Makanan untuk Kesehatan Jantung 

Post a Comment

Jenis-jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung


Serangan jantung itu rasanya seperti dunia yang dihentikan. Nafas terasa susah, baik itu untuk menarik maupun menghembuskan udara lewat hidung atau mulut.

Jujur, saya pernah beberapa kali merasakan itu. Padahal waktu itu usia pun masih 30-an tahun.

Saat serangan jantung berlangsung, tiba-tiba ada satu titik di dada kiri saya terasa sangat nyeri. Bahkan rasa tidak nyamannya tembus hingga ke belakang.

Nyeri itu makin menjadi saat saya mencoba menghirup udara. Jadilah untuk beberapa detik, saya tidak bisa bernapas.

Jika dirunut, kondisi jantung saya itu bisa jadi hasil turunan dari ibu. Hingga kini, ibu punya riwayat sakit jantung.

Nah, karena saya ingin hidup lebih lama dengan anak-anak yang sekarang saja masih kecil, saya harus mengatur pola hidup saya agar selalu sehat. 

Salah satunya adalah dengan mengatur urusan makan. Saya perlu memilah-milih makanan untuk kesehatan jantung yang perlu saya konsumsi.

Untuk urusan kesehatan jantung, ada beberapa makanan yang bagus untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kentang

Kentang yang bagus untuk kesehatan jantung sebaiknya tidak dikonsumsi dalam bentuk digoreng.

Kentang mengandung potasium atau kalium yang tinggi sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Tomat

Tomat mengandung potasium yang tinggi sehingga bagus untuk menyehatkan jantung. Tomat juga menjadi sumber antioksidan likopen yang dapat mengurangi risiko stroke.

Zat likopen sendiri adalah karotenoid yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang disebut LDL  likopen juga bisa menjaga pembuluh darah tetap terbuka, serta menurunkan risiko serangan jantung.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa kacang-kacangan yang bagus untuk dikonsumsi di antaranya adalah almond, walnut, pistachio, kacang tanah, dan kacang macadamia. Ini dikarenakan kacang-kacangan tersebut mengandung serat yang bagus bagi jantung.

Kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin E yang bisa menurunkan kolesterol jahat. 

Bahkan untuk jenis kacang seperti walnut atau kenari memiliki kandungan omega-3 nabati atau asam alfa-linolenat (ALA).

Nah, ALA ini punya manfaat mencegah peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke jantung.

  1. Keluarga sayuran hijau tua 

Sayuran dengan warna hijau tua yang bagus untuk jantung di antaranya adalah bayam, brokoli, dan kale. Sayuran-sayuran tersebut mengandung karotenoid yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan zat yang bisa membahayakan tubuh.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh, antioksidan, dan potasium yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena kolesterol. 

  1. Delima

Buah delima banyak mengandung antioksidan yang bisa mencegah jantung koroner. Antioksidan dalam buah delima ini termasuk polifenol dan anthocyanin. Zat tersebut bagus bagi kerja jantung dan mencegah pengerasan arteri.

  1. Apel

Buah ini mengandung prebiotik dan juga berguna untuk mengurangi kolesterol. 

  1. Bawang putih dan bawang bombay

Kedua bawang ini bisa mengurangi peradangan dalam tubuh dan  menurunkan risiko pengerasan arteri.

  1. Cabai

Bahan makanan yang rasanya pedas ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Ini dikarenakan cabai mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi tekanan darah, dan bisa melawan obesitas.

  1. Teh hijau

Menurut penelitian, teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan yang memberi perlindungan bagus pada jantung.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun yang dimaksud adalah EVOO atau extra virgin olive oil. Minyak ini menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk jantung. Dengan mengkonsumsi EVOO, kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh pun bisa berkurang.

  1. Edamame

Kacang kedelai Jepang ini mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga berguna bagi kesehatan jantung.

Ini dikarenakan edamame mengandung isoflavon tinggi yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Efeknya, kesehatan jantung pun jadi membaik. 

  1. Bit

Bit mengandung zat betalain yang bermanfaat sebagai antioksidan dan antiinflamasi tinggi. Zat ini mampu melindungi berbagai sistem dalam tubuh kita yang salah satunya adalah jantung. 

Selain itu itu, bit juga mengandung nitrat alami yang mampu membantu melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan meminimalisir stimulasi berlebihan pada sistem saraf dari orang yang punya penyakit jantung. 

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menurunkan kolesterol. Cara kerja dari Serat larut ini adalah menjadi spons di saluran pencernaan. Kolesterol jadi terserap sehingga bisa dikeluarkan tubuh tanpa diserap dulu ke dalam aliran darah.

  1. Cokelat hitam

Dark chocolate mengandung 60 hingga 70 persen kakao. Nah, kakao inilah yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Cokelat hitam mengandung antioksidan flavonoid yang disebut polifenol. Zat ini bisa membantu mengontrol tekanan darah, mencegah pembekuan, dan peradangan.

  1. Keluarga buah sitrus

Buah-buahan yang termasuk keluarga buah sitrus di antaranya adalah lemon, jeruk nipis, dan jeruk. 

Buah-buahan ini mengandung hesperidin yang bermanfaat untuk menurunkan gejala hipertensi.

Keluarga buah-buahan sitrus ini juga mengandung zat pektin dan limonoid. Manfaat zat ini adalah mampu memperlambat atheroklerosis atau pengerasan arteri serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  1. Keluarga buah beri

Yang dimaksud keluarga buah beri antara lain  blueberry, stroberi serta buah beri lainnya. Buah-buah beri ini bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Ini dikarenakan buah-buahan beri mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti anthocyanin, flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

  1. Ikan salmon dan tuna

Kedua ikan ini kaya dengan omega 3 dan asam lemak sehingga bagus untuk jantung. Kandungan zat pada okan tersebut dapat mengurangi peradangan, termasuk pada pembuluh darah di sekitar jantung.

Omega 3 pada ikan tuna dan salmon juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, trigliserida, pembekuan darah hingga menormalkan detak jantung yang kurang teratur.


Nah, ternyata cukup banyak juga ya yang bisa dipilih. Buat yang punya riwayat sakit jantung, tentunya perlu mengonsumsi makanan untuk kesehatan jantung seperti yang saya sebutkan tadi.

Related Posts

Post a Comment

Popular