membuat-tahu-bumbu-resep-buka-puasa-skippy-yang-cepat-saji


Sejak kecil, saya suka sekali makan tahu bumbu. Dan ternyata setelah kenal SKIPPY, saya baru tahu, kalau membuat tahu bumbu adalah resep buka puasa SKIPPY yang cepat saji dan bisa saya lakukan dengan mudah. Hanya butuh waktu beberapa menit saja sebelum waktu berbuka.

Makanan tahu bumbu sendiri baru saya kenal saat saya pindah tinggal di Lamongan. Rasanya sekilas mengingatkan dan mengobati rasa kangen lidah saya pada ketoprak yang biasa saya makan saat tinggal di Bekasi. Mungkin, karena sama-sama menggunakan bahan kacang.

Konon katanya sih, tahu bumbu ini adalah makanan khas Blitar. Cuma kalau di daerah saya, asal makanan tahu bumbu ini bisa macam-macam. Ada yang bilang dari Tuban. Malah di daerah Modo yang ada di Lamongan dan letaknya berbatasan dekat dengan Bojonegoro, makanan tahu bumbu ini begitu familiar dan hampir selalu ada di warung-warung kecil di pedesaan.

Dan memang, untuk urusan makanan, saya itu paling doyan segala makanan yang mengandung unsur kacang dan petis atau bisa juga terasi. Tak heran ketika kenal tahu bumbu, saya langsung ketagihan.

Makin ketagihan lagi saat kenal SKIPPY Peanut Butter. Awalnya saya kira SKIPPY ini hanyalah satu varian selai kacang saja. Peruntukannya ya pikir saya hanya untuk olesan saat makan roti. Tapi rupanya banyak juga macamnya Selai SKIPPY.

Ada SKIPPY peanut butter creamy, SKIPPY peanut butter chunky, SKIPPY chocolate peanut butter, SKIPPY grape peanut butter, dan SKIPPY strawberry peanut butter.

Nah, dari hasil baca sana-sini, rupanya SKIPPY ini bisa jadi olahan masakan atau makanan yang nggak melulu berteman sama roti. Salah satunya ya tahu bumbu ini.

Jadilah suatu saat saya eksperimen membuat tahu bumbu dengan untuk buka puasa dengan menggunakan SKIPPY. Bikinnya gampang banget dan cuma butuh waktu beberapa menit saja lho! Nih ya caranya…

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

- Tahu yang dipotong kecil-kecil dan digoreng.

tahu-yang-dibutuhkan-untuk-membuat-tahu-bumbu

- Cabai kecil sesuai selera. Kalau mau makin pedas ya tambahkan lebih banyak lagi ya.

- Bawang putih secukupnya. Kalau untuk satu porsi, saya pakai kira-kira satu siung bawang putih kecil.

- Petis satu sendok makan untuk satu porsi. Kebetulan di rumah adanya petis Madura yang nggak seberapa asin atau gurih, jadinya saya pakai takaran satu sendok makan. Kalau petis yang biasanya, bisa dikurangi sedikit ya.

- Kecap manis secukupnya.

- SKIPPY Peanut Butter Chunky sebanyak satu sendok makan penuh. Saya pilih yang varian ini karena tekstur selainya terdapat pecahan kasar kacang cincang. Ini pas banget untuk dibuat masakan kalau buat saya. Soalnya tekstur kacangnya masih ada, nggak halus banget sampai ngeblend di bumbu lainnya.

- Timun secukupnya. Bisa juga ditambahkan kecambah kecil yang biasa dipakai di masakan rawon.

- Satu batang dan bawang, ambil daun hijaunya saja.

bahan-yang-dibutuhkan-untuk-membuat-tahu-bumbu

Cara membuatnya seperti ini: Uleg halus cabai dan bawang putih. Tambahkan satu sendok makan petis dan satu sendok makan penuh SKIPPY Peanut Butter Chunky. Aduk rata.

Iris cacah timun dan lalu aduk. Kalau teksturnya masih terlalu menggumpal, bisa ditambahkan sedikit air. Setelah itu, lalu masukkan potongan tahu goreng.

Terakhir, iris daun bawang di atasnya untuk penyedap. Kalau buat saya sih, kunci sedapnya tahu bumbu dan menjadi pembeda dengan masakan tahu tek itu ya di daun bawang ini.

Nah, untuk resep ini, saya sengaja tidak menambahkan gula dan garam. Karena kedua rasa itu sudah terasa di SKIPPY Peanut Butter sendiri yang rasanya sudah cukup gurih. Jadi untuk penyedap rasa manis dan asinnya sudah cukup berasal dari SKIPPY, petis, dan kecap manis.

Makan tahu bumbu ini sendiri lebih enak lagi kalau ada taburan bawang goreng dan kerupuk. Juga kecambah kecil. Sayang ketiga bahan ini pas nggak ada di rumah dan tidak sempat saya siapkan.

Bikin tahu bumbu dengan resep buka puasa SKIPPY yang cepat saji ini memang cepat banget lho membuatnya. Mungkin hanya butuh waktu tidak sampai 15 menit. Nah, mau mencobanya?


1 Comments

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...