Asyiknya Cara Membuat Bunga Kertas Tulip dengan Anak


Suka bingung nggak kalau ditanya cara membuat bunga kertas? Yah, sama dong. Jangankan bunga kertas. Bentuk origami apapun buat saya rasanya tetap bukan hal yang mudah.

Hingga suatu ketika, saya dan Kayyisah sedang asyik melihat-lihat kreasi origami bentuk bunga. Ih, kok bagus ya. Jadi kepengen nyoba deh.

Kebetulan sejak pandemi, saya sempat membelikan kertas lipat warna-warni untuk Kayyisah. Sampai dua versi lagi! Yang satu ada warnanya bolak-balik dengan ukuran agak besar dari ukuran kebanyakan. Sedang yang satunya lagi ukurannya lebih kecil dan hanya ada warna di satu sisinya.

Dari sekian bentuk origami, pilihan saya jatuh pada cara membuat bunga kertas. Bunga kertasnya ini dibuat dengan cara origami. Sedangkan jenis bunganya adalah bunga tulip.

Nah, kenapa origami ini saya pilih? Karena bentuk bunganya itu 4 dimensi. Nggak yang bentuk pipih lalu bisa ditempel.

Sedangkan kertas origami yang saya pakai adalah yang memiliki warna di ke dua sisinya. Karena bentuk origaminya empat dimensi. Jadi tidak akan ada sisi putih yang lalu terlihat saat dilipat.

Saya sengaja memilih warna pink atau merah muda biar tampilannya cantik. Mirip seperti bunga tulip warna merah muda sungguhan. 

Oke, ini dia cara membuatnya ya...

Pertama-tama, lipat kertas origami menjadi dua. Buka kertas, lalu lipat lagi kertas menjadi dua di sisi yang lainnya.

Setelah itu, buka lipatan kertas. Kali ini lipat lagi kertas menjadi dua dengan bentuk segitiga. Buka lagi, lalu lipat kembali menjadi dua dengan bentuk segitiga untuk sisi yang belum dilipat.

Selanjutnya, nah... ini dia yang menurut saya agak sulit. Buka kertas origami. Lalu, kita harus melipat ke dalam kedua sisi sehingga bentuk kertas menjadi segitiga. Kertas kita pun jadi berubah menjadi dua segitiga yang menjadi satu.

Lipat kedua ujung segitiga ke arah atas. Lakukan juga hal yang sama untuk dua ujung segitiga yang satunya. Bentuk kertas kita kini menjadi bentuk belah ketupat.

Yang perlu diperhatikan, saat melipat ke atas, buatlah salah satu yang ditekuk itu lebih miring ke bagian yang lain, dan masukkan bagian yang lain ke dalamnya. Nantinya ini akan berguna untuk membentuk bunga jadi menggembung.

Tiup salah satu ujung yang terlihat berlubang kecil. Jika sebelumnya lipatan kita benar, ada bagian yang masuk ke lipatan yang lain, maka saat kertas ditiup, kertas origami kita akan rapi menggembung. 

Buka empat lipatan kertas ke arah bawah seperti kalau kita mengupas pisang. Dan, tarra... jadilah kuntum tulip kita!

Sekarang ganti giliran membuat tangkai tulipnya ya. Saya memilih kertas origami warna hijau muda.

Caranya, lipat kertas menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga. Buka lipatan, lalu ambil satu ujung dan lipat ke dalam sampai ke batas bekas garis lipatan segitiga yang tadi.


Lipat juga dua bagian yang atas ke dalam. Setelah itu masih di bagian yang sama, lipat lagi kedua bagian mengarah dalam.


Tarik bagian atas  dan tekuk keluar. Kemudian, tekuk kertas menjadi dua bagian.

Setelah itu, tarik ke bawah salah satu bagian untuk membentuk menjadi daun. Sementara bagian yang lincip kita tancapkan ke kuntum tulip yang berlubang tempat kita sebelumnya meniup kertas.


Oke, sekarang origami bentuk tulip 4 dimensi pun akhirnya jadi. Gimana, gampang-gampang susah atau susah-susah gampang?

Yang jelas, origami ini masih belum bisa jika dilakukan oleh anak seusia Kayyisah yang masih berusia hampir enam tahun. Jadi lah selama proses membuat bunga ini, Kayyisah dapat bagian melipat yang mudah-mudah saja. 

Dan, bagian meniup. Ini bagian proses yang paling dia suka.  

Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit, Ini Dia Cara Memulihkannya