Waspadai Yuk Contoh Makanan yang Bisa Sebabkan Asam Urat Berikut Ini!

Post a Comment

Makanan yang menyebabkan penyakit asam urat

  

Beberapa waktu terakhir ini, daerah siku tangan kanan saya terasa sakit. Bahkan untuk mengangkat benda yang agak berat pun rasanya tidak kuat. Rasa tidak nyaman ini lalu bertambah di area ruas-ruas jari, siku tangan kiri, kemudian lutut kaki kiri.

Saat saya ceritakan hal ini pada suami, ia curiga kalau saya kemungkinan terkena asam urat. Apalagi saat ia tahu saya usai mengonsumsi salah satu contoh makanan yang bisa sebabkan asam urat.

Saya ingat, waktu itu saya usai mengonsumsi sate ayam dengan kuah kacang yang kental. Selain itu saya pun nggak kira-kira mengkonsumsi kacang atom untuk camilan saat bekerja.

Penasaran, saya lalu browsing tentang penyakit asam urat. Rasanya tidak percaya saja kalau saya sampai kena asam urat. Pasalnya di waktu sebelum-sebelumnya, saya tidak pernah merasakan hal tersebut.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, asam urat itu berupa nyeri yang sangat lumayan rasanya. Biasanya saat seseorang menderita asam urat, bagian yang nyeri akan terjadi pembengkakan serta terasa panas.

Rupanya, ada beberapa hal lho yang bisa menyebabkan seseorang terkena asam urat.

1. Riwayat kesehatan keluarga

2. Usai cedera atau operasi

3. Sering konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi

4. Sering konsumsi minuman beralkohol

5. Sering minum yang mengandung kadar gula tinggi

6. Sering menggunakan obat kemoterapi

7. Punya kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, sakit jantung, sakit ginjal, sakit tiroid, kolesterol tinggi, leukimia, anemia, hipertensi, atau obesitas.

Nah dari penyebab yang memungkinkan seseorang kena asam urat, sepertinya saya punya kecenderungan kena asam urat di nomor 1, 2, 5, dan 7. Wah, banyak juga ya!

Dari faktor keluarga, kedua orang tua saya kebetulan juga sering mengalami asam urat. Lalu saya itu orang yang hobi makan makanan mengandung purin tinggi. Hobi juga minum dan makan yang sangat manis. Dan yang terakhir, saya sering mengalami anemia.

Karena rasa nyeri yang kemungkinan asam urat ini sangat mengganggu aktivitas saya sehari-hari, mau tidak mau akhirnya saya berpikir paling tidak harus menghindari faktor makanan yang bisa membuat asam urat jadi kambuh.

Salah satu penyebab asam urat memang berasal dari makanan yang mengandung purin tinggi. Lagi-lagi dari hasil browsing, ini dia rupanya contoh makanan yang bisa sebabkan asam urat yang mesti saya dan para penderita asam urat harus waspadai.

1. Daging merah

2. Sea food

3. Jeroan

4. Emping melinjo

5. Kol

6. Produk susu terutama yang tinggi lemak

7. Kacang-kacangan

Parahnya, kecuali nomor 5, semua contoh makanan yang bisa sebabkan asam urat dan yang tadi disebutkan itu ndilalah kesukaan saya semua lho! Hahaha…

Kalau disuruh total menghindari contoh makanan yang bisa sebabkan asam urat tadi, jelas saya tidak bisa. Paling tidak, ya usaha saya adalah menguranginya atau menggantinya dengan bahan makanan yang lain.

Misalnya, daging merah bisa saya ganti dengan daging ayam. Sea food bisa saya ganti dengan ikan air tawar. Susu tinggi lemak bisa diganti dengan yang rendah lemak.

Untuk susu rendah lemak ini salah satunya contohnya adalah Anlene. Apalagi susu Anlene terkenal bagus untuk menjaga kesehatan tulang, otot, bahkan juga sendi yang sering jadi sasaran asam urat.

Sedangkan kacang-kacangan yang biasanya jadi kesukaan saya banget untuk dijadikan sebagai camilan, bisa saya ganti dengan produk camilan lain. Misalnya kentang, roti, atau ngemil buah sepertinya lebih sehat.

Kalau kol, pada dasarnya saya memang tidak suka. Emping melinjo dan jeroan bisa saya skip. Kebetulan, saya memang suka tapi sangat jarang mengonsumsinya.

Dan yang juga tak kalah pentingnya selain menghindari contoh makanan yang bisa sebabkan asam urat tadi adalah minum air putih. Karena jika kita banyak minum air putih, kadar asam urat pun bisa menurun.

Itu dia cerita saya tentang si asam urat. Kalau teman-teman terutama yang juga mengalaminya, punya cerita atau tips apa nih untuk mengatasi asam urat? Share di komentar ya.

Related Posts

Post a Comment

Popular