Taman Telaga Bandung, Tempat untuk Rekreasi Keluarga di Lamongan

4 comments

 

Taman Telaga Bandung Tempat untuk Rekreasi Keluarga di Lamongan

Taman Telaga Bandung Lamongan, tempat yang satu ini sebetulnya ada di pusat Kota Lamongan. Uniknya, banyak orang Lamongan sendiri yang tinggal di kotanya Lamongan, eh malah nggak pernah, jarang, atau cuma biasa lewat tempat ini.

Buat saya sendiri, Taman Telaga Bandung itu justru mengingatkan saya dengan taman kota yang ada Serpong. Dulu sewaktu pernah mengikuti pelatihan guru di MAN IC Serpong selama tiga bulan, saya paling hobi main ke taman kota yang letaknya ada di seberang sekolah tersebut.

Lalu saat kembali ke Lamongan dan lewat Taman Telaga Bandung, saya baru sadar, kalau ternyata ada tempat di Lamongan yang enak buat ngadem dan potensial buat jadi tempat rekreasi keluarga di Lamongan.

Tempat ini sendiri awalnya berupa telaga yang terbagi menjadi dua bagian. Di sepanjang telaga, kita bisa menjumpai banyak pepohonan yang tumbuh besar. Karena itulah, tempat ini sekilas mirip hutan kota.

Untuk menuju tempat ini, kalau dari pusat alun-alun Lamongan, Taman Telaga Bandung berada di sebelah barat daya. Jaraknya sangat dekat kok dari alun-alun Lamongan.

 

Beberapa Hal Mengasyikkan yang Bisa Didapatkan di Taman Telaga Bandung

Menurut saya, ada beberapa hal mengasyikkan yang bisa kita dapatkan saat menjadikan Taman Telaga Bandung sebagai tempat rekreasi keluarga di Lamongan. Sayangnya, banyak orang Lamongan sendiri yang nggak tahu dan nggak nyadar lho!

Ini dia hasil pengamatan saya selama beberapa kali main di Taman Telaga Bandung Lamongan.

- Tempat yang kaya oksigen

Daerah Bandung, yang bagi orang Lamongan sering disebut dengan Mbandung, banyak ditumbuhi pepohonan besar di hampir sepanjang ruas jalan yang ada. Tak terkecuali Taman Telaga Bandung Lamongan.

Di Taman telaga bandung lamongan banyak terdapat pepohonan yang membuat tempat ini terasa sejuk

Mau hari seterik apapun, kalau kita main ke Taman Telaga Bandung Lamongan, kita tidak akan merasa kepanasan. Karena ya itu tadi, memang begitu banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar telaga tersebut.

- Banyak permainan anak

Terhitung ada tiga tempat permainan anak di Taman Telaga Bandung Lamongan. Dua di depan, dan satu di belakang bagian timur.



Karena itulah saya menyebut Taman Telaga Bandung menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga di Lamongan Karena ada beberapa permaian anak seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain.

- Enak untuk treking dan refleksiologi kaki

Di Taman Telaga Bandung Lamongan menurut saya juga bisa digunakan sebagai sarana treking. Kita bisa menyusuri jalan yang ada di sepanjang dua telaga sambil sepuasnya menghirup udara segar dari pepohonan yang rindang.

Sementara itu di bagian belakang, ada track yang sengaja dibuat untuk refleksiologi. Dengan melepas alas kaki, kita bisa menapaki track yang permukaannya terdiri dari batu-batu yang menonjol.

- Keberadaan Kedai Mewah

Tempat yang satu ini baru saya ketahui dari anak saya yang bersekolah di SD yang letaknya dekat dengan Taman Telaga Bandung Lamongan. Katanya, ada kafe di bagian belakang yang banyak ikan dan burungnya.

Waktu saya ke sana, cukup terkejut juga saat tahu tempat ini. Bisa dibilang Kedai Mewah itu tempatnya cukup luas dan bersih banget! Kita bisa memilih tempat duduk di bawah atau di atas.

Untuk bagian kedai yang di atas, ada satu tempat yang bisa digunakan untuk lesehan. Sedangkan di tempat lain yang juga di bagian atas namun terpisah, saya melihat ada lampu-lampu yang digantung memanjang.

Kalau mengajak anak-anak di sini, dijamin bakal senang karena melihat banyak ikan yang ada di kolam. Ikan-ikannya itu suka mengikuti ke mana pun kita berdiri di tepi pagar kolam.

Makanan dan minuman di tempat ini juga banyak pilihannya. Kita bisa memesan makanan ringan seperti cireng, sosis, roti bakar, atau makanan berat seperti kare dan asem-asem bandeng. Sedangkan minumannya mulai dari aneka jus sampai es campur segala pun ada.

Sayangnya tempat sebagus ini hanya bisa dikunjungi mulai dari jam delapan pagi sampai empat sore. Bagian kedai yang saya lihat ada lampu-lampunya dan saya pikir akan cantik kalau bisa ke sana malam hari, ternyata hanya bisa dinikmati kalau waktu bulan ramadan saja.

Jam operasional kedai ini memang mengikuti jam operasional Taman Telaga Bandung Lamongan. Tempat ini memang tidak buka malam hari.

Dulu di awal-awal waktu tempat ini diperbaiki, banyak tiang pendek dengan lampu putih yang menyala di sepanjang Taman Telaga Bandung Lamongan. Namun di kemudian hari, saya tidak menjumpai lagi. Mungkin, ini untuk menimalisir keberadaan anak muda yang menggunakan area Taman Telaga Bandung Lamongan sebagai tempat rekreasi yang tidak seharusnya.

- Spot berfoto dengan latar pepohonan

Seperti tempat rekreasi lainnya. Taman Telaga Bandung Lamongan awalnya dibangun dengan beberapa spot yang instagramable. Mulai dari bentuk kapal-kapalan berwarna biru yang berada di telaga bagian timur, becak kayu, atau tulisan Taman Telaga Bandung.

Tapi yang memang tidak pernah berubah sejak dulu hingga sekarang ya latar pepohonan. Buat saya, Taman Telaga Bandung Lamongan itu tempat yang bagus kalau kita mau cekrak-cekrek dengan latar pohon rindang yang hijau asri.

- Dekat dengan masjid

Nggak perlu bingung buat shalat kalau pas rekreasi ke Taman Telaga Bandung Lamongan. Kalau waktunya shalat Dzuhur dan Ashar, kita tinggal menyeberang jalan saja ke Masjid Al Azhar.

- Masuk modal bayar uang parkir

Dan… percaya nggak kalau rekreasi keluarga ke Taman Telaga Bandung Lamongan itu cuma modal minimal uang dua ribu rupiah buat parkir sepeda motor lho! Ini hasil pengalaman saya baru-baru ini dari sana sebelum menulis tulisan ini.

Kalau beberapa tahun yang lalu, sebetulnya sempat ditarik uang lima ribu rupiah untuk parkir motor. Tapi entah kenapa, sekarang nggak lagi.

Kalau dari pihak Taman Telaga Bandung Lamongan, sampai saat ini belum ada penarikan karcis berbayar untuk masuk ke area ini. Jadi kalau yang rumahnya dekat, modal jalan kaki, masuk sini ya bisa gratis deh!

 

Yang Patut Disayangkan dari Taman Telaga Bandung Lamongan

Sebagai tempat yang sebetulnya bisa dimasukkan sebagai tempat rekreasi, ada beberapa hal yang sebetulnya cukup disayangkan dari Taman Telaga Bandung.

Jadi kalau saya perhatikan, sebetulnya Taman Telaga Bandung ini pernah diperbaiki dan dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang untuk wahana rekreasi. Namun sayangnya, kini banyak beberapa spot yang terbengkalai.

1. Sudut baca

Saya cukup terkejut saat tahu ada fasilitas ini di Taman Telaga Bandung Lamongan. Jadi ada sebuah lemari biru yang letaknya di dekat tower. Di situ ada buku-buku yang kini kondisinya terbengkalai. Buanyak buku yang sobek atau tinggal sampul saja.


Waktu saya cek, sempat ada kertas kehadiran untuk siapapun yang membaca di area tersebut. Catatan terakhir adalah tahun 2018.

2. Toilet

Sebelumnya saat ke sana, saya jumpai beberapa toilet cukup bagus kondisinya. Bagian pria dan wanita dibuat terpisah ruangannya.

Sekarang ini kondisinya jauh dari kata baik. Sampai akhirnya saya lihat beberapa toilet dikunci bahkan ditutupi beberapa benda sehingga toilet tidak bisa dipakai lagi.

Jadi kalau pas main ke sini kemudian kita merasa ingin BAK atau BAB, ya harus ngungsi numpang ke Masjid Al Azhar deh!

3. Keran air

Bisa dibilang kalau rekreasi ke Taman Telaga Bandung Lamongan, kita nggak perlu bingung cari tempat cuci tangan. Banyak keran wastafel yang disediakan di tempat ini.

Tapi saat saya jalan di bagian barat dari telaga ini, ada keran yang tidak digunakan namun ditutup dengan tidak sempurna. Alhasil itu ainya keluar terus menerus. Hiks, mubazir banget!

4. Jalan di area pinggir

Karena di tepi jalan yang ada di sepanjang pinggiran telaga ditumbuhi pepohonan besar, ini menyebabkan kondisi jalan terutama di bagian timur dan selatan menjadi tidak rata. Akar-akar pohon tersebut mendesak paving block sehingga jalan jadi naik turun acak-acakan.

5. Bentuk perahu di tengah telaga

Sebetulnya saya sangat suka sekali memfoto spot satu ini. Bisa dilihat deh di foto berikut ini, perbedaan bentuk perahu yang di Taman Telaga Bandung Lamongan tahun 2019 dengan tahun 2022. Semoga perahunya segera diperbaiki…

 

Overall seperti itu kondisi Taman Telaga Bandung Lamongan. Meski ada beberapa sarana prasarana yang harus diperbaiki, saya masih merasa tempat ini asyik buat rekreasi keluarga.

 

Related Posts

4 comments

  1. Beberapa kali kesana emang ini tempat paling nyaman buat menghindari kebisingan mbak, tempatnya adem dan banyak pohon besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, adem dan enak buat nongkrong lama. Saking lamuke akeh... 😆

      Delete
  2. Jadi dia tu di Bandung atau Lamongan? wkwk #kidding mbak
    Sebenarnya konsepnya bagus ya mbak taman tengah kota,cuma sayang setelah tersedia perawatannya kurang ya kyknya huhu.
    Tp ya mayanlah yaa msh ada ijo2nya di kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sempet kepikir kenapa dinamain Bandung, apa karena tempatnya yang adem trus jadinya bikin pikiran, "Kok adem yo koyok nak mBandung?" 🤭

      Delete

Post a Comment

Popular