EBA Ritel, Passive Income #AmanNyamanCuan

Post a Comment

 


Tahu nggak kalau ada yang namanya EBA Ritel untuk mereka yang mau punya passive income dengan kondisi aman, nyaman, dan bisa menghasilkan cuan? Kalau belum tahu, mari kita ngobrol bareng di tulisan ini…

Jadi buat buibu dan pakbapak, zaman sekarang ini kalau mau aman keuangannya baik masa sekarang apalagi masa depan, maka kita perlu melakukan investasi. Sudah banyak penjelasannya, bahwa menabung saja itu tidak bisa menghasilkan keuntungan apapun.

Alasannya, karena menabung tidak bisa menyamai nilai uang di masa depan. Andai tabungan kita sekarang jumahnya Rp.1 juta, maka lima tahun lagi nilainya tidak akan sebanyak itu. Bisa jadi, hanya Rp.750 ribu saja.

Ini disebabkan nilai uang yang akan makin naik dari waktu ke waktu. Penyebabnya adalah keberadaan inflasi yang setiap tahunnya selalu bertambah.

Karena itu, apalagi jika kita ingin memenuhi kebutuhan di masa depan, menabung bukanlah cara yang tepat. Dari pada menabung, lebih baik lakukanlah investasi.

Bicara investasi, hingga kini, sebetulnya masih banyak masyarakat yang menganggapnya sebagai kegiatan keuangan beresiko. Apalagi terkadang muncul adanya lembaga investasi yang tutup, atau statusnya bermasalah di kemudian hari.

Akhirnya, investasi seperti emas, rumah, atau tanah menjadi pilihannya. Sayangnya bagi mereka yang ingin cuan dalam berinvestasi, investasi model tersebut kuranglah menarik.

Nah, buat yang sekarang ingin berinvestasi secara aman, nyaman, serta memberikan keuntungan alias cuan, yuk kita kenalan dengan EBA Ritel.

 

 

Apa dan Bagaimana EBA Ritel

 

EBA itu sendiri sebetulnya singkatan dari Efek Beragun Aset. Jadi EBA Ritel ini merupakan surat partisipasi ritel dan berupa prodk dari proses sekuritisasi.

Jika kita berinvestasi di EBA Ritel, itu artinya kita melakukan investasi dalam bentuk efek atau surat utang yang memiliki agunan/jamin/underlying dan diperdagangkan kepada investor ritel.

EBA Ritel ini sendiri sebetulnya bagian dari PT Sarana Multigriya Finansial (persero) atau SMF. Fokus dari SMF adalah mengembangkan dan meningkatkan pasar pembiayaan perumahan Indonesia di masa depan.

Sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh SMF selama ini adalah sekuritisasi, penerbitan surat utang, dan penyaluran pinjaman kepada bank penyalur KPR. Dengan cara ini, volume penerbitan KPR menjadi meningkat, terutama untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Kesimpulannya, kalau kita melakukan investasi di EBA Ritel, berarti kita ikut membantu pemerintah dalam perannya membantu masyarakat yang memiliki kebutuhan tempat tinggal dan ingin punya rumah.

Beberapa karakteristik EBA Ritel adalah sebagai berikut:

1.    Memiliki bunga per tahun di atas deposito dengan besar 8,75 persen

2.    Aman dan mendapat rating AAA dari Pefindo

3.    Kita bisa melakukan investasi mulai dari Rp.100 ribu

4.    Bentuknya dana likuid serta dapat diperjualbelikan kapan pun

5.    Bisa membantu arus keuangan karena adanya pembayaran pokok dan bunga setiap tiga bulan

Itulah gambaran sekilas dari EBA Ritel. Sebelum tertarik, yuk baca lagi tulisan ini. Tentunya pada ingin tahu kan, EBA Ritel ini sebetulnya bisa jadi investasi yang benar-benar aman atau tidak untuk kita.

 

 

Investasi dengan Aman di EBA Ritel

 

Tadi kan sempat saya singgung, bahwa sekarang ini kalau kita ingin investasi, harus teliti. Cari yang aman deh! Jangan sampai sudah terlanjur investasi dalam nominal besar, eh, uangnya melayang begitu saja karena investasinya ternyata bodong!

Jadi cari yang aman-aman saja yuk. Misalnya ya di EBA Ritel ini. Ada beberapa alasan kenapa kita bisa berinvestasi dengan aman di EBA Ritel.

1.    Berbentuk BUMN

SMF merupakan persero yang termasuk BUMN. Jadi pengawasannya ada pada Kementerian Keuangan RI. 100 persen pemiliknya adalah negara.

2.    Diatur dalam OJK

SMF merupakan satu-satunya penerbit EBA-SP yang diatur dalam peraturan OJK Nomor 23/POJK.4/2014.

3.    Sudah diterbitkan dengan nominal triliunan

EBA Ritel dari SMF ini aslinya bukanlah produk baru yang masih trial error sampai bisa bikin investornya ragu-ragu untuk investasi lho! Karena sebetulnya, EBA Ritel sudah didahului dengan penerbitan EBA-SP tahun 2009 dengan total penerbitan hingga akhir 2020 sebesar Rp.12,78 triliun. Nominal tersebut berasal dari kegiatan SMF memfasilitasi transaksi sekuritisasi.

4.    Instrumen investasi dengan rating terbaik

Seluruh EBA-SP yang diterbitkan oleh SMF ini punya rating bagus, yaitu id AAA dari Pefindo. Ini menjadi rating terbaik yang ada pada instrumen investasi. Bahkan rating ini tetap bertahan lho di masa pandemi lalu.

Namun yang namanya investasi, tentunya ada risikonya ya. Untuk EBA Ritel ini punya risiko fluktuasi harga pada pasar sekunder. Risiko ini adalah akibat dari perubahan suku bunga.

Pelunasan KPR lebih awal oleh nasabah juga menghasilkan risiko. Sehingga, imbal hasil atau yield yang diterima oleh investor menjadi berkurang.

Dengan kondisi-kondisi tersebut, EBA Ritel bisa menjadi pilihan kita untuk berinvestasi di masa kini dengan aman dan nyaman. Untuk memulainya, kunjungi website https://smf-indonesia.co.id/ agar kita bisa lebih tahu tentang SMF dan EBA Ritel.

 

 

Agar Bisa Cuan Beinvestasi di EBA Ritel

 

Tadi sempat baca kan, kalau di EBA Ritel, kita bisa berinvestasi hanya mulai dengan nominal Rp.100 ribu, tingkat suku bunganya yang di atas deposito, serta keuntungan-keuntungan lainnya. Eit tapi, masih ada lagi lho caranya kalau ingin bisa cuan saat berinvestasi di EBA Ritel.

Berikut ini tips agar bisa untung ketika melakukan investasi di EBA Ritel.

1.    Jadikan EBA Ritel sebagai instrumen diversifikasi investasi

2.    Manfaatkan compounding interest dengan mengingat tanggal ajaib

3.    Gunakan uang dingin untuk jangka menengah hingga panjang

4.    Ikuti juga Instagram @inveseries, serta Instagram @ptsmfpersero agar kita bisa mendapatkan berbagai informasi menarik seputar EBA Ritel

 

Nah, sudah mau tahun 2023 nih. Sudah jangan ada lagi ya yang sampai terjebak investasi bodong. Lebih baik, rajin investasi saja di EBA Ritel.

Related Posts

Post a Comment

Popular