Skip to main content

Peluang Penghasilan yang Bisa Didapat Ibu Rumah Tangga Lewat Hp


Zaman sekarang meski status jadi ibu rumah tangga, tapi tetap bisa juga kok punya penghasilan. Dan yang kayak begini sekarang ini banyak caranya.

Saya sendiri baru tahu berbagai peluang punya penghasilan yang bisa dilakukan sambil ngurus rumah dan anak ya sejak menikah serta memutuskan nggak lagi bekerja di luar rumah.

Modalnya yang dibutuhin ada beberapa. Yang pertama, kita mesti lumayan update teknologi dan ngerti tentang internet terutama dunia maya. Apalagi urusan media sosial. Terus, ada hp yang punya kemampuan standar.


Nah selama beberapa tahun menikah, yang saya tahu, ada beberapa teman yang kesehariannya jadi ibu rumah tangga, tapi ya itu tadi, tetap bisa punya penghasilan. Apa saja yang dilakukannya, ini dia beberapa contohnya.

1. Reseller dan dropshipper

Ini yang paling banyak menurut saya yang dilakukan para ibu rumah tangga. Kalau ada modal lumayan, bisa tuh jadi reseller produk apapun. Mulai dari pakaian sampai peralatan dapur.

Tapi kalau modalnya nggak seberapa, bisa juga jadi dropshipper. Kita tinggal upload foto di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau status WhatsUp. Trus kalau ada yang beli, tinggal dihubungkan ke pemilik barang.

2. Kuter

Jujur, fenomena kuter ini baru-baru saja saya tahu. Kuter itu singkatan dari kuis hunter. Kerjaannya, ikutan kuis di mana saja, terutama terkait merek-merek tertentu.

Contoh rincinya bisa seperti ikutan kuis telepon yang kadang suka keluar di beberapa acara televisi, lomba foto atau video yang diadakan produk-produk tertentu, menjawab pertanyaan kuis, ikutan undian berhadiah, repost foto atau video, dan sebagainya.

Eit, jangan dianggap aktivitas ini kurang kerjaan atau nggak berfaedah ya. Karena ada lho teman saya yang sampai sering jalan-jalan ke luar negeri sama anak-anaknya dari hasil kuter. Atau, ada yang jadi bisa punya ini itu gegara jadi kuter.

3. Isi survey

Banyak perusahaan yang membutuhkan informasi untuk pengembangan produknya dan membutuhkan masukan dari konsumen. Biasanya, mereka melakukannya lewat survey.

Nah, celah ini yang lalu dimanfaatkan beberapa start up untuk membuat aplikasi survey. Siapa saja bisa mendaftar, ikut survey, dan dapat hadiah atau penghasilan dari sana.

Itu tadi tiga poin yang saya tahu tapi tidak saya lakukan. Kalau saya sendiri sih biasanya melakukan beberapa kegiatan berikut ini untuk bisa dapat penghasilan dari rumah. Nomor saya lanjut dari nomor empat ya.

4. Blogger

Bisa jadi sekarang ini banyak banget orang yang melakukan aktivitas ini. Untuk bisa dapat penghasilan dari aktivitas blogging ini banyak caranya juga.

Cara pertama yang lewat jalan menjadikan blognya sebagai tempat iklan dengan bekerja sama dari beberapa pihak tertentu. Misalnya lewat Google Adsense, Facebook Instant Article, atau yang lainnya.

Sering kan pas baca tulisan lalu kita lihat ada kotak iklan ini itu? Nah, ini cara yang saya maksud. Kalau sukses, incomenya bisa sampai puluhan juta lho sebulannya!

Kalau saya sendiri menjadikan blog sebagai penghasilan lewat tulisan. Bisa kitanya yang menulis sendiri, atau ada pihak lain yang sudah menyediakan tulisan lalu kita edit. Isi tulisannya kebanyakan mengandung promo produk tertentu. Sekali terbit, satu tulisannya bisa minimal harganya ratusan ribu rupiah.

Cara lain bisa juga lewat liputan sebagai blogger. Teman-teman saya di Jakarta konon katanya sampai bisa punya income jutaan lho sebulan karena hampir tiap hari selalu saja ada peluang liputan.

5. Buzzer

Pernah lihat ada teman yang promoin produk di Facebook, Twitter, atau Instagram? Atau, ngasih tahu ada kegiatan dan acara tertentu? Kalau dia pakai main taggar, dan kayaknya kok barengan ada beberapa orang dalam satu waktu tertentu, biasanya dia sedang berperan sebagai buzzer.

6. Content writer

Kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan di rumah saja dengan hp. Kita bisa menjadi penulis lepas untuk situs perusahaan atau akun blog orang lain.

7. Endorser

Nggak hanya artis saja yang bisa jadi endorser, siapapun sekarang ini juga bisa kok. Cara dan modalnya tinggal punya instagram apalagi yang disetting bisnis, punya perangkat fotografi minimal kamera hp, dan tehnik fotografi yang cakep. Kalau yang terakhir ini banyak yang sudah melewatinya dengan cara otodidak.


Untuk bisa dapat endorse, caranya beragam. Ada yang biasanya sepaket dengan buzzer atau posting di blog. Bisa juga lewat aplikasi seperti Partipost, Sociabuzz, atau Goviral.

8. Youtuber

Kalau yang satu ini konon katanya sih butuh ketekunan ekstra. Karena menurut beberapa Youtuber yang sudah sukses seperti Kevin Hendrawan Atta Halilintar, mereka pun dulunya sampai harus kerja keras untuk bisa punya channel Youtube yang banyak subscriber seperti sekarang.

Itu tadi semua aktivitas yang bisa berpotensi bikin ibu rumah tangga jadi punya penghasilan dengan menggunakan perangkat hp.

Hp yang dibutuhkan paling tidak yang bisa punya kemampuan standar. Misalnya bisa bikin lancar akses Youtube atau punya kemampuan kamera yang lumayan.

Buat yang lagi cari-cari hp seperti apa yang bisa diajak kerja seperti yang saya tulis tadi, nih dia, ada hp keluaran Advan terbaru yang punya kemampuan lumayan, lho.

Jadi di bulan Oktober kemarin, Advan meluncurkan hp seri terbarunya yaitu Advan S6. Dilansir dari laman Smartphoneku, berikut spesifikasi dan segala macamnya bisa dicek di sini ya:



SPESIFIKASI ADVAN S6
Tanggal Release     : Oktober 2018
Resolusi Layar         : 960 x 480 Piksel, Rasio 18:9
Sistem Operasi         : IDOS 7.3@Android 7.0
RAM                           : 1 GB
Kamera Belakang    : 5MP, GC5025, F2.2, AF
Tipe Baterai Baterai : 2200 MAh yang dapat dilepas

Spesifikasi secara umum
Teknologi      :GSM / HSPA / LTE
Gprs                : Iya
Edge               : Iya
Jaringan 2G : 900/1800,850/900/1800/1900
Jaringan 3G  : WCDMA, HSDPA/HSUPA, 21Mbps/5.76Mbps,2100MHZ, 850/900
Jaringan 4G : FDD LTE, LTE CA4 R9, Cat.4 :150Mbps/50Mbps,
Kecepatan     : 150Mbps
Release         : Oktober 2018

Rincian model Advan S6
Dimensi         : 151.5 X 73.9 X 8.9 Mm
Berat               : 166 G
Bahan            : Crystal
SIM                 : SIM Nano Ganda + TF

Spesifikasi layar
Tipe LCD       : IPS
Lebar              : 5,34 Inci FWVGA
Resolusi Layar         :960 X 480 Piksel, Rasio 18:9
Sentuhan      : Iya- TP Sentuh 2,5D



OS & CPU
Sistem Operasi         :IDOS 7.3@Android 7.0
Chipset                      : Spreadtrum - SPM6424 - 21
CPU                           : SC9850KL 1.3G Quad-Core@28nmCortex A7
GPU                           : Mali-T820

MEMORY
Kartu Memory           : MicroSD, Hingga 32 GB
Memory Internal       : 8 GB
RAM                           : 1 GB

KAMERA
Kamera Depan         : 2MP, GC2385, F2.2, FF
Kamera Belakang    : 5MP, GC5025, F2.2, AF
Video                          : 1080p@30fps (KameraBelakang)
Fitur Lampu              : Flash 170mA(Kamera Belakang)

SOUND
Tipe                : Getaran, MP3, Nada Dering WAV
Loudspeaker : Iya, SMART PA
Jenis              : Jack 3.5 Mm Jack


KONEKTIVITAS
WLAN            : 802.11 B/G/N 2.4G
Bluetooth       : BT4.2 Energi Rendah (BLE)
GPS                : Iya, Dengan A-GPS, GLONASS
Radio                         : FM Radio
Tipe                : Usb OTG USB2.0
NFC                : -

FITUR TAMBAHAN
Sensor           : G-Sensor, Membuka Kunci Sidik Jari,Buka Kunci Kecepatan
Jenis Pesan : SMS (Tampilan Ulir), MMS, Email, PushEmail, IM
Peramban     : HTML5
Fitur Lainya   :
- MP3 / AAC / AAC + / AMR
- Kabel USB
- Earphone
- Pengisian Baterai



BATERAI
Tipe Baterai Baterai : 2200 MAh Yang Dapat Dilepas
Siaga : 200 Jam
Aktif    : 500 Menit (2G) Dan 200 Menit (3G)

WARNA
Pilihan Warna : Black (Hitam), Blue (Biru) Dan White(Putih)



HARGA ADVAN S6
Harga Baru Advan S6 : Rp. 870.000.00



Tuh, kemampuannnya mumpuni banget kan dengan harga yang juga terjangkau.

Jadi meski jadi ibu rumah tangga, nggak usah khawatir deh dapat penghasilan dari mana. Kita bisa juga kok tetap kerja dengan melakukannya di rumah.


Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Yuk Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kanker Payudara pada Wanita

Tak bisa dipungkiri, penyakit kanker payudara merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Tentu saja, sebab presentase kematian wanita oleh penyakit kanker payudara ini terbilang cukup tinggi. 
Di negara Indonesia saja, sebanyak 3 wanita telah meninggal dunia pada setiap harinya akibat serangan penyakit kanker payudara. 
Lantas, apakah penyakit kanker payudara bisa disembuhkan? Tentu saja bisa, yakni dengan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis kanker payudara. 
Adapun beberapa cara pencegahannya adalah sebagai berikut: 
- batasi makanan-makanan cepat saji,
- berolahraga secara rutin dan teratur, 
- hindari konsumsi minuman beralkohol, 
- hindari kebiasaan merokok, 
- hindari ngemil di malam hari. 
Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang  gejala kanker payudara dan penyebabnya, yuk simak saja ulasannya di bawah ini.
Ciri-ciri Penyakit Kanker Payudara yang Harus Kita Ketahui: 
1. Ada Benjolan di Bagian Payudara
Ciri-ciri pertama dari penyakit kanker p…

Tips Memancungkan Hidung Secara Alami

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hidung merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki daya tarik tersendiri. Itu sebabnya, mengapa sebagian besar masyarakat kita menginginkan bentuk hidung yang mancung. Nah, berbicara soal cara memancungkan hidung, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kita coba: 
1. Latihan Bernafas
Masa iya hanya bernafas bisa membuat hidung anda menjadi lebih mancung? Eh ternyata tentu saja bisa lho! Karena cara bernafas yang dimaksud itu bukannya cara bernafas seperti biasa. 
Tapi, ada gerakan tertentu yang merupakan bagian dari yoga. Istilahnya, ujjayi breathing atau alternatife channel/ nostril breathing. 
Caranya adalah : pertama duduklah dengan nyaman. Kalau perlu, duduklah di atas matras yoga. 
Lalu tenangkan pikiran dan jiwa kita. Kemudian posisikan tangan kita yaitu jari telunjuk dan jari tengah yang dilipat ke dalam. Cara ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan jempol dan jari manis ya untuk menutup lubang hidung. 
Terus blokir satu l…

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga

Setelah sekian lama hanya bisa memandang dari kaca bus saat melewati Kebun Binatang Surabaya dari Terminal Bungurasih ke Terminal Osowilangun, pada akhirnya saya bisa menginjakkan kaki lagi ke kebun binatang kebanggaan arek Suroboyo yang biasa disingkat dengan KBS.
Sebetulnya kemarin itu kali ke dua saya mengunjungi KBS. Seingat saya, pertama kali main ke sana saat masih SD sekitar sebelum kelas 5. Waktu itu saya masih tinggal di Bekasi dan diajak main ke KBS saat sedang berlibur di Lamongan.
Nah, agenda ke KBS pada hari Selasa, 4 Juli 2017 lalu itu sebetulnya bisa dibilang mendadak. Rencananya awal, saya dan suami ingin mengajak Kayyisah naik kuda sebagai pemenuhan janji karena dia sudah bisa dan mau berjalan.
Sempat terpikir untuk mengajak Kayyisah ke Kenjeran. Tapi tidak jadi karena takut anaknya kepanasan.
Suami sendiri inginnya sih mengajak ke Pacet. Cuma dalam pikiran saya, kok sayang kalau agendanya naik kuda saja.
Setelah browsing, saya baca ternyata di KBS kok ada juga wahana nai…

Empat Masalah yang Sering Dialami Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Pompa merupakan mesin yang digunakan untuk menggerakan fluida. Pompa ini akan menggerakan fluida yang berasal dari tempat bertekanan rendah untuk menuju ke tempat bertekanan tinggi. Adanya perbedaan tekanan tersebut maka diperlukannya energi untuk mengatasinya.
Pompa untuk udara biasa disebut dengan kompresor terkecuali pada beberapa aplikasi dengan tekanan rendah seperti pada bagian ventilasi, pemanas, dan juga pendingin ruangan yang biasnya disebut dengan menjadi kipas atau penghembus atau blower. 
Pompa ini pada prinsipnya akan mengubah energi mekanik motor menjadi energi aliran fluida. Energi yang telah diterima fluida ini nantinya akan digunakan untuk menaikkan tekanan dan juga untuk mengatasi tahanan tahanan yang ada pada saluran yang dilaluinya. 
Pompa air adalah peralatan penting di dalam rumah tangga tetapi meski begitu jangkauan layanan air bersih yang dimiliki oleh pemerintah hingga saat ini telah menjangkau pemukiman terkecil. Dan di dalam hal pemeliharaannya diperlukannya pe…

Diabetes, Penyakit yang tak Bisa Disembuhkan tapi Bisa Dikendalikan

Diabetes mellitus atau yang sering disebut kencing manis merupakan suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun jangan khawatir untuk para penyandang diabetes atau yang disebut diabetisi serta mereka yang memiliki keluarga yang termasuk dalam diabetisi. Karena, penyakit ini sesungguhnya dapat dikendalikan.
“Tidak hanya dengan cara obat. Tapi perlu juga edukasi, perencanaan makanan, dan latihan jasmani. Jadi kalau ada orang minta obat yang paling bagus untuk mengobati diabetes, tidak bisa karena diabetes tidak bisa sembuh,” ujar Dr Alfian Nurbi, dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktek di Rumah Sakit Awal Bros Batam.
Penyakit diabetes ini dapat disebabkan karena beberapa hal, keturunan, usia di atas 45 tahun, kegemukan, hipertensi, kurang olah raga, melahirkan anak lebih dari 4 kg, sampai karena hiperkolesterol.
“Anak bayi pun yang baru lahir beberapa hari bisa terkena diabetes,” imbuh Alfian saat menjadi pemateri dalam seminar diabetes mellitus untuk awam di RS Awal Bros Bata…

Tips Berbelanja dengan Cara Pintar

Tulisan tentang bagaimana belanja dengan cara pintar ini dulu saya buat dari hasil wawancara saat menjadi reporter di Batam. Narasumbernya adalah Ibu Lusiana Yuniastanti yang merupakan dosen di beberapa universitas di Batam.
Tips pertama yang saya dapat dari beliau adalah jangan membuang struk belanja setiap bulannya. Alasannya, karena kertas kecil ini sebetulnya bisa membantu untuk membudget pengeluaran pada bulan-bulan berikut.
“Saya sering menyimpan struk belanja setiap bulan untuk membandingkan harga beberapa barang di beberapa supermarket. Memang ada barang yang harganya bisa sama di beberapa tempat. Namun ada juga barang yang bisa selisih harganya antara tempat satu dengan tempat lain,” ujarnya.
Jika harga di suatu tempat lebih murah dari tempat lain, ia akan membelinya di tempat tersebut untuk bulan-bulan berikutnya. “Jangan terpaku pada satu tempat saja. Kita juga harus sering-sering mengecek harga tersebut di tempat lain,” pesannya.
Jika berbelanja pun, Lusi akan membawa uang ya…

Menghadapi Rekan Kerja Sulit

Memiliki teman kerja yang sulit diajak kompromi? Atau, justru sering merasa rekan-rekan kerja menjauhi kita?
Yuk, kenali tipe-tipe sulit yang mungkin ada dalam lingkungan kerja. Kita perlu tahu karena bisa jadi, justru kita sendirilah yang menjadi orang sulit di lingkungan kerja.
Lingkungan kerja yang kondusif adalah lingkungan di mana satu dengan yang lainnya saling bekerjasama untuk menyelesaikan sejumlah tugas. Selain itu ketika setiap orang saling bekerjasama dan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, maka siapapun yang bekerja di kantor tersebut akan bekerja dengan betah.
Beberapa tipe rekan kerja yang sulit antara lain adalah sebagai berikut:
- Rekan kerja yang suka menyalahkan orang lain
Tipe ini tidak penah mau disalahkan meskipun nyata-nyata semua orang mengakuinya telah berbuat salah. Bahkan untuk menghindari dirinya yang disalahkan, ia akan menyalahkan orang lain sebagai penyebab dari sebuah kesalahan.
Jika menghadapi rekan kerja seperti ini, lebih baik kita tidak menca…

Bila Anak di Posisi Bersalah

Saat anak di posisi bersalah usai melakukan sesuatu, hukuman bukanlah menjadi hal yang utama. Jika mereka bersalah, orang tua bisa membiasakan untuk memilih mengajak anak berkomunikasi, dari pada menghukumnya dengan fisik atau non fisik.
Misalnya, jika anak bertengkar, orang tua bisa bertanya ke mereka, kenapa mereka sampai bertengkar.
Biasanya, anak bisa melakukan sika defensive atau membela diri. Jika seperti itu, kita bisa mendiamkan mereka terlebih dahulu. Misalnya, dengan memposisikan mereka di area konsekuensi dan meminta mereka untuk tenang selama beberapa menit.
Ketika anak-anak mereka sudah melewati masa itu, barulah orang tua bisa mengajak mereka berkomunikasi. Pada saat cooling down, barulah orang tua bisa memberi penjelasan kepada anak-anak, apa yang semestinya dilakukan jika hal itu terjadi lagi.
Memang, yang namanya anak-anak biasanya ya nggak bisa langsung berubah. Bisa jadi kadang mereka masih melakukannya lagi. Tapi selanjutnya, frekuensinya bisa lebih berkurang kok.
Sem…