Skip to main content

ASUS VivoBook Pro F570, Teman Kerja dan Bersenang-senangnya Mom Blogger


Work hard. Play hard. (Kata Wiz Khalifa, yang sudah diyakini banyak orang sebelum Om Wiz bikin lagu tahun 2012)  

Sejak menikah, saya memutuskan tidak lagi bekerja di luar rumah. Pikir saya, enakan melakukan sesuatu yang bisa dikerjakan di rumah saja deh sambil mengurus keluarga.

Awalnya menekuni menjadi penulis cerita anak. Namun seiring waktu, saat melihat banyak teman penulis menekuni dunia blogging, saat banyak majalah anak berguguran tak lagi terbit, akhirnya saya pun mengikuti hembusan angin. Jadi ikut arus deh menjadi blogger.

Baca cerita saya yang lain juga yuk, tentang ASUS Laptopku, Sahabat Bekerja dan Berkaryaku Sejak Dulu

Katanya, blogger seperti saya ini disebutnya mom blogger. Istilah ini dipakai untuk mereka yang berstatus ibu-ibu dan ngeblog. Bahasan blognya kebanyakan seputar pengasuhan anak atau parenting, wanita, atau keluarga.

Seiring waktu saya baru sadar, kalau kerjaan mom blogger ini buntutnya juga bisa menjadi buzzer atau influencer. Jika dulu saat jadi blogger sejak tahun 2006 aktivitas yang saya tahu kalau mengisi blog itu ya cuma menulis, sekarang ternyata bisa lebih dari itu. Blogger zaman sekarang bisa punya nilai plus kalau jago fotografi, membuat infografis, dan bikin video sebagai pelengkap tulisan.

perbedaan-blogger-buzzer-influencer
Perbedaan blogger, buzzer, influencer

Lantas, apa yang sudah saya lewati dan rasakan sejak menekuni profesi blogger beberapa tahun terakhir?

Seperti bayangan sebelumnya, pekerjaan ini memang fleksibel bisa dilakukan di rumah. Sesekali saya yang sekarang tinggal di Lamongan, meliput kegiatan yang seringnya diadakan di Surabaya.

Enaknya jadi mom blogger itu, saya bisa beraktivitas dengan anak yang bisa dilakukan sekaligus membuat bahan untuk diisi ke blog, Youtube, Instagram, atau Facebook.

Misalnya aktivitas membuat cerita dari mainan punya anak yang saya abadikan lewat foto dan atau video. Anak senang dapat main sama emaknya, emaknya pun bahagia dapat bahan buat media sosialnya. Yuhuuu! Sekali dayung, dua tiga benua pun terlampaui.

channel-youtube-cerita-anak-ceria
Channel Youtube milik saya yang bernama Cerita Anak Ceria

Urusan menyiapkan isi blog atau media lainnya biasanya dilakukan saat anak sedang tidur atau saat ia main ke tempat mbahnya. Lebih seringnya, ya saat malam hari menemani jam kelelawar cari makanan.

Kalau begadangnya sampai dini hari sehingga jam tidur berkurang, biasanya ditebus besok harinya saat menemani anak tidur siang. Yap, lebih tepatnya… tidur pulas bersama anak!

Terkadang ada juga tawaran dari pihak lain yang berisi sepaket kewajiban, misalnya dari pihak produk kecantikan, kesehatan anak, asuransi, atau yang lainnya. Mereka meminta saya membuat tulisan di blog, kadang ditambah harus bikin foto atau video untuk dimuat di Instagram atau Youtube, kadang ditambah juga main twitter untuk mengejar trending topic.

Urusan kerja kadang bahkan bisa harus saya kerjakan sambil jalan-jalan keluarga lho. Yuk baca tulisannya di sini: Bikin Asyik Liburan Sambl Kerja dengan ASUS ZenBook UX391UA

Meski kelihatannya saya tidak bekerja di luar rumah, tapi itulah yang biasanya saya lakukan. Dan di luar sana, buanyak juga para wanita seperti saya, yang kelihatannya ibu rumah tangga, yang aslinya sudah melewati jenjang kuliah bahkan hingga S2, dan memilih kerja di rumah sebagai mom blogger.
  
Pernah saya dengar dari teman, kenapa banyak perusahaan yang memilih bekerja sama dengan blogger dari pada iklan dan membayar artis. Karena ternyata, jangkauannya ke masyarakat lebih luas dan mengena.


cara-kerja-mom-blogger

Misalnya saja produk susu yang bekerja sama dengan para mom blogger. Para mom blogger seperti saya dan teman-teman lain bisa menyebar cerita tentang bagaimana pengalaman memakai produk itu ke teman-temannya lewat media sosial.

Intinya bisa dibilang, pekerjaan ini memang kelihatan santai, tapi ya perlu keseriusan. Waktu pengerjaannya fleksibel, tapi kerap dituntut dengan deadline. Saking fleksibelnya, sampai-sampai harus dilakukan di jam istirahat kebanyakan orang.

laptop-asus-yang-sudah-menemani-kerja-hingga-lebih-dari-tujuh-tahun
Saya dan laptop ASUS yang sudah menemani aktivitas kerja saya hingga lebih dari tujuh tahun.


Cara Bersenang-senang di Rumah a la Mom blogger


Untuk menjaga kewarasan jiwa dan raga sebagai mom blogger, biasanya sih kalau saya dan teman-teman mom blogger lain, suka punya me time di sela-sela mengurus keluarga dan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.

Ya biarpun hiburannya nggak melulu harus bisa rekreasi ke mana atau belanja di mana, yang penting di rumah pun tetap perlu ada hiburan. Dan berikut ini hasil pengamatan saya dari media sosial tentang bagaimana me time teman-teman mom blogger di rumah.

1. Nonton video

Hiburan murah meriah yang paling memungkinan dan banyak dilakukan para mom blogger adalah… nonton video! Ada yang hobinya nonton ceramah, film yang kebanyakan pada memilih nonton drama korea alias drakor, atau film lainnya. Untuk media yang dipakai bisa menggunakan hp atau kebanyakan menggunakan laptop.

Yang namanya the power of emak-emak, mesti bisa lah ya multitasking dengan prinsip tadi, sekali dayung dapat melewati banyak benua. Kegiatan menghibur diri ini pun bisa lho dilakukan sambil setrika. Bahkan di saat tengah malam hingga dini hari!


setrika-sambil-nonton-pakai-laptop-asus
Salah satu the power of emak-emak dalam multitasking: setrika sambil nonton di laptop!

2. Mendengarkan musik

Pilihan lain untuk menghibur diri adalah mendengarkan musik sambil melakukan kegiatan domestik. Masak, cuci baju atau nyupir alias nyuci piring, bersih-bersih rumah, akan makin meriah kalau ada alunan musik yang didengar.

3. Main game

Alternatif lain, main game, bersama anak, atau anak yang diminta ngalah dan sebetulnya emaknya lah yang mau main, atau anak main tapi digerecoki sama emaknya yang punya strategi lain di game tersebut.

Uhuk, kalau yang terakhir itu sih saya yang ngacung! Hahaha…

4. Baca buku

Hiburan lain, baca buku. Yang kalau sekarang, versinya bisa juga baca bentuk digital di media elektronik seperti laptop, tablet, atau hp.

5. Mengikuti gosip

Bwahaha… yang terakhir ini beneran lho. Kayak pas ramai-ramainya berita Mbak Bulan dengan yang udah nikah lalu bertagar Restu. Itu ada dari kami yang sampai ngekepoin mulai dari berita gosip, Instagram, hingga acara tv. Bahkan, sampai bikin meme dan infografisnya segala!

Mengikuti berita sampai ngebahasnya di media sosial ini hiburan banget. Bisa bikin kami melupakan sejenak besok mau masak apa, dalam waktu dekat ada deadline nulis apa, sampai menyatukan suara antar teman yang beda dukungan pilpres nanti!

