Manfaat Servis Motor Rutin Bagi Kendaraan Roda Dua

25 comments

  


Wanita kalau punya motor, apa harus paham urusan mesin?

Buat saya, jawabannya ya dan tidak. Jawaban iya karena kita mesti tahu, apa saja yang dibutuhkan motor agar selalu dalam kondisi baik. Jika kondisi mesin motor bagus, kita pun tenang dan aman mengendarainya.

Sedangkan jawaban tidak harus paham mesin adalah karena kita bisa menyerahkan pada ahlinya atau pergi ke bengket terdekat yang terpercaya.

Saya sendiri punya pengalaman awal bisa mengendarai dan memiliki motor adalah saat merantau di Batam. Waktu itu saat menjadi reporter, punya motor itu adalah sebuah kebutuhan. Kalau terus menerus naik kendaraan umum, tentunya akan banyak pengeluaran yang keluar untuk ongkos liputan.

Alhasil meski waktu itu belum bisa naik motor, saya nekat ambil kredit motor lewat kantor seperti teman-teman reporter lainnya. Belajar naik motor pun saya lakukan sambil liputan.

Sementara itu untuk urusan mesin, saya mengandalkan buku servis yang ada. Jadi setiap di buku tertulis jadwalnya servis, saya tinggal pergi ke bengkel terdekat yang sesuai dengan merek motor saya.

Namun saat jadwal di buku sudah habis, waktu itu sempat bingung juga patokan apa yang harus saya pakai agar bisa servis motor sesuatu waktu kebutuhan motor itu sendri.

 

Bagian-bagian Motor yang Harus Diservis Rutin

Setelah buku panduan jadwal servis habis, awalnya saya melakukan servis karena dua hal. Yang pertama, saat merasa ada yang nggak beres pada motor yang saya naiki. Ke dua, ikut arahan dari ayah dan suami.

Cara pertama itu saya lakukan saat masih berada di Batam. Jika motor nggak beres, saya tinggal melakukan servis motor ke bengkel terdekat. Sedangkan saat berada di Lamongan, panduan saya ada pada catatan yang dibuat ayah.

Karena motor yang saya miliki termasuk bukan motor baru, maka setiap 2000 Km, ayah membawa motor tersebut untuk diservis di bengkel.

Dari hasil googling, sebetulnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita ingin atau harus melakukan servis motor.

1. Tune up

Sering kan kita lihat di pinggir jalan, bengkel-bengkel motor dengan tulisan salah satu servis yang ditawarkan adalah tune up. Istilah tune up sebetulnya merupakan usaha untuk mengembalikan performa motor seperti baru.

Beberapa tindakan yang dilakukan saat tune up antara lain memeriksa tekanan ban, cek lampu kendaraan, membersihkan karburator, cek tegangan rantai, kondisi rem, sampai klakson

Biasanya tune up ini disarankan dilakukan setiap dua bulan sekali. Atau kalau motornya baru, tune up dilakukan setelah jarak tempuh 2000km.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian spare part. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

2. Oli mesin

Fungsinya oli mesin adalah sebagai pelumas, pendingin, serta pelindung mesin. Karena itulah, oli mesin motor ini sebaiknya diganti setiap 2500km. Saat servis, biasanya kita perlu membayar harga oli yang ini tergantung merek yang kita pilih, serta biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian oli sampai 5000 Km atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Hal ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar jika retailer in mengklaim bisa dua kali lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Bicara tentang oli, biasanya mekanik akan menyarankan merek dan jenis oli tergantung jenis motor kita. Jadi misalkan motor kita matic, maka mekanik tentunya akan menggunakan oli motor matic dan bukan oli motor manual.

3. Oli gardan

Bedanya oli gardan dengan oli biasa adalah ia berfungsi melumasi gir-gir yang yang ada di dalam rumah CVT. Pengguna motor matic wajib nih untuk rutin ganti oli yang satu ini.

Beberapa pabrikan menyarankan penggantian oli gardan ini setiap 8000km. Tapi ada baiknya jangan lakukan pergantian oli gardan hingga batas maksimal. Apalagi kalau motornya sering melaju di jalan yang macet.

4. Busi

Tugas dari busi adalah mengubah aliran listrik dari koil menjadi percikan api, sehingga mesin pun jadi bisa menyala. Kondisi busi bisa menunjukkan seberapa sehat mesin motor kita.

Kondisi busi yang bagus adalah yang memiliki warna abu-abu atau merah bata. Dan sebaiknya, pemilik motor melakukan penggantian busi setiap kelipatan 6000km.

5. Filter udara

Fungsi dari bagian ini adalah menyaring udara yang masuk ke dalam pembakaran, sehingga tidak menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya saat servis, mekanik akan memeriksa bagian ini terlebih dulu sebelum diputuskan apakah filter udara masih bisa dibrsihkan atau justru harus diganti baru.

6. Kampas rem

Rem motor yang kurang pakem biasanya diakibatkan kampas rem yang sudah tipis. Ini kondisi bahaya yang bisa menyebabkan kecelakaan bagi pengendaranya. Karena itulah kampas rem menjadi bagian yang akan diperiksa oleh mekanik saat kita melakukan servis motor.

7. Aki

Mekanik biasanya akan mengganti aki motor jika saat ia mengecek aki kendaraan kita, ternyata tegangannya tidak sesuai dengan yang seharusnya, ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. .

8. Ban

Meski kita sendiri bisa mengecek ban motor, namun saat servis, mekanik tetap akan mengecek juga bagian ini. Mekanik akan mengecek apakah tekanan udara di dalam ban atau kondisi luar ban apakah bannya gundul atau tidak.

 
Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Dulu saya pernah dengar seseorang yang mengatakan, hati-hati kalau servis kendaraan. Jangan sampai di tempat yang malah bikin motor jadi rusak.

Errr, jujur sempat khawatir juga sih waktu dengar nasihat ini. Sebagai orang yang awam mesin kendaraan, saya jadi hati-hati dalam memilih bengkel yang bisa dipercaya. Siapapun tentunya ingin setelah servis kendaraan, motor kita jadi lebih nyaman dikendarai, kita pun jadi aman saat mengendarainya di jalan.

Nah dengar-dengar, ada satu bengkel yang bisa diandalkan oleh siapapun, apalagi orang yang awam mesin seperti saya. Nama bengkelnya adalah Planet Ban. Katanya nih, servis motor di sini bisa membuat mesin kendaraan jadi terasa seperti motor baru, lho!

Sebutan servis motor rasa baru ini disebut juga dengan sistem servis terpadu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat. Nantinya saat diservis, motor kita akan diperiksa dan diperbaiki di bagian vital yang letaknya tersembunyi serta jarang diservis. Apalagi yang jarang dicek dan disetel secara rutin.

Dan asyiknya, ini nggak mahal, lho! Sudah gitu, banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat servis motor di Planet Ban.

1. Oli dan cairan khusus yang dipakai adalah yang berteknologi bagus sehingga performa motor serta proteksi mesin jadi meningkat. Mesin pun jadi lebih awet. Tentunya kita mau dong kalau motor kita jadi jarang rusak.

2. Manfaat di nomor satu tadi itu akan membuat pemakaian jadi lebih nyaman, tahan lama, mesin jadi dingin, dan tarikannya jadi lebih ringan, jika kita juga menggunakan sparepart yang asli.

3. Ganti oli pun bisa kita lakukan setiap jarak tempuh 5000 km saja.

4. Kalau kondisi motor kita bagus, motor kita juga jadi minim menghasilkan emisi dan polusi udara. Kita jadi ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup tentunya.

 

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Jika kamu servis di tempat lain biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blog CVT yang membuat motor jadi terasa lebih berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepada silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

 

Jadi jangan salah pilih bengkel ya jika ingin motor kita tetap awet, kita pun jadi nyaman dan aman selama berkendara. Nggak apa-apa seandainya kita nggak ngerti permesinan motor. Tapi itu bukan berarti boleh asal memperlakukan motor kita seenaknya.

Karena itulah, percayakan motor kita pada bengkel dan mekanik yang terpercaya. Misalnya dengan rajin servis di Planet Ban.

Related Posts

25 comments

  1. Kalau ngalamin sendiri kemarin habis lebaran gara-gara selama ini ga rajin servis motor akhirnya kudu ganti ban, ban udah gundul ga ketahuan. Ganti di Planet Ban Sukodadi, cepat dan banyak pilihan.

    ReplyDelete
  2. Aku sering banget ditegur suami gara-gara ban kurang angin atau ada yg kerasa ga enak tapi ga ketahuan. Emang paling bener rutin servis motor, Mbak, misalnya di Planet Ban ini karena lokasinya di mana-mana, harganya pun terjangkau biar ga usah nunggu motor rusak parah dan malah mahal jatuhnya

    ReplyDelete
  3. Makasih banget dah diingatkan, kebetulan motor udah waktunya ngecek aki dan oli mesin. Capek juga harus kickstart karena ga bisa otomatis, emang kudu buruan ke bengkel terdekat biar dicek semua part yg perlu dibersihkan atau diganti.
    Thx juga dah direkomendasikan Planet Ban, di kota dekat alun-alun ada tuh, semoga bisa dalam waktu dekat ke sana.

    ReplyDelete
  4. Biasanya urusan servis menservis saya limpahkan ke para lelaki di rumah, mereka yang lebih paham. Baru tahu juga kalau di Planet Ban bisa service motor secara lengkap, kirain cuma untuk ganti ban saja. Makasih sharingnya,

    ReplyDelete
  5. Wah planet ban memang recommended, terima kasih informasinya dik IkašŸ„°

    ReplyDelete
  6. Ya mbak servis ruti itu penting banget buat jaga stamina motor, tapi kalo lagi gak ada duit, minimal Oli harus prioritas jika sudah habis masa kilometernya.

    ReplyDelete
  7. Baru tau nih kalo sekarang di Planet Ban udah aja jasa servis motor lengkap, jadi makin praktis kalo gini bisa servis lengkap dari mesin sampe ban dalam satu bengkel aja

    ReplyDelete
  8. Motor memang harus diservis rutin supaya awet ya mbak. Apalagi kita butuh banget tiap hari antar jemput anak pake motor. Seneng deh udah ada Planet Ban, bengkel motor yang servisnya juara.Murah meriah pula biayanya.

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak juga ya proses perawatan motor.... tempat terbaik memang di planet ban, pelayanan ramah, harga terjangkau.

    ReplyDelete
  10. Nah saya setuju. Kalau masih awam, benar sekali ikuti buku panduan service saja. Selain sudah standart pabrikan, service sesuai buku panduan juga sudah menyeluruh sesuai lama penggunaan kendaraan kita. Jadi bakalan aman-aman aja. Baru setelah habis di buku panduan, kita bisa pakai panduan km tertentu untuk melakukan service. Beberapa waktu belakangan ini memang banyak yang merekomendasikan Planet Ban ya. Kalau saya baca reviewnya sih memang selain harganya terjangkau, pengecekannya juga menyeluruh dan termasuk lengkap. Jadi mungkin bagus untuk nyoba service di sini.

    ReplyDelete
  11. Planet Ban. Heheheh .... dulunya aku kerap berpikir, ini pasti pusat grosir ban. Hanya jual ban dengan berbagai spesifikasinya. Ternyata kompletan. Ada bengkelnya pula.

    ReplyDelete
  12. Aku juga kalo servis di planet ban. Selain karena deket rumah, montirnya juga kinerjanya bagus. Jadi motor tetap terawat deh

    ReplyDelete
  13. Beda lagi nih sama suamiku enak bulan sekali baru service motornya haha, tp emang bener sih kalau motor baiknya jg setiap bulan di service

    ReplyDelete
  14. Biasanya perempuan memang hanya sedikit sedikit saja mengerti urusan merawat kendaraan sih ya, Mba. Senangnya ada Planet Ban yang bisa jadi solusi untuk kita yang punya kendaraan roda dua dan ingin menjaga agar si roda dua kesayangan tetap dalam keadaan prima.

    ReplyDelete
  15. Kebetulan radius 2 km dari rumah ada Planet Ban. Di sana emang lengkap banget bannya, mau ban mobil atau motor. Harganya juga terbilang ramah di kocek. Makanya, seneng beli ban di sana. ❤️

    ReplyDelete
  16. Service motor memang penting banget yah biar performa motor makin prima. Apalagi servicenya di Planet Ban yah. aku jadi pengen langganan di sana aja deh, biar sparepartnya tampak baru lagi, hihihi

    ReplyDelete
  17. Puas kalau ada layanan sistem servis terpadu untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat seperti di Planet Ban ini. Servis motor jadi rasa baru...

    ReplyDelete
  18. Sering dimarahin sama bapak gara2 jarang servis motor. Padahal motor yang sering bawa kita kemana-mana. Pas lagi benar2 rusak malah kesal, padahal kita sendiri yang ga rutin service. Makasih mbak infonya. Jadi lebih aware sama hal2 beginian hehe

    ReplyDelete
  19. Kalau perempuan yang terbiasa memakai motor sih, pasti bakal terbiasa juga mengalami kendala-kendala pada motor. terutama dalam service motor, mw gk mw biasanya kepo jg. kenapa bisa begini, kenapa harus begitu. akhirnya banyak diskusi sama montir. ya kan. o ya. planet ban masih tetap jadi juara dalam urusan service motor, terutama soal ban.

    ReplyDelete
  20. Samaan kak..akupun kemarin ganti ban dan ganti oli di planet ban kebetulan ada deket rumah pelayanannya cepet dan ramah rekomended pokonya

    ReplyDelete
  21. Oli mesin jadi bagian yang sering kali terlupakan untuk ganti oleh kaum hawa nih, no offense karena faktanya kebanyakan wanita kurang handal dalam merawat kuda besinya..

    ReplyDelete
  22. Gak pernah tahu sih soal urusan service motor gini, gak bisa motoran juga soalnya. Tapi seringkali nanya ketika ngatur anggaran bulanan, motor perlu service apa enggak, ada yang harus diganti gak, oli dsb

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat dulu motor saya pernah mogok gara-gara lupa ganti oli sama aki haha. Setelah itu saya jadi rajin service san tanya2 ke kang service

    ReplyDelete
  24. Wah sama. Saya juga dulu patokan service ya ngikutin buku petunjuknya. Pernah juga berandai-andai, kalau udah habis, patokannya apa? Terjawan sudah di artikel ini :D

    ReplyDelete
  25. Aku ngga terlalu paham dengan service kendaraan soalny jarang banget bawa kendaraan kemana-mana. Tapi boleh juga nih bengkel servince.y cuma belum ada di kotaku.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular