Pernah dengar adanya tempat kerja yang melarang punya pasangan dalam satu kantor? Atau malah ada yang membolehkan dan justru malah mendukung.
Nah, kali ini yuk kita bahas gimana-gimananya kalau kita punya pasangan yang ada dalam satu tempat kerja.
Beberapa perusahaan memang ada yang tidak membolehkan sepasang pria dan wanita yang memiliki hubungan asmara untuk berada dalam satu kantor. Dengan alasan, pasti nantinya akan berpengaruh pada hubungan kerja dalam lingkungan tempat kerja tersebut.
Menurut perusahaan yang menerapkan peraturan ini, secara kualitas, langsung atau tidak langsung, kondisi tersebut bisa berpengaruh. Apalagi jika satu divisi. Ini jadi alasan mengapa banyak perusahaan tidak mengizinkannya.
Jangankan bagi pasangan yang mengarah ke hubungan serius atau yang sudah menikah, keberadaan sepasang pria dan wanita yang masih dalam tahap pacaran saja bisa memengaruhi kualitas kerja.
Sementara itu di luar dari boleh tidaknya aturan tersebut, pasangan yang berada dalam satu tempat…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Cara Aman Bertransaksi Non Tunai

Belanja ke minimarket bayarnya tinggal gesek pakai debit card. Beli pulsa tinggal buka e-banking. Bayar makanan pakai scan barcode. Dompet pun isinya hanya uang beberapa lembar dan beberapa kartu debit serta kartu kredit. Nggak ada lagi yang namanya ke mana-mana bawa dompet tebal. Eit, tapi pada tahu nggak cara aman bertransaksi non tunai?
Sebetulnya, hidup dengan transaksi yang apa-apa bikin saya nggak langsung pegang uang itu buat saya sendiri, rasanya asyik! Mau ke mana-mana jadi nggak ribet.
Tapi tetap saja, mau pakai pembayaran cara tunai atau non tunai seperti yang tadi saya gambarkan, semuanya perlu dilakukan dengan hati-hati.

Urusan hati-hati dalam keuangan juga terkait dengan cara mengaturnya. Yuk baca juga tulisan tentang Atur Keuangan dengan Cara Islami Lewat Investasi Syariah. Berbagai Penipuan yang Terjadi pada Transaksi Non Tunai
Sekitar awal-awal tahun 2000-an, saat masih kuliah, saya mendengar kabar tentang sekelompok mahasiswa yang kaya dari hasil mencuri uang. Tapi, cara…

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…