Pakai Conditioner, Memangnya Penting?

Apa itu conditioner serta manfaatnya


Mungkin satu ketika kita melihat iklan di televisi tentang produk conditioner. Lalu kita berpikir, memangnya pakai conditioner itu penting ya?

Nah, jika kita sampai berpikiran seperti itu, sepertinya kita termasuk yang awam dan kenal dengan produk perawatan rambut yang satu ini. Kalau iya, yuk, kenala dulu sama apa dan bagaimana sebetulnya conditioner itu.

Buat kebanyakan orang, biasanya lebih mengenal sampo dibandingkan produk conditioner. Pasalnya, selama ini sampo sudah dianggap cukup mencukupi kebutuhan manusia untuk membersihkan rambut.

Lalu kemudian, hadirlah produk conditioner. Sayangnya bagi kebanyakan orang, pakai conditioner itu dianggap merepotkan. Setelah kita membersihkan rambut dari sampo, lalu harus mengusapkan conditioner. Cara ini dianggap nggak praktis.

Hingga hadirlah produk sampo yang katanya juga mengandung conditioner. Jadi tidak perlu lagi kita bisa sat set cepat untuk mengurusi rambut.

Sayangnya, dan aslinya, padahal sampo dan conditioner itu sebetulnya dua produk yang berbeda lho manfaatnya. Jadi sebetulnya pemakaiannya haruslah terpisah.

Sampo hadir sebagai solusi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Masalah kulit kepala berminyak, rambut kotor, sampai ketombe akan dibersihkan oleh sampo. 

Intinya, sampo digunakan untuk membersihkan kulit kepala, akar rambut, dan mengatasi masalah yang ada pada kedua bagian tersebut. Untuk urusan masalah helai rambut hingga ke ujung, tidak bisa diatasi oleh sampo.

Sementara conditioner hadir untuk merawat kesehatan dan keindahan helai rambut hingga ke ujung. Rambut terlihat hitam, ujungnya tidak bercabang, itulah tugasnya conditioner. Ini dikarenakan conditioner mengandung zat yang bisa mengganti lemak dan protein pada batang rambut. 

Beberapa manfaat conditioner adalah sebagai berikut:

- rambut jadi mudah diatur

- meningkatkan volume rambut

- rambut tidak kusut saat disisir

- merawat rambut yang ujungnya bercabang

- rambut jadi lebih berkilau

- rambut jadi lebih halus dan lembut

Nah, jadi sudah jelas ya perbedaan antara sampo dan conditioner. Sekarang kita ngobrol yuk tentang cara pakainya.

Bilas rambut terlebih dahulu dengan air, lalu gunakan sampo sesuai dengan jenis kulit kepala, kebutuhan, dan mungkin masalah yang kita alami. Misalnya, sampo untuk rambut berminyak, sampo untuk rambut berketombe, atau sampo untuk rambut rontok karena akar rambut.

Setelah menggunakan sampo secara merata mulai dari kulit kepala hingga keseluruhan helai rambut, bilaslah hingga bersih. Jangan sampai rambut masih terasa ada samponya ya.

Kalau sudah bersih, baru gunakan conditioner. Produk satu ini ada dua macam yang beredar di pasaran. Ada yang memang harus dibilas, ada juga yang tanpa bilas. Jadi cermati benar-benar ya petunjuk yang ada di kemasannya tentang cara pakainya.

Oh iya, perhatikan beberapa hal berikut ini juga agar pemakaian conditioner hasilnya bisa maksimal.

- Untuk conditioner yang perlu dibilas, diamkan dulu selama sekitar dua sampai tiga menit.. Baru kemudian bilas sampai bersih dengan menggunakan air dingin. Hal ini agar hasil conditioner lebih optimal karena air dingin mengunci kutikula dengan baik.

- Untuk conditioner tanpa bilas, gunakan setelah rambut mengering usai keramas. usahakan rambut mengering dengan sendirinya dan tanpa menggunakan pengering rambut ya.

- Sebetulnya conditioner tanpa bilas bisa digunakan setiap hari meski kita tidak keramas terlebih dahulu. Namun agar hasilnya lebih maksimal, tentunya akan lebih baik jika penggunaan conditioner diberikan saat rambut dalam kondisi bersih usai keramas. Sedangkan bagi yang rambutnya normal dan atau berminyak, bisa menggunakan conditioner sekali atau dua kali dalam seminggu.

- Saat menggunakan conditioner, usahakan jangan terkena kulit kepala. Hal ini bisa menyumbat pori-pori dan akhirnya rambut malah menjadi kering. Selain itu juga bisa membuat rambut malah menjadi berketombe.

- Untuk yang kulitnya mudah berjerawat, usahakan juga saat menggunakan conditioner agar tidak sampai mengenai kulit wajah dan atau punggung. 

- Jika akan menggunakan hair mask setelah keramas, jangan gunakan conditioner terlebih dahulu. Hal ini agar nutrisi dari hair mask bisa terserap dengan maksimal di rambut.

- Kita bisa menggunakan vitamin rambut setelah menggunakan conditioner.

Dalam penggunaan conditioner, gunakan yang sesuai dengan kebutuhan rambut kita ya. Misalnya conditioner untuk rambut rusak, rambut rontok, atau yang sekedar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut kita.

Comments

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti