Jurus Menang Lomba Blog a la Yuniari Nukti

21 comments


Akhir-akhir ini saya sering dibuat salut oleh seorang blogger asal Surabaya. Namanya Mbak Yuniari Nukti. Namanya sering muncul jadi pemenang di beberapa lomba blog.

Kapan hari dia habis menang dan dapat laptop yang gambar tutupnya ada apel kroak itu lho. Terus beberapa waktu kemudian menang lagi dapat duit cash yang lumayan gede nominalnya.

Ndilalah pas Manulife bikin acara di Bangi Kopi pada hari Sabtu 28 Juli 2018, saya nggak hanya dapat materi reksa dana. Tapi dapat bonus materi cara sukses ikut lomba blog dari Mbak Yun. Seneng lah jadinya…

Di pengantar sebelum masuk ke inti materi, Mbak Yun sempat cerita kalau ia memang sampai dapat barang ini itu, bisa punya ini itu, dari hasil ngeblog terutama lomba blog.

Nah, kalau mau mengikuti caranya, ini dulu sih yang mesti dilakukan kalau menurut Mbak Yun.

1. Menggali mood. Perlu nih sebelum mengikuti lomba. Karena menurut Mbak Yun, mood adalah kunci utama penggugah semangat lomba.

2. Niat juga perlu. Karena niat inilah menurut Mbak Yun yang jadi awal mula kesuksesan suatu lomba.

3. Lakukan observasi. Kita perlu memelajari seluk beluk lomba,temanya apa, memahami objek yang mau ditulis, konflik dan penjelasan atau termasuk ide yang akan diangkat.

Jadi kalau diperinci, yang termasuk melakukan observasi itu antara lain:
- memahami tema,
- cari tahu keunggulan produk, kalau lombanya tentang review produk,
- browsing materi pendukung misalnya hasil penelitian, komentar ahli, kata mutiara, atau penggalan ungkapan,
- baca-baca ulasan produk dari website objek lomba
- serta perlu juga melengkapi dengan foto, video, atau infografis.

Ia juga mengingatkan tentang pentingnya membaca syarat dan ketentuan lomba secara detail. Teliti itu penting. Jangan sampai panitia sudah menulis dengan jelas di syarat ketentuan, eh, masih ditanyakan lagi.

Bhahaha… ini kok ya saya banget ya kadang kejadiannya. Misalnya nih, tema lombanya tentang inspirasi positif. Gitu yo saya nulisnya tentang cerita kegagalan. Kan yo langsung didepak sama panitianya!

Perhatikan juga urusan teknis seperti link, keyword, tag, atau yang lainnya. Misalnya nih, panitia minta kita follow atau like akun ini itu. Karena syaratnya itu ya harus diikuti peserta lomba blog.

Lalu, ada beberapa trik saat mengikuti lomba blog nih menurut Mbak Yun.

1. Lengkapi dengan tampilan visual kayak foto, video, atau infografis. Nah uniknya, Mbak Yun sendiri mengaku kalau dia nggak seberapa suka bikin infografis. Akhirnya ia lebih menguatkan media penunjang tulisannya dengan foto atau video.

2. Percantik tampilan seperti font, warna, ukuran font, atau jarak paragraf. Mbak Yun ngingetin, kalau bisa, jangan pakai paragraf panjang.

3. Poles postingan supaya menarik dan enak dibaca. Kalau Mbak Yun sendiri mengaku dia suka mengendapkan tulisannya semalam, lalu ia poles lagi keesokan harinya.

4. Hindari ngedraft menjelang deadline. Paling enggak nih, maksimal H-3. Pengaturan waktu ini penting banget. Kita bisa pakai untuk mengedit, melengkapi, melihat kompetitor dan membenahi tulisan sendiri, atau jaga-jaga kalau ada broken link.

Mbak Yun pernah nih dapat pengalaman nggak mengenakkan karena urusan mepet deadline ini. Jadi, awalnya dia tahu kalau lombanya itu deadline jam 12 malam. Ternyata deadlinenya diajukan jadi jam 10 malam. Akhirnya nggak bisa submit lomba deh.

Dan tentunya jangan lupa berdoa.


Nah gimana nih buat teman-teman yang suka ikutan lomba blog, jadi udah pada ngerti dan tambah semangat dong ya setelah tahu tips dan trik dan Mbak Yuniari Nukti.

Related Posts

21 comments

  1. Tips para master pemenang lomba blog itu sangat bermanfaat. Semoga kita bisa dapet laptop apel kroak itu juga ya

    ReplyDelete
  2. Wah bermanfaat banget nih buat aku yang baru belajar nulis ya. Semangat itu mempengaruhi ya

    ReplyDelete
  3. Hihihi..impiannya menang lomba blog tapi jarang ikut lomba nih saya, duh makasih tips menang lombanya, semoga membuat saya mood ikutan lomba blog

    ReplyDelete
  4. Makasih mba, aku lagi research materi buat suatu lomba blog, cuma bingung buat pembuka dan penutup nya >_<

    ReplyDelete
  5. Saya banget mbak yg nulisnya saat mepet deadline. Moga next ke depannya kebiasan itu menyicil berkurang. Yg gak enaknya lagi saat deadline eh sinyalnya ngadat. Jadi emang baiknya jgn mepet deadline kl mau ikutan lomba

    ReplyDelete
  6. Waah makasih tips nya, aku sering mundur dulu sebelum mulai, hehe.
    Apalagi kalau tau pesertanya para mastah lomba.

    ReplyDelete
  7. Wuih iya, salut banget sama beliau. Keren banget juara lomba blog terus. Mana yang hadiahnya kece2 pula. Kudu ditiru nih tips2nya. :D

    ReplyDelete
  8. Wow, tipsnya perlu dicatat. Rindu menjadi salah satu pemenang lomba blog nih saya

    ReplyDelete
  9. Makjleb makjleb aku detlener garis keras hahahaha :P
    Iya ya Mbak Yuni sering menang lomba dan hadiahnya wow wow. Makasih udah berbagi tipsnya mbak :D

    ReplyDelete
  10. Tipsnya harus ku Coba nih biar bisa menang lomba. Soalnya kadang memang nggak mood, dan bahkan mepet de el juga buatnya, hehehe. TFS, mbak

    ReplyDelete
  11. Hehe iya nih padahal jurusnya dah hapal tapi paa prakteknya blum bisa menang juga gk pake video dn inf grafis kali y

    ReplyDelete
  12. Wah, waktu itu pernah kepoin blog mbk yuniar. Apalagi ini yg dicari.. Kudu belajar lagi nih, mba ika..

    ReplyDelete
  13. Thank ulasannya. Saya masih belum pernah nih menang lomba blog. Hiks bakal langsung dipraktekin sih ini ilmunya. Semangat ngeblog mba.

    ReplyDelete
  14. Beberapa kali saya juga mengamati nama Mbak Yuniari Nukti seing masuk dalam jajaran pemenang lomba dan Rizky Alatas sangat bermanfaat ketika ingin mengikuti lomba dan muka-muka menang setelah ini

    ReplyDelete
  15. wah asyik..bisa dapet resep menang blog dari mbak yuniari nukti. Saban hari pernah menang kamera juga sepertinya.

    ReplyDelete
  16. Khusuk banget saya bacanya.. karena memang penasaran sama para pemenang lomba itu, apa sih tips and triknya.. jika boleh diambil kesimpulan, bahwa “usaha itu tidak akan mengkhianati hasil” ya mba.. dengan usaha yang lebih dan Dian inshaAllah bisa memenangkan lomba

    ReplyDelete
  17. Aku follower dari mbak yuniarti juga nih mbak, selalu terinspirasi oleh apa yg beliau uploud di ig. Jurusnya mantab semua ya mbak, mau belajar akh sm mbak yuni biar bisa menang ngeblog juga.. aamin

    ReplyDelete
  18. Aaaaaaak mak Yuni ini emang kece kece postingan blognya. Plus setiap ikut blogging competition juga keliatan banget totalitasnyaaaaa. Nggak salah deh jadi juara di banyak kompetisi blog. Siap nyontek ilmunya mak yuni nih. Hihi. Makasi udah sharing ya mbak Ikaaaa

    ReplyDelete
  19. Aku sih belum pernah nyobain lomba blog seperti apa, rasa penasaran sih ada pengin tau sebenarnya kayak gimana ngikutin lomba.
    Lewat postingan kak Susanti ini, aku jadi tau sosok kak Yuniarti Nukti yang seringkali memenangi lomba.
    Ketelitian menulisnya menginspirasi.

    ReplyDelete
  20. Mbak Yuni lagi sering diperhitungkan, nih. Sering juara dalam lomba blog. Keren!

    ReplyDelete
  21. Gak sengaja main ke sini, Mbak Ika terima kasih banyak sudah membuatkan ulasannya di blog.

    Saya lupa waktu itu ngomong apa, baca ini jadi belajar lagi trik menang lomba blog :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular