Sekitar tahun 2012, seorang teman semasa kuliah berbagi foto jalan-jalan dengan anak perempuannya di Singapura lewat akun Facebooknya. Waktu itu saya tidak tahu nama tempat tersebut. 

Dalam hati saya membatin, ini tempat baru yang mana lagi di Singapura ya? Rasanya ingin sekali kembali tinggal di Batam karena sepertinya masih begitu banyak tempat di Singapura yang ingin saya kunjungi. 

Saya sendiri baru dua kali mengunjungi Singapura saat dulu tinggal di Batam. Itu pun hanya ke tempat-tempat yang bersifat public area seperti Bugis Junction, patung Merlion, Orchard Road, China Town, dan kawasan Little India..

Kenangan saat jalan ke Bugis Junction Singapura dengan Tari. Sumber foto: Iman Suryanto

Kembali ke cerita teman yang posting foto jalan-jalannya tadi, di kemudian hari, barulah saya tahu jika tempat wisata baru tersebut bernama Gardens by the Bay lewat teman tersebut. 

Akhirnya saya tanya ke Tari, teman dekat yang sudah seperti saudara sewaktu saya tinggal di Batam. Eh, ternyata dia sendiri sampai sekarang belum pernah ke sana. 

Baca juga tempat di Batam yang bisa dikunjungi untuk belajar sejarah keberadaan manusia perahu asal Vietnam di sini.

Jadi kepikir, kayaknya asyik kali ya kalau suatu saat saya dan Tari playdate sambil bawa si kecil buat jalan-jalan ke Gardens by the Bay. Karena sepertinya, tempatnya terlihat nyaman, teduh, dan penuh dengan nuansa hijau aneka macam tumbuhan. 

Apalagi Arfin anaknya Tari dan Kayyisah anak saya kan kinestetik banget. Pasti senang kalau diajak jalan-jalan ke sana.

Karena ingin tahu tentang tempat ini makin menjadi, saya pun browsing mencari informasi, seperti apa sih sebetulnya Gardens by the Bay Singapura. Jadi rupanya, tempat ini adalah taman alam buatan yang dibangun di atas lahan reklamasi dan dekat tempat pengelolaan air di Marina.

Di situs resminya, saya menemukan ada 12 hal menarik yang bisa didapatkan jika mengunjungi tempat tersebut. Mulai dari Flower Dome, Cloud Forest, OCBC Skyway, Supertree Grove, Far East Organization Children’s Garden, Bay East Garden, Dragonfly and Kingfisher Lakes, Heritage Garden, World of Plants, The Canyon, Sun Pavilion, dan Art Sculptures. 

Dari sekian tempat itu, yang sangat membuat saya penasaran dan begitu ingin saya kunjungi adalah beberapa spot berikut ini. 

1. Flower Dome

Saya baru tahu lho, kalau nggak perlu jauh-jauh ya datang ke Belanda buat lihat bunga Lili. Di Gardens by the Bay yang notebene negara tetangga dekat kita itu ternyata ada. 

Waktu baca di situs resminya Gardens by the Bay, ternyata tempat ini bisa dibilang rumah kaca terbesar di dunia sejak 2015 versi rekor Guinness World Records. Di situ kita bisa menjumpai aneka tanaman terutama yang berbunga cantik yang asalnya mulai dari daerah mediterania sampai daerah seperti padang pasir.

Flower Dome. Sumber foto website Gardens by the Bay

Buat saya dan Tari yang suka foto-foto, ehm, maksudnya difoto, pasti bisa lupa umur kalau lihat hamparan bunga cantik yang sayang kalau nggak dibuat latar foto wefie.

2. Cloud Forest

Pikir saya, kok bisa gitu lho ada gunung dan air terjun buatan setinggi 35 meter dalam ruangan ya? Pengen banget juga jalan di track ke atas yang bisa dilalui juga oleh pengunjung sambil mengamati tanaman yang ada.

Cloud Forest. Sumber foto website Gardens by the Bay

3. OCBC Skyway dan Supertree Grove

Gimana rasanya ya jalan di antara pohon raksasa buatan dengan ketinggian 128 meter? Ini beneran bikin saya penasaran. Apalagi keberadaan Supertree, pohon raksasa buatan yang jadi ikon banget buat Gardens by the Bay.

OCBC Skyway dan Supertree Grove. Sumber foto website Gardens by the Bay

4. Far East Organization Children’s Garden

Yang namanya playdate tentunya buat senang-senang anaknya juga dong. Di tempat ini pasti Kayyisah dan Arfin akan senang banget main di area yang banyak diperuntukkan untuk kegiatan bermain anak-anak.

Far East Organization Children’s Garden. Sumber foto website Gardens by the Bay

Overall, menurut saya tempat ini asyik dan bisa jadi sarana edukatif untuk anak-anak. Terutama untuk mengenal flora. Jadi kepikiran deh, kayaknya asyik kali ya kalau liburan ke Batam, silaturahmi ke teman-teman yang sampai sekarang masih kayak saudara, terus sekalian nyeberang ke Singapura buat playdate sama Tari ke Gardens by the Bay.

Baca juga tempat bersejarah di Bintan yang merupakan peninggalan zaman purbakala di sini.

Buat urusan tiket, saya pun mulai mencari tahu tiket mana yang paling murah. Ini mulai urusan tiket PP pesawat Surabaya-Batam, hotel buat nginep pas di Singapura, sampai tiket masuk ke Gardens by the Bay. 

Enaknya zaman sekarang kan gitu itu ya. Mau rekreasi aja, kita bisa hunting tiket masuknya secara online.

Setelah pilah-pilih, banding sana-sini, saya pun menemukan tiket yang paling murah di Traveloka. Udah harganya paling murah, pilihan tiketnya paling lengkap lagi. 


Nih, lihat hasil buruan saya pada tanggal 24 Oktober 2018 buat dapatin tiket Gardens by the Bay lewat Traveloka. Kalau buat yang dewasa, harganya Rp245.374. Sedangkan buat anakku yang umurnya sudah mau empat tahun, bisa kena Rp157.079. 

Dengan catatan, tiketnya ini hanya berlaku untuk Cloud Forest dan Flower Dome. Iya sih, nggak termasuk OCBC Skyway. Karena kalau pas cuaca buruk, kita memang nggak bisa ke area ini. Jadi bener, kan mending beli tiketnya pas di sana aja sambil lihat sikon.

Buat urusan perjalanan apapun, saya sendiri tipenya suka well preprared kalau mau ke mana-mana. Dan Traveloka ini sangat membantu banget buat orang seperti saya. Plus, bikin liburan kita jadi lebih tenang kan nantinya. 

Dan enaknya kalau pakai Traveloka itu pembayarannya nggak pakai ribet, gampang bin mudah, bisa cepat, terus pilihan hotelnya lengkap mulai dari seluruh Indonesia sampai dunia.

Eh jadi gimana, mau ikutan nyoba juga nggak jalan-jalan ke Gardens by the Bay Singapura dengan pesan tiket dulu lewat Traveloka? Enak lho, kita bisa dapat berbagai kemudahan seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

Apalagi kalau jalan-jalan ngajak anak kecil. Mending dipersiapkan dari jauh hari deh segala urusan transportasi, akomodasi, dan tiket jalan-jalannya. Dengan Traveloka, semua urusan jalan-jalan jadi lebih gampang deh! 

33 Comments

  1. Suka dengan cloud forest 😍 kalau ke curug kakiku pegal soalnya /alasanaja-padahal emang ga kuat nanjak wkwk/

    ReplyDelete
  2. Wah, seru banget pastinya bisa main di sana. Lengkap dengan pasangan dan anak. Lalu jalan-jalan ke sana ke mari. Juga belanja. Hehehe... asyik pisan. :D

    ReplyDelete
  3. Belum beruntung waktu ke singapore belum sempat kesana karena gak kuat panasnya Dan waktunya juga mepet

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Singapura, berasa ngayal bava postingan ini. Jadi pengen juga .tapi sebenarnya mahal di ongkos deh

    ReplyDelete
  5. Nabung, nabung biar bisa pergi ke Singapura heheheh
    Semuanya tempat yang dikunjungi menyenangkan ya mba. Apalagi buat belanja uwuww surga banget buat kita ini. Paling pengen pergi ke sini OCBC Skyway dan Supertree Grove.

    ReplyDelete
  6. Oalah Garden Bay ternyata luas juga ya. Aku baru tahu kalau seluas itu dan berbayar. Kukira gratis euy,hehe

    ReplyDelete
  7. Waaaah...mupeng nih.. kapan ya aku bisa lihat langsung.. Semoga deh..

    ReplyDelete

  8. Kalau ke S'pore masih dlm angan tp tl ke Taman Bunga Nusantara di Puncak baru satu x tp gak puas. Harus diulang ke Puncak lagi, hehe...

    ReplyDelete
  9. wah seru banget aku belum pernah ke Spore euy mba :) jadi pengen cus cari2 di traveloka

    ReplyDelete
  10. Asik banget kayanya nih Garden By The Bay. Pengen juga bisa sampe Singapura dan ikutan playdate disana mba heheheh

    ReplyDelete
  11. OMG sudah pernah ke sana, tapi tidak ada satupun tempat diatas yang pernah saya datengin.. Sekali aja emang gak cukup keknya..

    ReplyDelete
  12. Kalau Flower Dome kayaknya setiap bulan ada temanya. Waktu saya ke sana lagi tema sakura. Lumayan deh bisa lihat seperti apa beraneka ragam bunga sakura meskipun belum pernah ke Jepang.

    Paling suka ke Cloud Forest. Udah berasa main ke air terjun dan mendaki gunung, tapi gak pakai capek hehehe. Kalau OCBC dan Children's Garden itu gak sempat arena udah harus balik ke hotel buat check out. Lagipula saat itu tengah hari. Lumayan bikin pusing kepala kayaknya kalau ke OCBC siang hari begitu

    ReplyDelete
  13. Baca judul by the bay aku kira di Kendal Jawa Tengah, hahaha.ternyata di luat

    ReplyDelete
  14. Lebih enak di malam hari ya ke Garden By The Bay, makanya waktu aku ke sana pilih sore biar dapet terang dan gelapnya :)

    ReplyDelete
  15. Wouw,, baru tau saya ada tempat seperti ini di Singapura, pengen banget kunjungi the Done Flowernya, itu bunga asli kan mba?

    ReplyDelete
  16. Singapur ini walopun kecil tapi semua sudutnya keren2 yaa.. apalagi garden by the bay sekarang jadi super cantik, betah banget di situ

    ReplyDelete
  17. Spot yg ingin dikunjunginya sesuai banget mba dengan selera aku. Nyediain waktu dulu nih terus cek2 Traveloka deh.

    ReplyDelete
  18. Singapura selalu memajukan infrastrukturnya terus lagi dan lagi yaaa, aku belum pernah ke singapore, semoga kelak bisa kesana dan ngunjungin semua tempat rekomendasi mbak susanti hehhe :)

    ReplyDelete
  19. 2019 rencana mo ke sini
    Ini ramah anak bgt y mb kayakny
    Btw ankku blom genap 2 th kykny bs lebih murah y wkk
    Tengss infony mba

    ReplyDelete
  20. Aih, aku jg masih mimpi nih ke singapura

    ReplyDelete
  21. Ohh...indah-indah banget tempat wisata di Singapore...
    Pas kemarin suami dinas, aku gak bisa ikut...
    Jadi pingin ngajuin proposal liburan.
    HIhii~

    ReplyDelete
  22. Duh aku belum pernah ke Singapura, tapi aku lihat perbatasannya dari Batam. Hotel aku nginap sewaktu di Batam view nya arah Singapura, dari jauh aja cakep ..

    ReplyDelete
  23. Anak2ku udah beli tiket ke SG untuk April tahun depan. Pengen moto2 Garden By The Bay soalnya tahun lalu kesorean jadinya terburu2 moto2nya belum puas

    ReplyDelete
  24. Tempat impianku banget nih ke Garden by the bay ini tempatnya apikk cocok buat foto-foto buat instagram.

    ReplyDelete
  25. Aku ke Singapore tapi ga sempat masuk ke Cloud Forest sama Flower Domenya karena udah kecapean. Next time, harus ke sana nih. Pakai traveloka lebih murah ya mba.

    ReplyDelete
  26. Saya pun mau ke Singapura tapi belum kesampaian haha
    Jadinya saya koleksi magnet kulkas dan postcard nya saja

    ReplyDelete
  27. Iya ya, anak kinestetik memang paling cocok diajakin kegiatan luar ruangan. Agar bisa eksplor lingkungan sekitarnya ya. Aku pun mupeeeng ke Flower Dome

    ReplyDelete
  28. Gardens by the bay memang juaraa mba...semoga Indonesia juga bias punya tempat cantik seperti ini, atau bahkan lebih cantik lagi yaaa.

    ReplyDelete
  29. eh kok jadi ikutan pengen ke sana juga ya mbak, edukatif banget sepertinya buat anak-anak.....

    ReplyDelete
  30. Aku suka garden of the bay..waktu ITU aku Dari siang sample malam list lampu lampu disana

    ReplyDelete
  31. Ada mobilnya juga disini gratis biar ga lelah

    ReplyDelete
  32. Cantiknya Garden Bay. Ini kira-kira bisa ada di Indonesia juga gak yaa??

    ReplyDelete
  33. keren bgt tamannya. tumbuhannya hijau banget. bikin mata adem melihatnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...