Pentingnya Perawatan dengan Bahan Alami Penumbuh Rambut Anak 

Post a Comment

Perawatan Rambut Anak dengan bahan alami

"Hey gundul! Hei tuyul!"

Kadang kasihan juga saat mendengar panggilan itu tertuju pada anak bungsu saya, Emir. Dari lahir, ia memang memiliki rambut yang tipis. 

Sebetulnya saya tidak pernah menggunduli kepalanya. Namun karena rambutnya tipis, jadilah ia terkesan seperti berkepala gundul.

Rambut merupakan mahkota bagi setiap individu, termasuk anak-anak. Rambut yang sehat dan subur bukan hanya membuat penampilan anak menjadi menarik, tetapi juga mampu mencerminkan kesehatan anak secara keseluruhan. 

Sayangnya, tidak jarang ada anak-anak yang mengalami masalah lambatnya pertumbuhan rambut. Untuk mengatasi hal ini, beberapa orang tua pun mulai beralih menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan alami penumbuh rambut anak


Bahan Alami Penumbuh Rambut Anak yang Biasa Ada pada Produk Perawatan Rambut Anak

Dari pada langsung mengolah bahan alam untuk merawat rambut anak, banyak orang tua pun melirik produk perawatan rambut anak yang mengandung bahan alami penumbuh rambut.

Cara ini bisa dibilang lebih praktis. Saya sendiri pun melihat buktinya pada rambut anak saya Emir.

Setelah menggunakan produk perawatan rambut anak yang mengandung bahan alami penumbuh rambut, beberapa bulan kemudian, saya amati rambut Emir jadi lebih lebat dan lebih hitam. 

Tak sampai satu botol perawatan rambut anak itu habis, nyatanya memang terlihat perubahan yang membaik pada rambut di kepala Emir.

Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alami penumbuh rambut yang dapat membantu menumbuhkan dan merawat rambut anak secara alami. 

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak, vitamin E dan K, serta memiliki sifat antijamur, antimikroba, dan antibakteri yang mampu membantu menjaga kelembaban kulit kepala serta menguatkan akar rambut.

Minyak dari kelapa sering dimanfaatkan sebagai perawatan alami untuk menumbuhkan rambut. Kandungan asam lemak yang kaya di dalam minyak kelapa membantu mengurangi hilangnya protein yang dibutuhkan oleh rambut.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan rambut. Kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti vitamin, mineral, dan enzim yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan nutrisi yang kaya serta dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Selain itu, teh hijau juga bisa merangsang folikel rambut untuk tumbuh jadi lebih cepat dan kuat. 

4. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin dan mineral dalam pepaya juga membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan.

5. Alpukat

Alpukat mengandung nutrisi seperti biotin dan vitamin B kompleks. Fungsi dari nutrisi tersebut adalah sebagai penumbuh rambut yang lebih sehat. 

Sementara itu, kandungan mineralnya, seperti potasium dan magnesium, bisa membantu rambut jadi terlihat lebih halus dan bersinar. 

Minyak alami dari buah alpukat juga memiliki khasiat melembabkan rambut anak.

6. Minyak Jarak

Minyak jarak atau kadang disebut juga dengan castor oil ini dihasilkan dari biji buah jarak. Ternyata, minyak jarak memiliki khasiat yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut. 

Ini dikarenakan adanya kandungan zat seperti vitamin E, asam lemak esensial, oleic acid, mineral, dan enzim yang bisa membantu menyuburkan dan memperkuat rambut.

Ekstrak minyak dari buah jarak juga mengandung asam risinoleat yang berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur. Kandungan zat ini dapat membantu menjaga kebersihan akar rambut dan bagian rambut lainnya. 

Rambut juga terhindar dari kerontokan karena ada kandungan omega 3 dan asam lemak yang menutrisi folikel rambut, yang terdapat dari minyak jarak.

7. Almond

Kacang almond memiliki kandungan sumber protein dan asam amino esensial. Khasiat dari kacang almond juga bisa meningkatkan pertumbuhan sampai melebatkan rambut anak. 

8. Madu

Madu selama ini terkenal kaya akan zat yang bagus bagi kesehatan. Madu mengandung protein, mineral, asam amino, antioksidan serta berbagai macam vitamin. 

Segala kandungan madu tersebut, dapat membantu melebatkan rambut, menguatkan akar rambut, dan mencegah kerontokan rambut. Selain itu, rambut pun akan tampak lebih sehat berkilau.

9. Seledri

Seledri kaya akan kandungan protein, mineral, kalsium, lemak, zat, besi, serta vitamin A, B, dan C. Berbagai kandungan inilah yang dapat membantu merangsang pertumbuhan, menghitamkan, melembutkan rambut, hingga mengatasi ketombe.

10. Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini sudah dikenal sejak lama digunakan untuk perawatan kecantikan.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan, vitamin A, dan vitamin E. Sedangkan, manfaat dari minyak zaitun adalah untuk menjaga keratin dalam jumlah besar di rambut sehingga rambut jadi lebih sehat dan berkilau. 

Dengan rutin menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut, efeknya bisa, merangsang pembentukan rambut baru. Unsur asam lemak di dalam minyak zaitun dapat memerbaiki lapisan rambut yang rusak serta membuat rambut jadi lebih halus. 

11. Kemiri

Sejak dulu banyak orang telah menggunakan kemiri sebagai bahan alami penumbuh rambut. Kemiri dipercaya dapat menumbuhkan, menyuburkan, menguatkan, dan membuat rambut jadi lebih hitam. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam linoleat, vitamin B1, serta miristant dalam minyak kemiri.


Itulah bahan alami penumbuh rambut yang bisa kita temukan dalam berbagai produk perawatan rambut anak.

Dengan melakukan perawatan yang tepat dan teratur menggunakan bahan alami penumbuh rambut, rambut anak pun bisa dapat tumbuh dengan sehat, kuat, dan indah secara alami.


Related Posts

Post a Comment

Popular