Jadi ya itulah tadi hasil pengamatan saya terhadap teman-teman yang melakukan aktivitas serupa sebagai mom blogger, yang beberapa juga saya lakukan, dan bagaimana kami bisa menciptakan hiburan sendiri di rumah.

Kenalan dengan ASUS VivoBook Pro 570


Urusan perangkat buat kerja dan senang-senang, kayaknya ASUS kok ya mengerti banget kalau di dunia ini ada orang-orang seperti saya dan teman-teman mom blogger yang punya prinsip work hard play hard.

Dan sebetulnya nggak hanya blogger atau mom blogger, kebanyakan para pekerja millenial zaman sekarang kalau saya perhatikan, memang sangat membutuhkan perangkat terutama laptop yang bisa serius dipakai kerja dan sungguh-sungguh kalau diajak bersenang-senang.


asus-vivobook-pro-f570
ASUS VivoBook Pro F570

Laptop yang asyik dipakai buat keduanya itu bernama ASUS VivoBook Pro F570. Ada si otak alias CPU dengan bertenaga AMD Ryzen Mobile, dikasih teman GPU handal dari NVIDIA GeForce GTX 1050 untuk bikin ciamik tampilan grafisnya.

Yuk, baca dulu spesifikasi lengkapnya bisa disimak di sini.


spesifikasi-asus-vivobook-pro-f570
Sumber: press release ASUS VivoBook Pro F570

Dengan spesifikasi tersebut, ada empat kelebihan yang kali ini ditonjolkan ASUS pada VivoBook Pro F570 dibanding laptop lainnya.

1. Andal Dipakai Kerja

ASUS VivoBook Pro F570 bisa dibilang laptop pertama dengan prosesor dari AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7, dan kartu grafis dari NVIDIA GeForce GTX 1050.

Manfaatnya menggabungkan CPU dan GPU ini bikin ASUS VivoBook Pro F570 mendukung produktivitas dan pekerjaan sehari-hari, multi-tasking, dan atau penggarapan konten seperti bentuk pembuatan tulisan dan infografis atau edit foto dan video. 


asus-vivobook-pro-f570-andal-dipakai-kerja

2. Audio Sonic Master ASUS X Series Didukung oleh Prosesor


Laptop ASUS VivoBook Pro F570 punya audio yang sangat jernih karena menggunakan teknologi Sonic Master, perpaduan khusus perangkat keras dan perangkat lunak pintar. Teknologi ini sendiri dirancang agar memberi kontrol audio penuh untuk suara yang keren saat kita melihat film, mendengarkan musik, atau main game. 

3. Tampilannya Elegan


Bagian chasisnya ASUS VivoBook Pro F570 ni unik karena pakai warna stunning finish dengan lightning blue edges. Bodinya eye catching dan elegan, dengan warna biru mengkilat di bagian logo dan pinggirannya digabungkan dengan brush finish pada seluruh bodi.


penampilan-asus-vivobook-pro-f570
Penampilan ASUS VivoBook Pro F570

4. Fingerprint Sensor


ASUS VivoBook Pro F570 sudah preinstall Windows asli, lho. Lalu seperti laptop ASUS lainnya, VivoBook Pro F570 ini dilengkapi fingerprint yang sudah didukung Windows Hello. Urusan login pun jadi cepat dan aman.


fingerprint-sensor-pada-vivobook-f570

Buat saya, merek ASUS itu sudah kayak cinta pertama dan cinta sejati deh. Yuk baca tulisan saya tentang itu di sini: Sebuah Kisah Klasik untuk Laptop ASUS Masa Depan yang Lebih Produktif

ASUS VivoBook Pro F570 sebagai Penunjang Kerja dan Hiburan


Kalau tadi kelebihan ASUS VivoBook Pro F570 yang jadi unggulannya, saya pun punya pertimbangan tersendiri, kenapa laptop ini memang pantas jadi sohibnya mom blogger dalam urusan kerja dan senang-senang.

1. Kapasitas penyimpanan yang besar


ASUS VivoBook Pro F570 menyediakan penyimpanan kecepatan tinggi yaitu SSD M.2 SATA3 berkapasitas 256GB pada VivoBook Pro F570 versi AMD Ryzen 7 dan juga dilengkapi oleh harddisk berkapasitas ekstra 1TB 5400rpm. Sedangkan untuk versi Ryzen 5, ASUS VivoBook Pro F570 hanya dilengkapi oleh harddisk 1TB namun bisa ditambahkan SSD M2 jika dibutuhkan.

Dijamin, saya nggak perlu lagi ribut cari external hard disc atau takut laptop jadi lemot karena kebanyakan menyimpan foto, video hasil rekaman aktivitas si kecil, atau file film korea deh. Uhuk!


storage-yang-besar

2. Kenyamanan Mata


Layar ASUS VivoBook Pro F570 berukuran 15,6 inci yang mendukung resolusi FullHD rasio 16:9 dengan resolusi 1920x1080 pixel. Tingkat kecerahan layar 200 nits dan menggunakan panel jenis anti-glare. Jadinya nyaman deh kalau digunakan dalam kondisi pencahayaan apapun.

Biar tambah nyaman saat kerja atau menikmati konten multimedia, ASUS memasukkan fitur teknologi ASUS Eye Care Technology yang mengurangi pancaran sinar warna biru sampai 33 persen.

Jadi meski berjam-jam lihat laptop karena urusan kerja, nonton film, atau main game, mata bisa tetap nyaman dengan keberadaan pengaturan cahaya di ASUS VivoBook Pro F570.

Malah kalau dipakai di ruangan gelap, ASUS VivoBook Pro F570 menyediakan fitur backlit pada keyboard chicklet full size yang digunakan.


backlit-keyboard
Backlit Keyboard. Sumber foto: ASUS

Tuh, pas banget kan buat para pekerja kreatif yang kebanyakan kerja di malam hari. Kayak saya gini nih, yang biasanya ngeblog, edit foto atau video, sambil nemenin anak tidur di kondisi kamar yang temaram. 

3. Mengedit Foto atau Video Jadi Nggak Salah Warna


Di urusan multimedia, VivoBook Pro F570Z punya fitur ASUS Splendid software tuning yang bikin warna di tampilan layar lebih konsisten dan akurat. Fitur ini mengoreksi warna yang diterapkan sejak awal, serta software pengaturan untuk memastikan warna yang ditampilkan tetap konsisten dan akurat.

Untuk kemudahan konfigurasi, ASUS Splendid punya empat mode dan optimalisasi untuk jenis konten yang berbeda. Kalau merasa masih kurang pas, ada juga Mode Manual untuk menyesuaikan pengaturan tampilan dengan kebutuhan kita saat menggunakannya.

Yang beginian ini saya butuhkan banget kalau pas bikin infografis. Nggak ada lagi kejadian nggak pas warna.



asus-splendid-software-tuning
ASUS Splendid Software Tuning. Sumber foto: ASUS

4. Memanjakan Penggunanya yang Hobi Nonton Film atau Main Game


VivoBook Pro F570Z juga memiliki fitur ASUS Tru2Life Video yang bisa meningkatkan tampilan warna. Biasanya teknologi ini ada di pesawat televisi, lho.

Fitur ini menggunakan algoritma software cerdas untuk mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap frame video, sehingga video tampak lebih jernih, detail, dan realistis.

Selain itu fitur ini juga mampu meningkatkan kontras hingga 150 persen lebih tinggi dan menampakkan detail yang tersembunyi di area gelap sementara pada saat yang bersamaan juga menjaga ketajaman dan detail warna di area lain sehingga hasilnya menjadi  tampak lebih indah. 


teknologi-tru2life
Teknologi Tru2Life. Sumber foto: ASUS

Me time dengan nonton film sendiri di rumah jadi makin asyik. Coba kalau di bioskop, kan nggak bisa nonton sambil setrika! Hahaha... Beginilah nasib orang yang nggak percaya laundry. Setrika melulu hobinya!

Oh iya, ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 juga dijual eksklusif di JD.ID, melalui mobile site di https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html atau desktop site di https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html. Info penting nih buat yang mau berburu ni laptop.


Tuh, beneran emang ASUS VivoBook Pro F570 memang diciptakan untuk kerja dan bersenang-senang ya. Kalau pakai laptop ini, work hard play hard bisa diganti jadi work smart play hard, deh. Ya iyalah, kerjaan kita bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat karena keberadaan teknologi ASUS VivoBook Pro F570 dengan berbagai fiturnya yang sangat menunjang.

Dan endingnya, bisa cepat senang-senang kemudian…

Comments

  1. Selalu ada waktu ya buat para moms untuk mengikuti gosip terkini. Hehe. Memang ada sensasi sendiri kalau mengikuti info orang-orang terkenal.

    ReplyDelete
  2. Duuuh... Memang laptop ASUS VivoBook Pro F570 ini lengkap performanya ya mba dan sangat mendukung pekerjaan blogger untuk menghasilkan konten2 yang menarik.

    ReplyDelete
  3. iiiihhh aku ngga fokus sama infografik nya hahahaha kereeeennn

    ReplyDelete
  4. Keren banget ya laptop ASUS. Desain grafisnya keren juga nih. Btw, aku juga suka baca ebook di notebook ataupun hape. Biar lebih hemat sih. Dan lebih suka nonton film atau video lewat notebook atau hape. Emak2 jaman now keren ya bisa mendapatkan penghasilan melalui blog.

    ReplyDelete
  5. pas banget aku lagi cari laptop atau notebook eh baca ini, laptop yang biasa aku pake sekarang dipake suami, huhu di rumah jadi suka rebutan

    ReplyDelete
  6. wkwkwkwk.. mbaakk, awas bajunya gosong tuh, saya gak berani deh nonton sambil nyetrika, dulu pernah, 2 kali malah.
    Saya nyetrika di lantai gitu gara2nya mau nonton sekalian.
    Eh yang ada, paha saya kesetrika juga langsung melepuh hiks

    Btw saya juga mupeng ama ASUS vivabook ini.
    Buat gantiin laptop uzur saya.
    Gak enak banget kerja sambil lola itu, ngabisin waktu banget :D

    ReplyDelete
  7. Hai, Mbak Ika. Salam kenal. Ulasannya bagus dalam sudut pandang mom blogger, saya jadi tahu kayak gimana dunia mom blogger pada umumnya, he he. Saya juga sukanya ngedrakor saja sebagai me time atau baca buku. Ada juga ebook atau bisa di google play.
    Butuh banget laptop yang sangat menu njang kayak ASUS VivoBook Pro F570. Soalnya sarana yang saya miliki kurang memadai.
    Akhir bulan Februari saya terima surel dari agensi yang mengajak kerja sama, sayangnya saya belum berani terima job karena sarana yang dimiliki tak menunjang. Saya takut mengecewakan. Paham banget pada bagaimana deadline serta hal lainnya sedang saya tak bisa lakukan hal seperti Mbak Ika kayak bikin video.
    Infografisnya bagus, Mbak. Saya pengen bisa bikin kayak gitu. Sayang netbook saya lemot dan kurang aplikasi. Kalau dihubungkan ke Canva untuk bikin infografis, kerap terganggu komputer yang mendadak disable mulu dari network karena sistem operasinya bermasalah jadi tak stabil.Argh banget, ha ha.
    ASUS memang multitasking, duh, pengen banget. Saya mupeng, hi hi.
    Saya tak pernah menonton sambil nyetrika, layar netbook kecil, sih. Bahas setrika ingat belum nyetrika setumpuk baju karena keasyikan blogwalking, ha ha.

    ReplyDelete
  8. Kalau laptopnya canggih memang enak. Bisa kerja sekaligus bersenang-senang dengan laptop :D

    ReplyDelete
  9. yang sama cuma denger musik dan nonton gosip saja..hahah, saya jarang nonton di laptop atau ngegame.
    Tapi keren bener memang Asus vivobook ini. Duh, jadi pengin juga:)

    ReplyDelete
  10. Duh, bikin mupeng deh speknya. Bikin kepengen cepet ganti laptop jadul di rumah dengan ini. Dan setuju banget, walopun di rumah, emak blogger pun kudu punya laptop canggih biar jos kerjanya :D

    ReplyDelete
  11. Asik nih ASUS sy juga pengeb lapi asus yg lama lemot klo dipake ngenet.

    ReplyDelete
  12. Wah bagus laptopnya kalau baca2 speknya ya mbak. Tertarik sama kapasitas penympanannya yg gede itu, apalagi aku suka nimbun foto haha. Memang buat konten kreator laptop bagus sangat dibutuhkan ya buat mendukung pekerjaan :D

    ReplyDelete
  13. Hahah, mbak Ikam, daku juga kek gitu sambil setrika sambil nonton. Yang ada mah tontonan udah mau habis, eh yang mau disetrika kok belum habis juga yaak, 😂😂

    ReplyDelete
  14. Hahahaa aku fokus ke ekspresi saat setrika sambil nonton. Habhaa. Duh emang ya laptop ini kece banget mba. Mau punya jugaaa :)

    ReplyDelete
  15. Asus vivibook ini bagus banget kaak. Jadi referensiku buat nanti ganti laptop.

    ReplyDelete
  16. Mantul banget yaa pekerjaan mom blogger. Aku juga ngerasain harus di dukung perangkat yang mumpuni, kece nih laptopnya support kerjaan momblogger

    ReplyDelete
  17. jadi blogger itu memang menyenangkan yaa. kita bisa bekerja dari mana saja. apalagi kalau punya perangkat keren kayak asus ini. makin semangat deh kerjanya

    ReplyDelete
  18. Wah keren mom multitalent banget aku mah mana bisa setrika smbil nonton kudu konsen😆asus emang keren banget yah mom aku msh pinjem laptop paksu nih buat ngeblog makanya klo ngedraft ya malem gk bisa siang pengen beli laptop tp nabung dulu deh suami juga rekomendasiin asus sih

    ReplyDelete
  19. 7 tahun bareng ASUS? Mantep betul mbaa awetnyaa. .. Wah, aku belum punya laptop sih, nanti kalo ads rezeki kayanya Asus jadi top wishlist

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Hingga sekitar umur delapan bulan, Kayyisah menjadi anak yang menggemaskan. Grafik berat badan yang biasanya selalu di warna hijau muda bahkan kuning, di usia tujuh hingga delapan bulan, grafik berat badan Kayyisah bisa ada di warna hijau tua.
Kalau melihat fotonya saja tampak menggemaskan. Makannya sedang lahap-lahapnya.
Tapi beberapa minggu kemudian, semuanya berubah. Makin hari nafsu makannya makin susah. Sampai-sampai pernah lho selama berminggu-minggu, Kayyisah hanya mengandalkan ASI dan air kacang hijau. Makannya hanya satu atau dua sendok makan alpukat.
Pola makan seperti itu di usianya yang sekitar sembilan bulan hingga setahun, lho! Bayangkan saja, anak umur segitu makannya kayak begitu.
Beberapa keanehan lain yang saya temukan saat itu, dalam sehari Kayyisah kurang kuantitas buang air kecilnya. Kalau dipakaikan diaper setelah mandi pagi, saat dicopot sebelum mandi sore lho diapernya masih kering! Parah kan?
Waktu saya cerita ke abinya dan juga ibu, mereka pada bilang kalau bisa…

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?

Putih itu cantik. Ingat slogan yang ngehits itu kan? Makanya, banyak wanita mencari produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit. Termasuk serum pemutih badan. Eh tapi kalau efeknya bikin cepat putih, sebetulnya aman nggak ya?
Yups, pertanyaan itu sepertinya jadi bahan pertimbangan lain deh selain apakah produk pemutih kulit itu ampuh atau tidak hasilnya.
Malah kadang jadinya kayak buah simalakama. Badan bisa cepat putih tapi efek sampingnya ada rasa panas terbakar dulu, kulit kemerahan, atau endingnya malah kulit jadi gosong.
Habis itu nangis deh karena nggak jadi putih…
Atau, iya sih, serum pemutih badan yang kita pakai itu aman. Tapi setelah sekian purnama dipakai, kok kulit nggak kunjung putih seperti model iklan yang kita lihat.
Dan akhirnya jadi terpikir, katanya labelnya pemutih badan ampuh. Tapi kok kulitku nggak kunjung putih kayak mbak yang itu?
Jadilah kitanya bingung. Sebetulnya perlu nggak sih pakai serum pemutih kulit? Lantas apa bedanya dengan jenis produk kecantikan lainny…

