Ikan Marlin Masak Kuah Santan Ketupat Kalimantan

14 comments


Waktu beberapa tahun lalu tinggal di Kalimantan, saya dan Luluk, teman serumah, senang sekali makan di sebuah warung yang menjual Ketupat Kalimantan. Konon katanya sih, masakan ini khas banget dari daerah Kandangan yang ada di Kalimantan Selatan.

Ketupat Kalimantan ini adalah masakan dengan santan yang cukup kental. Seperti namanya, tentunya kita akan disajikan sepiring Ketupat Kalimantan dengan ketupat. Uniknya, di Kalsel itu memang yang namanya ketupat nggak hanya ada saat lebaran. Mau tiap hari sepertinya ketemu ketupat itu hal yang biasa.

Yang jadi ciri khas dari Ketupat Kalimantan ini kalau menurut saya adalah ikan haruan bakar yang menjadi lauknya. Ikan yang satu ini termasuk ikan sungai. Teksturnya dagingnya kalau menurut saya mirip ikan kerapu. Dagingnya tidak lembut. Ikan haruan yang dibakar inilah yang makin bikin sedap kuah Ketupat Kalimantan.

Lama meninggalkan Kalimantan, saya pun jadi kangen dengan masakan Ketupat Kalimantan. Pernah googling di internet dan menjumpai resepnya. Saat dimasak dengan ikan apapun, rasanya tetap jauh dari Ketupat Kalimantan yang pernah lidah saya kenal.

Hingga suatu ketika, bulek saya berjualan fillet ikan marlin yang dipasok dari Paciran, Lamongan. Saat saya masak dengan resep Ketupat Kalimantan, MasyaAllah… akhirnya rasa kangen lidah saya agak lumayan terpenuhi. Saya bilang ‘agak’, karena tentunya masakan acil (sebutan bibi bagi orang Banjar) yang di Kalsel tentu lebih juara dari masakan buatan saya.

Ikan marlin sebetulnya ikan yang hidup di perairan dalam. Buat yang penasaran sama bentuknya, ikan marlin ini kadang disebut ikan terbang, seperti logo salah satu stasiun tv itu lho!

Kandungan gizinya banyak, di antaranya omega 3, kalsium, protein, fosfor, zat besi, asam amino, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, dan vitamin K. Kandungan gizi yang kaya membuat ikan marlin banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Tekstur daging Ikan Marlin yang padat dan tidak mudah hancur inilah yang mengingatkan saya dengan ikan haruan. Mirip juga dengan tekstur ikan tongkol, ikan tuna, atau ikan kerapu.

Hidangan Ikan Marlin Kuah Santan ini juga jadi kesukaan Kayyisah anak saya. Enaknya, masakan ini tidak menggunakan minyak yang sering membuat anak saya terganggu di tenggorokannya.

Berikut bahan-bahan yang digunakan serta cara memasaknya.

Bahan untuk memanggang ikan:
- Fillet Ikan Marlin yang dipotong kecil-kecil

- 2 cm kunyit
- 1 cm kencur
- 1 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- garam secukupnya
- mentega secukupnya untuk memanggang ikan

Bahan untuk kuah:
- 125 ml susu cair putih. Saya pakai susu kemasan kecil untuk anak-anak. Kalau bisa yang rasa plain ya.
- 500 ml santan
- 1 cm laos dimemarkan
- 1 batang serai dimemarkan
- 2 lembar daun jeruk purut
- 3 buah daun bawang, diiris tipis untuk taburan terakhir

Bahan untuk kuah yang dihaluskan:
- 3 siung bawang putih
- 5 buah kemiri sangrai
- 2 cm kunyit
- 1 cm kencur
- 1 cm jahe
- garam secukupnya

Cara membuatnya:
- Haluskan bahan-bahan yang digunakan membakar ikan: kunyit, kencur, jahe, bawang putih, dan kemiri.
- Balurkan bumbu tadi dengan potongan Ikan Marlin. Panggang hingga ikan mengering, tidak menggumpal antarpotongan ikan.

- Haluskan bumbu untuk kuah.
- Campur semua bahan untuk kuah di dalam panci lalu masak. Sesekali aduk-aduk kuah.
- Jika kelihatan akan mendidih, masukkan panggangan potongan ikan dan potongan daun bawang.
- Tunggu sampai mendidih, tes rasa, tambahkan garam dan gula secukupnya sebagai penyedap.

- Angkat dan sajikan.

Related Posts

14 comments

  1. Kebayang rasanya hahaha. Kangen itu berat ya kayak kata Dilan. Jadi urusan kangen masakan juga harus dituntaskan. hahaha

    ReplyDelete
  2. Baca postingan ini mau jam 9 malam.. Mendadak lapar hiks.. Makasih resepnya mba, mau coba juga ah!

    ReplyDelete
  3. Ikan Marlinnya menggugah selera ini, terlebih lagi dicampur sama ketupat tambah dambel, plus kerupuk, disantap saat hangat.. Nikmatnya jadi ngebayangin 😁

    ReplyDelete
  4. Wuih ikan marlin, aku belom pernah makan. Enak kayaknya. Btw, lihat masakan ikan berkuah gini inget alm. nenek. Beliau sering masak sop ikan kayak gini. Soalnya tinggalnya memang di pantura. Deket dengan pantai. Ikan murah dan banyak. :)

    ReplyDelete
  5. Hemmmm..enyak. ikan marlin belum pernah nyoba diolah seperti ini... ntar saya coba juga resepnya...

    ReplyDelete
  6. Duhhh kapan kapan kalau ada kesempatan ke Kalimantan, saya cari deh Ketupat Kalimantan ini. Pengen tau rasa aslinya seperti apa.

    ReplyDelete
  7. Makan ikan itu sehat dan banyak vitaminnya, sayangnya di daerah saya nggak ada ikan marlin, paling banter bikin sop gurame, padahal pengencoba juga ketupat kalimantan

    ReplyDelete
  8. Waaah enak nih kayanya! Aku belum pernah ke Kalimantan. Nanti semoga ada kesempatan nyobain makan ini disana. Kalau masak sendiri enggg belom bisa kayanya haha

    ReplyDelete
  9. belum pernah makan ikan marlin by the way..haha..jadi pengen tahu deh bedanya ketika dirasakan dilidah dengan ikan-ikan laut lainnya

    ReplyDelete
  10. Ikan marlin ini emang enak banget. dagingnya kenyal dan gurih hehehehe plus mahal. dulu temenku ada yang buat abon. Rasanya pun enak. aku jadi nagih hahaha

    ReplyDelete
  11. Enak kyknya, tapi blm pernah mencicipi ini. Moga ada kesempatan juga mencicipi ikan marlin kalau mudik ke rumah mertua aamiin :D

    ReplyDelete
  12. Aku bacanya sambil nahan perut yang keroncongan. Beneran enak banget ngelihatnya. Memang ya kalau udah suka sama satu makanan kita bakalan kangen makanan itu sampai akhirnya nyari cara supaya bisa buat. Aku juga gitu mba hehe

    ReplyDelete
  13. Wah mau dong...eh mau ke Kalimantan jg saia..blm oernah soalnya hehe..

    ReplyDelete
  14. waahh ikan marlin.. menggoda nih buat dicobain.. apalagi dengan bumbu masak kuah santan ala Kalimantan.. kebayang sedepnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular