PAFI Muna Barat, Mengabdi untuk Kesehatan Masyarakat

Post a Comment

Ada yang pernah tahu istilah atau singkatan dari PAFI? Atau tahu nggak bagaimana peran PAFI Muna Barat dalam berkiprah di daerahnya?

Jadi, PAFI adalah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. PAFI ini merupakan organisasi yang menghimpun tenaga ahli kefarmasian, yang dikenal sebagai Asisten Apoteker. 

Nah di artikel ini, para pembaca bisa menyimak apa dan bagaimana itu PAFI, serta seperti apa peran PAFI Muna Barat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah tersebut.


Sekilas tentang PAFI

Sejarah PAFI mencatat bahwa ahli farmasi di Indonesia telah ada sejak masa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu pada 17 Agustus 1945. 

Mereka yang tergabung dalam PAFI ini turut berperan aktif dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan serta berkontribusi dalam pembangunan negara, khususnya di bidang kesehatan dan farmasi.

Organisasi PAFI sendiri resmi berdiri pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta sebagai wadah bagi seluruh tenaga kefarmasian untuk mengabdikan diri di bidang farmasi. 

PAFI memiliki asas Pancasila dan bersifat kekaryaan serta pengabdian. Tujuan dari PAFI adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, mengembangkan farmasi di Indonesia, dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.


PAFI di Muna Barat

Kabupaten Muna Barat atau yang biasa disingkat dengan Mubar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang terbentuk dari pemekaran Kabupaten Muna pada tahun 2014. Ibu kota kabupaten ini terletak di Laworo, Kecamatan Sawerigadi. 

Sejak kehadiran PAFI di Muna Barat, organisasi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam mengatasi berbagai tantangan di bidang kefarmasian di daerah tersebut.

Keberadaan PAFI di Muna Barat bukan hanya untuk mengelola obat-obatan, tetapi juga untuk memberikan pelayanan kefarmasian yang komprehensif. Pelayanan ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan obat yang rasional, di mana obat digunakan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Melalui PAFI, tenaga kefarmasian di Muna Barat harus memenuhi aturan dan syarat tertentu untuk memastikan standar profesionalisme yang tinggi. PAFI juga terus berupaya meningkatkan kompetensi anggotanya melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan.


Harapan dan Tantangan PAFI Muna Barat

Dengan kehadiran PAFI, ada harapan besar bahwa organisasi ini dapat memberikan warna baru di tengah berbagai permasalahan yang dihadapi tenaga teknis kefarmasian di Muna Barat. 

PAFI berkomitmen untuk terus mendukung anggotanya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan berperan aktif dalam pembangunan kesehatan di daerah.

Secara keseluruhan, PAFI Muna Barat berperan penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan kesejahteraan anggotanya. 

Dengan semangat pengabdian dan profesionalisme, PAFI diharapkan mampu menjawab tantangan kesehatan di masa depan dan terus berkontribusi dalam pembangunan daerah serta nasional.

Lebih jelasnya, para pembaca bisa mengunjungi https://pafimunabarat.org/ untuk mengetahui lebih lengkap tentang PAFI Muna Barat.


Related Posts

Post a Comment

Popular