oatmeal


Saya kenal oatmeal sejak menjadi reporter. Niat awalnya waktu itu saya ingin mencari sesuatu yang bisa dikonsumsi untuk sarapan secara cepat, yang sehat dan nggak melulu mi instan, dan nggak terlalu berat di perut sehingga malah bikin mengantuk.

Pun dengan alasan yang sama untuk mengganti mi instan, saya akhirnya kenalan dengan oatmeal untuk dijadikan camilan bentuk bubur oatmeal.

Yang saya tahu dari internet, oatmeal ini adalah jenis gandum dengan serat tinggi. Umumnya digunakan untuk mengurangi kolesterol dan dikonsumsi untuk mereka yang diet.

Pekara diet, untuk saya yang waktu itu punya bobot juara bertahan di angka 45 kg, tentunya tidak terpikir untuk itu. Tapi yang justru membuat saya makin tertarik untuk mengkonsumsi oatmeal adalah karena manfaatnya yang bisa menurunkan kolesterol.

Jadi di kantor saya waktu itu, memang ada tes kesehatan untuk menentukan apakah kemudian status kami  yang saat itu kontrak, bisa menjadi karyawan tetap.

Nah yang jadi momok itu adalah kalau hasilnya ternyata kolesterol kami dinyatakan tinggi. Efeknya bisa nggak jadi diangkat karyawan tetap, lho.

Akhirnya rutinlah saya mengkonsumsi oatmeal sebagai sarapan. Juga sebagai pengganjal perut saat merasa ingin makan padahal belum lama sebelumnya sudah makan.

Dan benar saja, angka kolesterol saya memang tidak tinggi. Sementara banyak teman lainnya yang akhirnya tidak lolos tes kesehatan karena tingginya angka kolesterol di batas standar.

Alasan Kenapa Oatmeal Adalah Makanan Sehat

Ternyata meski fungsinya mirip seperti kalau kita makan nasi, rupanya ada kandungan gizi yang membedakan oatmeal dan membuatnya disebut sebagai makanan sehat.

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga akhirnya orang yang sedang melakukan diet lebih memilih mengkonsumi oatmeal. Sementara kandungan serat pada oatmeal lebih tinggi dari nasi.

Jika dirinci, inilah beberapa kandungan oatmeal dan menjadi alasan kenapa oatmeal disebut sebagai makanan sehat yang patut dkonsumsi.

1. Oatmeal kaya serta dan ini bagus untuk pencernaan, juga menormalkan gula darah dan kolesterol.

2. Mengandung beta glukan yang bagus untuk fungsi organ hati dan empedu.

3. Memiliki senyawa lignan yang ampuh untuk mengatasi penyakit jantung dan stroke.

4. Kandungan lainya adalah juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin B kompleks.

5. Kaya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Karena itulah oatmeal menjadi makanan sehat yang banyak dipilih oleh mereka yang ingin menjaga pola hidup sehat. Pun oatmeal bagus bagi mereka yang sedang mengalami penyakit diabetes.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Begitu kayanya kandungan gizi dari oatmeal, membuat bahan makanan ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan kolesterol
Mengkonsumsi oatmeal bermafaat untuk menurunkan kolesterol buruk dalam darah. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung beta-glucan yang bagus untuk menyerap kolesterol jahat.

2. Menurunkan berat badan
Sebagai sumber serat rendah kalori, mengkonsumsi oatmeal bagus untuk mereka yang sedang melakukan program diet. Karena jika dikonsumsi bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Oatmeal direkomendasikan dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Bagus untuk penderita diabetes
Mengkonsumsi oatmeal juga bagus bagi penderita diabetes untuk membantu menyeimbangkan gula darah.

5. Mengurangi darah tinggi
Kandungan serat yang tinggi juga membuat oatmeal bisa mengurangi tekanan darah tinggi jika rutin dikonsumsi.

6. Kaya antioksidan
Kandungan oatmeal yang kaya antioksidan menyebabkan oatmeal pun bagus untuk mencegah munculnya kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, serta bagus untuk kesehatan kulit.

7. Melancarkan pencernaan
Kandungannya yang kaya serat membuat oatmeal bagus untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau kanker usus.

Nah, cukup banyak juga ya manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh. Bahkan oatmeal pun terkenal di dunia kecantikan karena bagus untuk dijadikan bahan masker wajah.

Cara Sehat Mengkonsumsi Oatmeal

Meskipun kaya kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan, nyatanya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar oatmeal yang kita konsumsi makin optimal manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tapi sebelum mengkonsumsi oatmeal, perhatikan dulu hal berikut. Jadi, oatmeal itu bisa ada dua macam, yang harus dimasak terlebih dahulu dan yang bisa cepat diseduh dengan air panas atau yang instan.

Oatmeal yang masih harus dimasak ini memang benar-benar mentah. Jadi kita tidak bisa mengkonsumsinya dengan hanya menuangkan air panas. Sementara oatmeal cepat saji ini aslinya memang sudah melewati proses masak. Jadi, kita bisa tinggal menyeduhnya dengan air panas sebelum dikonsumsi.

Untuk cara mengkonsumsinya, yuk perhatikan beberapa hal berikut.

- Bagi yang masih baru mengenal oatmeal, biasanya merasa kurang nyaman saat mengkonsumsinya. Untuk itu makanlah oatmeal dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. kita bisa menambahkan buah-buahan segar yang dipotong dan dicampur ke dalam oatemeal untuk menambah citarasa.

- Konsumsi oatmeal secukupnya. Karena oatmeal mengandung kaya serat, maka jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan efek perut kembung atau begah.

- Untuk yang sedang diet, lebih baik gunakan oatmeal yang harus dimasak terlebih dahulu. Karena oatmeal cepat saji cenderung tinggi gula dibanding oatmeal yang tidak instan.

- Gunakan topping yang tepat untuk mengkonsumsi oatmeal. Misalnya telur, madu, atau buah-buahan segar. Hindari mencampur oatmeal dengan selai cokelat kacang, susu tinggi gula, gula buatan,atau garam yang justru bisa membuat kadar lemak dalam tubuh justru meningkat.

Saya sendiri merasa jika rutin mengkonsumsi oatmeal, tubuh terasa lebih ringan, tidak lemas atau mudah mengantuk, dan merasa lebih segar. Jadi nggak hanya karena alasan demi tes kesehatan. Karena memang, begitu banyak kandungan gizi baik yang ada pada oatmeal.


0 Comments