Ini Dia Cara Mudah Mengamankan Kenangan

5 comments


Ada suatu bagian cerita dalam Harry Potter yang begitu saya inginkan. Tentang pensieve Albus Dumbledore.

Jadi, Dumbledore yang merupakan kepala sekolah di Hogwarts tempat Harry Potter sekolah itu punya alat bernama pensieve yang bentuknya seperti baskom. Dengan pensieve, kita bisa memasukkan kenangan masa lalu siapapun untuk dilihat lagi.

Keberadaan pensieve ini tentunya banyak keuntungannya. Kita bisa melihat lagi kenangan masa lalu dari pikiran seseorang. Bagusnya lagi, dari pada menuh-menuhin memori kepala, terus terlupakan, ya mending mumpung ingat kenapa nggak disimpan saja ingatannya dalam wadah tertentu dan bisa dilihat lagi di pensieve.

Pensieve Dumbledore. Foto: aminoapss dot com

Gara-gara tahu ‘teknologi’ pensieve di cerita Harry Potter, saya jadi kepikir, andai ya ada teknologi seperti itu yang bisa saya pakai untuk mengamankan memori dalam kepala. Dari pada kita simpan sendiri terus pas waktunya harus diingat, eh kok malah lupa!

Hilangnya Kenangan Saat Hamil


Khayalan andai saya bisa punya pensieve seperti Dumbledore pun suatu ketika menguat. Saat itu, saya kehilangan memori video dan foto saat hamil dan tahun-tahun pertama setelah si kecil lahir.

Penyebabnya, suatu ketika hp saya rusak. Kok ya kebetulan banyak foto tersimpan di memori hp. Termasuk foto saya saat hamil, atau video si kecil yang sedang menendang-nendang saat ia masih dalam kandungan.

Rasanya ya tentu saja nyesek. Apalagi, seumur-umur hamil, hanya pernah sekali saya berfoto dan itu menggunakan hp saya sendiri.

Jadi kalau si kecil suatu saat tanya, mana foto uminya saat mengandung dirinya, tentu saja saya nggak bisa menunjukkan apapun.

Rupanya, saya nggak sendiri. Menurut hasil studi Western Digital Corp tentang kebiasaan pengelolaan data seluler masyarakat Indonesia menemukan kalau urusan kehilangan data ternyata jadi masalah utama yang dihadapi para pengguna smartphone.

Amankan Kenangan Agar Tak Terlupakan


Belajar dari kejadian tersebut, saya pun jadi lebih berhati-hati saat memperlakukan kenangan yang tersimpan pada hp. Apalagi terkait kenangan tentang tumbuh kembang si kecil.

Agar tidak mengulang kejadian serupa, saya pun melakukan beberapa hal untuk urusan mengamankan data dari hp. Dan sepertinya, ini dia beberapa tips yang bisa kita pakai agar nggak mengalami kehilangan data dari hp.

1. Gunakan SIM Card dengan memori besar

Dengan SIM Card bermemori besar, kita bisa mensetting pengaturan penyimpanan untuk beberapa aplikasi ke SIM Card.

Cuma sayangnya, nggak semua aplikasi bisa disetting seperti itu. Untuk beberapa aplikasi tertentu, otomatis data yang tersimpan justru ke memori hp hingga terkadang bisa membuat hp macet tidak bisa digunakan.

2. Sering atur data di hp

Saat mengambil foto atau video, dengan menggunakan ponsel pintar, memang segalanya terlihat lebih mudah dibanding zaman dulu menggunakan kamera analog. Mau jeprat-jepret berapapun, kita bisa melakukannya sesuka hati.

Tapi kalau hp sudah memberikan peringatan kapasitas kartu memori yang habis, ya sudah deh. Bisa-bisa kita mati kutu nggak bisa apa-apa lagi.

3. Gunakan Google Drive

Enaknya pakai Google Drive itu, kita bisa membukanya di perangkat manapun selama masih terkoneksi dengan internet. Cuma yang saya rasakan pas upload foto apalagi video ke Google Drive, ternyata agak lumayan nih kemampuan dan kecepatan internet yang dibutuhkan.

4. Cadangkan data

Biasanya di merek hp tertentu, kita bisa membuat akun dan mencadangkan data kita di situ.

5. Amankan data ke perangkat lain

Kalau cara ini yang paling sering saya pakai. Jadi kalau memori hp sudah mau penuh, biasanya saya pindah ke laptop. Kalau sudah menumpuk di laptop, ganti, saya pindahkan ke eksternal harddisc.


Nah, menurut kalian cara mana yang paling enak dipakai? Err… kok kalau saya masih merasa semua cara tadi kurang praktis ya. Ada yang mudah, tapi butuh koneksi internet yang lumayan. Ada yang nggak usah pakai internet, tapi lebih ribet.

Tuh kan, andai menyimpan memori itu bisa semudah Dumbledore menggunakan pensieve ya.

SandDisk OTG, Solusi Mudah Mengamankan Kenangan


Pentingnya keberadaan alat untuk membackup data inilah yang membuat Western Digital mengeluarkan mobile storage dengan SandDisk yaitu USB On The Go atau USB OTG SandDisk yang berupa SanDisk Dual Drive untuk Android dan iXpand® Flash Drives untuk iPhone.


Dengan menggunakan USB OTG SanDisk, ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan:

1. Kita nggak perlu lagi mikir bagaimana nasib memori penyimpanan di hp

2. Praktis untuk urusan plug and play

3. Bisa untuk mem-back-up konten media sosial

4. Tambah kapasitas sebagai bagian dari upgrade hp

Oh iya, cari USB OTG SandDisk bisa juga kok di Shopee.


Dengan menggunakan #SanDiskAPAC , tentunya #DibuangSayang dong ya urusan kenangan. Seperti Dumbledore yang menyimpan kenangannya dalam pensieve, kita pun mengurangi beban memori di hp dengan menggunakan 'pensieve' yaitu SandDisk OTG.

Related Posts

5 comments

  1. Waaah kitaa samaaan mbaak, ku jugaa pakai sanddiskk lhoo buat nyimpen poto" masa lalu wkwkkw 😁😁😁 lamaa eh ndak mampir kesini hehhee

    ReplyDelete
  2. Wah USB OTG SanDisk memang jago ya soal penyimpanan kenangan. Ukurannya yang kecil juga praktis dibawa kemana-mana :D

    ReplyDelete
  3. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
  4. Kenangan harus disimpan dalam lubuk hati yang terdalam hehehe
    Ini emang cocok sih, backup data saat hp penuh jadi solusi terbaik.
    USB OTG SanDisk pilihannya

    ReplyDelete
  5. Kalau mau dibackup di G-Drive kalau nggak ada sinyal internet kencang sulit unggahnya
    Lebih mudah dan cepat backup data atau amankan kenangan di smartphone dg USB OTG SanDisk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular