Beasiswa MEXT S1: Syarat, Fasilitas, dan Cara Daftarnya

18 comments

Ingin kuliah S1 di Jepang secara gratis? Ketahui syarat beasiswa MEXT S1 agar bisa mulai persiapan dari sekarang!

Beasiswa dari pemerintah Jepang ini sangat terkenal dan selalu diburu scholarship hunter setiap tahun. Selain biaya kuliah, beasiswa ini juga mencakup biaya hidup dan kursus bahasa Jepang, lho!

Yuk, simak info lengkapnya biar kamu bisa siap-siap daftar!


Apa itu Beasiswa MEXT?

Beasiswa MEXT adalah program beasiswa penuh dari pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MEXT/Monbukagakusho) untuk para pelajar internasional, termasuk dari Indonesia yang ingin studi D3/S1/S2/S3 di Jepang.

Catat tanggal pendaftarannya!

Pendaftaran: sekitar April–Mei 2024


Syarat Pendaftaran untuk Beasiswa MEXT S1

Berikut syarat-syarat yang wajib kamu penuhi untuk mendaftar beasiswa ini:

  • Lulus SMA/SMK/Sederajat;
  • Berusia maksimal 24 tahun;
  • Nilai matematika, kimia (IPA), dan bahasa Inggris minimal 84;
  • Formulir aplikasi;
  • Ijazah;
  • Transkrip nilai;
  • Surat rekomendasi;
  • Sertifikat kemampuan bahasa, seperti TOEFL, IELTS, atau JLPT (kalau ada).


Fasilitas Beasiswa

Keuntungan dari beasiswa ini mencakup:

  • Biaya kuliah penuh, termasuk biaya sekolah persiapan satu tahun sebelum masuk kuliah;
  • Tunjangan hidup sebesar ¥117.000 (sekitar Rp12 juta) setiap bulan;
  • Tiket pesawat pulang pergi Indonesia–Jepang selama masing-masing satu kali di awal dan akhir perkuliahan;
  • Biaya pengurusan visa pelajar;
  • Akomodasi di asrama universitas (jika ada).


Cara Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa MEXT ada dua jalur, yaitu Embassy Track (lewat kedutaan) dan University Track (lewat universitas di Jepang).

  1. Embassy Track: Daftar online di situs resmi beasiswa MEXT. Setelah daftar, kamu bakal dapet email konfirmasi yang harus dicetak. Persiapkan semua dokumen yang dibutukan, kemudian kirimkan ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.
  2. Universitas: Kamu juga bisa daftar langsung ke universitas di Jepang. Setelah lolos seleksi dari universitas, mereka yang akan mengajukan namamu ke MEXT.


Rekomendasi Universitas Terbaik di Jepang untuk Daftar Beasiswa MEXT

Jepang memiliki beragam universitas terkemuka yang menawarkan program pendidikan berkualitas tinggi. 

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar beasiswa MEXT, berikut adalah rekomendasi universitas terbaik di Jepang yang bisa kamu pertimbangkan:

1. University of Tokyo

University of Tokyo adalah universitas terbaik di Jepang, menempati peringkat #1 di Jepang dan #28 di dunia. Menawarkan berbagai program studi dalam bidang sains, teknologi, humaniora, dan sosial.

2. Kyoto University 

Kyoto University merupakan salah satu universitas tertua dan prestisius di Jepang. Universitas ini menawarkan lingkungan akademik kuat dan mendukung untuk mahasiswa internasional.

3. Osaka University 

Osaka University terkenal dengan program penelitian dan pengembangan di bidang sains dan teknologi. Universitas ini menempati posisi #3 kampus terbaik di Jepang dan #80 di dunia.

4. Tohoku University

Tohoku University adalah universitas terkemuka di Jepang dalam penelitian dan pendidikan, terutama di bidang teknik, sains, dan medis. Universitas ini memiliki banyak program yang ditawarkan dalam bahasa Inggris.

5. Nagoya University 

Nagoya University terkenal unggul dalam bidang teknik dan sains. Universitas ini menawarkan lingkungan pendidikan dan penelitian yang mendukung untuk mahasiswa dari berbagai belahan dunia.


Setelah mengetahui syarat beasiswa MEXT S1, segera mulai persiapkan semua dokumen dari sekarang, yuk!

Kalau masih bingung harus mulai persiapan dari mana, kamu bisa mengunjungi media sosial dan laman resmi Kobi Education

Mereka menawarkan program mentoring beasiswa, kursus IELTS, proofreading dokumen, dan berbagai informasi lengkap tentang beasiswa luar negeri.

Semoga berhasil, ya!




Related Posts

18 comments

  1. Jepaaaang, sebuah negara yang maju banget dari segi attitude, teknologi dan segala hal privacynya. Waaa ternyta aku baru tahu ada beasiswa mext, coba umur ku gak limit udah aku daftar nih beasiswa.

    ReplyDelete
  2. Wah mantap banget ini beasiswanya. Membuka peluang untuk pelajar SMA/SMK menempu pendidikan tinggi di Jepang sesuai dengan minat dan bakatnya. Semoga banyak anak-anak Indonesia yang mendapat beasiswa ini dan menjadi sukses dalam pendidikannya

    ReplyDelete
  3. Semudah itu ya kak kita bisa kuliah di Jepang dan mendapat beasiswa, apalagi ada tunjangan hidup tiap bulan sebesar 12 juta, wah lumayan banget itu. Tapi tetep harus ada syarat bisa bahasa Jepang ya?

    ReplyDelete
  4. Kabar gembira nih buat yang sedang mencari beasiswa di Jepang. Apalagi Jepang termasuk negara yang teknologinya maju. Jadi pastinya kita belajar di tempat yang terbaik.

    ReplyDelete
  5. Sangat mudah sebenarnya sayang usia dah kelewatan kak tertarik sih sebenanfha

    ReplyDelete
  6. Ingin ke jepang ambil beasiswanay tapi usia udah gak memenuhi syarat

    ReplyDelete
  7. beberapa temanku ambil/dapat beasiswa dari jepang. Nah, ini ada lagi. Beasiswa MEXT bisa jadi pilihan para pelajar Indonesia yang ingin studi D3/S1/S2/S3 di Jepang. peluang nih. (Supadilah)

    ReplyDelete
  8. Wah masya Allah menarik banget! Cuss ah yang mau beasiswa dan sekolah di Jepang nggak usah ragu-ragu untuk daftar, siapa tau rezekinya bisa sekolah di sana.

    ReplyDelete
  9. Inget banget dulu ngebet ikutan Monbukagakusho hehee. Tapi ngga jadi dan banting setir kuliah di Malang aja. Kayanya info ini bisa aku terusin ke adekku yang juga ngebet pengen dapet beasiswa ke Jepang nih.

    ReplyDelete
  10. Jepang adalah negara luar pertama yang aku kunjungi. Itupun kesampaian di bulan Agustus 2023 kemarin. Tinggal di sana benar-benar harus menjaga ketenangan ya. Banyak pengalaman yang mungkin akan aku buat khusus liputannya di blog aku.

    ReplyDelete
  11. ternyata ada batas usianya nih, jadi sebisa mungkin bagi yang baru lulus SMU bisa langsung mendaftarkan diri buat mendapatkan beasiswanya ya. Mantul juga soalnya dapat tunjangan hidup

    ReplyDelete
  12. Terima kasih kak informasinya penting banget kebetulan saya sedang membantu dan membimbing anak-anak masuk kuliah tahun ini

    ReplyDelete
  13. Yang mengincar kuliah di Jepang bisa mlipir di marih ini. Info lengkap dan tujuan universitas yang ada di Jepang, hayo siapa yang mau kuliah di negeri Sakura, mending kepoin aja artikel ini

    ReplyDelete
  14. Kalau membahas kuliah di jepang, ingatanku langsung tertuju pada anaknya uya kuya yang kuliah disana. Dan, kapan hari itu pas putrinya Pak Ridwan kamil si Zahra, yang sekarang sedang studi di kampus luar negeri, kayaknya juga pakai lembaga yang membuat dia lolos kuliah di UK. Dan, KOBI ini bisa jadi salah satu referensi agar goals kuliah di negeri orang ya

    ReplyDelete
  15. Auto membagikan artikel ini ke anak dah. Juga ke grup kawan-kawan sekolah, yang kebetulan sebagian besar mereka memiliki putra putri di usia baru masuk kuliah.
    Semoga beasiswa bermanfaat begini semakin mudah di akses oleh anak-anak kita se-Indonesia. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Dulu waktu mau lulus SMA pengen banget daftar beasiswa MEXT SI ke Jepang, apa daya ada nilai mata pelajarannya yang kurang memenuhi syarat. Yo wis lah, siapa tahu kalu sekarang anak-anak di sekolah lebih well prepare lagi dan bisa belajar ke Jepang dengan biasa Mext ini

    ReplyDelete
  17. Aku pernah ikut beasiswa ini tapi belum lolos euy hehe. semoga next bisa ikut lagi dan lolos. Eh tapi usianya udah kelewatan yah..:)

    ReplyDelete
  18. Wah, informasi yang sangat lengkap
    Ini sangat membantu bagi yang ingin kuliah di Jepang dengan beasiswa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular