Popmama, Bekalnya Mama Millennial

22 comments


Kejadiannya waktu itu saya sedang masa menyusui, masa rajin-rajinnya baca macam-macam artikel di internet seputar kegiatan menyusui dan juga kesehatan serta tumbuh kembang bayi.

Saya menjumpai sebuah artikel tentang macam-macam manfaat ASI. Ada sebuah artikel menarik yang saya temukan, kalau ASI ternyata bisa mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya, mengobati mata.

Awalnya sempat heran juga dan terpikir, kok saya baru tahu ya? Tapi karena media onlinenya waktu itu punya nama yang cukup terkenal, saya bagi artikel itu di Facebook.

Dalam hitungan menit, seorang teman lalu berkomentar kalau artikel tersebut adalah hoax. Kaget tentunya. Langsung saya hapus postingan tersebut yang untungnya belum sempat di-like atau dikomentari orang banyak.

Ya, jadi mama zaman sekarang aslinya memang banyak kemudahan. Kalau dulu, konsutasi ke dokter harus datang ke rumah sakit dulu. Sekarang, sudah banyak website dan aplikasi yang menawarkan konsultasi dokter gratis.

Dulu, dapat informasi seputar kesehatan kebanyakan dari pengetahuan orangtua turun temurun. Yang seringnya sih, banyak mitosnya. Sekarang, berbagai informasi bisa mudah didapatkan di internet. Yang kadang juga sih, banyak hoax-nya. Hahaha… lha kok tak sama tapi serupa ya?

Satu lagi, kalau mama zaman orde baru (hiahaha… nggak punya padanan kata lain nih untuk mama zaman tahun 80 sampai 90-an), biar banyak wawasan, bacaannya majalah wanita dan keluarga. Kalau mama zaman millennial, pakai smartphone dong. Tinggal buka internet, modal kuota, bisa eh kita main ke website-website parenting yang isinya lebih ciamik dari pada majalah cetak.

Salah satu media online itu adalah popmama.com. Media online yang punya tagline ‘Parenting Guide for Millennial Mama’ ini punya segudang artikel yang kategorinya pun lengkap.

Selain berbagai macam artikel, Popmama juga menyajikan berita yang sedang trend terjadi di masyarakat, dan terkait dengan tema keluarga. Bedanya, kalau menurut saya, berita di Popmama lebih membahas sisi humanisme yang ditulis dengan gaya feature atau soft news.

Misalnya tentang kejadian teror bom di Surabaya. Untuk berita tentang seorang anak bomber di kantor polisi, Popmama menyampaikan dalam bentuk listing seputar beberapa fakta tentang Ais, anak yang selamat dari aksi orangtuanya sendiri.

Yang asyik lagi menurut saya dari Popmama adalah adanya tiga tools untuk mengecek kalender usia kehamilan, masa subur, serta untuk mencari ide nama anak.

1. Kalender usia kehamilan.

Caranya simpel banget. Cuma memasukkan tanggal hari pertama masa haid yang terakhir, periode siklusnya, dan langsung deh ketahuan prediksi hari lahir si kecil nantinya.

2. Masa subur.

Data yang dimasukkan sama seperti kalender usia kehamilan. Nanti hasil yang keluar bisa sekitar tanggal apa saja di bulan apa saja masa subur kita, plus perkiraan lahir si kecil di tiap-tiap masa subur.

Entah kenapa kalau lihat tool yang ini, saya kok jadi terpikir: ini enak banget nih buat nentuin kira-kira nantinya saya pengen punya anak zodiak apa, atau yang lahirnya bulan apa. Hahaha…

3. Ide nama anak:

Orangtua zaman millennial kan kalau cari nama anak sukanya browsing di internet, tuh. Eh, saya pun dulu begitu lho. Dan di Popmama ada toolnya.

Caranya, kita klik jenis kelamin anak, mau tema yang apa (tokoh dunia, alam, nama Islami, dsb), klik mau dari asal atau negara mana, terus kita masukkan juga kata kunci.

Kalau saya sih sukanya cuma memasukkan data di kolom tema saja. Nanti kolom asal dan kata kunci saya kosongkan. Klik cari sekarang, terus ketemu deh.


Jadi kalau dirangkum, menurut saya sih, ini dia beberapa kelebihan Popmama.

- Kita bisa baca berita yang sedang tren dari dalam dan luar negeri, tapi dengan gaya berita yang nggak kayak media online kebanyakan. Berita-beritanya gaya soft news.

- Saya bisa dapat banyak informasi seputar dunia wanita, pengasuhan anak atau parenting yang dikumpulkan berdasarkan kategori usia. Mulai dari yang usianya bayi, anak-anak, sampai anak besar.

- Sudut pandang dan cara penyajian artikelnya dikemas dengan cara menarik. Pakai tampilan visual, video, list, dan humor. Saya sendiri memang paling suka kalau baca tulisan yang sifatnya listing serta ada visualnya. Jadi mata terasa nggak capek.

- Terus, jangan khawatir ketemu berita hoax di Popmama. Artikel-artikel yang ada di sana disertai saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya. Terus karena Popmama ini di bawah kelompok IDN Media (saya tahunya pas lihat di bagian paling bawah website Popmama), maka berita-beritanya pun terpercaya.


Tuh, enak banget kan jadi mama millennial. Jadi kalau pas senggang atau sedang butuh informasi seputar dunia wanita dan parenting, Popmama asyik nih buat dibaca lewat smartphone.

Kalau menurut saya, Popmama ini bikin para mama millennial makin pintar saat pakai ponsel pintar. Wawasan bertambah, juga nggak bikin saya ketemu hoax lagi.




Related Posts

22 comments

  1. sekarang mah emang banyak portal - portal yang bisa menambah wawasan mama millenial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, nguntungin kita banget ya yang jadi mama zaman sekarang.

      Delete
  2. Nah apresiasi deh buat moms baca-baca yang menginspirasi sekaligus bisa mengedukasi. Karena teknologi memang nggak bisa dibendung kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Moga banyak para mama yang baca portal kayak Popmama buat nambah wawasan.

      Delete
  3. Iya juga ya... Jaman sekarang apa2 sudah tinggal search. Jauuh beda sama jaman saya saat jaman orba. Hahaha...
    Semoga semakin canggih teknologi semakin bijak manusia menyikapinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, beneran ni Teh Okti masuk kategori mama zaman orba? :D

      Delete
  4. wah, keren nih situsnya, selain menyediakan artikel juga ada tools yang berguna untuk mama milenial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba gampil emang sekarang ini buat mama zaman sekarang.

      Delete
  5. Asyik juga popmama.com ini bisa kasih referensi nama anak juga ya Mba, nanti bisa saya jika dah punya anak hehehehe

    ReplyDelete
  6. Wah, useful banget ini. Karena menjadi seorang Mama mau tak mau dituntut untuk serba bisa dan luas wawasannya sebagai bekal mendidik dan memepersiapkan masa depan anak.. :)

    ReplyDelete
  7. Para mama digital pasti senang sudah ada platform seperti ini. Kemarin aku juga dapat informasi kalau platform ini sering mengadakan lomba menulis. Coba aja Mak Santi ikutan supaya bisa dapat hadiah juga*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih infonya... Tulisan ini juga dilombakan lho ;)

      Delete
  8. Lebih mudah cari informasi tentang wanita ya apalagi dengan datang khusus ke portal wanita.

    ReplyDelete
  9. Wah baru tahu soal popmama. Mama2 zaman now enak ya bahan bacaannya banyak, asal rajin aja mencari dan membaca hehe :D
    Ntr kepoin ah popmama ini TFS infonya :D

    ReplyDelete
  10. Nah..aku cari nama anak sejak awal nikah..hahahha..taunya dapat anak lama benget..

    Akhirnya dikasih nama beda...he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren Mbak, dapat namanya sudah dipersiapkan dari lama ya.

      Delete
  11. Wah... rekomended banget ya ini. Berguna banget bagi ibu2 muda yang lagi hamil atau melahirkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang punya anak juga lho. Bahkan sampai untuk anak usia ABG.

      Delete

Post a Comment

Popular