Oppo Find X, Ponsel Penunjang Gaya Wanita Masa Kini yang Punya Banyak Kelebihan

15 comments

Sekarang ini, keberadaan ponsel nggak hanya buat alat komunikasi. Tapi juga buat gaya. Apalagi buat kaum wanita. Kadang spesifikasi atau kemampuan ponsel masih kalah pertimbangannya dibanding tampilannya. Bisa buat tambah gaya, atau enggak.

Padahal, baik spesifikasi maupun tampilan, aslinya sama-sama perlu dan penting ya. Punya ponsel cakep tapi nggak punya memori banyak sehingga jadi lemot. Ponselnya udah keren tapi urusan baterai payah.

Nah, sepertinya masalah kayak begitu tuh yang jadi perhatiannya Oppo. Ponsel asal negeri bambu ini baru saja mengeluarkan seri terbarunya. Oppo Find X. Kalau seri sebelumnya Find 7, lompatan selanjutnya langsung ke angka 10 atau X.

Simbol X nggak hanya mewakili angka 10 yang jadi lompatan besar setelah angka 7. Tapi ternyata, X ini juga bisa bermakna ‘expression’ lho. Iya, Oppo Find X emang diciptakan juga dengan pertimbangan menjadi ajang ekspresi untuk mereka yang suka dan menunjukkan ekspresi dirinya.

Pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 lalu, saya dapat kesempatan nih untuk datang ke First Experience Gadget Story with Oppo Find X untuk area Surabaya. Fyi, Oppo Find X sendiri sudah resmi diluncurkan sejak 19 Juni 2018 di Paris, Perancis.

Suatu kehormatan bagi Kota Surabaya nih yang jadi satu dari tiga kota pilihan Oppo untuk mengajak masyarakatnya merasakan lebih dulu, seperti apa ya rasanya bisa megang ponsel seharga motor matic! Hahaha…

Iya, harganya sih katanya nanti dibandrol dengan angka tipis mendekati nilai 13 juta rupiah. Dan Surabaya sendiri dipilih oleh pihak Oppo, selain kota Jakarta dan Bandung, karena pasar pemasaran ponsel Oppo yang besar di Surabaya selama ini. Kesempatan keren kan sebelum orang se Indonesia raya baru bisa beli Oppo Find X pada 4 Agustus 2018 mendatang.

Tempat acaranya kemarin ada di Kuppel yang ada di bilagan Surabaya Barat. Saya sendiri baru nyadar, kenapa kok tempatnya milih di Kuppel. Soalnya bar dengan bentuk bangunan setengah bulatan bola dengan dinding full kaca ini mirip banget sih sama tempat launching Oppo di Paris sono yang ada di Museum Louvre.


Acara yang dimulai sejak sore dan dipandu oleh Hana Qosim sebagai host itu menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya ada Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Terus ada Oik Yusuf dari Redaksi Kompascom yang selama acara banyak banget ngasih pertanyaan bagus ke narasumber lain dan bikin saya jadi lebih banyak tahu karena nggak kepikiran dengan pertanyaan tersebut.

Selain itu ada Mouldie Satria Eka Putra, seorang youtuber yang punya channel Sobat Hape dan sudah banyak mencoba bikin tantangan seru dengan Oppo Find X.


Menurut Aryo, memang ada banyak inovasi pada Oppo Find X yang sangat beda jauh dari pendahulunya yaitu Oppo Find 7. Karena itulah ada jeda lama antara waktu peluncuran dari kedua ponsel tersebut.

Untuk spesifikasinya, berikut ini data yang saya dapatkan dari kompas dot com.


Prosesor: Qualcomm Snapdragon 845
GPU: Adreno 630
Layar: 6,4 inci (edge) OLED Full HD+ 2.340 x 1080 piksel, aspect ratio 19,5:9
RAM: 8GB
Storage: 256 GB, opsi upgrade via microSD
Kamera: 25 MP (depan), 16 MP dan 20 MP (belakang)
Baterai: 3.730 mAH
Sistem operasi: ColorOS 5.1 (Android 8.1 Oreo)

Selama acara kemarin, saya punya catatan kesimpulan nih tentang apa saja sih sebetulnya kelebihan atau keunggulan Oppo Find X yang sangat dibutuhkan banget kalau buat wanita masa kini yang pengen gaya dengan ponselnya.

1. Warna covernya bikin kita nggak butuh casing pelapis lagi

Sebetulnya casing Oppo Find X itu punya tampilan warna gradient design, bordeaux red dan glacier blue.

Tapi pas Aryo nunjukin ke kami saat itu, casing belakangnya jadi kaya berubah-ubah lho warnanya. Karena ya itu tadi, warnanya main gradien. Udah keren kayak gitu, jadi nggak perlu lagi lah ya casing pelapis.

Sebetulnya di China sudah ada sih yang jual casing khusus Oppo Find X. Cuma kalau dari pabriknya sono desainnya sudah dibikin secakep itu, ya buat apa sih ya? Malah menurut saya sih, tampilannya Oppo Find X bikin yang megang dan kalau itu cewek, jadi terlihat anggun dan elegan.

2. Isi baterai GPL, peluang eksis dengan ponsel makin gede

Oppo Find X pakai teknologi VOOC yang bikin kita ngisi baterai ga pakai lama alias GPL. Mouldy sendiri pernah ngetes nih. Dia isi baterai Oppo Find X selama 30 menit dan bisa terisi cepat nambah sebanyak 45 persen dalam kondisi hidup.

Buat saya yang akhir-akhir ini lagi bermasalah banget sama kapasitas baterai ponsel, tentu jadi ngerasa ini hal yang berharga banget. Bayangin saja deh, ada momen bagus, waktunya ngejepret kamera pakai ponsel, lha yang mau dipakai ternyata lowbat. Tinggal dadah-dadah deh…

3. Kameranya bikin penggunanya jadi sosok baik-baik

Ada gitu kamera yang bikin kita jadi perempuan baik-baik? Ada…

Jadi gini, sebetulnya saya mau ngebahas tentang teknologi Oppo Find X yang kayaknya sampai saat ini, belum ada nih ponsel yang punya teknologi seperti ini.

Kalau kita megang Oppo Find X, mungkin awalnya kita bingung. Ini kameranya di mana ya? Tapi kalau kita sudah nemu tombol kameranya, klik, eh itu kamera bisa pop up lho dari bagian atas.

Teknologi ini memang bikin pengguna Oppo Find X jadi nggak bisa main sembunyi-sembunyian lagi kalau mau ngejepret objek di manapun. Tapi kalau katanya Aryo, sebetulnya di beberapa negara di dunia ini juga sudah lho menerapkan aturan buat kita nggak boleh asal main jepret di mana-mana.

Nah tu, makanya kan saya bilang, Oppo Find X ini malah bikin kita jadi wanita baik-baik, yang nggak rese’ ambil gambar sembarangan di mana saja tanpa izin orang lain.

4. Ponsel yang bikin anak jadi berbakti pada orang tua

Nih poin juga mungkin bikin kalian bertanya-tanya, apa hubungannya coba ponsel sama urusan berbakti pada orang tua? Ada…

Sudah jadi hal yang agak biasa ya kesannya, orang kalau pegang ponsel itu bikin penggunanya jadi asyik dengan dunianya sendiri. Termasuk mengabaikan keluarga sendiri.

Di Oppo Find X ini ada teknologi game space yang bikin penggunanya bisa main game sepuasnya dengan mematikan aplikasi background dan kapasitas RAMnya hanya untuk main game.

Tapi… teknologi ini bukannya bikin penggunanya lalu putus hubungan dengan dunia nyata sama sekali. Kata Aryo, kalau misal nih, orang tua nelepon atau nge-WA, tetap bisa menghubungi kita kok.

Jadi nggak ada alasan ya kitanya bilang hp lagi dimatiin aplikasi komunikasinya. Apalagi kalau alasan jujurnya karena lagi dipakai buat nge-game. Tuh, Oppo Find X bikin kita jadi anak berbakti pada orang tua beneran kan?


5. Hanya face detector Oppo Find X yang mau menerimamu apa adanya

Untuk kunci pengaman, Oppo Find X tidak menggunakan sistem fingerprint. Ada alasannya. Menurut Aryo, karena menurut penelitian yang sudah ada, banyak orang kesulitan membuka pengaman ponselnya jika menggunakan teknologi fingerprint.

Seringnya saat orang dalam posisi tangannya sedang kotor, misal berminyak karena sedang pegang makanan, saat mau pakai ponsel, eh malah kesusahan sewaktu mau memakai ponselnya sendiri.

Sementara di Oppo Find X yang pakai teknologi face detector, kita cukup nunjukin muka kita. Mouldy sendiri pernah eksperimen nih sejauh apa kemampuan face detector Oppo Find X.

Jadi mulai dari versi muka biasa tanpa penghalang, pakai helm, pakai kaca mata, pakai masker penutup mulut (tapi hidung kelihatan ya), pakai sebo, Oppo Find X tetap bisa mengenali pemiliknya.

Asal posisi ponselnya tegak lurus pas di depan wajah kita, face detectornya bisa aktif. Jadi nggak perlu lagi ada kekhawatiran face detector malah bikin kita kesulitan sendiri.

Karena itu saya pikir, cuma Oppo Find X nih yang mau menerima kita apa adanya. Mau cakep, enggak, pakai make up, polosan, dia tetap akan membuka dirinya saat kita perlukan. (*sok iya banget nggak sih bahasanya? Hahaha…)

6. Bikin film romantis a la India pun bisa

Untuk urusan pengambilan gambar dalam bentuk video atau foto, Oppo Find X punya beberapa fitur yang memungkinkan penggunanya mengabadikan dalam berbagai versi.

Salah satunya yang paling saya suka itu mode slow motion. Jadi kalau kita rekam adegan dengan terlebih dahulu disetting slow motion berkecepatan tertentu, hasilnya nanti bisa ada gerakan lambat kayak di film-film India itu…

Tahu kan adegan film India yang lari-lari tapi gerakannya lambat dan bikin kesan romantis jadi makin gimana gitu?

Nah kalau ngerekamnya pakai Oppo Find X, nggak perlu lagi lah orangnya yag disuruh lari lambat dan malah kelihatan nggak stabil kecepatan lambatnya. Cukup klik, gerakan biasa, hasilnya bisa dramatis lambat dengan sendirinya.

7. Telihat keren dengan tampilan berformat gif buatan sendiri

Dengan kamera depannya yang punya resolusi 25 mp, lensa f/2.0-nya dari Oppo Find X mampu mengenali wajah penggunanya secara tiga dimensi. Teknologi ini dibantu dengan kecanggihan proyektor pemancar 30 ribu titik inframerah. Hasilnya bisa dipakai untuk fitur 3D Smart Selfie Capture.

Jadi prosesnya begini… Oppo Find X mengenali wajah kita dulu pakai kamera depan. Terus antar ada device khusus di aplikasi kamera untuk menyesuaikan tampilan masing-masing elemen wajah secara lebih khusus. Mau rambutnya kayak gimana, pakai kaca mata atau enggak, bisa diatur.

Bahkan Mouldie sendiri menjelaskan sambil menunjukkan video yang sudah dibuatnya, mau pipinya dibuat ramping atau mata dibuat lebar pun bisa.

Kelompok saya sendiri sempat mencoba fitur yang satu ini nih. Jadi waktu itu saya lihat teman saya Mbak Yuni pakai fitur ini ditemani mas pendamping dari Oppo. Kalau bentuk wajahnya sudah jadi, kita bisa pakai nih buat chat dengan orang lain.

Uniknya, apapun gerak wajah yang dilakukan Mbak Yuni, si kembaran Mbak Yuni yang ada di hp ikut gerak. Katanya mas pendampingnya sih, ini asyik banget kalau buat dipakai chat atau dijadiin stiker bentuk gif.

8. Mengamankan diri saat terbanting

Ponsel kebanting itu kayak nightmare bagi siapapun. Tapi Oppo Find X sudah mengantisipasi hal tersebut. Mouldy sendiri pernah bereksperimen dengan membanting ponsel tersebut dari ketinggian sebuah meja.

Dalam video gerakan lambat, ternyata bagian tepi Oppo Find X itu kayak ada lapisan karetnya lho yang bikin ponsel jadi terlihat agak membal.

Terus saat ponsel akan menyentuh tanah, ternyata Oppo Find X mengeluarkan kotak dialog. Setelah jatuh, kalau kita kita klik kotak dialognya, ya udah, ponselnya bisa dipakai lagi. As simple as that yah urusan ponsel kalau jatuh buat Oppo Find X!

9. Merekam game buat video Youtube

Zaman sekarang jadi konten creator Youtube kayaknya uwah banget ya. Apalagi kalau nichenya game. Si Oppo Find X ini tahu banget kok kalau ada kebutuhan itu.

Jadi andai kita mau mereka kegiatan layar main game kita, langsung bisa. Nggak perlu lagi pakai aplikasi khusus lain.

Eh tapi, emang ada cewek yang gamer dan hobi bikin konten video kayak gitu? Ya ada kali’. Kan namanya saja wanita masa kini gitu lho…

10. Soulmate buat diajak naik gunung

Waktu sesi tanya jawab, ada seorang penanya yang saya pun tahunya nama di IGnya adalah @gadismerah. Cewek cakep asal Makassar ini ngaku kalau dia suka naik gunung. Pertanyaannya, bisa tahan nggak nih si Oppo Find X sama cuaca dingin?

Jawabannya Pak Aryo ternyata bisa saja. Malah sudah terbukti waktu dibawa ke Eropa sono. Iya ya, launchingnya aja di Paris. Terus, Oppo Find X juga aman saja kok kalau kena percikan air.


Gimana temuan saya tentang beberapa kelebihan Oppo Find X poin tadi? Keren kan? Saya berhasil ngerangkum dan nemuin 10 kelebihan nih. Bisa jadi bandingan lah ya kalau di ponsel lain jarang dan hampir nggak ada yang punya beberapa kelebihan kayak gitu.

Intinya sih kalau menurut saya, Oppo Find X ini ponsel yang ngerti banget, kalau wanita masa kini itu perlu gaya, perlu eksis, dan perlu ruang untuk kreativitasnya. Mau kreatif ngegame, bikin konten video, fotografi, hayuk…

So many thumbs deh buat inovasi yang jauh lompatannya dari Oppo Find X!



Related Posts

15 comments

  1. ponsel impian nih oppo.. emang keren ya mbak.. paket lengkap banget! jadi pengen punya juga

    ReplyDelete
  2. kemaren sempet nyobain juga, dan bener-bener keren, selain speknya bagus, layar sama kameranya itu lho yang bikin pengen.

    ReplyDelete
  3. Hiks hiks cepet bgt keluar tipe baru yaaa bikin mupeng terus tiap liat oppo

    ReplyDelete
  4. Sekarang gadget sudah bagian dari fashion ya, apalagi Oppo memang cucok banget bikin yang pakai keren

    ReplyDelete
  5. Hape yang bikin mupeeeng saat ini. Fitur dan dan tampilannya keren. Walopun harganya juga keren, tapi worth it. Semoga kesampaian punya hape ini. :D

    ReplyDelete
  6. iya nih sudah mencoba oppo ini keren banget bikin mupeng hehe..apalagi kamera dan tampilannya menggoda banget, sayang harganya juga memang sebanding ya heu..

    ReplyDelete
  7. Ngeliat serian oppo x ini jadi kepingin punya... cuma harganya itu nabung dulu.kayaknya.. buat foto bagus bnget mnunjang hobi foot photohraphy aku

    ReplyDelete
  8. Wow 13 juta...
    Tapi kyknya sesuai sih ya dengan fitur2 yang ditawarkan. Ini kyknya cocok buat yg suka ngevlog atau gamer gtu ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Mantep bener emang nih oppo.
    Ngeluarin seri terbarunya teru,.
    Kepengen banget jadinya punya oppo find X.

    ReplyDelete
  10. Woooow spesifik OPPO Find X ini kok memggoda bangat ya Mba, apalagi kameranya ajiib bangaat itu. Mupeng saya pengen punya, tapi harganya woow juga ya ternyata hehehe

    ReplyDelete
  11. Mmm.. penasaran dengan kalimat “menjadikan penggunanya menjadi orang baik-baik” hehe spectnya udah lumayan bagus itu Mba.. bisa dipakai sendiri atau hadiah udah keceh bingit

    ReplyDelete
  12. oppo memang hape hitz yaaa
    bikin pengen punya series ini nih
    lumayan banget spesifiknya
    harga juga wort it

    ReplyDelete
  13. Aku suka spesifikasinya yang keren, khususnya RAM, Storage dan Kameranya. Tambah satu lagi, kemampuannya yang tahan banting.. Sayang Mbak, harganya nggak ramah bagi kelas menengah kayak saya hehehee

    ReplyDelete
  14. Harganya bikin deg deg serr ya mbak, hehehe. Tapi worth it sih untuk spesifikasi yang ditawarkan. Keren mbak ulasannya!
    Salam kenal ya mbak, kalau berkenan dan ada waktu mampir di blog saya.. terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular