Tips Agar Transaksi Keuangan Sebuah Usaha Lebih Baik dan Aman

23 comments

Midtrans solusi Agar Transaksi Keuangan Usaha Lebih Baik dan Aman


Makin hari, makin banyak orang yang sadar kalau sekarang ini begitu banyak transaksi keuangan yang bisa dilakukan secara online. Istilah lainnya, pembayaran secara digital. 

Apalagi sejak pandemi di tahun 2020, saat banyak aktivitas fisik begitu dibatasi. Layanan payment gateway dengan sistem pembayaran digital pun jadi sebuah kebutuhan.

Jika dulu orang mungkin hanya tahu transfer antarbank, pembayaran lewat ATM, kini semuanya sudah jauh berubah. Urusan transaksi keuangan bisa dilakukan lewat aplikasi HP. Ada juga dompet digital yang memudahkan transaksi keuangan.

Tentunya ini berimbas juga pada bidang usaha. Buat kita yang punya usaha di sektor ekonomi, pastinya merasa betul tuntutan digitalisasi pembayaran ini jadi bagian dari kunci kesuksesan bisnis yang kita jalankan.


Transaksi Online sebagai Solusi Kebutuhan Usaha

Ceritanya kita mau beli es kopi kekinian, nih. Lalu pas pesan, kita lihat tulisan kalau ternyata kita bisa bayar pakai dompet digital. Ada scan barcode juga yang disediakan sama penjualnya.

Seperti sudah terbiasa nggak sih dengan yang kayak begini ini terutama akhir-akhir ini? Apalagi sejak pandemi, transaksi online makin menjadi. Makin hari makin banyak kegiatan jual beli dengan online payment. Cukup di rumah saja, beli barang, bayar lewat online, lalu tinggal tunggu barangnya datang.

Atau, saat kita beli kopi seperti di cerita tadi, nggak usah tuh keluar uang tunai. Tinggal bayar pakai kode transaksi atau scan barcode, kita sudah bisa bertransaksi.

Itu dari segi konsumen. Bagaimana kalau kitanya yang jadi pengusaha? Ternyata memang ada keuntungannya kalau kita punya usaha, lalu punya payment gateway agar siapapun bisa transaksi online dengan kita.

Ini dia beberapa kelebihan dan keuntungan kita sebagai pemilik usaha jika menggunakan online payment.

1. Terhindar dari uang palsu

Sadar nggak kalau akhir-akhir ini berita transaksi dengan uang palsu makin nggak terdengar kabarnya? Ya, karena sekarang banyak transaksi online yang dipakai sebagai sistem pembayaran.

2. Efektif dan efisien

Online payment memang membuat kita jadi lebih efektif dan efisien dalam melakukan transaksi. Nggak perlu ketemu langsung untuk transaksi jual beli. Nggak perlu ke bank untuk transfer pembayaran. Atau, kita juga nggak perlu harus sedia uang banyak di dompet untuk belanja.

Midtrans bisa sebagai solusi kebutuhan usaha dengan transaksi online

3. Alternatif pembayaran

Saat kita sebagai pemilik usaha bisa menawarkan transaksi online selain lewat cara tunai, kita jadi bisa memudahkan urusan dengan rekan bisnis atau konsumen. Istilahnya, silakan bayar pakai cara apa saja, dan kita tetap bisa bertransaksi.

Tentunya, hal tersebut bisa membuka peluang bisnis sehingga usaha kita jadi makin berkembang.

4. Mudah cek transaksi

Selain alasan nomor 1, urusan keamanan lainnya adalah mudahnya kita dalam mengecek histori transaksi. Kita bisa melihat apakah memang ada transaksi baik itu yang hubungannya antara kita sebagai pemilik usaha dengan konsumen.

Selain itu kita sebagai pemilik usaha juga bisa memantau arus keuangan perbankan usaha kita. Apabila urusan keuangan di-handle oleh orang lain, kita bisa memantaunya lewat histori transaksi.

5. Memudahkan laporan keuangan

Karena sistem pembayaran online otomatis akan memunculkan setiap transaksi yang terjadi, kita sebagai pemilik usaha juga jadi mudah memantau laporan keuangan usaha kita. 

Jadi bisa dibilang sistem pembayaran online sebagai payment gateway bukan hanya bagian dari gaya hidup digital lho, ya. Akan tetapi transaksi online juga jadi kebutuhan bagi setiap pemilik usaha agar bisnisnya bisa terus berkembang. 


Perlunya Payment Link pada Sistem Pembayaran Usaha

Akhir-akhir ini makin banyak orang yang berjualan online lewat media sosial. Dan tentunya kebanyakan dari mereka adalah para pengusaha yang mengandalkan chat via WhatsApp sebagai alat komunikasi.

Sementara itu untuk urusan pembayaran, biasanya kesepakatannya adalah lewat transfer rekening bank untuk yang tidak menggunakan jalur COD.

Masalahnya, cara transfer lewat rekening bank ini kerap menjadi celah bagi para pembeli yang ingin menipu. Misalnya dengan mengirim bukti transfer yang sudah diedit lewat chat. 

Midtrans sebagai Payment Link untuk sistem Pembayaran Usaha

Karena itu untuk pembayaran online, ada alternatif cara yang bisa kita pakai yaitu dengan menggunakan payment link atau link yang memudahkan untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

Dengan payment link ini, kita tidak perlu membuat website atau aplikasi. Cukup dengan tautan sederhana yang bisa dibagikan melalui chat dan saat pembeli klik tautan tadi, akan diarahkan dengan halaman pembayaran, memilih metode pembayaran yang tersedia, dan menyelesaikan pembayaran.

Pembeli dan penjual nantinya akan sama-sama mendapatkan pemberitahuan saat pembayaran berhasil. 

Usai transaksi, pembeli tidak perlu lagi mengirim bukti pembayaran ke penjual. Penjual pun tidak perlu repot mengecek rekening banknya untuk memastikan apakah pembeli memang benar-benar sudah mengirimkan uang pembayaran. 

Payment link ini juga bisa dibagi lewat media sosial atau layanan aplikasi pemesanan. Daripada COD atau pembayaran cash, kita bisa meminta atau membagi payment link secara online untuk kemudahan transaksi online.


Waspadai Keamanan Sistem Pembayaran Online

Pernah suatu ketika saya membaca sebuah berita. Isinya, tentang data pribadi. Jadi ternyata jika kita belanja lewat marketplace, data kita bisa ada di tangan empat pihak hanya dalam satu kali transaksi.

Empat pihak tersebut antara lain aplikasi marketplace yang kita gunakan, penjual, pengiriman, sampai dengan sistem pembayaran. Dan masing-masing pihak tersebut seharusnya menggunakan data hanya untuk kepentingan bagiannya. 

Setiap pemilik usaha dan konsumen perlu mewaspadai Keamanan Sistem Pembayaran Online yang dilakukan

Lalu mungkin banyak orang kemudian bingung, kira-kira payment gateway apa ya yang bisa digunakan. Dan tentunya, aman.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek apakah payment gateway yang akan kita tersebut aman atau tidak.

1. Kita bisa cek apakah sesuai dengan PCI DSS atau Payment Card Industry Data Security Standard sebagai persyaratan yang harus dipatuhi untuk semua bisnis yang menangani pembayaran dengan kartu kredit dan debit.

2. Apakah payment gateway tersebut terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik atau PSE di Kominfo atau tidak. 

3. Apakah ada izin, terdaftar, dan diotorisasi sebagai payment gateway oleh Bank Indonesia.

Dengan makin meningkatnya sistem pembayaran digital, otomatis kita juga harus peduli dengan keamanan data diri. Tentunya sebagai pemilik usaha, kita perlu memberikan keamanan dan kenyamanan sistem pembayaran online kepada para konsumen


Transaksi Pembayaran dengan Rekan Bisnis

Kalau dari tadi pembahasannya banyak menyebut pihak konsumen, nah sekarang ganti nih, bagaimana dengan rekan bisnis. Ini terkait dengan transaksi yang harus kita lakukan ke rekan bisnis.

Transaksi Pembayaran dengan Rekan Bisnis bisa dengan menggunakan midtrans

Saat kita mengirim dana, seperti halnya konsumen, tentunya sebagai pemilik usaha kita pun ingin melakukan transaksi pembayaran online dengan beberapa kriteria antara lain sebagai berikut.

1. Kita bisa mengirim dana secara manual atau otomatis.

2. Bisa mengirim dana ke berbagai bank dan juga e-money atau dompet digital.

3. Transaksi pembayaran secara real-time dalam hitungan detik, bisa dilakukan secara langsung tanpa penundaan.

4. Biaya transaksi transparan dan tanpa biaya tambahan.

5. Dengan satu kali konfirmasi, kita bisa langsung transfer dana ke beberapa rekan bisnis.

Nah, beberapa kebutuhan terkait payment gateway untuk transaksi online dari semua pembahasan tadi, bisa kita dapatkan lewat Midtrans, lho. Buat yang belum tahu apa itu Midtrans dan bagaimana cara kerjanya, yuk sini yuk kita kenalan …


Midtrans untuk Sistem Pembayaran Transaksi Online 

Untuk yang belum tahu, Midtrans ini adalah payment gateway yang berasal dari ekosistem pembayaran Gojek Group atau bagian dari GoTo Financial. Ia hadir sebagai pendukung pertumbuhan bisnis online yang saat ini makin berkembang di seluruh Indonesia.

Dengan Midtrans, para pebisnis terutama yang berasal dari UMKM hingga start-up sampai usaha besar, bisa mendapat solusi pembayaran yang memenuhi berbagai kebutuhan transaksi secara online

Pembayaran Transaksi Online dengan midtrans

Berbagai transaksi online yang bisa dilakukan Midtrans antara lain adalah sebagai berikut:

1. Online payment dengan 24 pilihan metode pembayaran online yang memudahkan dan dapat diintegrasikan ke website atau mobile apps.

2. Berpartner dengan solusi pembayaran lainnya untuk In-Store Payment yang dipakai sebagai cara pembayaran langsung di tempat usaha kita.

3. Mudah digunakan sebagai cara pembayaran ke banyak bank dan dompet digital dengan sistem flat price.

Beberapa kelebihan Midtrans antara lain bisa digunakan dengan cepat dan mudah serta aman. Kita bisa mengecek keberadaan Midtrans yang sudah mendapat izin dari BI, Kominfo, memiliki Standar Enkripsi Lanjutan atau AS 256, memiliki PCI DSS atau Industri Kartu Pembayaran Standar Keamanan Data, serta ISO / IEC 27001 tentang Informasi Standar Keamanan.

Salah satu keunggulan lain dari Midtrans adalah adanya pembayaran lewat cara Payment Link atau link pembayaran yang sudah dijelaskan sebelumnya. Cara ini bisa menjadi salah satu kunci sukses dari sebuah usaha yang ingin menyiasati macam transaksi online

Apa itu Payment Link? Midtrans sebagai penyedia payment gateway, bisa memungkinkan para pemilik usaha untuk membuat tautan pembayaran sendiri. Sebagai pemilik usaha, cara kerja Payment Link dengan menggunakan Midtrans adalah sebagai berikut.

1. Buka laman payment gateway Midtrans.

2. Isi detail identitas pembeli berikut jumlah pembayaran yang harus dibayar.

3. Penjual kemudian akan memberikan link khusus yang bisa dibagikan ke konsumen melalui aplikasi chat, SMS, email, atau media sosial.

Contoh midtrans sebagai payment link

4. Pembeli yang mendapatkan Payment Link bisa mengecek detail invoice, memilih metode pembayaran yang dilakukan, lalu menyelesaikan pembayaran dengan metode yang sdah dipilih. 

5. Jika pembayaran sukses, kita sebagai penjual dan pembeli akan menerima pemberitahuan bahwa transaksi telah sukses.

Ada beberapa kelebihan dari fitur Payment Link yang ditawarkan Midtrans. Keuntungan ini bisa dirasakan oleh kita sebagai pemilik usaha atau bisa juga dirasakan oleh pihak konsumen.

1. Sebagai pembeli, ia tidak perlu login dengan akun apa pun. Pembeli tinggal mengisi data dan memeriksa jumlah nominal yang harus dibayar. Setelah itu, pembayaran pun bisa dilakukan.

2. Dengan Payment Link, pembeli bisa dengan mudah menggunakan berbagai macam metode pembayaran. Mulai dari dompet digita, virtual account, ataupun pembayaran kartu. 

3. Sebagai penjual, kita bisa langsung menerima pemberitahuan lewat email apabila transaksi berhasil dilakukan oleh pembeli. 

Banyak juga ya keunggulan Midtrans. Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang Midtrans, yuk baca-baca saja di blog-nya, atau media sosialnya media sosial Midtrans (Instagram/LinkedIn/Facebook/Twitter/YouTube).

Sebagai pemilik usaha, konsumen, atau rekanan bisnis, Midtrans dapat menjadi solusi dan penunjang agar usaha kita bisa sukses. Tertarik mencobanya?


Related Posts

23 comments

  1. Nah ak setuju ni metode saat ini lebih baik pake cashless biar g terpapar uang palsu. Midtrans juga bisa dipakai UMKM biar terhindar dari penggunaan uang palsu

    ReplyDelete
  2. waktu mau bayar tagihan, aku dikasi virtual account yang ternyata mengarah ke payment gateway midtrans ini. Semakin mudah aja kalau mau belanja online sekarang yaa

    ReplyDelete
  3. saya sering transaksi pakai midtrans. Gampang dan cepet transaksinya

    ReplyDelete
  4. keamanan dalam transaski online adalah mutlak untuk bisnis online. Kudu banget dijaga karena berhubungan dengan kepercayaan pelanggan sih ya

    ReplyDelete
  5. Metode transaksi yang ada di Midtrans ini bisa menjamin keamanan bertransaksi ya. Tidak hanya pembeli, penjual juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan Midtrans.Pelaku usaha bahkan bisa mengelola keuangan bisnisnya dengan lebih apik dan aman.

    ReplyDelete
  6. Bener banget ini, transaksi online emang bisa menghindari dari uang palsu apalagi di jaman serba digital dan cashless seperti saat ini.

    ReplyDelete
  7. Cashless skrg udh jd tren pembayaran masa kini. Selain mencegah peredaran uang palsu, kita sbg pengusaha jg diuntungkan krn ngga perlu repot kembalian. Begitu juga konsumen ngga harus bawa uang tunai saat ke berbelanja.

    Midtrans ini emg cocok buat smua UMKM pebisnis online. Mau pake pembayaran apapun, bakal dilayani Midtrans. Sbg pengusaha mkn terbantu nih.

    ReplyDelete
  8. Bukan hanya uang palsu sih ya, transaksi palsu juga kadang bikin ngeriiii. Kalau pakai Midtrans kan jadi ada pengawasan ganda ya, dan semoga bikin para penjual merasa lebih aman juga.

    Aku kenal Midtrans ini dari kantorku dulu. Memang memudahkan transaksi sih dan nggak bikin penjual perlu buka banyak banyak rekening untuk pembayaran.

    ReplyDelete
  9. Dengan payment link, pembeli atau konsumen menjadi lebih dimudahkan kan. Cuma klik link lalu bayar deh. Gampang.

    ReplyDelete
  10. kalau pakai payment link begini, pembeli pastinya memiliki banyak pilihan ya, mbak dalam melakukan pembayaran. apakah mau pakai transfer bank atau dompet elektronik semua ada pilihannya

    ReplyDelete
  11. Dapat uang palsu itu nyesek banget. Saya sebagai konsumen yg mengalaminya aja berasa begitu, apalagi pedagang UMKM ya. Menggunakan payment melalui gateway midtrans salah satu keuntungannya menghindari hal tersebut, dan tanpa perlu mempunyai banyak rekening.

    ReplyDelete
  12. metode pembayaran cashless bila perlu harus bisa sampe pedesaan kyak internet dan listrik dah, biar semuanya jadi mudah dan serba cepat, serta terhindar dari peredaran uang palsu. Apalagi sistem keamaan cashless juga tepercaya

    ReplyDelete
  13. Pakai online payment, bisa dipantau transaksinya.
    Selain itu juga kalau pengen cek laporan keuangan juga tersedia lengkap ya

    ReplyDelete
  14. Aku seneng nih kalo jadi banyak pilihan metode pembayaran. Jadi enak deh belanjanya. Ga bingung mau bayar pake apa. Yang penting ada uangnya hehehe...

    ReplyDelete
  15. Mudah sekali bertransaksi pakai midtrans yaa. Sangat membantu di era modern ini

    ReplyDelete
  16. Baru dengar tentang payment gateway midtrans ini. Melihat dengan segala kemudahannya sih ini cocok banget buat para pelaku usaha ya. Apalagi ini membantu banget pastinya saat bertransaksi gak perlu repot lagi deh.

    ReplyDelete
  17. Nah ini perlu banget pelaku bisnis punya midtrans menghindari tipu tipu trfan palsu dan banyak lainnya

    ReplyDelete
  18. setuju! payment gateway tuh penting selain memudahkan pebisnis ya memberikan kemudahan juga buat konsumennya ya

    ReplyDelete
  19. Bagus nih kalo ada pihak lain yang menyediakan payment gateway gini

    ReplyDelete
  20. Zaman sekarang pembayaran semakin dimudahkan dengan payment link gateway midtrans.
    Semoga transaksi online tetap aman, terpercaya dan bisnis semakin lancar.

    ReplyDelete
  21. wah pakai midtrans makin memudahkan pembayaran dlam transaksi online ya. jadi kita bisa melacak transaksi apa aja yang udah dilakukan. dan bisa mengurangi penggunaan cash. ketika bisnis online pun jadi makin terbantu

    ReplyDelete
  22. Jadi payment gateway itu, semacam sistem yang mempermudah proses pembayaran online ya kak.

    Aman juga ternyata karena telah diawasi OJK. Apalagi sebagai bagian dari Goto Finance, pastilah si Midtrans itu terjamin kualitas dan keamanannya

    ReplyDelete
  23. kalau cashless gini juga lebih enak ya mba, langsung masuk aja ga perlu itung dan bisa langsung tercatat di sistem, plus membantu menghentikan penyebaran coronces yang ga kelar kelar ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular