Tips Membersihkan Karpet Sendiri di Rumah

Post a Comment

Cara membersihkan karpet sendiri di rumah


Saat ini, karpet bisa jadi bukan hal yang isitmewa keberadaannya di rumah. Intinya, sudah banyak orang yang punya karpet di rumah.

Biasanya keberadaan karpet di rumah bisa kita temukan di ruang tamu, ruang keluarga, mushola, atau kamar yang memiliki area tertentu untuk bersantai di bagian bawah.

Sayangnya, karpet ini cukup rentan dengan kotoran. Apalagi bagi tipe orang yang memiliki alergi debu atau tungau, karpet yang tidak bersih bisa membuat alergi orang-orang ini jadi kambuh.

Untuk itulah, sebaiknya karpet harus rutin dibersihkan. Jika memang kotorannya cukup lumayan kotor, atau sudah berbulan-bulan tidak dibersihkan, kita bisa membawa karpet ke laundry untuk dicuci di sana.

Namun jika itu sifatnya harian atau berkala, lalu kotoran juga tidak terlalu berat, kita bisa membersihkan sendiri di rumah. Beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan karpet dengan vacum cleaner

Buat saya, punya karpet itu enaknya yang punya vacum cleaner. Segala macam kotoran mulai dari debu, rambut, tungau, bisa tersedot ke dalam vacum cleaner.

Apalagi buat keluarga yang mungkin ada anggota keluarganya yang memiliki alergi, atau punya anak bayi di rumah. Kalau punya karpet lalu terkena kotoran yang kering, kita akan lebih mudah membersihkannya.

2. Membersihkan karpet dengan sapu lidi

Cara ini bisa jadi alternatif saat kita tidak punya vacum cleaner di rumah. Dengan sapu lidi yang biasanya khusus digunakan untuk membersihkan kasur, kita bisa membersihkan karpet dengan cara menggunakan sapi lidi dalam posisi tidur.

Maksudnya, sapu lidinya tidak digunakan berdiri seperti kalau kita menyapu tanah. Cara membersihkan karpet ini juga mirip seperti saat kita menggunakan sapu lidi saat membersihkan kasur.

Namun sayangnya, cara ini justru bisa membuat debu jadi berterbangan di dalam ruangan. Untuk orang alergi debu, tentu membersihkan karpet dengan sapu lidi malah menimbulkan alergi.

Untuk meminimalisir akibat tersebut, ada baiknya bersihkan karpet di luar ruangan. Kalau di rumah saya sendiri, biasanya suami saya minta  menggantung karpet di pagar dan dibersihkan dengan sapu lidi. Debu jadi tidak menguar di dalam ruangan rumah.

3. Membersihkan karpet dengan lem lakban

Kira-kira ada nggak ya yang suka pakai cara ini? Hihihi, saya sendiri tidak sengaja menemukan cara tersebut untuk membersihkan karpet di rumah. Pasalnya, banyak rambut yang masih menempel di karpet dan tidak bisa bersih saat dibersihkan dengan sapu lidi.

Sementara, saya pun nggak punya vacum cleaner. Mau dibersihkan dan dibawa ke laundry, kan ya nggak bisa setiap hari lah ya.

Cara membersihkan karpet dengan lem lakban adalah seperti ini:

- ambil lem lakban dengan panjang yang kira-kira bisa digulung melilit keempat jari tangan

- gulung lem lakban melingkar ke empat jari tangan kecuali ibu jari karena nantinya dia punya tugas memutar gulungan lem lakban

- sudah deh, kita tinggal putar gulungan lem lakban tersebut di bidang karpet.

Cara ini cukup lumayan bisa mengangkat kotoran rambut, pasir-pasir halus dan debu dengan menempel di lakban. Walaupun endingnya, cara ini bisa membuat kita menambah limbah lakban kotor di tempat sampah. Biasanya saya sendiri sampai menghabiskan minimal lima gulungan lakban seukuran lilitan empat jari tangan.

 

Jadi, teman-teman pilih cara yang mana nih? Kalau menurut saya, memang ada baiknya karpet itu dibawa ke laundry sih untuk dibersihkan secara berkala. Kalau punya vacum cleaner, mungkin bisa membawa karpet untuk dilaundry setiap tiga bulan sekali. Sedangkan kalau tidak punya vacum cleaner sementara karpet tersebut setiap hari menjadi tempat kita beraktivitas, ada baiknya dilaundry setiap bulannya.

Atau kalau punya lahan luas beralas ubin, karpet bisa dibersihkan sendiri di rumah. Karena walau bagaimanapun, karpet itu bisa bersih maksimal kalau dicuci di laundry dengan alat dan cara khusus.

 

 

 

x

Related Posts

Post a Comment

Popular