Tribelio, Solusi Digital Marketing dari Denny Santoso

12 comments
Tribelio sebagai solusi digital marketing


Buat ibu rumah tangga yang punya usaha dan dijalankan dari rumah, ada solusi nih dari Denny Santoso biar usahanya makin cuan. Caranya, pakai Tribelio!


Untuk yang masih awam, jadi, Tribelio adalah bagian dari pemasaran digital atau lewat internet. Bentuknya berupa platform all in one community management.


Dengan Tribelio, ibu-ibu seperti saya yang menjalankan usaha dari rumah, bisa membangun sebuah komunitas atau tribe dan meningkatkan pendapatannya dari sana.


Tribelio ini sendiri didirikan Denny Santoso yang merupakan seorang enterpreneur dan digital marketer asal Indonesia. Harapannya, Tribelio bisa menjadi solusi digital marketing untuk siapapun yang memiliki usaha, bisnis, atau brand tertentu. Ini juga berlaku untuk influencer yang mengenbangkan usahanya lewat komunitas.


Memang tidak dapat dipungkiri, saat ini makin banyak para wanita yang kelihatannya tidak bekerja ngantor keluar rumah, tapi mereka punya aktivitas yang menghasilkan cuan. Ada yang punya usaha, atau menjadi influencer, yang kesemuanya bisa dilakukan di rumah.



Bagaimana Tribelio Bekerja untuk Kesuksesan Sebuah Usaha


Untuk lebih jelasnya bagaimana Tribelio bekerja dalam komunitas hingga menghasilkan cuan, saya ada beberapa contoh seperti berikut ini. 


Suatu ketika, saya pernah melihat komunitas dropshiper dengan beberapa WA grup. Usahanya ada yang skala lokal, sampai nasional.


Karena keterbatasan jumlah anggota dalam WAG, jadilah ada WAG mulai dari 1, 2, 3, hingga ke sekian. Membayangkan andai saya jadi pemilik usahanya, rasanya kok puyeng ya kalau tiap hari harus share materi produk untuk para dropshipper yang sampai beberapa WAG itu.


Ada lagi mereka yang punya usaha atau influencer yang membangun komunitas lewat media seperti TikTok atau Instagram. Misalkan followernya sudah sampai ratusan juta.


Saat kita posting konten jualan, tentunya nggak mesti dong follower sekian ratus juta itu auto tahu konten kita. Akhirnya konten terutama yang maksudnya agar dibeli oleh follower kita pun jadi nggak mengena.


Nah, semua jawaban dari masalah tadi bisa diatasi lewat Tribelio. Kita nggak perlu lagi bingung membangun sebuah komunitas hingga sebesar apapun. Konten atau materi jualan kita juga bisa mengena langsung ke siapapun yang ada dalam komunitas.


Menurut saya Tribelio ini bagus untuk mereka yang ingin mengembangkan usaha dengan membangun komunitas yang memiliki komunikasi antara pemilik usaha dengan mereka yang ada dalam komunitas.


Misalnya mereka yang punya usaha, bisa menyelingi konten edukasi atau motivasi bagi anggota komunitasnya selain konten jualan. Anggota komunitas pun bisa terpacu untuk mengenbangkan diri. 


Efeknya, apabila orang-orang yang ada dalam komunitas itu makin maju dan berkembang karena komunikasi yang tercipta dalam Tribelio yang kita buat, hal ini akan berimbas juga ke usaha kita sendiri.



Tribelio Page, Sebuah Halaman untuk Media Branding


Untuk menggunakan Tribelio, cara pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat dulu akun di sana. Lalu, kita buat juga Tribelio page.


Bisa dibilang Tribelio page adalah sebuah halaman di mana orang bisa tahu apa dan siapa kita. Bentuknya landing page di mana kita bisa meletakkan apapun yang ingin diketahui orang tentang kita.


Buat yang punya usaha, bisa meletakkan profil usaha kita. Bentuknya bisa link yang menuju usaha yang kita jalankan.


Kalau usahanya sudah punya situs sendiri, bisa taruh linknya di Tribelio page. Atau kalau kita jualannya di marketplace, bisa juga linknya kita pasang di sana.


Sementara bagi influencer yang biasanya punya kekuatan lewat konten, bisa juga memanfaatkan Tribelio Page. Kita bisa mencantumkan misalnya link blog, atau media sosial kita lainnya seperti Instagram, TikTok, Youtube, atau Twitter.


Tribelio page milik ika maya susanti
Tribelio page milik saya. Sumber foto: dokumen pribadi


Pengalaman saya waktu membuat Tribelio Page, menurut saya paling enak jika menggunakan laptop. Dengan layar yang lebih lebar, setting Tribelio page jadi lebih mudah diatur.


Caranya mudah. Kita bisa menyesuaikan apa saja yang ingin ditampilkan di landing page Tribelio kita. Urusan warna, huruf, tata letak, juga bisa disesuaikan.



Melengkapi Kesuksesan Digital Marketing dengan Instant Payment


Kalau usahanya sudah keren, pemasaran lewaf internet atau mengandalkan digital marketing, tentunya usaha kita bisa makin sukses jika dilengkapi juga dengan fasilitas instant payment.


Zaman sekarang, kebutuhan instant payment cukup penting. Apalagi untuk mereka yang memasarkan usahanya lewat internet.


Kebutuhan instant payment ini muncul berbagai masalah pembayaran lewat cara langsung maupun perbankan. Karena tak selamanya orang bisa bertemu langsung untuk transaksi keuangan, maka cara pembayaran pun dilakukan lewat transfer perbankan.


Sayangnya hingga saat ini, sering terjadi penipuan transaksi. Belum lagi transaksi yang harus dicek dulu secara online atau lewat rekening bank. Jadinya ribet!


Karena itulah muncul instant payment sebagai solusinya. Denny Santoso pun melihat kebutuhan tersebut dan melengkapinya dalam Tribelio Page.


Cara membuat instant payment di Tribelio page adalah sebagai berikut.


Masuk ke homepage Tribelio. Cari menu Commerce. Pilih Instant Payment. Buat baru.


Isi data yang berupa nama instant payment. Buat linknya. Tulis harganya. Pilih tipe produk fisik atau digital. Unggah gambar yang menerangkan produk kita.


Kita juga bisa atur advance setting lalu tambahkan tag untuk menentukan kelompok audiens. 


Tambahkan juga alamat email untuk konfirmasi jika customer sudah membayar. 


Kita juga bisa mengatur halaman tertentu yang akan terlihat usai customer yang membayar. Selain itu kita bisa menambahkan tombol sendiri untuk merujuk ke situs tertentu. 


Terakhir, tinggal save deh. Setelah itu kita bisa share linknya di Tribelio Page. Caranya, setting fitur pengiriman. Sematkan format pembayaran di landing page  


Beberapa keuntungan menggunakan instant payment di Tribelio Page adalah sebagai berikut.


Bisa digunakan untuk produk dalam bentuk fisik atau digital


Memiliki beberapa metode pengiriman dan pembayaran. Kita bisa pakai akun virtual, kartu kredit, e-wallet, sampai pay later. 


Customer bisa memilih dan menghitung sendiri perkiraan biaya ekspedisinya. Di Tribelio sendiri, customer bisa memilih berbagai jasa pengiriman berikut tampilan berapa biayanya.


Laporan pembayaran yang masuk, bisa dicek secara langsung di layar yang ada di halaman depan akun Tribelio kita.



Mengenal Denny Santoso, Pendiri Tribelio


Buat mereka yang berkecimpung di dunia digital marketing, mungkin sudah tidak asing dengan nama Denny Santoso.


Pengalamannya sejak SMA hingga saat ini dalam dunia usaha yang makin dikembangkan lewat dunia digital itulah yang membuatnya melihat kalau ada kebutuhan dalam digital marketing yang mengandalkan komunitas.


Denny yang asal Malang ini sendiri memang terasah kemampuan wirausahanya sejak duduk di bangku sekolah. Berbagai usaha pernah ia jalani mulai dari berjualan CD games, tinta dan katrid printer, hingga kemudian memiliki usaha besar di bidang suplemen kesehatan.


Denny santoso membuat tribelio untuk solusi digital marketing
Denny Santoso. Sumber foto: dokumen pribadi, screenshoot saat sesi Zoom.

Sedangkan kemampuan pria kelahiran 1978 ini di bidang digital marketing terasah saat Denny mampu berhasil menjual apartemen lewat email marketing dan menjalani international dropship. Tercatat, ia mampu meraih omset hingga milyaran dari kedua usaha tersebut.


Berbagai pengalaman yang dimilikinya itu lantas dibagikannya dalam kelas-kelas digital marketing. Berbagai workshop itu ia lakukan karena prinsipnya bahwa ilmu yang ia miliki tidak boleh berhenti hanya pada dirinya sendiri.


Dengan latar belakang ilmu kuliahnya di bidang informatika serta melihat kebutuhan yang ada, Denny pun lantas meluncurkan Tribelio di tahun 2019. 


Jadi tak heran ya, kalau Tribelio itu memang jadi solusi digital marketing. Karena memang Tribelio seakan menjawab segala permasalahan pemasaran lewat internet yang kerap ada hingga saat ini.


Related Posts

12 comments

  1. memang salah satu keberhasilan bisnis online zaman now adalah pemasaran ya, Mbak. Dan itu bisa ditunjang dengan rajin promo di berbagai komunitas di berbagai akun media sosial. Jadi pakai Tribelio, semua bisa langsung dijangkau.

    ReplyDelete
  2. Pemasaran kini sudah berkembang ke ranah digital, mantap nih langsung dapat ilmu dari pelaku. semangat

    ReplyDelete
  3. Benar juga. Karena jamannya sudah serba digital. Maka urusan pemasaran juga kudu digital. Termasuk urusan pembayaran. Kalau sebagai marketing, kita nggak ikut perkembangan jaman makaa kitanya nggak akan bisa berkembang sih.

    ReplyDelete
  4. Saya juga pake Tribelio
    Lumayan bisa personal branding dengan landing page
    Bahkan bisa sampai panjang banget juga profil kita

    ReplyDelete
  5. kekuatan pemasaran didunia digital saat ini ngga bisa diremehkan dan dipandang sebelah mata. kudu telatan diolah dan diasah. Tribelio bisa dijadikan solusi banget sih ini

    ReplyDelete
  6. Makin kesini dunia digital makin berkembang pesat. Jadi penasaran sama Tribelio yang mampu memberikan solusi digital marketing. Apalagi saat ini persaingan dunia kerja makin komplek. Mungkin cara inilah yang membuat kita dapat berpenghasilan ditengah persaingan yang ketat.

    ReplyDelete
  7. Wah keren bangett jadi ngga perlu susah2 mikirin marketing yaa mba, apalagi buat perusahaan2 yang dipegang sama generasi boomers, susaaaah

    ReplyDelete
  8. Asyik banget sekarang ya. Berbisnis jadi makin mudah dengan adanya Tribelio yang bisa jadi solusi digital marketing.

    ReplyDelete
  9. Wah Deni Santoso, aku dulu kepengin banget ikut kelasnya, mbak. Dulu pas pengen banget punya usaha. Memang zaman sekarang justrud engan digital marketing usaha kita akan klebih lancar dan dikenal ya, mbak

    ReplyDelete
  10. Baru tahu nih ada aplikasi Tribelio ini. Dengan adanya aplikasi kayak gini bisa mendongkrak penjualan online ya.

    ReplyDelete
  11. Digital marketing yang super lengkap sih menurutku kalau pake Tribelio ini. Karena apa yang di mau kliennya semuanya bisa kita rangkum di satu tempat Tribelio

    ReplyDelete
  12. Praktis ya..
    Mencoba membuat Tribelio page agar apa yang kita tawarkan bisa langsung ditangkap oleh yang membutuhkan jasa/produk kita.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular