Skip to main content

Agar Fitness Berhasil, Ini Dia Beberapa Tipsnya…


Buat tahu beberapa faktor pendukung keberhasilan fitness, termasuk apa yang perlu dikonsumsi agar hasil fitness memuaskan, sila baca artikel berikut ini.

Apa? Saya sudah berhasil fitness? Hehehe, tentu tidak! Atau mungkin lebih tepatnya belum sih. Karena saat saya menuliskan tulisan ini, kondisi saya saja sedang dalam masa kehamilan.

Tapi karena nantinya saya ingin langsing seperti sedia kala saat zaman lajang, rasanya kok ingin nanti setelah beberapa bulan melahirkan, saya ingin mencoba fitness. Nggak hanya untuk memperbaiki postur tubuh. Tapi juga demi kesehatan fisik diri sendiri.

Akhirnya kadang-kadang saat iseng, saya sudah browsing tuh bagaimana nantinya agar saya bisa fitness dan kelihatan hasilnya. Dan ternyata, memang agak-agak tricky juga sih urusan fitness ini.

Mulai dari tehnik yang kita pilih, sampai urusan makan selama kita menjalani fitness pun nggak bisa asal-asalan melakukannya. Karena yang namanya fitness itu sendiri sebetulnya rangkaian olah raga agar tubuh lebih bugar dengan alat-alat kebugaran seperti angkat beban, ada aerobicnya, juga kita mesti mengatur pemenuhan asupan nutrisi untuk diri kita.

Nah apa saja syaratnya agar kita bisa berhasil saat menjalani masa-masa fitness? Ini dia tips yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Bikin target

Jadi kalau misalnya saya nih diminta bikin target sebelum melakukan fitness, maka yang saya inginkan berat badan saya turun secara bertahap hingga di angka yang realistis. Misal kalau berat badan saya sejak melahirkan anak pertama sering stuck di angka 57, lalu dulu saat lajang berat badannya seringnya 46, ya saya nggak bisa lah minta balik ke angka itu. Paling enggak ya sekitar 50-an lah.

Terus saya juga mesti bikin target, bagian tubuh mana yang ingin saya bentuk. Misalnya, saya ingin bagian lengan, perut, dan paha jadi lebih kencang. Kalau sudah bikin target begini, kitanya jadi bisa tahu, saat fitness apa saja yang mesti kita lakukan.

2. Buat jurnal perubahan berkala

Setelah itu, target itu kita ukur secara berkala. Misal setiap minggu atau dwi mingguan. Kira-kira apakah ada perubahan yang signifikan. Kalau enggak ya mesti kita evaluasi lagi, latihan apa yang masih salah atau tidak tepat kita lakukan atau latihan apa yang mungkin perlu kita lakukan atau kita tambah.

Catat semuanya itu dalam jurnal khusus. Sekali lagi, ini bisa jadi bahan evaluasi buat kita saat melakukan fitness.

3. Ingat untuk lakukan pemanasan dan pendinginan

Yang namanya olah raga, tentu pemanasan dan pendinginan itu penting banget bagi tubuh. Sudah sering kan kita dengar kasus cidera karena tubuh tidak melalui proses pemanasan atau pendinginan tubuh.

Penting nih untuk diperhatikan. Lakukan pemanasan terlebih dahulu selama lima hingga sepuluh menit sebelum melakukan gerakan inti. Ini fungsinya agar suhu tubuh kita tidak kaget naik, mungkin seperti itu kali ya istilahnya.

Sementara pendinginan sangat penting untuk meregangkan keseluruhan tubuh. Efeknya, tubuh jadi lebih fleksibel dan kita nggak mengalami sakit di hari-hari berikutnya.

Jadi dalam olah raga apalagi fitness yang tujuannya kebanyakan untuk membentuk tubuh, pemanasan dan pendinginan itu sama pentingnya lho ya. Serta punya fungsi sendiri-sendiri.

4. Istirahat juga penting

Meski mungkin kita begitu berambisi untuk membentuk tubuh, mengurangi berat badan, tapi tetap, nggak berarti juga kita mesti setiap hari nonstop melakukan fitness lho ya.

Kalau bisa, lakukan istirahat atau tidur selama tujuh hingga sembilan jam sehari. Otot pun perlu istirahat dengan break tidak melakukan fitness selama satu hingga dua hari setiap minggunya.

5. Jaga motivasi

Pernah nggak sih merasa kita begitu bersemangat di awal-awal tapi lama-kelamaan motivasi itu rasanya kok menguap entah ke mana? Nah, dalam fitness, terkadang hal kayak beginian ini juga kejadian lho!

Jadi kalau bisa sejak awal, kita mesti menciptakan motivasi untuk diri kita agar tetap terus semangat melakukan fitness dan memenuhi target yang kita dambakan.

Caranya ya bisa macam-macam. Misalnya dengan mengajak teman untuk fitness bareng, menempelkan target tubuh ideal yang kita dambakan dan melihatnya itu setiap hari, atau cara lainnya.

6. Perhatikan asupan nutrisi

Seperti yang tadi sempat saya bilang, nutrisi itu penting lho! Kalau kita sudah mati-matian melakukan fitness tapi makannya masih suka seenaknya, dan tidak makan dengan nutrisi yang tepat, bisa-bisa target itu tidak akan kita raih.

Untuk pemenuhan nutrisi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, tidak makan berlebihan di saat malam hari. Yang pernah saya dengar sih katanya, lebih baik kita tidak makan malam lebih dari jam tujuh malam.

Soalnya, kadar gula dan lemak dalam darah harus normal. Jadi sebaiknya, kita mesti konsumsi makanan dalam porsi sedikit terutama saat malam hari. Ada baiknya kita memperbanyak konsumsi sayuran hijau, buah, ikan, kacang-kacangan, gandum, atau beras merah.

Karena saat fitness tubuh kita akan banyak mengeluarkan keringat, kita perlu juga menjaga pemenuhan cairan dalam tubuh. Sebisa mungkin, minumlah sedikitnya tiga liter per hari.

Lalu karena fitness ini membutuhkan otot yang kuat, kita juga perlu mencukupinya dengan asupan protein. Polanya seperti ini, kalau kita fitnessnya saat malam hari, berarti asupan proteinnya saat siang hari. Kalau fitnessnya pagi hari, asupan proteinnya mesti dipenuhi saat malam hari. Begitu seterusnya.

Kalau kata para ahli gizi dan ahli nutrisi sih banyak menyarankan untuk mengonsumsi whey protein. Alasannya, selain karena murah dan mudah didapatkan, whey protein juga punya kandungan asam amino esensial yang diperlukan untuk meningkatkan massa otot.

Perlunya Menemukan Supplier Suplemen dan Aksesoris Fitness yang Tepat

Dari sekian tips tersebut, sebetulnya ada satu lagi sih hal penunjang atau pendukung agar fitness kita bisa berhasil sesuai dengan target yang kita inginkan. Yaitu dengan cara kita mesti tahu, di mana keberadaan supplier suplemen dan aksesoris fitness yang tepat.

Nah, dari pada beli di sembarang tempat yang jatuhnya malah merusak tubuh kita, mendung yuk kita kenalan sama SFIDN.com. Jadi di SFIDN.com, kita bisa menemukan suplemen dan aksesoris untuk fitness yang terpercaya. Fyi, mereka sudah berdiri sejak 2008 lho!

Di SFIDN.com, kita bisa menemukan beberapa kelebihan untuk kebutuhan fitness kita. Mulai dari harga yang lebih murah dibanding tempat lain serta bergaransi, produknya asli nggak pakai tipu-tipu, serta servisnya 24 jam.

Produknya pun buanyak banget macam dan jenis kategorinya. Bisa dikirim ke seluruh daerah di Indonesia, serta mereka juga membuka peluang bagi kita untuk bisa jadi reseller segala lho!

Oh iya, bicara tentang suplemen, tadi kan saya sudah sempat singgung tentang kebutuhan nutrisi terutama whey protein. Nah kalau bingung whey protein yang bagus buat tubuh kita itu apa saja, kita bisa temukan juga nih di SFIDN.com. mereka punya lima produk whey protein terbaik lho yang diulas berdasarkan kandungan, harga, serta ulasan para konsumennya.

Lalu kalau kita bingung mau memilih whey protein yang mana sesuai dengan kebutuhan kita, bisa kok dikonsultasikan juga lewat fitur live chat atau Whatsapp Messenger SFIDN.com.

Tuh kan, jadi ternyata membentuk tubuh lewat fitness itu kalau sudah tahu triknya, nggak susah-susah banget juga ya untuk diraih. Jadi, siapa nih kira-kira yang mau jadi partner motivasi fitness saya nanti usai saya melahirkan? Maksudnya, biar kita sama-sama bisa berhasil gitu fitnessnya sesuai target yang kita mau.



Comments

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Ceritanya karena lagi heboh-hebohnya Film Dilan nih. Saya yang sudah dari lama ngincer buku itu, lalu pengen beli tapi kok ya kapasitas dana nggak kayak dulu lagi, akhirnya cuma bisa ngowoh.
Eh ndilalah, entah dari mana ceritanya, kok jadi tahu aplikasi perpustakaan nasional bernama iPusnas. Dan di sana koleksi Dilannya lengkap! Tiga buku ada semua. Cuma… antriannya sampai ratusan, Jeng!
Demi rasa penasaran, ikutan ngantri deh. Lucunya, awal ngecek koleksi buku Dilan di iPusnas, saya langsung bisa pinjam buku yang ke tiga, Milea Suara dari Dilan. Pas kosong, padahal yang sudah antri banyak. Tapi kemudian saya anggurin. Dan akhirnya nggak kebaca deh.

Beberapa hari kemudian, saat launching film Dilan beneran keluar, cek antrian lagi deh. Makin sering lagi ngeceknya di notifikasi. Endingnya, dalam seminggu, saya bisa lho mengalahkan para pesaing antrian buku ini, baca tiga-tiganya dalam waktu nonstop sekitar lima sampai enam jam langsung baca, lewat hp Samsung J1. Udah, bayangin aja tu laya…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Membimbing Anak Belajar

Kali ini saya ingin membahas tentang apa dan bagaimana tentang membimbing anak belajar yang perlu dilakukan oleh orangtua. Tulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan Imelda Yetti yang beberapa tahun lalu sempat saya wawancarai sewaktu saya menjadi reporter di Batam. Saat itu, ia adalah pengajar di Sekolah Charitas Batam.
Sering orangtua mewajibkan anaknya untuk belajar tanpa ingin tahu mengapa ada anak yang sulit dalam proses belajarnya. Akibatnya meski anak dipaksa terus belajar, anak tak kunjung menjadi pintar dalam artian menyerap apa yang dipelajarinya sendiri.
Padahal menurut Imelda, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam belajar. Faktor-faktor tersebut antara lain, waktu, dukungan, budaya, konteks, dan kebebasan memilih.
Dikatakannya lebih lanjut, tiap anak memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dirinya sehingga ia bisa mudah menyerap apa yang dipelajarinya.
Anak pun membutuhkan dukungan dari lingkungan sekelilingnya dalam hal belajar. Bisa jadi dari or…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…