Tempat Wisata untuk Anak di Kecamatan Lamongan

Post a Comment

 

Tempat rekreasi anak di lamongan

Sebetulnya judul tulisan ini mau saya buat tempat wisata untuk anak di kota Lamongan. Namun khawatirnya, nanti malah jadi dikira tempat wisata yang memang ada di daerah Kabupaten Lamongan.

Jadilah saya buat tempat wisata di Kecamatan Lamongan. Ini dikarenakan kotanya Kabupaten Lamongan itu ya di Kecamatan Lamongan. Jadi tulisan ini ingin membahas tempat wisata yang bisa dikunjungi anak-anak yang ada di kotanya Lamongan.

Apalagi sudah mulai masuk musim liburan sekolah. Pastinya banyak anak yang ingin mengisi waktu liburannya dengan istilah jalan-jalan.

Di Kecamatan Lamongan sendiri sebetulnya banyak lho destinasi wisata yang ramah anak. Kalau sampai di hari ini di mana tulisan ini saya buat, saya hitung-hitung, ada 10 destinasi wisata yang bisa dikunjungi anak-anak di Lamongan.

Yuk saya bahas satu persatu ya…

1.    Alun-alun Lamongan

Bisa dibilang kalau main ke Lamongan yang Lamongan-nya, tempat ini yang paling banyak dipilih orang. Apalagi letaknya di pusat kotanya Lamongan.

Di alun-alun ini banyak banget wahana yang bisa jadi tempat rekreasi untuk anak. Jika hari biasa atau hari kerja, kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain di taman permainan yang sangat beragam permainannya. Ayunan, perosotan besar sampai yag tunggal, tangga bentuk setengah lingkaran untuk anak-anak memanjat, sampai jungkat-jungkit.

Di salah satu sudut sebelah timur, ada banyak burung dara yang memang dibuatkan rumah di sana. Kebanyakan orang tua yang mengajak anak-anak bermain ke Alun-alun akan membawa beras untuk makanan para burung dara ini.

Sedangkan di bagian barat, berdiri bianglala yang jadi primadona wisata di Alun-alun Kota Lamongan. Jika hari waktu kerja, biasanya bianglala ini hanya beroperasi sore atau mulai malam hari setelah Isya. Sedangkan jika Sabtu dan Minggu bisa buka pagi dan malam.

Untuk jam pastinya tidak bisa saya beri tahu. Soalnya bisa ganti-ganti sih jam bukanya! Jika ingin naik bianglala, kita cukup membayar Rp5.000 untuk sekali putaran.

Bianglala ini berputar cukup lambat kok. Kita bisa mengajak anak-anak untuk melihat kota Lamongan dari ketinggian.

Spot lain yang bisa dikunjungi dengan anak-anak di Alun-alun Lamongan adalah Perpustakaan Alun-alun. Perpustakaan ini buka dari pagi sampai siang saja. Banyak buku untuk anak-anak yang bisa dibaca di sana.

Jika menyeberang dari Alun-alun, ada pusat permainan anak-anak dan penjual makanan yang berderet di Jalan Ki Sarmidi. Anak-anak bisa main dan menyetir mobil-mobilan, main menangkap ikan hidup yang ukurannya kecil-kecil, naik odong-odong, rumah balon, mewarnai gambar, dan yang lainnya.

Pokoknya kalau ke sini bawa anak, siap-siap bawa uang banyak deh ya. Karena, banyak penjaja mainan dan permainan yang beraneka ragam.

Di pinggir Alun-alun juga ada antrian kereta keliling dan kuda delman yang siap mengajak kita jalan-jalan di sekitaran Alun-alun.

Untuk permaian di Jalan Ki Sarmidi, kereta keliling, dan kuda delman ini bisa kita dan anak-anak temukan saat sore hingga malam hari, setiap harinya.

2.    Telaga Bandung

Tempat ini letaknya paling dekat dengan pusat Kota Lamongan. Untuk tempat ngadem, atau menghirup udara segar, tempat ini paling recommended.

Ada tiga titik tempat permainan untuk anak di Telaga Bandung. Dua di depan, dan satu di belakang. Permainannya berupa ayunan, perosotan, sampai jungkat-jungkit untuk yang di bagian belakang.

Kalau bingung cari makan dan minum, mampir saja di kafe yang ada di belakang Telaga Bandung dan masih satu area dengan tempat ini. Dijamin, anak-anak pasti suka banget karena bisa melihat banyak ikan koi di kolam.

Kafenya cukup luas dan sangat bersih. Pilihan makanan dan minumnya juga lumayan beragam. Mulai dari makanan minuman ringan sampai makanan berat seperti kari.

Berkunjung ke Telaga Bandung itu sebetulnya gratis. Kita cukup membayar parkir sebesar dua ribu rupiah saja.

3.    Gading Kuning

Sebelumnya Gading Kuning memiliki area bermain untuk anak-anak yang letaknya jadi satu dengan pusat perbelanjaannya. Ada permainan aneka bentuk yang bisa dimasukkan koin lalu anak kecil pun bisa berayun bersama lagunya sampai durasi koinnya habis. Ada juga yang versi berjalan berkeliling yang bisa dinaiki anak-anak.

Selain itu ada area khusus di mana anak-anak bisa bermain rumah-rumahan, atau permainan lain yang identik dengan motorik halus.

Namun di tahun 2022 ini, Gading Kuning membuka Food Court Play Ground yang berada di belakang pusat perbelanjaan Gading Kuning. Di sini anak-anak bisa lebih banyak lagi memuaskan diri untuk bermain.

Ada area permainan yang sifatnya outdoor, mobil-mobilan yang bisa disetir sendiri oleh anak, mancing ikan plastik, sampai permainan yang menggunakan koin seperti yang ada di area dalam pusat belanja.

Namanya saja foodcourt, di tempat ini juga banyak pilihan makanan yang bisa dibeli. Asyiknya, model foodcourtnya untuk keluarga. Jadi yang orang tua bisa santai, anak pun bisa main sepuasnya.

4.    Kids Zone Lamongan Plaza

Arena permainan untuk anak yang bersifat indoor di Plaza Lamongan sebetulnya pernah ada dan tutup. Lalu setelah pandemi mereda, ada pengelola baru yang membuka lagi area permainan indoor untuk anak-anak dengan nama dan manajemen lain.

Namanya Kids Zone Lamongan Plaza. Bisa dibilang kalau main ke sini, anak-anak bisa main sepuasnya tanpa perlu membayar ini itu lagi. Kalau buat saya sih tiket masuknya yang di atas 50 ribu per anak, hitungannya tetap lebih murah dibanding kalau ke tempat lain tapi sebentar-sebentar kita harus bayar lagi.

Di sini ada mandi bola yang sangat luas berikut rumah-rumah dan seluncuran yang agak lumayan tinggi. Anak bisa main mobil-mobilan, mengambar, trampolin, rumah-rumahan, mancing ikan plastik, main pasir, sampai main PS segala lho!

5.    Kolam Renang LSC

Bisa dibilang inilah kolam renang yang paling luas di Kota Lamongan. Sekali lagi maksudnya, di kotanya Lamongan lho ya.

Di sini ada dua area kolam renang, untuk anak-anak, dan untuk dewasa. Di masing-masing kolam renang, ada seluncurannya. Bahkan di kolam renang yang untuk dewasa, ada seluncuran yang cukup tinggi.

Sebetulnya di LSC ini ada beberapa pusat olah raga juga, seperti gym dan lapangan futsal. Karena itu, bagi orang tua yang mengantarkan anaknya berenag di tempat ini, bisa membeli hidangan di kafe atau di restoran yang ada di LSC.

6.    Kolam Renang Sili

Selain LSC, Lamongan juga punya kolam renang yang ukurannya lebih kecil yaitu di Jalan Ikan Sili, Perumnas Sukomulyo. Namun karena letaknya berdekatan dengan Perumnas Made yang memang lebih dulu ada di Lamongan, orang pun lebih menyebut tempat ini ada di Perumnas Made.

Di Kolam Renang Sili atau Sili Swimming Pool and Café ini paling sering jadi tempat renang anak-anak. Tempatnya tidak seluas LSC, dan lebih dangkal sehingga anak-anak lebih banyak yang cenderung berenang ke tempat ini.

Usai berenang, atau bagi orang tua yang menunggu anaknya berenang di sini, bisa bersantai di mini kafe sambil membeli hidangan yang ditawarkan oleh pihak pengelola kolam renang.

7.    Perpustakaan Lamongan

Selain sebagai tempat membaca buku, Perpustakaan Lamongan juga punya ruang khusus anak-anak. Tapi bukan kemudian ruangannya berisi hanya buku anak-anak. Di ruangan khusus anak-anak tersebut juga buanyak sekali permainan untuk anak.

Kebanyakan permainan yang ada bersifat edukatif. Mulai dari boneka tangan, mobil-mobilan kayu, masak-masakan, dan aneka macam puzzle.

Lalu kalau pas hari mendongeng, kita juga bisa siaran langsung acara dongeng yang disiarkan secara live di channel Perpustakaan Lamongan.

Dan buat saya, Perpustakaan Lamongan ini bisa jadi tempat bermain anak yang asyik dan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali lho! Udah gitu sifatnya edukatif lagi.

Oh iya, di luar perpustakaan, kita juga bisa menjumpai Taman Lalu Lintas. Anak-anak bisa mengenal sedikit rambu-rambu lalu lintas di bawah pepohonan yang rindang. Dan bisa dibilang, bersantai sambil menghirup udara segar di luar gedung perpustakaan pun juga mengasyikkan sambil mengajak anak-anak.

8.    Kampung Inspirasi

Namanya Kampung Inspirasi. Dan awalnya, saya kira seperti sebuah kampung yang ada beberapa spot wahana wisata untuk yang berkunjung ke kampung tersebut.

Nyatanya, sebetulnya ini sebuah tempat wisata tersendiri yang letaknya memang di sebuah kampung. Alamatnya di Jalan Sumargo Gang Flamboyan nomor 29, Lamongan.

Cuma kalau ke sini, sepertinya lebih enak dalam satu kelompok rombongan. Nanti bisa ada pemandu khusus yang akan mengawal selama di sana.

Nantinya kelompok rombongan bisa memilih paket apa yang ingin dipilih untuk anak-anak. Misalnya ada outbond, atau kolam renang.

9.    Taman Puspa

Sebetulnya Taman Puspa ini letaknya agak jauh dari pusat kota Lamongan. Sekitar 4 km dari pusatnya pemerintahan di Lamongan. Letaknya di daerah Kebet, arah ke barat dari pusat kota Lamongan.. Tapi karena daerah ini kok ya termasuk Kecamatan Lamongan, jadi saya ikut bahas juga ya.

Di Taman Puspa ini meskipun tidak seluas Alun-alun Lamongan, tapi terhitung lengkap wahananya. Mulai dari playground, kolam renang, permainan mobil-mobilan atau sepeda motor mini untuk anak-anak, flying fox, sampai bisa keliling berkuda.

Sedangkan untuk yang orang tua, ada banyak spot untuk berfoto. Ada juga kafe yang letaknya model panggung.

Kalau hari kerja Senin sampai Jumat, biasanya tempat ini buka pada sore hari. Sedangkan jika Sabtu dan Minggu, Taman Puspa buka bisa dari pagi sampai malam.

10. Area Maian Anak dekat Pasar Ikan

Sebetulnya mereka yang menggelar area mainan di tempat ini adalah pindahan dari Alun-alun Lamongan. Tapi sewaktu mereka pindah, kok ya yang di Alun-alun Lamongan malah buka area di luarnya.

Tapi kalau sore hingga malam, tempat ini lumayan juga kok ada pengunjungnya. Anak-anak bisa main mobil-mobilan yang disetir sendiri. Bentuknya malah seperti truk mini. Ada juga rumah balon di tempat ini.

Tuh, di Lamongannya sendiri saja ternyata banyak juga ya area bermain untuk anak-anak. Jadi kalau ada yang pas main ke Lamongan, atau bahkan orang Lamongan sendiri, kayaknya nggak bakal kehabisan tempat wisata bermain untuk anak-anak. Dari yang berbayar, sampai yang gratis pun juga ada.

Related Posts

Post a Comment

Popular