Bau Badan dan Alasan Kenapa Seorang Ibu Perlu Mengatasinya

1 comment

Bau Badan dan Alasan Kenapa Seorang Ibu Perlu Mengatasinya

Ada sebuah fakta menarik tentang bau badan. Jadi konon, orang-orang Korea Selatan itu hampir tidak punya bau badan. Mereka punya DNA yang memang membuat mereka punya ciri tubuh demikian.

Sayangnya, kita ini yang orang Indonesia, nggak punya DNA seperti orang Korea Selatan. Hahaha, sad but true deh! 

Jadilah bau badan ini hal yang wajar terjadi pada kita, orang Indonesia, yang nggak punya DNA seperti orang Korea. Apalagi kita tinggal di negara tropis yang suhu udaranya lebih tinggi dan bisa memicu munculnya keringat.

Saya sendiri yang sehari-hari adanya kebanyakan melulu di rumah, alias ibu rumah tangga, merasa kurang nyaman kalau saya atau ada anggota keluarga lain yang mengalami bau badan. 

Misalnya kalau bau badan suami baunya kok nggak enak, langsung saya tembak, “Tadi sudah pakai deodoran nggak sih?” Kalau sudah begitu, saya jadi agak males dekat-dekat sama suami.

Sementara itu, anak sulung saya si Ais yang saat saya menulis tulisan ini, sudah duduk di kelas tiga SD. Akhir-akhir ini, saya merasa bau badannya juga sudah mulai nggak enak. Mirip-mirip bau badan anak yang sudah baligh atau sudah mengalami haid. 

Jadilah urusan bau badan keluarga ini seperti menjadi hal yang perlu saya perhatikan. Biar hidup di rumah jadi damai dengan jauh-jauh dari yang namanya aroma tidak sedap akibat bau badan.


Ibu Rumah Tangga Rentan Masalah Bau Badan

Tahu nggak istilah olfaktori? Saya sendiri tahu istilah ini gegara pas dulu baca sebuah novel, lalu menemukan istilah ini. Jadi kata di buku itu, olfaktori ini istilah untuk orang-orang yang sensi urusan bau. 

Sebagai orang olfaktori, penciuman saya ini memang terkadang bikin saya repot juga. Misalnya untuk urusan bau badan. Mau badan orang lain, bahkan bau badan saya sendiri, rasanya kalau sudah terdeteksi di radar penciuman saya, langsung rasanya huwek!

Bagaimana dengan posisi saya sebagai ibu rumah tangga? Meski aktivitasnya banyakan di rumah, tapi ternyata banyak hal yang bisa bikin ibu rumah tangga itu rentan mengalami masalah bau badan.

Kalau dirunut nih ya, ada beberapa hal yang bisa bikin saya sendiri mengalami bau badan yang sudah di tahap bermasalah. Dan kayaknya, banyak wanita, mau itu ibu rumah tangga atau bukan, bisa jadi juga mengalami bau badan karena beberapa penyebab berikut.

1. Aktivitas fisik mengurus urusan rumah

Urusan masak, bersih-bersih rumah, adalah dua hal utama yang suka bikin bau badan saya jadi ekstra lebih bau. Jelas, penyebabnya apalagi kalau bukan adanya keringat berlebih yang muncul karena aktivitas fisik yang juga lebih.

Bau badan muncul karena aktivitaa fisik

Karena itu, biasanya saya mendahulukan melakukan aktivitas-aktivitas fisik dulu, barulah setelah itu mandi, membersihkan diri pakai sabun yang wangi, lalu setelahnya pakai deodoran agar seharian bau badan saya tetap segar.

2. Olah raga

Selain urusan rumah tangga, hal lain yang bisa bikin bau badan saya lebih bau adalah olah raga. Untuk menjaga kesehatan jiwa raga dan pikiran, buat saya olah raga itu hal yang penting.

Awalnya saya suka olah raga yang sampai bikin badan gobyos banget. Biasanya yang berurusan dengan kardio. Hingga kemudian saya memilih yoga dengan alasan biar nggak gobyos banget dan aman dilakukan meski setelahnya nggak perlu mandi dulu. Eh ternyata, setelah yoga kok ya gobyos juga! 

Bau badan bisa muncul usai kita berkeringat

Kalau sudah berkeringat gegara usai olah raga, akhirnya efek bau badan juga muncul. Jadilah urusan mandi dan memastikan badan wangi ini jadi hal yang perlu saya perhatikan usai olah raga.

3. Haid

Nah, ini dia sebetulnya penyebab nomor satu masalah bau badan kalau urusannya pada wanita. Mau habis aktivitas fisik atau enggak, mau sudah aman di ruangan ber-AC, bahkan sudah mandi atau belum, tetap saja kalau waktunya sebelum atau sedang haid, bau badan jadi lebih keluar.

Hal ini konon disebabkan kelenjar keringat di tubuh yang lebih berproduksi serta penyebab hormon. Saya sendiri bahkan sampai menjadikan bau badan yang lebih bau ini sebagai pendeteksi kalau tubuh saya sebentar lagi mau haid.

4. Makan dan minum yang memicu bau badan

Saya dan keluarga itu hobi banget makan makanan yang melimpah daun bawangnya. Rasanya masakan jadi sedap banget kalau saya masaknya pakai banyak daun bawang.

Selain itu saya juga hobi minum kopi. Tujuannya agar nggak ngantuk. Tapi endingnya bisa bikin bau badan.

Salah satu penyebab bau badan adalah minum kopi

Tentu efeknya ya ke bau badan. Saya, suami, dan Ais si sulung, aroma tubuhnya jadi lebih khas dan mencolok kalau saya habis masak makanan yang banyak daun bawangnya.

5. Stres 

Jelas deh ya, ibu rumah tangga bisa rentan stres karena melulu di rumah. Mikirin suami, anak, apalagi kalau urusan duit, ditambah lagi mau dan sedang haid yang suka bikin otak overthinking. Efeknya akhirnya jadi ke bau badan juga.

Gimana, tentunya beberapa penyebab bau badan jadi lebih bau seperti yang saya paparkan tadi, seperti hal yang familiar terjadi kan di banyak orang? Coba deh tulis di kolom komentar, apa saja dari lima hal tadi yang bisa menyebabkan bau badan. Atau ada nggak sih penyebab lainnya? 


Cara Menghilangkan Bau Badan

Kalau nggak mau punya bau badan yang sampai bermasalah, tentunya kita perlu tahu dan melakukan hal-hal yang bisa mengatasi dan menghilangkan bau badan. 

Lebih baiknya sih mencegah. Tapi kalau sudah kejadian apalagi sampai sering, ya tentu saja harus segera diatasi.

Berdasarkan beberapa sumber serta beberapa hal yang biasanya saya lakukan, inilah beberapa hal yang bisa kita perhatikan agar bau badan tidak jadi masalah yang cukup mengganggu.

1. Memerhatikan makanan dan minuman yang memengaruhi bau badan

Jika bicara tentang makanan dan minuman yang memengaruhi bau badan, saya punya list beberapa makanan minuman yang kalau kita habis konsumsi ini, bau badan jadi lebih ekstra bau nggak sedap.

Beberapa makanan minuman di antaranya adalah segala yang berbau bawang-bawangan. Mau bawang putih, bawang merah, bawang bombay, atau daun bawang, ini rentan memicu munculnya bau badan yang jadi lebih bau.

Ada juga sayuran seperti brokoli, kubis atau kol, dan kembang kol. Jadi meski sayur, tapi karena mengandung sulfur, membuat mereka jadi bikin badan bisa lebih bau setelah kita mengkonsumsinya.

Sementara kalau minuman, buat saya kopi itu penyebab nomor satu yang suka bikin saya dan suami jadi bau badannya lebih bau. Enak sih habis minum kopi. Mata jadi nggak gampang ngantuk. Tapi setelahnya, bau badan itu yang nggak nahan!

Ada makanan minuman yang bikin bau badan, tapi Tuhan juga ciptakan yang bisa mengatasi bau badan. Misalnya dengan banyak makan sayur dan buah. Kecuali sayur dari keluarga kol-kolan tadi ya. Kalau saya sendiri suka banget lalapan kemangi untuk mengatasi bau badan. 

Sedangkan untuk minuman, kita bisa mengonsumsi air kelapa atau jamu kunyit asam. Apalagi sekarang ini produk minuman kunyit asam di pasaran banyak yang enak dan nggak identik banget sama jamu. Meski kalau mau ambil manfaatnya, menyeduh kunyit asam sendiri itu lebih ngefek sih untuk mengatasi bau badan.

2. Menjaga kebersihan pribadi

Ini juga hal yang menunjang kenapa kita sampai bau badan bermasalah atau enggak. Misalnya habis melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat, ada baiknya baju yang kita pakai langsung diganti dengan yang baru.

Bahkan meski bajunya itu katanya menyerap keringat, tapi yang namanya sudah kena keringat, otomatis ya tetap menyimpan keringat dan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Selain itu, mandi yang bersih, pakai sabun yang wangi, adalah jurus aman untuk mengatasi bau badan. Beda lagi kalau sudah mandi, kok badan masih tetap bau. Bisa jadi, ada penyebab lain yang mesti kita cari tahu dan diatasi sehingga tidak bikin bau badan.

3. Pakai produk deodoran atau anti prespiran

Dari dulu sampai sekarang, saya itu orang yang nggak pernah terlewat pakai deodoran seusai mandi. Kalau nggak pakai deodoran, alamat, selang beberapa menit setelah mandi, badan saya bisa bau nggak enak lagi.

Salah satu cara mengatasi bau badan adalah dengan menggunakan deodoran

Sebetulnya ada bedanya deodoran dan anti prespiran. Kalau dari yang saya pernah baca, anti prespiran itu bisa lebih menahan keringat agar nggak menimbulkan bakteri penyebab bau badan. 

Karena saya bukan tipe orang yang keringatnya gampang berlebihan, buat saya pakai deodoran saja sudah cukup sih.

4. Menggunakan parfum

Kalau deodoran atau anti prespiran fokusnya di ketiak, untuk tubuh, kita bisa pakai parfum yang mampu menyamarkan bau badan tidak sedap. 

Agar hasilnya maksimal, perhatikan ya beberapa titik yang ada di tubuh saat kita mengusap atau menyemprotkan parfum. Misalnya pada leher, area perut di bawah pusar, atau pergelangan dan siku dalam tangan. 

Titik-titik ini adalah lokasi urat nadi yang kalau kita semprotkan parfum di situ, bisa bikin aroma parfum jadi lebih awet dan maksimal wanginya.

5. Perawatan tubuh

Jurus lain untuk mengatasi bau badan adalah dengan perawatan tubuh. Kita bisa menggunakan lulur, atau berendam dengan air yang sudah dicampur bahan tertentu. 

Di beberapa spa sendiri, banyak menawarkan paket perawatan tubuh yang mampu mengatasi masalah bau badan. Khususnya pada wanita.

Oh iya, ngomongin spa dan deodoran, saya jadi teringat teman saya yang baru saja mengeluarkan produk deodoran. Cerita lengkapnya dan kenapa ada hubungannya sama spa, bisa dibaca di bagian setelah ini ya.


Mengatasi Bau Badan dengan Ayee Deo dan Ayee Fresh

Suatu ketika, saya dikabari teman saya Citra Pandiangan asal Tanjungpinang Kepulauan Riau. Dia ini adalah teman zaman kami sama-sama jadi reporter dulu di Batam.

Dia cerita kalau habis launching produk deodoran dan saya pun diminta untuk mencobanya. Ada dua produk yang dia buat, Ayee Deo dan Ayee Fresh. Kedua produk deodoran ini bentuknya spray. Tapi tetap kedua produk ini adalah deodoran yang aplikasinya di ketiak lho ya.

Dua varian deodoran Ayee Deo spray

Yang awalnya buat saya tertarik untuk mencobanya adalah karena kata Citra, produknya ini pakai bahan alami. Dia sampai tanya-tanya ke banyak orang resep jadul cara mengatasi bau badan, hingga tanya ke teman-temannya yang kerja di spa.

Hal ini berawal dari masalah bau badan yang dialami anak remajanya. ”Aku memang banyak eksperimen untuk hasilkan yang bisa mengatasi BB. Berawal dari anak remaja aku yang BB-nya ampun-ampun. Pakai produk mahal tetap saja bau. Terus ya mulai meracik. Awalnya non alkohol dulu yang bertahan tiga bulan masanya,” curhatnya ke saya.

Di tubuh produk, saya baca bahan penyusun deodoran ini memang sangat minim bahan sintetis. Bahan-bahannya kalau yang Ayee Deo antara lain hanya air mineral, air mawar, mineral alam, ekstrak lavender, ektrak teh hijau, dan gliserin. Sedangkan kalau yang Ayee Fresh, fragrance oil dan alkohol.

Akhirnya terciptalah Ayee Deo yang bahan dasarnya menggunakan bunga lavender. Setelah ia berbagi tester ke beberapa teman yang kerja di luar negeri, mereka meminta ada produk yang bisa bertahan setahun. Setelah itu hadirlah Ayee Fresh.


Pengalaman Pakai Deodoran Ayee Deo dan Ayee Fresh

Sekarang ceritanya ganti nih ke pengalaman saya sendiri yang sudah pakai dua produk ini, yaitu Ayee Deo dan Ayee Fresh. 

Untuk yang Ayee Deo, produk yang tampilannya identik dengan semua tulisan berwarna hijau ini saat dicium aromanya sekilas kalau menurut saya mirip parfum cowok yang khas segar itu. 

Sedangkan kalau yang Ayee Fresh, yang di labelnya semuanya bertuliskan warna ungu, aroma kuatnya agak lebih samar atau lebih lembut.

Tapi dan tapi, jangan terkecoh deh sama apa yang tercium di hidung saat kita menghirup aroma dari ujung spray produknya. Karena setelah diaplikasikan ke ketiak, lha kok aromanya jadi beda lho.

Jujur, baru ini hidung saya merasakan aroma yang beda dari deodoran atau parfum saat sebelum dan sesudah produknya dipakai. Jadi segala aroma produk yang menurut saya lebih pas ke maskulin dari pada buat cewek, lha kok ganti aroma setelah saya semprot Ayee Deo dan Ayee Fresh di ketiak. Aroma yang keluar lebih mendekati lavender tapi lebih lembut. 

Herannya lagi adalah pengalaman pakai Ayee Deo dan Ayee Fresh ketika saya sedang mengalami fase sebelum dan saat sedang haid. Biasanya meski sudah pakai deodoran, tetap saja nggak bisa ampuh banget menahan bau badan. Apalagi kalau urusannya saya habis minum kopi.

Tapi pas pakai Ayee Deo dan Ayee Fresh, masalah bau badan saya jauh berkurang. Kalau biasanya pakai deodoran di pagi hari lalu sorenya saya sudah mulai bau badan dan harus mandi, tapi ini nggak kejadian lagi.

Enaknya lagi, pakai Ayee Deo dan Ayee Fresh ini aman buat kulit ketiak saya yang sensitif dan suka muncul bisul kalau nggak cocok deodoran. Jadi awalnya jujurly, saya tuh sudah sempat mikir, “Ini nanti bakal cocok nggak ya?” Karena memang sesensitif itu kulit ketiak saya sampai hampir nggak pernah gonta-ganti merek deodoran.

Kelebihan lain dari Ayee Deo dan Ayee Fresh ini nggak membuat ketiak hitam, nggak meninggalkan noda di baju, tidak lengket, bisa menjaga ketiak kita dari bau badan selama 24 jam, dan aman buat anak seumuran Ais yang sudah mulai kena bau badan karena ada di fase akan mengalami haid.

Klaim jaga bau badan selama 24 jam ini sampai ada ceritanya sendiri nih. “Bahkan ada teman yang beli, kalau pulang kerja ketiaknya bau kan. Anaknya pas cium waktu tiduran dia bilang, ketiak mama wangi.”

Barangkali ada yang mau coba juga, bisa lho beli di Shopee linknya di sini atau pesan lewat Instagramnya Ayee Deo di @ayeedeo. Harganya juga cukup terjangkau dan worth it antara harga, lama pemakaian, dan hasil yang bisa didapatkan.

So kalau dari hasil review saya, Ayee Deo dan Ayee Fresh ini menurut saya nggak hanya sekedar deodoran biasa. Tapi sudah termasuk produk yang bisa dijadikan anti prespiran.


Jadi begitulah cerita tentang badan versi saya. Karena sebagai seorang ibu yang stay at home, masalah bau badan ini memang jadi ranah urusan saya juga. Karena kalau bau badan kita sebagai wanita nggak enak, suami dan anak pun juga jadi ikut nggak nyaman ada di dekat kita.

Begitu juga kalau suami sama anak sampai mengalami masalah bau badan. Kitanya pun jadi kena imbas nggak nyamannya juga kan.

Karena itu, jadi ibu itu mesti, bagaimana caranya mencegah dan mengatasi bau badan diri sendiri dan juga anggota keluarga kita lainnya.






Related Posts

1 comment

  1. Mbaaaaaa, aku juga pake iniiii. Yg deo fresh wangi lavender. Jadi ceritanya pas menang bloggercrony most wanted blog itu, dalam salah satu hadiah ada ayee fresh spray. Aku jujur juga underestimate awalnya. Krn duluu pernah pakai deo yg katanya alami, dan bisa bikin badan ga bau walo hanya dipakai 3 hari sekali.

    Aku coba dong, ternyata ga ampuuuh. Yakali bertahan 3 jam doang, trus bau lagi. Apalagi aku rutin workout beban.

    Memang kata ownernya akan detoks dulu, dan setelah 3 bulan baru kliatan hasil ga bau. Emoh aku nunggu 3 bulan.

    Makanya pas pake ayee ga ada ekspektasi apapun. Aku semprot, trus besok paginya olahraga beban sampe gobyos 1 jam. Pas cium ketiak, beneraaan ih ga bauuuu 😍😍😍. Serius kaget. Akhirnya aku pake trus. Dan memng ampuuh ngilangin bau.

    Aku mau beli lagi sih, dan ga mau pake deo yg biasa dipake skr, apalagi afiliasi ama produk israhel. Mendingan ayee ini, alami tapi ampuh. 👍👍👍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular