Mengenalkan Kuliner pada Anak Lewat Game Online

Post a Comment

 

Tidak ada anak yang sama, sekalipun ia saudara kandung yang terlahir dari ayah ibu yang sama. Mungkin begitu kali ya ungkapan buat kedua anak saya. Apalagi terkait dengan kegiatan memasak.

Anak saya yang pertama, perempuan. Namun kalau urusan masak, dia paling enggan jika saya minta ikutan di dapur. 

Sementara anak ke dua saya, laki-laki. Tapi kalau saya sedang di dapur, dia paling hobi untuk ikutan membantu. Meskipun, usianya kini saat saya menulis artikel ini, masih belum genap empat tahun.

Kalau saya sedang mengupas bawang, dia paling senang untuk minta membantu. Kalau saya ingin memotong kacang panjang, dia juga akan membantu menggunakan pisau dengan hati-hati.

Tak heran, berbagai nama bahan dapur, si bungsu ini bisa hapal. Hingga akhirnya jika mbaknya sedang iseng main ke dapur dan tidak tahu ini itu, adiknya inilah yang menerangkannya.

Memang sih ya, urusan dapur itu tidak bisa lagi dikaitkan dengan gender. Mau laki-laki atau perempuan, kalau memang suka masak, ya silakan saja. Begitu juga kalau perempuan tapi kok tidak suka dan tidak bisa masak. Ya sudah deh, serahkan saja pada ahlinya. Alias, beli makanan yang sudah jadi! Hehehe...

Tapi uniknya kalau urusan game kuliner, anak saya yang perempuan ini yang malah suka memainkannya. Dia bahkan sama dengan saya, ketagihan kalau sedang bermain game online di Culinary School.


Ribuan Games Online tentang Kuliner di Culinary School

Buat yang belum tahu, di Culinary School bagian kids games, kita bisa menjumpai aneka macam online games. Kita bisa mengaksesnya secara gratis lho lewat browser. Jadi nggak usah mikir harus download aplikasi segala. Semua gamesnya bisa diakses secara mobile dan desktop. 

Yang menyenangkan, di websitenya www.culinaryschools.org/kids-games/ ini, ada ribuan games online yang bisa dimainkan khususnya untuk anak-anak. Games online di website ini akan membantu mengenalkan anak-anak tentang makanan, kegiatan berkebun, seni kuliner, bisnis restoran, hingga karir yang terkait dengan hal-hal tersebut. 

Ribuan games di website yang ada sejak tahun 2007 ini terbagi dalam beberapa kategori. Mulai dari:

1. Food Education Games

Kategori ini terdiri dari segala hal tentang memasak, bagaimana beraktivitas di dapur, kegiatan daur ulang, hingga kegiatan berkebun. Jadi mulai dari mengenal bahan makanan, cara memasak, sampai mengolah sampah yang dihasilkan pun ada dalam beberapa games di kategori ini.

2. Serving Eaters

Nah kalau yang ini, lebih ke bagaimana berbagai kegiatan yang bisa anak-anak ketahui saat membuat dan menyajikan makanan. Mulai dari kegiatan stok penjualan bahan makanan, penyajian minuman, membuat pizza cheese burgers sandwic sampai makanan ala Meksiko, es krim, makanan untuk makan siang dan malam, serta bagaimana penyajian makanan penutup. Ada juga permainan simulasi bisnis.

3. Other Fun Food-themed Games

Kalau di kategori ini, kita akan menemukan berbagai permainan yang kalau menurut saya, benar-benar membutuhkan kelincahan tangan dalam memainkan permainan. Segala tampilannya khas berkaitan dengan kuliner.

4. Brain Games 

Anak-anak juga bisa mengasah kecerdasannya di kategori games ini. Pasti sudah sering tahu kan ya beberapa permainan seperti tetris, solitaire, mahjong, atau puzzle. Jadi namanya saja brain games, kategori ini bakal mengajak pemainnya untuk main adu strategi.

Salah satu game di Culinary School dengan tokoh film kartun yang disuka anak-anak

Oh iya, selain beberapa kategori tadi, ada juga beberapa permainan yang terkait dengan tokoh film. Misalnya Three Bear Bears, Scooby Doo, Bugs Bunny, Gumball, Oddbods, TMNT, Tom and Jerry, atau Spongebob.


Beberapa Permainan Recomended Versi Saya dan Si Sulung di Culinary School

Dari hasil beberapa kali mencoba games, ini dia beberapa games yang saya dan si sulung suka. Dan kebanyakan, games yang kami mainkan adalah permainan yang memang mengenalkan ke kami tentang betapa serunya kegiatan masak.

Uniknya, permainan-permainan di website ini kok ya malah mengajarkan ke saya juga tentang beberapa cara memasak, lho!

- 3D Fruit Words

Games ini lumayan asyik buat mengasah perbendaharaan kosa kata nama buah dalam bahasa Inggris. Kalau saya masih jadi guru di sekolah lama, wah, murid-murid saya bakal saya ajak main ini. Dijamin, mereka pasti suka dan jadi mudah mengingat nama buah. Karena, anak-anak selalu suka games kan!

Games online 3D Fruit Words di Culinary School

Permainan 3D Fruit Words

- Tasty Kingdom

Lanjutan dari games sebelumnya, kalau games yang ini bagus untuk mengenalkan anak-anak tentang karakter buah berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh. 

Games online di Culinary School ini membuat anak-anak mengenal manfaat buah-buahan

- The Boiled Eggs

Jujurly, selama ini saya tuh kalau ngerebus telur, pakai ukuran kira-kira dengan target hasil yang kesemua telur dalam kondisi matang. Tapi matangnya punya versi kematangan seperti apa, saya awam banget.

Malahan dari permainan ini, saya sama si sulug jadi ngerti kalau masak telur tuh caranya bisa begini begitu untuk tingkat kematangan yang berbeda-beda. 

- Sweety Cooking Chocolate Cakes

Kalau ditanya apa apa pernah masak Cake Coklat, saya bakal jawab pernah dengan mix pisang. Resepnya ala saya. Tapi di games ini, eh saya kok malah jadi tahu step by step caranya masak cake coklat yang sebenarnya.



- Juice Crusher

Sebetulnya permainan ini cukup mudah. Kita tinggal memasukkan berbagai macam buah ke dalam juicer, sesuai dengan instruksi yang ada. Cuma pas buah-buahan itu bergerak ke bawah, dengan aneka macam buah, di situlah kita sebagai pemain perlu fokus untuk memainkannya.


Enaknya dari permainan ini, kita bisa jadi tahu lho resep jus enak yang mencampur antara satu buah dengan buah yang lain.

- Electric Car Test Drive

Kalau pas main ini, sampai detik ini, saya ketawa terus dan masih penasaran: gimana sih ya cara main yang baik dan benar? Emang sih, dalam kehidupan nyata, saya belum bisa nyetir. Tapi kok ya di games, saya juga sama nggak jagonya sih!


Jadilah saat tulisan ini dibuat, saya masih penasaran untuk main games ini. Masih penasaran, gimana caranya saya bisa parkir tanpa nabrak ke mana-mana.

- SpongeBob SquarePants Restaurant

Main permainan ini, rasanya kayak kita sendirian, terus harus jeli memperhatikan setiap orang yang datang itu pesanannya apa. Jangan sampai, kitanya salah memasak pesanan, atau memberikan pesanan yang salah. Kesemuanya itu akan memengaruhi skor permainan kita.


- Nickelodeon Cooking Contest

Kalau games yang satu ini, kesukaannya si sulung. Di permainan ini, kita diminta untuk membuat beberapa macam makanan seperti burger, donat, kentang goreng. Cara memasaknya harus benar. Nah, benar nggak nanti di setiap langkah memasak, akan menentukan skor akhir dari tiga juri yang ada.


Pas nyoba goreng daging ham, eh, masaknya terlalu gosong. Hahaha...

Tapi pas nyusun isian burger, alhamdulillah lancar dan sempurna!

Gara-gara daging ham-nya gosong, akhirnya skor gameku nggak banyak menurut juri.
Penasaran nyoba main lagi. Alhamdulillah lumayan nilainya dari juri. Ternyata main yang bikin burger ini cukup tricky juga!
Senangnya pas bikin donat. Nilainya sempurna euy! Tapi emang masih repitan bikin burger sih.

Gara-gara permainan ini, anak saya jadi tahu kalau masak burger itu, tingkat kematangan dagingnya harus seperti apa. Lalu urutan isian untuk burger itu apa saja. 

- Supermarket Sort

Permainan ini butuh kelihaian pemainnya untuk menggunakan sedikit strategi. Jadi, ada beberapa barang yang diletakkan dalam lemari tinggi, dengan beberapa rak. Ada yang kosong, dan banyak yang isi. Tugas kita, mesti menyortir barang yang beragam itu ke dalam rak yang satu raknya harus seragam barangnya.

- Tri-Fruit Solitaire

Games ini konon terinspirasi dari game Tri-Peaks Solitaire. Kelihatannya mainnya cuma tinggal klik lalu buka kartu saja. Nyatanya, permainan ini pakai strategi lho, mana dulu kartu yang perlu kita buka duluan.

Di permainan ini, saking penasarannya saya sama apa isi harta karunnya, saya sampai menamatkan permainan hingga fase terakhir lho!


Sebetulnya masih banyak banget sih permainan keren yang ada di web Culinary Schools. Bisa dibilang, ini web ini bisa mengasah kecerdasan serta pengetahuan anak khususnya tentang dunia perkulineran.





Related Posts

Post a Comment

Popular