Shutterstock, Solusi untuk Penulis yang tidak Bisa Membuat llustrasi Buku


Sebelumnya, saya sendiri kurang begitu mengerti tentang pentingnya Shutterstock sebagai solusi untuk penulis seperti saya yang tidak bisa membuat ilustrasi buku.

Kalau saja saya tahu sejak dulu, tentunya beberapa kejadian seperti yang akan saya ceritakan berikut ini tidak perlu terjadi.

Jadi beberapa tahun lalu, ada sebuah penerbit online yang memberikan tawaran bagi para penulis untuk menerbitkan naskah bukunya secara online. Tak hanya naskah, penulis pun diminta untuk membuat ilustrasi sendiri termasuk urusan cover buku.

Kesempatan itu lalu tak saya sia-siakan. Saya pun kemudian memposting naskah saya tentang kumpulan cerita sewaktu menjadi reporter ke penerbit online tersebut. 

Sayang, buat saya yang tidak bisa membuat ilustrasi, bisa ditebak, hasilnya sungguh tidak memuaskan.

Vektor yang saya dapatkan di Shutterstock, yang andai dulu saya ketahui hingga bisa saya jadikan sampul buku.

Dan kejadian tuntutan penulis yang perlu membuat ilustrasi bukunya sendiri atau paling tidak bekerja sama dengan pihak ilustrator juga kerap saya temukan infonya.

Seperti beberapa waktu yang lalu, ada peluang terbuka bagi para penulis untuk menunjukkan karyanya yang pernah terbit untuk dibeli lisensinya oleh pemerintah.

Tentu saja, saya langsung girang mengetahui kabar tersebut. Saya sendiri punya satu naskah cerita anak yang pernah terbit di sebuah penerbit mayor dalam bentuk ebook.

Namun sayangnya buku tersebut tidak ada ilustrasinya. Seluruh naskah hanya berisi teks. Sedangkan di persyaratan, untuk buku anak harus ada ilustrasinya.

Beberapa pengalaman itu kerap membuat saya menyesal. Kenapa saya sebagai penulis hanya bisa menulis dan tidak bisa membuat ilustrasi, baik itu dalam bentuk manual menggambar sendiri atau dengan menggunakan media komputer.

Ilustrasi Shutterstock Membantu Para Penulis dalam Menggarap Naskah Buku


Nama Shutterstock sebetulnya sudah cukup lama saya dengar. Yang saya ketahui, Shutterstock menyediakan gambar dan atau foto yang dibuat dan dijual para desainer atau fotografer.

Keberadaan Shutterstock ini menjadi penghubung antara mereka yang bergerak di bidang kreatif dengan para kontributor dari berbagai belahan dunia.

Ternyata selain itu, siapapun terutama para penulis bisa mendapatkan ilustrasi Shutterstock yang bisa digunakan untuk melengkapi bagian naskah bukunya.

Kelebihan dari Shutterstock adalah kita bisa mendapatkan gambar, foto, atau ilustrasi lain yang sifatnya unik, tidak mirip dengan milik orang lain yang bisa membuat kita terjebak dalam pelanggaran hak cipta.

Vektor yang saya dapatkan di Shutterstock.

Karena sifatnya unik, tentunya kita mesti membeli dulu untuk bisa download gambar Shutterstock. Dengan cara ini dijamin, apa yang kita dapatkan dari Shutterstock tidak akan sama atau menyerupai karya orang lain.

Membeli Ilustrasi Shutterstock di AnekaPics.com


Untuk bisa download gambar Shutterstock, ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan membelinya di AnekaPics.com.


Di sana,  kita bisa memenuhi kebutuhan berbagai ilustrasi mulai dari stock foto, vektor, hingga video.

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan saat membeli berbagai stock photo di AnekaPics.com.

- Kita bisa mendapatkan harga yang terbaik untuk berbagai kebutuhan digital kreatif yang kita perlukan.

- Pesanan yang kita lakukan diproses dengan cara cepat, dengan estimasi selesai antara lima menit hingga satu jam.

- AnekaPics.com bisa membantu kita mendownload footage atau video dengan kualitas HD atau 4K.

- Untuk pembayarannya bisa dilakukan tanpa kartu kredit, lho. Kita bisa melakukan pembayaran dengan melalui transfer bank, bahkan transfer pulsa.

- File yang kita dapatkan adalah asli dengan ukuran maksimal yang disediakan oleh stock photo.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan ini tentunya para penulis seperti saya cukup terbantu untuk membuat ilustrasi cover buku.

Tak hanya itu, berbagai ilustrasi pelengkap yang kita butuhkan untuk membuat sebuah naskah buku bisa kita dapatkan di Shutterstock dengan cara mudah melalui AnekaPics.com.

Comments

  1. Ini gratis permanent atau mesti bayar lagi nantinya mbak?

    ReplyDelete
  2. Aaahh aku sukaaa gambar-gambar di shutterstock. Kadang buat blog aja aku nyari dari sana, tapi sayang watermarknya segede gaban. Tapi skrg ada solusinya pake Anekapics.com aja ya

    ReplyDelete
  3. Waahh baru tau saya mbak, ternyata kudu beli yam
    tapi bagus juga sih buat sampul buku misalnya, biar ga sama dengan yang lain.

    saya juga ga pinter gambar.
    sungguh ga ada bakat nyeni huhuhu

    ReplyDelete
  4. Saya sering banget tergoda lihat gambar shutterstock tp selli ada watermarknya, ternyata ada cara nih bisa download dg kualitas premium, pingin banget deh nanti coba praktek. Makasih infonya mba😍

    ReplyDelete
  5. Aku suka juga loh shutterstock tapi suka gak bisa dapetin gambarnya tampa watermark. Baru tau bisa di anekapics ya kak

    ReplyDelete
  6. Gambar di shutterstock memang bagus-bagus yaa. Kadang suka sebel pas nemu gambar bagus eh pas didonlot ada watermark shutterstocknya. Hihi

    ReplyDelete
  7. Aku udah nyoba bikin akun premium ini. Dan beneran gratis. Dapet bonus pula. Jadi punya gambar2 dan foto2 keren deh 😍

    ReplyDelete
  8. aku kadang ngincer gambarnya shutterstock cuman ga sukanya kalau udah donlod ada watermark segeda gaban hahaha makanya mau coba di anekapics ini baru tahu aku mba

    ReplyDelete
  9. Aku suka deh gambar gambar dari ilustrasi shutterstock ini bagus bagus deh gambarnya juga unik unik,bisa bikin tampilan blog juga nih mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca.

Postingan Populer

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya

Menambah Wawasan Parenting dari Buku Dilan

Review Jujur Setelah Pakai Rangkaian Scarlett Whitening, Hasilnya Ternyata…

Bikin Asyik Liburan Sambil Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti