Buat tahu beberapa faktor pendukung keberhasilan fitness, termasuk apa yang perlu dikonsumsi agar hasil fitness memuaskan, sila baca artikel berikut ini.

Apa? Saya sudah berhasil fitness? Hehehe, tentu tidak! Atau mungkin lebih tepatnya belum sih. Karena saat saya menuliskan tulisan ini, kondisi saya saja sedang dalam masa kehamilan.

Tapi karena nantinya saya ingin langsing seperti sedia kala saat zaman lajang, rasanya kok ingin nanti setelah beberapa bulan melahirkan, saya ingin mencoba fitness. Nggak hanya untuk memperbaiki postur tubuh. Tapi juga demi kesehatan fisik diri sendiri.

Akhirnya kadang-kadang saat iseng, saya sudah browsing tuh bagaimana nantinya agar saya bisa fitness dan kelihatan hasilnya. Dan ternyata, memang agak-agak tricky juga sih urusan fitness ini.

Mulai dari tehnik yang kita pilih, sampai urusan makan selama kita menjalani fitness pun nggak bisa asal-asalan melakukannya. Karena yang namanya fitness itu sendiri sebetulnya rangkaian olah raga agar tubuh lebih bugar dengan alat-alat kebugaran seperti angkat beban, ada aerobicnya, juga kita mesti mengatur pemenuhan asupan nutrisi untuk diri kita.

Nah apa saja syaratnya agar kita bisa berhasil saat menjalani masa-masa fitness? Ini dia tips yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Bikin target

Jadi kalau misalnya saya nih diminta bikin target sebelum melakukan fitness, maka yang saya inginkan berat badan saya turun secara bertahap hingga di angka yang realistis. Misal kalau berat badan saya sejak melahirkan anak pertama sering stuck di angka 57, lalu dulu saat lajang berat badannya seringnya 46, ya saya nggak bisa lah minta balik ke angka itu. Paling enggak ya sekitar 50-an lah.

Terus saya juga mesti bikin target, bagian tubuh mana yang ingin saya bentuk. Misalnya, saya ingin bagian lengan, perut, dan paha jadi lebih kencang. Kalau sudah bikin target begini, kitanya jadi bisa tahu, saat fitness apa saja yang mesti kita lakukan.

2. Buat jurnal perubahan berkala

Setelah itu, target itu kita ukur secara berkala. Misal setiap minggu atau dwi mingguan. Kira-kira apakah ada perubahan yang signifikan. Kalau enggak ya mesti kita evaluasi lagi, latihan apa yang masih salah atau tidak tepat kita lakukan atau latihan apa yang mungkin perlu kita lakukan atau kita tambah.

Catat semuanya itu dalam jurnal khusus. Sekali lagi, ini bisa jadi bahan evaluasi buat kita saat melakukan fitness.

3. Ingat untuk lakukan pemanasan dan pendinginan

Yang namanya olah raga, tentu pemanasan dan pendinginan itu penting banget bagi tubuh. Sudah sering kan kita dengar kasus cidera karena tubuh tidak melalui proses pemanasan atau pendinginan tubuh.

Penting nih untuk diperhatikan. Lakukan pemanasan terlebih dahulu selama lima hingga sepuluh menit sebelum melakukan gerakan inti. Ini fungsinya agar suhu tubuh kita tidak kaget naik, mungkin seperti itu kali ya istilahnya.

Sementara pendinginan sangat penting untuk meregangkan keseluruhan tubuh. Efeknya, tubuh jadi lebih fleksibel dan kita nggak mengalami sakit di hari-hari berikutnya.

Jadi dalam olah raga apalagi fitness yang tujuannya kebanyakan untuk membentuk tubuh, pemanasan dan pendinginan itu sama pentingnya lho ya. Serta punya fungsi sendiri-sendiri.

4. Istirahat juga penting

Meski mungkin kita begitu berambisi untuk membentuk tubuh, mengurangi berat badan, tapi tetap, nggak berarti juga kita mesti setiap hari nonstop melakukan fitness lho ya.

Kalau bisa, lakukan istirahat atau tidur selama tujuh hingga sembilan jam sehari. Otot pun perlu istirahat dengan break tidak melakukan fitness selama satu hingga dua hari setiap minggunya.

5. Jaga motivasi

Pernah nggak sih merasa kita begitu bersemangat di awal-awal tapi lama-kelamaan motivasi itu rasanya kok menguap entah ke mana? Nah, dalam fitness, terkadang hal kayak beginian ini juga kejadian lho!

Jadi kalau bisa sejak awal, kita mesti menciptakan motivasi untuk diri kita agar tetap terus semangat melakukan fitness dan memenuhi target yang kita dambakan.

Caranya ya bisa macam-macam. Misalnya dengan mengajak teman untuk fitness bareng, menempelkan target tubuh ideal yang kita dambakan dan melihatnya itu setiap hari, atau cara lainnya.

6. Perhatikan asupan nutrisi

Seperti yang tadi sempat saya bilang, nutrisi itu penting lho! Kalau kita sudah mati-matian melakukan fitness tapi makannya masih suka seenaknya, dan tidak makan dengan nutrisi yang tepat, bisa-bisa target itu tidak akan kita raih.

Untuk pemenuhan nutrisi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, tidak makan berlebihan di saat malam hari. Yang pernah saya dengar sih katanya, lebih baik kita tidak makan malam lebih dari jam tujuh malam.

Soalnya, kadar gula dan lemak dalam darah harus normal. Jadi sebaiknya, kita mesti konsumsi makanan dalam porsi sedikit terutama saat malam hari. Ada baiknya kita memperbanyak konsumsi sayuran hijau, buah, ikan, kacang-kacangan, gandum, atau beras merah.

Karena saat fitness tubuh kita akan banyak mengeluarkan keringat, kita perlu juga menjaga pemenuhan cairan dalam tubuh. Sebisa mungkin, minumlah sedikitnya tiga liter per hari.

Lalu karena fitness ini membutuhkan otot yang kuat, kita juga perlu mencukupinya dengan asupan protein. Polanya seperti ini, kalau kita fitnessnya saat malam hari, berarti asupan proteinnya saat siang hari. Kalau fitnessnya pagi hari, asupan proteinnya mesti dipenuhi saat malam hari. Begitu seterusnya.

Kalau kata para ahli gizi dan ahli nutrisi sih banyak menyarankan untuk mengonsumsi whey protein. Alasannya, selain karena murah dan mudah didapatkan, whey protein juga punya kandungan asam amino esensial yang diperlukan untuk meningkatkan massa otot.

Perlunya Menemukan Supplier Suplemen dan Aksesoris Fitness yang Tepat

Dari sekian tips tersebut, sebetulnya ada satu lagi sih hal penunjang atau pendukung agar fitness kita bisa berhasil sesuai dengan target yang kita inginkan. Yaitu dengan cara kita mesti tahu, di mana keberadaan supplier suplemen dan aksesoris fitness yang tepat.

Nah, dari pada beli di sembarang tempat yang jatuhnya malah merusak tubuh kita, mendung yuk kita kenalan sama SFIDN.com. Jadi di SFIDN.com, kita bisa menemukan suplemen dan aksesoris untuk fitness yang terpercaya. Fyi, mereka sudah berdiri sejak 2008 lho!

Di SFIDN.com, kita bisa menemukan beberapa kelebihan untuk kebutuhan fitness kita. Mulai dari harga yang lebih murah dibanding tempat lain serta bergaransi, produknya asli nggak pakai tipu-tipu, serta servisnya 24 jam.

Produknya pun buanyak banget macam dan jenis kategorinya. Bisa dikirim ke seluruh daerah di Indonesia, serta mereka juga membuka peluang bagi kita untuk bisa jadi reseller segala lho!

Oh iya, bicara tentang suplemen, tadi kan saya sudah sempat singgung tentang kebutuhan nutrisi terutama whey protein. Nah kalau bingung whey protein yang bagus buat tubuh kita itu apa saja, kita bisa temukan juga nih di SFIDN.com. mereka punya lima produk whey protein terbaik lho yang diulas berdasarkan kandungan, harga, serta ulasan para konsumennya.

Lalu kalau kita bingung mau memilih whey protein yang mana sesuai dengan kebutuhan kita, bisa kok dikonsultasikan juga lewat fitur live chat atau Whatsapp Messenger SFIDN.com.

Tuh kan, jadi ternyata membentuk tubuh lewat fitness itu kalau sudah tahu triknya, nggak susah-susah banget juga ya untuk diraih. Jadi, siapa nih kira-kira yang mau jadi partner motivasi fitness saya nanti usai saya melahirkan? Maksudnya, biar kita sama-sama bisa berhasil gitu fitnessnya sesuai target yang kita mau.



0 Comments