Tips Memilih Cream Pemutih Wajah Berdasarkan Bahan Kandungannya

Krim pemutih wajah

Kebanyakan wanita Indonesia begitu ingin kulit wajahnya terlihat lebih putih. Karena dengan kulit wajah yang lebih putih, biasanya kita pun jadi terlihat lebih cantik. 

Tak heran, begitu banyak cream pemutih wajah yang ditawarkan di luar sana. Ada produk yang mengaku hanya hitungan hari bisa membuat kulit wajah jadi lebih cerah. Ada juga produk yang mengklaim bisa membuat wajah jadi cerah merona. 

Tapi tentu kita semua nggak ingin lah ya kalau sampai dapat produk yang katanya mampu memutihkan wajah, eh... malah membuat wajah jadi suram menghitam. 

Hal ini pernah kejadian nih dialami oleh tante saya. Niatnya ingin mencerahkan wajah, eh, yang ada daerah sekitar pipi dan hidungnya malah keluar spot noda hitam. Wajahnya pun malah jadi kusam. 

Nah biar nggak terjebak dengan kejadian seperti itu, yuk kita waspadai bahan yang terkandung pada cream pemutih wajah yang akan kita pilih. 

1. Bengkoang

Sudah sejak lama leluhur bangsa Indonesia mengenal penggunaan bengkoang untuk mencerahkan kulit. Ini dikarenakan umbian satu ini mengandung ekstrak jicama yang memiliki kadar vitamin B dan C.

Cream pemutih wajah yang mengandung ekstrak jicama akan membuat kulit jadi lebih cerah serta menjadi lebih lembut.

2. Vitamin C

Vitamin C terkenal sangat dibutuhkan bagi kesehatan kulit. Ini dikarenakan Vitamin C memiliki kadar antioksidan yang bagus untuk peremajaan sel-sel kulit. 

Jika kita menggunakan cream pemutih wajah yang mengandung Vitamin C, maka makin hari kulit makin lebih cerah dan terhindar dari penuaan kulit.

3. Vitamin E

Biasanya, produk cream pemutih wajah yang mengandung Vitamin C juga mengandung Vitamin E. Vitamin ini juga terkenal memiliki kadar antioksidan yang sangat bagus untuk kulit.

Sama halnya dengan Vitamin C, cream pemutih wajah yang mengandung Vitamin E akan membuat kulit jadi awet muda serta memerlambat pembentukan melanin yang bisa membuat kulit jadi tidak cerah.

4. Niacinamide

Zat ini mengandung B3 yang bagus untuk kesehatan kulit. Jika kebanyakan cream pemutih wajah akan susah digunakan pada kulit berjerawat, maka hal tersebut tidak berlaku pada Niacinamide. Bahkan, cream pemutih wajah yang mengandung niacinamide bisa sekaligus menjadi anti-radang.

Penggunaan cream wajah yang mengandung niacinamide bisa membuat kulit jadi cerah merata, lebih lembut, dan memudarkan kerutan.

5. Glycolic Acid 

Jika kebanyakan cream pemutih wajah yang mengandung zat untuk memutihkan kulit dengan cara mengelupas sel kulit mati tersebut cenderung berbahaya, berbeda dengan glycolic acid.

Zat ini memang bekerja dengan mengangkat sel kulit mati jadi terkelupas dan memercepat pertumbuhan sel kulit baru. Namun, ia tidak cenderung membuat kulit jadi iritasi.

6. Kojic Acid

Sempat tahu produk cream pemutih wajah yang iklannya ada unsur Jepangnya? Yap, produk tersebut mengandung bahan Kojic Acid.

Zat ini berasal dari fermentasi beras. Biasanya terdapat dalam sake atau minuman Jepang lainnya yang beralkohol. 

Cream pemutih wajah yang mengandung Kojic Acid dipercaya mampu menghambat pertumbuhan melanin. Efeknya, kulit jadi lebih putih atau cerah.

7. Hyaluronic acid 

Bahan yang satu ini akhir-akhir ini booming dan terkenal mampu mencerahkan kulit. Tak hanya itu, hyaluronic acid ternyata juga mengandung antioksidan yang bagus untuk meremajakan kulit terutama kulit yang berkeriput, serta mampu melembabkan kulit yang kering. 

8. AHA

Alpha Hydroxy Acid atau yang biasa disingkat dengan AHA adalah zat yang biasanya juga terdapat dalam cream pemutih wajah.

Produk kecantikan dengan bahan zat ini akan bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati. Kulit pun jadi mengelupas dan berganti lapitan kulit yang baru.

Sayangnya jika kulit kita sensitif, penggunaan cream pemutih wajah dengan bahan ini akan membuat kulit jadi iritasi. Apalagi jika kulit terpapar sinar matahari.

Untuk itu jika menggunakan cream pemutih wajah berbahan dasar AHA, konsultasikan dulu pada dokter kulit. Dokter kulit akan memberikan rekomendasi kadar AHA yang pas bagi cream pemutih wajah yang cocok dengan kulit kita. 

Selain itu karena kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari, gunakan tabir surya saat siang. Ini untuk meminimalisir efek sun burn yang terjadi pada kulit.

9. Alpha Arbutin 

Sebetulnya zat ini adalah sumber alami hydroquinone yang berasal dari daun pir, cranberry, mulberry, atau bearberry. 

Manfaat zat ini dalam cream pemutih wajah bisa digunakan untuk mencerahkan kulit.

10. Hydroquinone

Dulu hydroquinone banyak dipakai oleh beberapa produk kecantikan. Jika digunakan, kulit memang jadi lebih putih. 

Namun ternyata bahan yang satu ini juga tak jarang bisa menyebabkan efek samping. Terutama bagi yang kulitnya sensitif, kulitnya malah bisa jadi iritasi. 

Karena itu jika menggunakan produk yang berbahan hydroquinone, sebaiknya harus menggunakan resep dari dokter kulit ya. Karena dokter bisa tahu apakah memang produk tersebut cocok atau tidak dengan kuli

11. Merkuri 

Kalau bahan yang satu ini sudah banyak yang tahu ya kalau memang sangat berbahaya. Jika cream pemutih wajah berbahan merkuri ini digunakan di wajah, emang sih, efeknya kulit jadi cepat putih. Tapi jika digunakan dalam waktu yang lama, konon kulit wajah malah jadi rusak. 

Selain itu, merkuri ini pun ternyata juga mampu merusak organ dalam tubuh kita. Jadi jangan sampai tergiur untuk menggunakan cream pemutih wajah yang mengandung merkuri, ya!

12. Asam retinoat

Bahan yang satu ini memiliki cara kerja yang mirip dengan hydriquinone. Jika menggunakan cream pemutih wajah berbahan dasar asam retinoat, kulit bisa mengelupas. Kulit yang kusam pun jadi berganti dengan kulit yang cerah.

Namun efek sampingnya, kulit bisa jadi kering, kemerahan, iritasi, panas, bahkan terbakar. Apalagi jika kena sinar matahari. 

Nah, buat yang masih bingung produk mana saja yang aman atau tidak, cek saja yuk di ceklist.id. Di situs tersebut kita bisa tahu, produk apa saja di pasaran yang selama ini terkenal aman untuk digunakan sebagai cream pemutih wajah.

Di ceklist.id, kita juga bisa tahu di mana saja produk cream pemutih wajah tersebut bisa kita dapatkan berikut harganya. 

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya