Skip to main content

Saat Para Orangtua Berkumpul untuk Mengenal Postpartum Blues dan ASI


Hari Minggu, tanggal 29 April 2018 lalu, saya sebagai blogger dapat kesempatan nih untuk ikutan seminar parenting yang diadakan Orami di Rumah Sakit Mitra Keluarga yang ada di Satelit Indah Surabaya. Temanya tentang Postpartum Blues dan A-Z ASI.

Pembicara untuk tema postpartum blues adalah Ibu Naftalia Kusmawardhani, S.Psi, M.Si. Bu Naftalia ini adalah seorang psikolog yang prakteknya di RS Mitra Keluarga Sidoarjo. Dari beberapa pembicaraan beliau selama mengisi acara, Bu Naftalia juga sesekali menyebut dirinya seorang dosen.

Sedangkan untuk materi A-Z ASI yang mengisi adalah dr Stephanie Dwi Astuti Sp.A. dr Stephanie ini adalah dokter anak yang prakteknya di RS Mitra Keluarga Surabaya.

Bisa dibilang, ini momen pertama saya sebagai blogger asal Lamongan, bisa ikutan kegiatan di Surabaya. Pasalnya selama jadi blogger apalagi empat tahun terakhir tinggal (lagi) di Lamongan, hidup saya melulu cuma di Lamongan.

Ndilalah suatu ketika, baca postingannya Mbak Yuniari Nukti di Facebooknya tentang keberadaan seminar parenting ini. Nggak pakai pikir panjang, langsung deh ikutan daftar. Apalagi temanya ada tentang postpartum blues. Sebagai mantan penderita yang nggak pengen kumat lagi, ngerasa saja kalau ini perlu banget saya ikuti.

Nah, tadi saya sudah bilang kan kalau ini momen pertama sebagai blogger asal Lamongan ikutan acara kumpul dengan blogger Surabaya? Jadinya pas daftar, Mbak Yuni sempat bingung. Dia tanya, memangnya saya tinggal di mana? Kok nggak pernah ikutan acara blogger di Surabaya? Hahaha…

Setelah tanya ini itu ke Mbak Ade Uny, yang saya kenal pas ikutan acara Mombassador SGM Eksplor beberapa waktu lalu, dan ternyata mbake ini tinggal di daerah dekat RS Mitra, akhirnya berangkatlah saya dari rumah pas habis Subuh.

Soalnya berdasarkan petunjuknya Mbak Uny, saya harus berangkat naik komuter yang jadwalnya kalau dari Lamongan itu jam enam pagi. Terus nanti turun di Stasiun Tandes, lalu sambung ke rumah sakit naik Grab aja.

Awalnya agak males disuruh naik komuter. Selama ini kalau ke mana-mana, saya lebih hobi naik bus dari pada kereta.

Tapi karena memang petunjuk mudahnya harus naik komuter, ya sudahlah diikuti saja. Itung-itung nambah pengalaman naik komuter yang ternyata agak beda cara beli tiketnya dibanding terakhir waktu ke Surabaya tahun 2010.

Gara-gara keawaman saya naik komuter, sampai sempat juga nyantol di blognya Mbak Muns Fahd. Jadi buat teman-teman yang pengen tahu gimana-gimananya naik komuter dari Lamongan ke Surabaya, bisa baca tulisan Mbak Muns Fahd di sini ya…


Seminar dengan Berbagai Produk Sponsor yang Keren

Waktu masuk ke acara, saya sempat dikasih goodie bag dulu sama panitianya. Pas saya cek isinya, eh ternyata kok lumayan banyak lho dikasih beberapa produk dari sponsor.

Sebetulnya keberadaan goodie bag ini sudah tertulis juga di pengumman seminar sih, tapi nyatanya ini di luar ekspektasi saya. Karena itu pas disuruh ngisi kuesioner tentang acara tersebut, saya memang ngisi poin tema sebagai motivasi saya buat ikutan acara ini. Bukan goodie bagnya yang isinya beberapa produk keren dari sponsor.

Di sebelum dan sesudah acara, kami para peserta sempat dikenalkan dengan beberapa produk yang jadi sponsor acara ini. Produk-produknya dekat banget dengan kebutuhan keseharian ibu dan anak. Saya cuplik sedikit-sedikit ya. Karena memang poin ini perlu juga saya bagi karena merasa ada manfaatnya juga sih.

1. Orami

Sebetulnya tahu tentang Orami ini antara lupa-ingat. Dulu banget, sempat sih saya daftar dan terkadang dapat pemberitahuan dari Orami via email. Tapi nggak nyadar aja.

Jadi Orami ini adalah tempat toko online yang menawarkan kebutuhan perlengkapan bayi, balita, anak, hingga kebutuhan ibu hamil dan menyusui yang isinya lengkap dan berkualitas.

Toko online yang dulunya bernama Bilna.com ini isinya nggak hanya sekedar jualan lho. Kalau buka di orami.co.id, kita bisa menemukan juga majalah, forum, juga vaksinasi ke rumah.

Kalau di forum diskusi, temanya macam-macam. Mulai dari kehamilan, bayi, balita, gaya hidup, serba-serbi helpers atau pengasuh, sampai sharing is caring. Yang Sharing is Caring ini bentuknya penggalangan dana bagi mereka yang membutuhkan.

Di Orami, kita juga bisa konsultasi dokter lho. Kalau konsultasi dokter spesialis kebidanan dan kandungan ada di hari Senn, psikolog anak di hari Selasa, konselor laktasi di hari Rabu, spesialis anak di hari Kamis, dan nutrisi di hari Jumat. Lengkap ya, kayak prakter dokter di rumah sakit saja.

Waktu dijelasin tentang Orami ini oleh Bu Ferina Yunisa, Community and Event Manager Orami, saya heran lho. Lha ya itu tadi, ini toko online, tapi kok ya kayak nggak jualan saja isinya. Ada konsultasi dokter segala euy!

2. Ultra Mimi

Pas sebelum masuk lalu lihat ada booth Susu Ultra Mimi, saya langsung seneng banget. Soalnya ini susu kemasan yang sering dikonsumsi Kayyisah sejak dia umur sekitar 16 bulan.

Sekilas info ya kenapa kok saya pernah kasih susu ini ke Kayyisah sejak umur segitu. Jadi waktu itu kan berat badan Kayyisah sering rendah. Orang-orang pada nyuruh ngasih susu tambahan. Sementara posisinya, Kayyisah juga masih full ASI sampai umur dua tahun.

Pas browsing, ternyata dari para ibu yang juga ngasih susu tambahan meski tetap full ASI, rata-rata pada ngasihnya Susu Ultra Mimi putih. Yang rasanya tawar itu.

Waktu saya cek, emang bener sih. Soalnya susu ini diproses UHT, dan hanya terdiri dari susu tanpa tambahan gula atau perasa lain. Pas saya minumin ke Kayyisah, kerasa banget pertambahan bobotnya.

Dulunya sebelum ada dari Menkes kalau susu selain ASI sebaiknya harus dikasih setelah usia dua tahun, susu Mimi ini nggak ada labelnya untuk usia 2-6 tahun. Tapi karena ikut mendukung program ibu menyusui selama dua tahun penuh, akhirnya Susu Mimi ikut melabeli dengan tanda usia itu.

Yang saya tahu sih, beberapa dokter anak memang menyarankan untuk memberikan tambahan susu setelah umur satu tahun ke bayi sebagai pemenuhan protein, terutama jika kondisi anaknya memang membutuhkan susu tambahan. Misalnya dokter Stephanie yang jadi pembicara di seminar ini.

Sedangkan dari Susu Mimi, sempat juga memaparkan data dari Nielsen kalau anak umur 1 tahun bisa diberikan susu UHT 34% dan anak usia dua tahun sebesar 42%.

Waktu pas acara, kami para peserta dikasih tahu beberapa pengetahuan nih seputar susu. Misalnya tentang susu UHT yang bisa disimpan di lemari pendingin selama 4-6 hari kalau kemasannya sudah dibuka, atau larangan mengonsumsi susu kemasan yang kemasannya menggembung.

3. Go-Life

Kalau sponsor yang satu ini bikin saya mupeng dan sedih selama mendengarkan pemaparan dari Bu Dinda, pihak dari Go-Life Jakarta. Soalnya, kenapa kok cuma ada di kota besar saja… *nangis sambil ketawa ngakak

Jadi selama ini kebanyakan orang kan tahunya aplikasi Go-Jek. Sekarang ada juga lho Go-Life yang berupa layanan dari tenaga profesional di bidang kebershan, kecantikan, otomotif, sampai terapis pijat.

Iya, jadi di Go-Life ini terdiri dari Go-Massage yang bikin kita bisa panggil tukang pijat ke rumah, Go-Clean untuk urusan beres-beres rumah, Go-Auto untuk layanan urusan otomotif ke rumah, dan Go-Glam untuk urusan perawatan kecantikan ke rumah.

Tuh kan, enak banget ya hidup di kota. Ada fasilitas seperti itu segala. Nggak perlu ke luar rumah kalau urusannya cuma mau pijet, nggak usah ke salon kalau urusannya kecantikan, nggak usah ke bengkel kalau urusannya otomotif, dan urusan bersih-bersih pun bisa panggil jasa Go-Clean ke rumah.

Terus pas acara kan ada yang tanya tuh, terjamin aman nggaknya. Pasalnya kita memanggil orang asing untuk ke rumah.

Nah, kata Bu Dindanya, dijamin aman. Karena tenaga yang bergabung di Go-Life ini selain profesional, juga dilihat track recordnya. Jadi aslinya, Go-Life ini sebetulnya untuk memberdayakan juga mereka yang bekerja di sektor informal.

4. Bambi

Untuk urusan anak bayi, ada juga produk Bambi yang jadi sponsornya. Bambi ini diproduksi oleh PT Fabindo Sejahtera dan sudah sejak puluhan tahun. Terus, produk-produknya menurut Bu Neni dari pihak Bambi. juga sudah bersertifikat halal.

Yang jadi unggulan dari produk Bambi ini ada bedak compact powder serta lotion antinyamuk. Compact powder ini bikin bayi aman karena bedak nggak masuk ke hidung, seperti biasanya bayi kalau dibedakin pakai bedak tabur. Tentunya, bisa buat anak cewek, cowok, juga orang dewasa. Malah kata Bu Neni, buat wanita yang sedang perawatan kulit dan kulitnya jadi sensitif, bisa banget pakai bedak ini.

Sedangkan kalau antinyamuknya, nanti saya review di tulisan tersendiri ya…

5. Heavenly Blush

Kalau produk Heavenly Blush ini waktu di acara kemarin banyak mempromosikan tentang yang yogurt Greek dan Yo!. Kalau Greek adalah produk terbaru yang bagus dikonsumsi saat sarapan, serta bisa memberi efek kenyang yang lama.

Sedangkan Heavenly Blush Yo! untuk anak usia 4-9 tahun. Yogurt buat anak ini dibuat dengan kandungan campuran sayur dan buah. Terus, yogurt ini tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, maupun pemanis buatan sehingga aman buat anak.

Boothnya Heavenly Blush ini lho yang paling banyak diserbu para ibu untuk belanja. Ternyata banyak juga para ibu yang suka yogurt!


Bayi dan Bapak-bapak pun Ikut Seminar

Yang menarik dari seminar ini menurut saya adalah keberadaan anak balita yang hilir mudik ke sana-sini di ruang acara. Buat saya, asyik banget! Jadi meski anak-anak ini ada yang kelihatan sampai jalan-jalan di depan dekat pemateri, acaranya tetap kondusif.

Malah, ada lho ibu-ibu yang sampai ngajak dua anaknya. Yang satu masih digendong, yang satu lagi usia sekitar tiga tahunan. Gitu itu si ibunya ini masih bisa tetap asyik ikutan acara. Keren banget kan? Meski bawa anak, ibunya ini tetap hadir buat nambah wawasan.

Gara-gara itu, saya jadi nyesel nggak ngajak Kayyisah juga ke sana kemarin. Kalau saja dia ikut, pasti senang lah tu anak bisa main sama anak-anak lain.

Selain itu, ada juga beberapa bapak yang terutama menemani istrinya yang sedang hamil atau membantu menggendong bayinya sementara istrinya fokus menyimak seminar. Bapak-bapak ini tentunya dapat pujian dari pematerinya. Soalnya, seminar parenting ini memang perlu dan penting juga diketahui oleh para bapak.


Seminar Bertabur Doorprize

Yang asyik dari seminar yang dipandu Ibu Finta Putery ini adalah banyaknya doorprize yang diberikan ke para peserta. Mulai dari game, tanya jawab pihak sponsor, lomba instagram, sampai undian berhadiah.

Jadi kalau untuk undian berhadiah ini, kita diminta belanja dulu minimal 25 ribu ke booth sponsor, yang tiap kelipatan itu dapat satu nomor undian. Alhamdulillah, saya dapat hadiah juga lho pas undian berhadiah. Saya dapat satu set tempat makan dan botol minum anak merek NUK. Rezekinya Kayyisah banget nih yang sebentar lagi mau masuk sekolah PAUD.

Ndilalah dapat doorprize ini, pas warnanya pink, rezekinya anak wedhok yang mau sekolah PAUD

Eh, pas undian berhadiah ini ada lho seorang ibu yang hoki banget sampai dapat tiga kali undian! Bahkan yang undian utama dapat e-emas logam mulia, yang dapat juga ibu ini.


Oh iya, kalau yang dari tadi baca tulisan ini terus penasaran dan bertanya-tanya, lha mana info seputar ASI sama Postpartum Blues-nya? Next di tulisan berikutnya, ya. Soalnya panjang banget sih kalau dijadikan satu semuanya…

Tentang postpartum blues atau baby blues bisa dibaca di sini. sedangkan A-Z seputar ASI bisa dibaca di sini.




Comments

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Yuk Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kanker Payudara pada Wanita

Tak bisa dipungkiri, penyakit kanker payudara merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Tentu saja, sebab presentase kematian wanita oleh penyakit kanker payudara ini terbilang cukup tinggi. 
Di negara Indonesia saja, sebanyak 3 wanita telah meninggal dunia pada setiap harinya akibat serangan penyakit kanker payudara. 
Lantas, apakah penyakit kanker payudara bisa disembuhkan? Tentu saja bisa, yakni dengan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis kanker payudara. 
Adapun beberapa cara pencegahannya adalah sebagai berikut: 
- batasi makanan-makanan cepat saji,
- berolahraga secara rutin dan teratur, 
- hindari konsumsi minuman beralkohol, 
- hindari kebiasaan merokok, 
- hindari ngemil di malam hari. 
Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang  gejala kanker payudara dan penyebabnya, yuk simak saja ulasannya di bawah ini.
Ciri-ciri Penyakit Kanker Payudara yang Harus Kita Ketahui: 
1. Ada Benjolan di Bagian Payudara
Ciri-ciri pertama dari penyakit kanker p…

Tips Memancungkan Hidung Secara Alami

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hidung merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki daya tarik tersendiri. Itu sebabnya, mengapa sebagian besar masyarakat kita menginginkan bentuk hidung yang mancung. Nah, berbicara soal cara memancungkan hidung, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kita coba: 
1. Latihan Bernafas
Masa iya hanya bernafas bisa membuat hidung anda menjadi lebih mancung? Eh ternyata tentu saja bisa lho! Karena cara bernafas yang dimaksud itu bukannya cara bernafas seperti biasa. 
Tapi, ada gerakan tertentu yang merupakan bagian dari yoga. Istilahnya, ujjayi breathing atau alternatife channel/ nostril breathing. 
Caranya adalah : pertama duduklah dengan nyaman. Kalau perlu, duduklah di atas matras yoga. 
Lalu tenangkan pikiran dan jiwa kita. Kemudian posisikan tangan kita yaitu jari telunjuk dan jari tengah yang dilipat ke dalam. Cara ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan jempol dan jari manis ya untuk menutup lubang hidung. 
Terus blokir satu l…

Kebun Binatang Surabaya, Tempat yang Instagramable untuk Foto Keluarga

Setelah sekian lama hanya bisa memandang dari kaca bus saat melewati Kebun Binatang Surabaya dari Terminal Bungurasih ke Terminal Osowilangun, pada akhirnya saya bisa menginjakkan kaki lagi ke kebun binatang kebanggaan arek Suroboyo yang biasa disingkat dengan KBS.
Sebetulnya kemarin itu kali ke dua saya mengunjungi KBS. Seingat saya, pertama kali main ke sana saat masih SD sekitar sebelum kelas 5. Waktu itu saya masih tinggal di Bekasi dan diajak main ke KBS saat sedang berlibur di Lamongan.
Nah, agenda ke KBS pada hari Selasa, 4 Juli 2017 lalu itu sebetulnya bisa dibilang mendadak. Rencananya awal, saya dan suami ingin mengajak Kayyisah naik kuda sebagai pemenuhan janji karena dia sudah bisa dan mau berjalan.
Sempat terpikir untuk mengajak Kayyisah ke Kenjeran. Tapi tidak jadi karena takut anaknya kepanasan.
Suami sendiri inginnya sih mengajak ke Pacet. Cuma dalam pikiran saya, kok sayang kalau agendanya naik kuda saja.
Setelah browsing, saya baca ternyata di KBS kok ada juga wahana nai…

Empat Masalah yang Sering Dialami Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Pompa merupakan mesin yang digunakan untuk menggerakan fluida. Pompa ini akan menggerakan fluida yang berasal dari tempat bertekanan rendah untuk menuju ke tempat bertekanan tinggi. Adanya perbedaan tekanan tersebut maka diperlukannya energi untuk mengatasinya.
Pompa untuk udara biasa disebut dengan kompresor terkecuali pada beberapa aplikasi dengan tekanan rendah seperti pada bagian ventilasi, pemanas, dan juga pendingin ruangan yang biasnya disebut dengan menjadi kipas atau penghembus atau blower. 
Pompa ini pada prinsipnya akan mengubah energi mekanik motor menjadi energi aliran fluida. Energi yang telah diterima fluida ini nantinya akan digunakan untuk menaikkan tekanan dan juga untuk mengatasi tahanan tahanan yang ada pada saluran yang dilaluinya. 
Pompa air adalah peralatan penting di dalam rumah tangga tetapi meski begitu jangkauan layanan air bersih yang dimiliki oleh pemerintah hingga saat ini telah menjangkau pemukiman terkecil. Dan di dalam hal pemeliharaannya diperlukannya pe…

Diabetes, Penyakit yang tak Bisa Disembuhkan tapi Bisa Dikendalikan

Diabetes mellitus atau yang sering disebut kencing manis merupakan suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun jangan khawatir untuk para penyandang diabetes atau yang disebut diabetisi serta mereka yang memiliki keluarga yang termasuk dalam diabetisi. Karena, penyakit ini sesungguhnya dapat dikendalikan.
“Tidak hanya dengan cara obat. Tapi perlu juga edukasi, perencanaan makanan, dan latihan jasmani. Jadi kalau ada orang minta obat yang paling bagus untuk mengobati diabetes, tidak bisa karena diabetes tidak bisa sembuh,” ujar Dr Alfian Nurbi, dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktek di Rumah Sakit Awal Bros Batam.
Penyakit diabetes ini dapat disebabkan karena beberapa hal, keturunan, usia di atas 45 tahun, kegemukan, hipertensi, kurang olah raga, melahirkan anak lebih dari 4 kg, sampai karena hiperkolesterol.
“Anak bayi pun yang baru lahir beberapa hari bisa terkena diabetes,” imbuh Alfian saat menjadi pemateri dalam seminar diabetes mellitus untuk awam di RS Awal Bros Bata…

Tips Berbelanja dengan Cara Pintar

Tulisan tentang bagaimana belanja dengan cara pintar ini dulu saya buat dari hasil wawancara saat menjadi reporter di Batam. Narasumbernya adalah Ibu Lusiana Yuniastanti yang merupakan dosen di beberapa universitas di Batam.
Tips pertama yang saya dapat dari beliau adalah jangan membuang struk belanja setiap bulannya. Alasannya, karena kertas kecil ini sebetulnya bisa membantu untuk membudget pengeluaran pada bulan-bulan berikut.
“Saya sering menyimpan struk belanja setiap bulan untuk membandingkan harga beberapa barang di beberapa supermarket. Memang ada barang yang harganya bisa sama di beberapa tempat. Namun ada juga barang yang bisa selisih harganya antara tempat satu dengan tempat lain,” ujarnya.
Jika harga di suatu tempat lebih murah dari tempat lain, ia akan membelinya di tempat tersebut untuk bulan-bulan berikutnya. “Jangan terpaku pada satu tempat saja. Kita juga harus sering-sering mengecek harga tersebut di tempat lain,” pesannya.
Jika berbelanja pun, Lusi akan membawa uang ya…

Menghadapi Rekan Kerja Sulit

Memiliki teman kerja yang sulit diajak kompromi? Atau, justru sering merasa rekan-rekan kerja menjauhi kita?
Yuk, kenali tipe-tipe sulit yang mungkin ada dalam lingkungan kerja. Kita perlu tahu karena bisa jadi, justru kita sendirilah yang menjadi orang sulit di lingkungan kerja.
Lingkungan kerja yang kondusif adalah lingkungan di mana satu dengan yang lainnya saling bekerjasama untuk menyelesaikan sejumlah tugas. Selain itu ketika setiap orang saling bekerjasama dan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, maka siapapun yang bekerja di kantor tersebut akan bekerja dengan betah.
Beberapa tipe rekan kerja yang sulit antara lain adalah sebagai berikut:
- Rekan kerja yang suka menyalahkan orang lain
Tipe ini tidak penah mau disalahkan meskipun nyata-nyata semua orang mengakuinya telah berbuat salah. Bahkan untuk menghindari dirinya yang disalahkan, ia akan menyalahkan orang lain sebagai penyebab dari sebuah kesalahan.
Jika menghadapi rekan kerja seperti ini, lebih baik kita tidak menca…

Bila Anak di Posisi Bersalah

Saat anak di posisi bersalah usai melakukan sesuatu, hukuman bukanlah menjadi hal yang utama. Jika mereka bersalah, orang tua bisa membiasakan untuk memilih mengajak anak berkomunikasi, dari pada menghukumnya dengan fisik atau non fisik.
Misalnya, jika anak bertengkar, orang tua bisa bertanya ke mereka, kenapa mereka sampai bertengkar.
Biasanya, anak bisa melakukan sika defensive atau membela diri. Jika seperti itu, kita bisa mendiamkan mereka terlebih dahulu. Misalnya, dengan memposisikan mereka di area konsekuensi dan meminta mereka untuk tenang selama beberapa menit.
Ketika anak-anak mereka sudah melewati masa itu, barulah orang tua bisa mengajak mereka berkomunikasi. Pada saat cooling down, barulah orang tua bisa memberi penjelasan kepada anak-anak, apa yang semestinya dilakukan jika hal itu terjadi lagi.
Memang, yang namanya anak-anak biasanya ya nggak bisa langsung berubah. Bisa jadi kadang mereka masih melakukannya lagi. Tapi selanjutnya, frekuensinya bisa lebih berkurang kok.
Sem…