Waspadai Kanker Kulit yang Berupa Tahi Lalat

Post a Comment

Ciri tahi lalat yang perlu diwaspadai sebagai kanker kulit

  

Kebanyakan orang mungkin menganggap wajar keberadaan tahi lalat, bercak hitam seperti tompel, atau bundaran kecil yang menyerupai jerawat. Padahal di balik masalah kulit tersebut, bisa berpotensi adanya kanker kulit yang tidak kita ketahui.


Kanker atau stadium tumor kulit ini memiliki tingkatan dari yang biasa atau jinak hingga yang parah. Tumor artinya sesuatu yang tumbuh berlebihan. Tumor kulit sendiri macamnya ada yang jinak, precancer, hingga ganas.


Macam dari tumor jinak ini antara lain seboroid wart, desmatosis papulosa nigra, skin tag, dan sebaceous hyperplasia. Seboroid wart bentuknya seperti tahi lalat yang sering ditemui pada orang tua berupa bercak-bercak hitam dengan jumlah yang banyak. Skin tag berbentuk seperti kutil yang memanjang. Sedangkan sebaceous hyperplasia merupakan bintik-bintik hitam yang muncul pada kulit akibat kelenjar minyak.


Baca juga: Yuk Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kanker Payudara pada Wanita


Semuanya itu tidak berbahaya dan biasanya aman serta bisa dihilangkan. Sedangkan di stadium selanjutnya atau tingkatan precancer, ada beberapa macam yaitu congenital moles, naevus sebaceous, dan solar kerotosis. 


Congenital moles biasanya berupa titik hitam yang muncul pada tanda hitam. Ia biasanya timbul di tengah-tengah tanda hitam dan sifatnya ganas. Makin hari bisa makin melebar dan makin ganas.


Sedangkan naevus sebaceous merupakan jenis precancer yang muncul di daerah kulit berminyak. Sementara itu solar kerotosis yang kebanyakan dialami oleh orang tua, merupakan jenis precancer yang muncul akibat paparan sinar matahari.


Di tingkatan ganas, ada beberapa macam jenisnya yaitu a melanoma, cell carcinoma squamous, cell basal carcinoma, dan melanoma malignant. 

Penyebab melanoma malignant ini karena iritasi tahi lalat yang berulang-ulang. Bahkan Kalau sampai kena pembuluh darah bisa mengakibatkan meninggal.


Baca juga: Pengalaman Ada Benjolan di Samping Kiri Payudara


Ciri Tahi Lalat yang Berpotensi Kanker

Ciri-ciri tahi lalat merupakan kanker atau tumor, biasanya apabila bentuknya makin bertambah besar atau menebal, mudah berdarah, sampai gatal. Tumor yang berupa tahi lalat ini bila disentuh sedikit saja akan mudah berdarah.


Untuk tindakan awal, seseorang yang mengalami gejala-gejala tersebut bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kulit yang nantinya akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium. 


Sedangkan untuk mereka yang mengalami kanker kulit jenis jinak seperti seboroid wart, bisa melalui proses koter atau pembakaran. Bisa juga melalui proses laser abrasi atau penyemprotan nitrogen yang juga dilakukan oleh dokter kulit.


Baca juga: Mengamankan Finansial dari Penyakit Kritis dengan PRUCritical Benefit 88


Agar kita terhindar dari kanker kulit ini, gunakanlah sunblock. Terutama bagi mereka yang kulitnya terpapar matahari langsung. Karena menurut doter kulit yang pernah saya temui, sunblock itu aslinya sifatnya penting, lho

Related Posts

Post a Comment

Popular