Skip to main content

Oppo Find X, Ponsel Penunjang Gaya Wanita Masa Kini yang Punya Banyak Kelebihan


Sekarang ini, keberadaan ponsel nggak hanya buat alat komunikasi. Tapi juga buat gaya. Apalagi buat kaum wanita. Kadang spesifikasi atau kemampuan ponsel masih kalah pertimbangannya dibanding tampilannya. Bisa buat tambah gaya, atau enggak.

Padahal, baik spesifikasi maupun tampilan, aslinya sama-sama perlu dan penting ya. Punya ponsel cakep tapi nggak punya memori banyak sehingga jadi lemot. Ponselnya udah keren tapi urusan baterai payah.

Nah, sepertinya masalah kayak begitu tuh yang jadi perhatiannya Oppo. Ponsel asal negeri bambu ini baru saja mengeluarkan seri terbarunya. Oppo Find X. Kalau seri sebelumnya Find 7, lompatan selanjutnya langsung ke angka 10 atau X.

Simbol X nggak hanya mewakili angka 10 yang jadi lompatan besar setelah angka 7. Tapi ternyata, X ini juga bisa bermakna ‘expression’ lho. Iya, Oppo Find X emang diciptakan juga dengan pertimbangan menjadi ajang ekspresi untuk mereka yang suka dan menunjukkan ekspresi dirinya.

Pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 lalu, saya dapat kesempatan nih untuk datang ke First Experience Gadget Story with Oppo Find X untuk area Surabaya. Fyi, Oppo Find X sendiri sudah resmi diluncurkan sejak 19 Juni 2018 di Paris, Perancis.

Suatu kehormatan bagi Kota Surabaya nih yang jadi satu dari tiga kota pilihan Oppo untuk mengajak masyarakatnya merasakan lebih dulu, seperti apa ya rasanya bisa megang ponsel seharga motor matic! Hahaha…

Iya, harganya sih katanya nanti dibandrol dengan angka tipis mendekati nilai 13 juta rupiah. Dan Surabaya sendiri dipilih oleh pihak Oppo, selain kota Jakarta dan Bandung, karena pasar pemasaran ponsel Oppo yang besar di Surabaya selama ini. Kesempatan keren kan sebelum orang se Indonesia raya baru bisa beli Oppo Find X pada 4 Agustus 2018 mendatang.

Tempat acaranya kemarin ada di Kuppel yang ada di bilagan Surabaya Barat. Saya sendiri baru nyadar, kenapa kok tempatnya milih di Kuppel. Soalnya bar dengan bentuk bangunan setengah bulatan bola dengan dinding full kaca ini mirip banget sih sama tempat launching Oppo di Paris sono yang ada di Museum Louvre.


Acara yang dimulai sejak sore dan dipandu oleh Hana Qosim sebagai host itu menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya ada Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Terus ada Oik Yusuf dari Redaksi Kompascom yang selama acara banyak banget ngasih pertanyaan bagus ke narasumber lain dan bikin saya jadi lebih banyak tahu karena nggak kepikiran dengan pertanyaan tersebut.

Selain itu ada Mouldie Satria Eka Putra, seorang youtuber yang punya channel Sobat Hape dan sudah banyak mencoba bikin tantangan seru dengan Oppo Find X.


Menurut Aryo, memang ada banyak inovasi pada Oppo Find X yang sangat beda jauh dari pendahulunya yaitu Oppo Find 7. Karena itulah ada jeda lama antara waktu peluncuran dari kedua ponsel tersebut.

Untuk spesifikasinya, berikut ini data yang saya dapatkan dari kompas dot com.


Prosesor: Qualcomm Snapdragon 845
GPU: Adreno 630
Layar: 6,4 inci (edge) OLED Full HD+ 2.340 x 1080 piksel, aspect ratio 19,5:9
RAM: 8GB
Storage: 256 GB, opsi upgrade via microSD
Kamera: 25 MP (depan), 16 MP dan 20 MP (belakang)
Baterai: 3.730 mAH
Sistem operasi: ColorOS 5.1 (Android 8.1 Oreo)

Selama acara kemarin, saya punya catatan kesimpulan nih tentang apa saja sih sebetulnya kelebihan atau keunggulan Oppo Find X yang sangat dibutuhkan banget kalau buat wanita masa kini yang pengen gaya dengan ponselnya.

1. Warna covernya bikin kita nggak butuh casing pelapis lagi

Sebetulnya casing Oppo Find X itu punya tampilan warna gradient design, bordeaux red dan glacier blue.

Tapi pas Aryo nunjukin ke kami saat itu, casing belakangnya jadi kaya berubah-ubah lho warnanya. Karena ya itu tadi, warnanya main gradien. Udah keren kayak gitu, jadi nggak perlu lagi lah ya casing pelapis.

Sebetulnya di China sudah ada sih yang jual casing khusus Oppo Find X. Cuma kalau dari pabriknya sono desainnya sudah dibikin secakep itu, ya buat apa sih ya? Malah menurut saya sih, tampilannya Oppo Find X bikin yang megang dan kalau itu cewek, jadi terlihat anggun dan elegan.

2. Isi baterai GPL, peluang eksis dengan ponsel makin gede

Oppo Find X pakai teknologi VOOC yang bikin kita ngisi baterai ga pakai lama alias GPL. Mouldy sendiri pernah ngetes nih. Dia isi baterai Oppo Find X selama 30 menit dan bisa terisi cepat nambah sebanyak 45 persen dalam kondisi hidup.

Buat saya yang akhir-akhir ini lagi bermasalah banget sama kapasitas baterai ponsel, tentu jadi ngerasa ini hal yang berharga banget. Bayangin saja deh, ada momen bagus, waktunya ngejepret kamera pakai ponsel, lha yang mau dipakai ternyata lowbat. Tinggal dadah-dadah deh…

3. Kameranya bikin penggunanya jadi sosok baik-baik

Ada gitu kamera yang bikin kita jadi perempuan baik-baik? Ada…

Jadi gini, sebetulnya saya mau ngebahas tentang teknologi Oppo Find X yang kayaknya sampai saat ini, belum ada nih ponsel yang punya teknologi seperti ini.

Kalau kita megang Oppo Find X, mungkin awalnya kita bingung. Ini kameranya di mana ya? Tapi kalau kita sudah nemu tombol kameranya, klik, eh itu kamera bisa pop up lho dari bagian atas.

Teknologi ini memang bikin pengguna Oppo Find X jadi nggak bisa main sembunyi-sembunyian lagi kalau mau ngejepret objek di manapun. Tapi kalau katanya Aryo, sebetulnya di beberapa negara di dunia ini juga sudah lho menerapkan aturan buat kita nggak boleh asal main jepret di mana-mana.

Nah tu, makanya kan saya bilang, Oppo Find X ini malah bikin kita jadi wanita baik-baik, yang nggak rese’ ambil gambar sembarangan di mana saja tanpa izin orang lain.

4. Ponsel yang bikin anak jadi berbakti pada orang tua

Nih poin juga mungkin bikin kalian bertanya-tanya, apa hubungannya coba ponsel sama urusan berbakti pada orang tua? Ada…

Sudah jadi hal yang agak biasa ya kesannya, orang kalau pegang ponsel itu bikin penggunanya jadi asyik dengan dunianya sendiri. Termasuk mengabaikan keluarga sendiri.

Di Oppo Find X ini ada teknologi game space yang bikin penggunanya bisa main game sepuasnya dengan mematikan aplikasi background dan kapasitas RAMnya hanya untuk main game.

Tapi… teknologi ini bukannya bikin penggunanya lalu putus hubungan dengan dunia nyata sama sekali. Kata Aryo, kalau misal nih, orang tua nelepon atau nge-WA, tetap bisa menghubungi kita kok.

Jadi nggak ada alasan ya kitanya bilang hp lagi dimatiin aplikasi komunikasinya. Apalagi kalau alasan jujurnya karena lagi dipakai buat nge-game. Tuh, Oppo Find X bikin kita jadi anak berbakti pada orang tua beneran kan?


5. Hanya face detector Oppo Find X yang mau menerimamu apa adanya

Untuk kunci pengaman, Oppo Find X tidak menggunakan sistem fingerprint. Ada alasannya. Menurut Aryo, karena menurut penelitian yang sudah ada, banyak orang kesulitan membuka pengaman ponselnya jika menggunakan teknologi fingerprint.

Seringnya saat orang dalam posisi tangannya sedang kotor, misal berminyak karena sedang pegang makanan, saat mau pakai ponsel, eh malah kesusahan sewaktu mau memakai ponselnya sendiri.

Sementara di Oppo Find X yang pakai teknologi face detector, kita cukup nunjukin muka kita. Mouldy sendiri pernah eksperimen nih sejauh apa kemampuan face detector Oppo Find X.

Jadi mulai dari versi muka biasa tanpa penghalang, pakai helm, pakai kaca mata, pakai masker penutup mulut (tapi hidung kelihatan ya), pakai sebo, Oppo Find X tetap bisa mengenali pemiliknya.

Asal posisi ponselnya tegak lurus pas di depan wajah kita, face detectornya bisa aktif. Jadi nggak perlu lagi ada kekhawatiran face detector malah bikin kita kesulitan sendiri.

Karena itu saya pikir, cuma Oppo Find X nih yang mau menerima kita apa adanya. Mau cakep, enggak, pakai make up, polosan, dia tetap akan membuka dirinya saat kita perlukan. (*sok iya banget nggak sih bahasanya? Hahaha…)

6. Bikin film romantis a la India pun bisa

Untuk urusan pengambilan gambar dalam bentuk video atau foto, Oppo Find X punya beberapa fitur yang memungkinkan penggunanya mengabadikan dalam berbagai versi.

Salah satunya yang paling saya suka itu mode slow motion. Jadi kalau kita rekam adegan dengan terlebih dahulu disetting slow motion berkecepatan tertentu, hasilnya nanti bisa ada gerakan lambat kayak di film-film India itu…

Tahu kan adegan film India yang lari-lari tapi gerakannya lambat dan bikin kesan romantis jadi makin gimana gitu?

Nah kalau ngerekamnya pakai Oppo Find X, nggak perlu lagi lah orangnya yag disuruh lari lambat dan malah kelihatan nggak stabil kecepatan lambatnya. Cukup klik, gerakan biasa, hasilnya bisa dramatis lambat dengan sendirinya.

7. Telihat keren dengan tampilan berformat gif buatan sendiri

Dengan kamera depannya yang punya resolusi 25 mp, lensa f/2.0-nya dari Oppo Find X mampu mengenali wajah penggunanya secara tiga dimensi. Teknologi ini dibantu dengan kecanggihan proyektor pemancar 30 ribu titik inframerah. Hasilnya bisa dipakai untuk fitur 3D Smart Selfie Capture.

Jadi prosesnya begini… Oppo Find X mengenali wajah kita dulu pakai kamera depan. Terus antar ada device khusus di aplikasi kamera untuk menyesuaikan tampilan masing-masing elemen wajah secara lebih khusus. Mau rambutnya kayak gimana, pakai kaca mata atau enggak, bisa diatur.

Bahkan Mouldie sendiri menjelaskan sambil menunjukkan video yang sudah dibuatnya, mau pipinya dibuat ramping atau mata dibuat lebar pun bisa.

Kelompok saya sendiri sempat mencoba fitur yang satu ini nih. Jadi waktu itu saya lihat teman saya Mbak Yuni pakai fitur ini ditemani mas pendamping dari Oppo. Kalau bentuk wajahnya sudah jadi, kita bisa pakai nih buat chat dengan orang lain.

Uniknya, apapun gerak wajah yang dilakukan Mbak Yuni, si kembaran Mbak Yuni yang ada di hp ikut gerak. Katanya mas pendampingnya sih, ini asyik banget kalau buat dipakai chat atau dijadiin stiker bentuk gif.

8. Mengamankan diri saat terbanting

Ponsel kebanting itu kayak nightmare bagi siapapun. Tapi Oppo Find X sudah mengantisipasi hal tersebut. Mouldy sendiri pernah bereksperimen dengan membanting ponsel tersebut dari ketinggian sebuah meja.

Dalam video gerakan lambat, ternyata bagian tepi Oppo Find X itu kayak ada lapisan karetnya lho yang bikin ponsel jadi terlihat agak membal.

Terus saat ponsel akan menyentuh tanah, ternyata Oppo Find X mengeluarkan kotak dialog. Setelah jatuh, kalau kita kita klik kotak dialognya, ya udah, ponselnya bisa dipakai lagi. As simple as that yah urusan ponsel kalau jatuh buat Oppo Find X!

9. Merekam game buat video Youtube

Zaman sekarang jadi konten creator Youtube kayaknya uwah banget ya. Apalagi kalau nichenya game. Si Oppo Find X ini tahu banget kok kalau ada kebutuhan itu.

Jadi andai kita mau mereka kegiatan layar main game kita, langsung bisa. Nggak perlu lagi pakai aplikasi khusus lain.

Eh tapi, emang ada cewek yang gamer dan hobi bikin konten video kayak gitu? Ya ada kali’. Kan namanya saja wanita masa kini gitu lho…

10. Soulmate buat diajak naik gunung

Waktu sesi tanya jawab, ada seorang penanya yang saya pun tahunya nama di IGnya adalah @gadismerah. Cewek cakep asal Makassar ini ngaku kalau dia suka naik gunung. Pertanyaannya, bisa tahan nggak nih si Oppo Find X sama cuaca dingin?

Jawabannya Pak Aryo ternyata bisa saja. Malah sudah terbukti waktu dibawa ke Eropa sono. Iya ya, launchingnya aja di Paris. Terus, Oppo Find X juga aman saja kok kalau kena percikan air.


Gimana temuan saya tentang beberapa kelebihan Oppo Find X poin tadi? Keren kan? Saya berhasil ngerangkum dan nemuin 10 kelebihan nih. Bisa jadi bandingan lah ya kalau di ponsel lain jarang dan hampir nggak ada yang punya beberapa kelebihan kayak gitu.

Intinya sih kalau menurut saya, Oppo Find X ini ponsel yang ngerti banget, kalau wanita masa kini itu perlu gaya, perlu eksis, dan perlu ruang untuk kreativitasnya. Mau kreatif ngegame, bikin konten video, fotografi, hayuk…

So many thumbs deh buat inovasi yang jauh lompatannya dari Oppo Find X!



Comments

  1. ponsel impian nih oppo.. emang keren ya mbak.. paket lengkap banget! jadi pengen punya juga

    ReplyDelete
  2. kemaren sempet nyobain juga, dan bener-bener keren, selain speknya bagus, layar sama kameranya itu lho yang bikin pengen.

    ReplyDelete
  3. Hiks hiks cepet bgt keluar tipe baru yaaa bikin mupeng terus tiap liat oppo

    ReplyDelete
  4. Sekarang gadget sudah bagian dari fashion ya, apalagi Oppo memang cucok banget bikin yang pakai keren

    ReplyDelete
  5. Hape yang bikin mupeeeng saat ini. Fitur dan dan tampilannya keren. Walopun harganya juga keren, tapi worth it. Semoga kesampaian punya hape ini. :D

    ReplyDelete
  6. iya nih sudah mencoba oppo ini keren banget bikin mupeng hehe..apalagi kamera dan tampilannya menggoda banget, sayang harganya juga memang sebanding ya heu..

    ReplyDelete
  7. Ngeliat serian oppo x ini jadi kepingin punya... cuma harganya itu nabung dulu.kayaknya.. buat foto bagus bnget mnunjang hobi foot photohraphy aku

    ReplyDelete
  8. Wow 13 juta...
    Tapi kyknya sesuai sih ya dengan fitur2 yang ditawarkan. Ini kyknya cocok buat yg suka ngevlog atau gamer gtu ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Mantep bener emang nih oppo.
    Ngeluarin seri terbarunya teru,.
    Kepengen banget jadinya punya oppo find X.

    ReplyDelete
  10. Woooow spesifik OPPO Find X ini kok memggoda bangat ya Mba, apalagi kameranya ajiib bangaat itu. Mupeng saya pengen punya, tapi harganya woow juga ya ternyata hehehe

    ReplyDelete
  11. Mmm.. penasaran dengan kalimat “menjadikan penggunanya menjadi orang baik-baik” hehe spectnya udah lumayan bagus itu Mba.. bisa dipakai sendiri atau hadiah udah keceh bingit

    ReplyDelete
  12. oppo memang hape hitz yaaa
    bikin pengen punya series ini nih
    lumayan banget spesifiknya
    harga juga wort it

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah pake merek ini. Layaknya juga digunakan kayak wanita macem.sayaaah

    ReplyDelete
  14. Huaa pengen punya deh,, kayaknya nih HP cocok banget yes buat saya tapi harganya huhu 13 juta.

    ReplyDelete
  15. Aku suka spesifikasinya yang keren, khususnya RAM, Storage dan Kameranya. Tambah satu lagi, kemampuannya yang tahan banting.. Sayang Mbak, harganya nggak ramah bagi kelas menengah kayak saya hehehee

    ReplyDelete
  16. Harganya bikin deg deg serr ya mbak, hehehe. Tapi worth it sih untuk spesifikasi yang ditawarkan. Keren mbak ulasannya!
    Salam kenal ya mbak, kalau berkenan dan ada waktu mampir di blog saya.. terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Sepeda Hias Putri

Sudah bulan Juli nih, dan sebentar lagi waktunya Agustusan. Tentunya banyak orang ingat, bulan depan waktunya perayaan kemerdekaan Indonesia yang biasanya dimeriahkan dengan berbagai lomba bertema menyenangkan dan menghibur.
Jika ingat Agustusan, saya jadi ingat pengalaman waktu SD saat menghadapi lomba sepeda hias untuk peringatan kemerdekaan. Jadi meski saat itu belum diumumkan siapa yang akan mewakili sekolah untuk ikut lomba sepeda hias, saya sudah semangat duluan tuh memikirkan nantinya sepeda hias saya akan seperti apa, dan menyiapkan hiasan-hiasan yang akan saya pakai di sepeda.
Alhamdulillah, untungnya bu guru di sekolah kok waktu itu ikut menyebut nama saya untuk mewakili lomba sepeda hias. Coba kalau enggak? Wah, rugi dong usaha saya yang terlanjur bela-beli ini-itu untuk menghias sepeda.
Cerita anak berikut inilah sebagian besar isinya based on true story cerita saya tersebut. Yang menyenangkan, cerpen ini pun pernah dimuat di halaman Kompas Anak tanggal 29 Mei 2011.
Selamat me…

Insto Dry Eyes yang Bikin Selamat Tinggal Mata Kering, Mengajar pun Jadi Nggak Garing

Sebagai guru, bisa jadi, urusan mengajar itu tidaklah mudah. Guru tak hanya dituntut untuk bisa menyampaikan materi. Akan tetapi, seorang guru juga harus bisa membuat siswa menyerap materi dengan baik. Tentunya, dengan cara yang menyenangkan.
Namun, apa jadinya coba kalau gurunya garing banget ngajarnya? Sudah begitu, sikapnya di kelas nggak enak banget dilihat. Dijamin, siswa bisa boring atau mungkin malah jadi illfeel.
Untuk bisa melakukannya, pastinya dibutuhkan kondisi tubuh dengan stamina yang prima. Salah satunya adalah urusan mata, organ penting yang ada pada tubuh manusia.
Sayangnya, ada beberapa kondisi yang kalau menurut saya pribadi nih, terkadang jadi penyebab membuat mata saya merasa tidak nyaman. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. AC
Kelas dengan AC bisa membuat guru dan murid merasa nyaman. Tidak ada lagi kata kegerahan yang bisa mengganggu proses belajar mengajar.
Namun sayangnya, jam mengajar saya yang cukup banyak selama seminggu, membuat saya harus sering berada di …

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga

Setelah sekian lama hanya bisa memandang dari kaca bus saat melewati Kebun Binatang Surabaya dari Terminal Bungurasih ke Terminal Osowilangun, pada akhirnya saya bisa menginjakkan kaki lagi ke kebun binatang kebanggaan arek Suroboyo yang biasa disingkat dengan KBS.
Sebetulnya kemarin itu kali ke dua saya mengunjungi KBS. Seingat saya, pertama kali main ke sana saat masih SD sekitar sebelum kelas 5. Waktu itu saya masih tinggal di Bekasi dan diajak main ke KBS saat sedang berlibur di Lamongan.
Nah, agenda ke KBS pada hari Selasa, 4 Juli 2017 lalu itu sebetulnya bisa dibilang mendadak. Rencananya awal, saya dan suami ingin mengajak Kayyisah naik kuda sebagai pemenuhan janji karena dia sudah bisa dan mau berjalan.
Sempat terpikir untuk mengajak Kayyisah ke Kenjeran. Tapi tidak jadi karena takut anaknya kepanasan.
Suami sendiri inginnya sih mengajak ke Pacet. Cuma dalam pikiran saya, kok sayang kalau agendanya naik kuda saja.
Setelah browsing, saya baca ternyata di KBS kok ada juga wahana nai…

Asyiknya Mengenal Huruf Lewat Nama Makanan

Anak balita nggak boleh calistung? Boleh… Asal caranya yang asyik, dan anak nggak dipaksa untuk serius belajar.
Di luar negeri sana, kegiatan mengenal huruf, angka, sampai konsep baca tulis dan hitung untuk anak usia balita, caranya banyak yang menarik lho. Rata-rata, dilakukan dalam kondisi anak sedang bermain.
Nggak hanya lewat permainan, dengan menggunakan buku pun bisa. Apalagi buku anak zaman sekarang kan keren-keren tuh. Anak bisa menambah pengetahuan, dan aktivitas yang dilakukan dengan buku tersebut.
Misalnya buku karya Mbak Winarti terbitan Bhuana Ilmu Populer atau BIP ini. Bukunya berjudul ‘Mengenal Huruf Melalui Makanan A-Z’. Anak-anak bisa mengenal huruf A sampai Z lewat nama-nama makanan.

Yang asyik dari buku ini, anak-anak bisa mengenal huruf dari huruf depan tiap makanan. Di buku ini juga bikin saya jadi tahu lho makanan-makanan khas dari beberapa daerah.
Selain mengenal huruf, ada permainan juga nih yang bisa dilakukan anak-anak baik sendiri maupun dengan pendampingan orang…