Inilah Penyebab Kenapa Gusi Sering Berdarah

inilah yang sering menyebabkan kenapa gusi sering berdarah


Siapa nih yang gusinya sering berdarah? Faktanya, ternyata kenapa gusi sering berdarah itu penyebabnya bisa macam-macam lho!

Seumur-umur dari dulu hingga sekarang, saya pernah tahu atau mengalami gusi sering berdarah karena beberapa penyebab berikut ini.

1. Gusi bengkak

Biasanya makanan yang kita kunyah akan meninggalkan sisa dan terselip di sela-sela gigi. Lalu jika gigi berlubang, makanan pun akan masuk ke sana dan sulit keluar. Bahkan meski kita sudah berkumur-kumur atau menyikat gigi, kotoran gigi tersebut tak kunjung bisa keluar.

Makanan yang tertinggal di gigi berlubang berpotensi masuk dan membuat masalah di bagian akar gigi. Akibatnya, gusi pun jadi membengkak. Masalah ini jika tidak diatasi akan sering membuat gusi jadi sering berdarah.

Apalagi jika masalahnya pada akar gigi. Jika gusi sampai sering bengkak, berdarah, disebabkan kotoran sisa makanan yang masuk ke bagian ini, maka biasanya, dokter pun akan melakukan perawatan akar gigi.

2. Kurang vitamin C

Masalah gusi yang sering berdarah juga biasanya kerap disebabkan karena kekurangan vitamin C. Kondisi ini bisa menjadi alarm atau penanda bahwa tubuh kita memang perlu asupan vitamin C.

3. Gusi yang terluka

Nah, kalau yang ini kejadiannya sering saya alami. Biasanya saya itu sering sekali menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi atau gigi yang berlubang.

Akhirnya bisa ditebak, gusi saya sering tertusuk dan terluka, lalu akhirnya berdarah. Parahnya, hal itu berulang kali saya lakukan. Ada kotoran sisa makanan terselip, saya menggunakan tusuk gigi, dan gusi saya pun berdarah lagi.

Gusi yang berdarah juga biasanya bisa terjadi saat sedang menggosok gigi. Bisa jadi hal ini dialami seseorang karena aktivitas menyikat gigi yang terlalu keras atau bahkan salah menyikat gigi.

4. Radang gusi

Penyebab kenapa gusi sering berdarah juga bisa dikarenakan adanya radang gusi. Ini terjadi karena adanya plak gigi yang menumpuk, menjadi keras, hingga membentuk karang gigi. Akibatnya gusi pun jadi mengalami radang.

5. Infeksi

Jika di poin sebelumnya penyebab gusi sering berdarah adalah karena radang gusi, apabila radang tersebut tidak diobati, maka akan menimbukan infeksi. Jaringan lunak dan tulang penyangga gigi menjadi rusak. Akibatnya gusi pun jadi sering berdarah lebih parah.

 

Lalu jika gusi sudah berdarah, yuk coba kita lakukan beberapa hal berikut.

1. Berkumur dengan air garam. Konon cara ini sudah dilakukan sejak zaman dulu. Dan ternyata, cara ini bisa dilakukan karena garam mengandung sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Jadi masalah gusi yang bengkak dan sampai berdarah bisa mereda.

2. Selain air garam, kita juga bisa melakukan cara berkumur dengan menggunakan air sirih. Sama seperti garam, sirih juga mengandung zat yang bersifat antiseptik.

3. Bagi yang mengalami gusi berdarah diakibatkan kekurangan zat vitamin C, bisa juga mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi lemon dan air hangat. Caranya adalah dengan berkumur-kumur air lemon hangat agar gusi aman dari kuman dan bakteri.

4. Sedangkan jika terjadi adanya kotoran sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi, lebih baik bersihkan dengan cara berkumur atau menyikat gigi. Namun jika kegiatan menyikat gigi tidak memungkinkan dilakukan, gunakan benang floss dan hindari menggunakan tusuk gigi.

 

Bila cara-cara tersebut sudah dilakukan dan tidak berhasil, tidak ada jalan lain lagi, kita harus pergi menemui dokter gigi. Karena bisa jadi, masalah gusi berdarah tersebut disebabkan sesuatu yang bukan masalah sepele. Jadi, jangan terlalu menganggap remeh gusi sering berdarah ya.

 


Comments

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti