Transaksi Produk dan Layanan Kesehatan dengan Aman di SehatQ

16 comments

 

keamanan transaksi produk dan layanan kesehatan di SehatQ


Ada nggak yang masih was-was kalau mau transaksi untuk produk kesehatan atau mencoba layanan kesehatan via online?


Dulu, saya sering terpikir seperti itu. Ada beberapa pertanyaan yang kadang membuat saya ragu.

  • Kalau beli obat lewat online, asli nggak ya?

  • Konsultasi ke dokter via online? Itu dokternya beneran asli?

  • Transaksi keuangan via online di situs ini, aman nggak ya? Jangan-jangan data saya nanti disalahgunakan lagi.


Nah lho, ada yang sempat terpikir seperti itu? Dan rupanya, SehatQ membaca juga kemungkinan adanya masyarakat yang berpikir demikian.


Bagi yang belum tahu benar SehatQ itu apa dan mungkin hanya pernah tahu namanya, yuk sini kenalan dulu…


Dengan tagline 'Asisten Kesehatan Anda' , SehatQ ini sejak awal hadir di bulan November 2018, membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan keluarga.


Masyarakat bisa menggunakan SehatQ sebagai langkah mulai dari mencegah dan mengobati sakit, sampai perawatan setelah sembuh.


Untuk mengakses SehatQ, kita bisa melakukannya melalui web site www.sehatq.com atau aplikasi. Dan lebih enaknya, memang jika SehatQ ini diakses lewat aplikasi Google Playstore dan App store.


Di SehatQ, kita bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Chat dokter dari rumah sakit partner

Untuk chat ini kita bisa melakukannya dengan dokter umum atau spesialis. Bahkan jika kita sedang isolasi mandiri, bisa juga melakukan video chat dengan dokter di SehatQ.

  • Beli produk kesehatan

Di bagian ini kita bisa menemukan kategori produk dan kategori layanan kesehatan. Produknya mulai dari vitamin, herbal, dan suplemen, obat, kebutuhan kesehatan untuk ibu dan bayi, alat kesehatan, makanan dan minuman suplemen, produk kesehatan gigi dan mulut, produk skin care, perawatan tubuh, kecantikan, treatment kecantikan, medical check up, produk kesehatan untuk ibu dan anak, serta produk vaksin dan imunitas.

  • Cari dokter atau fasilitas kesehatan

SehatQ juga memudahkan kita untuk menemukan dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. 

  • Update seputar kesehatan

Di SehatQ, kita juga bisa membaca berbagai artikel seputar kesehatan yang ditulis oleh para content writer yang berpengalaman di bidang kesehatan. Pas saya cek tim penulisnya, ternyata ada beberapa dokter yang menjadi tim content writer di SehatQ.


Terkait tiga keraguan tadi, yuk kita kupas satu-satu.


Apakah produknya asli?


Kalau dari hasil pengamatan saya saat mengulik aplikasi SehatQ, jawabannya sih iya. Karena di SehatQ, saya melihat mereka juga bekerja sama dengan beberapa official store. 


Tentunya jika kita membeli produk di official store, produk kesehatan yang kita beli adalah asli dari produsennya langsung.


Apakah dokternya asli?


Di SehatQ, saya lihat setiap dokternya tampil dengan data seperti lama pengalaman menjadi dokter, nomor Surat Izin Praktik atau SIP, praktik di rumah sakit mana saja, sampai alumni pendidikan dari universitas mana. 


Jadi sebelum konsultasi, saya bisa memilih dan mencari tahu dulu latar belakang dokter yang akan saya hubungi untuk konsultasi.


Apakah aman bertransaksi di SehatQ?


Ternyata, aplikasi kesehatan online itu ada sertifikasinya juga lho. Waktu saya lihat-lihat di website SehatQ, ternyata startup di bidang teknologi kesehatan ini sudah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan sejak 15 Desember 2021. 


Ini artinya dengan adanya sertifikasi tersebut, SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. 


PSEF sendiri adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian. 


Untuk dapat sertifikasi ini ada syaratnya. Antara lain, memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), akses pengawasan pemerintah, dan izin dari Kementerian Kesehatan. 


Jadi, nggak ada lagi istilah khawatir ini itu kalau pakai aplikasi kesehatan SehatQ. Misal saat kita chat dengan dokter, beli obat, kita bisa merasa aman karena SehatQ sudah memiliki sertifikasi PSEF tersebut.


Related Posts

16 comments

  1. Mbak, untuk beli obat via app SehatQ ini bisa cepet gak? Soalnya pengalaman di app yang lain, beli obat tuh ga bisa mendadak gitu, musti nunggu berjam-jam baru dateng obatnya

    ReplyDelete
  2. aplikasi yg sangat menolong dikala pandemi sehingga tidak repot kalau mau konsultasi langsung saja lewat aplikas sehatQ, gak perlu ke RS lagi klo dirasa sakitnya tidak terlalu urgent

    ReplyDelete
  3. Semakin menjamurnya aplikasi platform kesehatan, membuat warga makin mudah akses kesehatan. Pertanyaan apakah pelayanan itu efektif atau tidak? Tergantung. Jika penyakit ringan mungkin masih tertangani. Pengalaman menggunakan aplikasi platform yang kerja sama dengna rumah sakit, ternyata pendaftarannya paling belakang walaupun saya sudah mendaftar paling awal (seminggu sebelum appointment).

    ReplyDelete
  4. Yeah, semakin memudahkan ya aplikasi kesehatan sehatq, bisa beli obat secara online dan sampai di tempat.

    ReplyDelete
  5. Transaksi produk kesehatan aman, jadi acuan juga ya kalau aplikasi/website itu baik.
    Coba buka SehatQ ah

    ReplyDelete
  6. Asyiknya zaman now banyak aplikasi yang memudahkan aktivitas kehidupan di berbagai sektor ya Mba... termasuk di bidang kesehatan seperti sehatQ ini... Mantap lah...:D

    ReplyDelete
  7. Artikelnya membahas dengan bahasa yang mudah dimengerti, terlebih lagi lengkap juga bisa beli obat dan chat dengan dokter di SehatQ

    ReplyDelete
  8. SehatQ, salah satu aplikasi kesehatan yang saya gunakan juga untuk mencari informasi seputar kesehatan. Buat saya penggunaannya mudah, user navigasinya sangat membantu.

    ReplyDelete
  9. Bukan hanya bisa chat sama tenaga kesehatan di SehatQ, tapi bisa beli obat, suplemen, herbal. Aman pula. Mantap nih.

    ReplyDelete
  10. Makin aman dan nyaman belanja obat, dll buat kesehatan lewat aplikasi SehatQ. Apalagi terpercaya, dokternya ada.
    Makin mudaaah yaaa..

    ReplyDelete
  11. saya nih termasuk yang was was banget belanja obat secara online, beneran takut ini palsu atau gak. soalnya harga obat online kadang jauh lebih murah dibanding beli di apotek. untung sekarang ada sehatQ ya, udah trusted deh belanja obat kesini

    ReplyDelete
  12. saya juga suka banget dengan SehatQ

    karena profesional banget, gak mau ngecewain pelanggannya

    sewaktu kakak saya sakit sendirian di Jakarta, saya pesan obat dan vitamin via SehatQ

    sampai tepat waktu, sesuai yang dijanjikan lho

    ReplyDelete
  13. Waah aplikasi sehatq ini memang salah satu andalan yg bisa digunakan kapan saja dimanasaja, terimakasih reviewnya kak

    ReplyDelete
  14. Aku bangets sih itu. Worry dan gak percaya hehehe... Tp dengan review ini aku jd gak khawatir lagi deh. Siap ikuti zaman, bukan hanya pjj aza, pun kesehatan digital. Nice info

    ReplyDelete
  15. di sehatQ.com saya bisa membaca banyak artikel kesehatan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan keluarga

    ReplyDelete
  16. aku belum pernah sehatq ini nyoba kayaknya enak ya bisa konsul sama sekalian tahu obatnya apa buat pertolongan pertama

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular