Skip to main content

Lolos Tes Kesehatan Berkat Rajin Makan Oatmeal

oatmeal


Saya kenal oatmeal sejak menjadi reporter. Niat awalnya waktu itu saya ingin mencari sesuatu yang bisa dikonsumsi untuk sarapan secara cepat, yang sehat dan nggak melulu mi instan, dan nggak terlalu berat di perut sehingga malah bikin mengantuk.

Pun dengan alasan yang sama untuk mengganti mi instan, saya akhirnya kenalan dengan oatmeal untuk dijadikan camilan bentuk bubur oatmeal.

Yang saya tahu dari internet, oatmeal ini adalah jenis gandum dengan serat tinggi. Umumnya digunakan untuk mengurangi kolesterol dan dikonsumsi untuk mereka yang diet.

Pekara diet, untuk saya yang waktu itu punya bobot juara bertahan di angka 45 kg, tentunya tidak terpikir untuk itu. Tapi yang justru membuat saya makin tertarik untuk mengkonsumsi oatmeal adalah karena manfaatnya yang bisa menurunkan kolesterol.

Jadi di kantor saya waktu itu, memang ada tes kesehatan untuk menentukan apakah kemudian status kami  yang saat itu kontrak, bisa menjadi karyawan tetap.

Nah yang jadi momok itu adalah kalau hasilnya ternyata kolesterol kami dinyatakan tinggi. Efeknya bisa nggak jadi diangkat karyawan tetap, lho.

Akhirnya rutinlah saya mengkonsumsi oatmeal sebagai sarapan. Juga sebagai pengganjal perut saat merasa ingin makan padahal belum lama sebelumnya sudah makan.

Dan benar saja, angka kolesterol saya memang tidak tinggi. Sementara banyak teman lainnya yang akhirnya tidak lolos tes kesehatan karena tingginya angka kolesterol di batas standar.

Alasan Kenapa Oatmeal Adalah Makanan Sehat

Ternyata meski fungsinya mirip seperti kalau kita makan nasi, rupanya ada kandungan gizi yang membedakan oatmeal dan membuatnya disebut sebagai makanan sehat.

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga akhirnya orang yang sedang melakukan diet lebih memilih mengkonsumi oatmeal. Sementara kandungan serat pada oatmeal lebih tinggi dari nasi.

Jika dirinci, inilah beberapa kandungan oatmeal dan menjadi alasan kenapa oatmeal disebut sebagai makanan sehat yang patut dkonsumsi.

1. Oatmeal kaya serta dan ini bagus untuk pencernaan, juga menormalkan gula darah dan kolesterol.

2. Mengandung beta glukan yang bagus untuk fungsi organ hati dan empedu.

3. Memiliki senyawa lignan yang ampuh untuk mengatasi penyakit jantung dan stroke.

4. Kandungan lainya adalah juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin B kompleks.

5. Kaya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Karena itulah oatmeal menjadi makanan sehat yang banyak dipilih oleh mereka yang ingin menjaga pola hidup sehat. Pun oatmeal bagus bagi mereka yang sedang mengalami penyakit diabetes.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Begitu kayanya kandungan gizi dari oatmeal, membuat bahan makanan ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan kolesterol
Mengkonsumsi oatmeal bermafaat untuk menurunkan kolesterol buruk dalam darah. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung beta-glucan yang bagus untuk menyerap kolesterol jahat.

2. Menurunkan berat badan
Sebagai sumber serat rendah kalori, mengkonsumsi oatmeal bagus untuk mereka yang sedang melakukan program diet. Karena jika dikonsumsi bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Oatmeal direkomendasikan dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Bagus untuk penderita diabetes
Mengkonsumsi oatmeal juga bagus bagi penderita diabetes untuk membantu menyeimbangkan gula darah.

5. Mengurangi darah tinggi
Kandungan serat yang tinggi juga membuat oatmeal bisa mengurangi tekanan darah tinggi jika rutin dikonsumsi.

6. Kaya antioksidan
Kandungan oatmeal yang kaya antioksidan menyebabkan oatmeal pun bagus untuk mencegah munculnya kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, serta bagus untuk kesehatan kulit.

7. Melancarkan pencernaan
Kandungannya yang kaya serat membuat oatmeal bagus untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau kanker usus.

Nah, cukup banyak juga ya manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh. Bahkan oatmeal pun terkenal di dunia kecantikan karena bagus untuk dijadikan bahan masker wajah.

Cara Sehat Mengkonsumsi Oatmeal

Meskipun kaya kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan, nyatanya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar oatmeal yang kita konsumsi makin optimal manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tapi sebelum mengkonsumsi oatmeal, perhatikan dulu hal berikut. Jadi, oatmeal itu bisa ada dua macam, yang harus dimasak terlebih dahulu dan yang bisa cepat diseduh dengan air panas atau yang instan.

Oatmeal yang masih harus dimasak ini memang benar-benar mentah. Jadi kita tidak bisa mengkonsumsinya dengan hanya menuangkan air panas. Sementara oatmeal cepat saji ini aslinya memang sudah melewati proses masak. Jadi, kita bisa tinggal menyeduhnya dengan air panas sebelum dikonsumsi.

Untuk cara mengkonsumsinya, yuk perhatikan beberapa hal berikut.

- Bagi yang masih baru mengenal oatmeal, biasanya merasa kurang nyaman saat mengkonsumsinya. Untuk itu makanlah oatmeal dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. kita bisa menambahkan buah-buahan segar yang dipotong dan dicampur ke dalam oatemeal untuk menambah citarasa.

- Konsumsi oatmeal secukupnya. Karena oatmeal mengandung kaya serat, maka jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan efek perut kembung atau begah.

- Untuk yang sedang diet, lebih baik gunakan oatmeal yang harus dimasak terlebih dahulu. Karena oatmeal cepat saji cenderung tinggi gula dibanding oatmeal yang tidak instan.

- Gunakan topping yang tepat untuk mengkonsumsi oatmeal. Misalnya telur, madu, atau buah-buahan segar. Hindari mencampur oatmeal dengan selai cokelat kacang, susu tinggi gula, gula buatan,atau garam yang justru bisa membuat kadar lemak dalam tubuh justru meningkat.

Saya sendiri merasa jika rutin mengkonsumsi oatmeal, tubuh terasa lebih ringan, tidak lemas atau mudah mengantuk, dan merasa lebih segar. Jadi nggak hanya karena alasan demi tes kesehatan. Karena memang, begitu banyak kandungan gizi baik yang ada pada oatmeal.


Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Ini Dia Cara Mudah Mengamankan Kenangan

Ada suatu bagian cerita dalam Harry Potter yang begitu saya inginkan. Tentang pensieve Albus Dumbledore.
Jadi, Dumbledore yang merupakan kepala sekolah di Hogwarts tempat Harry Potter sekolah itu punya alat bernama pensieve yang bentuknya seperti baskom. Dengan pensieve, kita bisa memasukkan kenangan masa lalu siapapun untuk dilihat lagi.
Keberadaan pensieve ini tentunya banyak keuntungannya. Kita bisa melihat lagi kenangan masa lalu dari pikiran seseorang. Bagusnya lagi, dari pada menuh-menuhin memori kepala, terus terlupakan, ya mending mumpung ingat kenapa nggak disimpan saja ingatannya dalam wadah tertentu dan bisa dilihat lagi di pensieve.

Gara-gara tahu ‘teknologi’ pensieve di cerita Harry Potter, saya jadi kepikir, andai ya ada teknologi seperti itu yang bisa saya pakai untuk mengamankan memori dalam kepala. Dari pada kita simpan sendiri terus pas waktunya harus diingat, eh kok malah lupa!
Hilangnya Kenangan Saat Hamil
Khayalan andai saya bisa punya pensieve seperti Dumbledore pun …

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…

Bercerita Asyik dengan So Good CERDIK

Sepertinya, hampir semua anak kecil suka menyimak dongeng, ya. Apalagi bila caranya asyik dan menarik.
Misalnya, dongeng yang disampaikan dalam buku yang gambarnya berwarna-warni, dongeng yang isi ceritanya lucu serta terus memancing rasa penasaran anak, atau dongeng yang diceritakan dengan gaya bicara serta suara dan gerak yang bervariatif sehingga bisa membuat anak terpesona.
Tentunya, dongeng akan makin meninggalkan kesan baik bagi anak jika ada nilai positif serta pengetahuan di dalamnya.

Saya sendiri termasuk orang yang merasakan manfaat dari kebiasaan orangtua yang suka mendongeng sewaktu saya kecil. Selain itu, keberadaan berbagai buku cerita dan majalah anak yang saya baca juga terasa hingga sekarang manfaatnya.
Salah satu dongeng atau cerita yang membekas di benak saya adalah tentang cerita bergambar dari sebuah majalah anak, seorang remaja yang terus berusaha untuk menjadi penari balet. Meskipun, ia harus hidup sendiri karena kedua orangtuanya sudah meninggal, serta bibinya yang…

Membersihkan Luka Si Kecil Nggak Pakai Perih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Gimana caranya membersihkan luka si kecil nggak pakai perih? Ni kayaknya jadi pertanyaan banyak para ibu lah ya. Terutama yang punya anak dengan karakter aktif, suka banyak gerak.
Saya sendiri merasakannya. Kayyisah anak saya itu, masuk kategori anak yang jarang mau diam. Jadi biar katanya anak aktif itu tanda pintar, ya sudah lah ya, memang harus dibiarin sambil dipantau keaktifannya.
Cuma uniknya, Kayyisah ini kalau terluka, jarang banget mau langsung ngomong. Kecuali kalau sayanya sebagai ibunya langsung tahu. Akibatnya, lukanya yang telat ketahuan itu malah bikin proses penyembuhan nggak bisa cepat.
Belum lagi kalau sudah luka, masalah lainnya ya rasa sakit yang muncul. Iya sih, Kayyisah memang tipe anak yang kuat menahan sakit. Tapi tetap saja, kalau pas mandi, dianya baru mulai keluar reaksi kesakitannya. Akhirnya saat dirawat lukanya, jadi ada tantangan tersendiri deh!
Apalagi kalau kena obat yang malah bikin dia kesakitan. Mau nggak diobatin kok ya entar gimana sembuhnya. Diobat…