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Setelah sekitar delapan tahun, akhirnya token Bank Mandiri saya mati. Baterainya habis. Dan uniknya, saya nggak pernah terpikir kalau urusannya sampai harus ke bank segala.
Jadi waktu kenal yang namaya token, saya pikir kalau alat tersebut baterainya habis, ya tinggal ganti saja baterainya di tukang servis jam tangan. Eh ternyata setelah browsing, saya baru tahu jika kita nggak bisa asal ganti baterai token tersebut.
Awal tanda-tanda baterai token habis itu mulai terlihat saat ada seperti noda di bagian tepi bawah layar. Semula saya pikir, apa mungkin ada kotoran masuk kali ya? Tak berapa lama kemudian, ada lagi seperti titik noda yang muncul di bagian tepi atas layar.
Hingga suatu ketika saat saya ingin transfer dana ke rekening tabungan ibu, token itu mati. Meski saya tekan tombol secara asal, tetap saja token tersebut tidak bisa aktif. Dah lah fixed, saya yakin token ini sudah habis baterainya.
Kemudian saya browsing di internet berniat ingin mencari tahu, kalau baterai token ini habi…

Lopang, Surganya Buah Jamblang

Tahu buah jamblang, atau juwet, atau dhuwet, atau dhuwek?
Di beberapa daerah, buah ini memang punya julukan yang berbeda-beda. Saya sendiri malah menyebutnya dengan plum Jawa! Hahaha…
Nah, di daerah Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kita bisa menjumpai buah jamblang dengan aneka jenis.
Mulai dari jamblang yang ukurannya kecil tanpa biji, sampai yang berukuran sebesar bakso telur puyuh dengan daging buah yang tebal.
Atau, dari yang rasanya masam, hingga jamblang yang manis tanpa menyisakan rasa sepet di lidah.
Jamblang yang warnanya hitam pekat hingga berwarna ungu kemerahan pun ada di Lopang.



Di masa-masa akhir musim kemarau menjelang musim hujan, biasanya buah ini bermunculan.
Untuk tahun 2017 ini, sepertinya musim jamblang di Lopang jatuh di sekitar bulan Oktober hingga November. Karena di bulan September ini, pohon-pohon jamblang di Lopang mulai bermunculan bunganya.
Karena begitu kayanya jenis jamblang di Lopang, saya menyebut tempat satu ini sebagai surg…

Tujuh Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha Toko Sembako

Pada tahu kan toko sembako? Itu lho, toko yang isinya menjual sembilan bahan pokok.
Yang masuk kategori sembako itu antara lain: 1.Beras, sagu, dan jagung 2.Gula pasir 3.Sayur-sayuran dan buah-buahan 4.Daging sapi, ayam, dan ikan 5.Minyak goreng dan margarine 6.Susu 7.Telur 8.Gas ELPIJI (kalau dulu sih minyak tanah) 9.Garam berIodium dan berNatrium
Semua bahan itu jadi kebutuhan pokok sehari-hari manusia.
Nah, peluang usaha membuka toko sembako ini bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Bagaimana tidak. Tiap hari bisa selalu saja ada orang yang datang membeli.
Tapi yang namanya bisnis menguntungkan, biasanya ya memang banyak pesaingnya.
Menurut beberapa info yang saya baca, kita perlu survey dulu. Barangkali, eh, ternyata ada toko sembako juga di dekat tempat yang mau kita dirikan usaha.
Kalau sampai ada, perlu dipantau juga. Jangan sampai harga toko tersebut lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko kita nantinya.
Tapi kalau sampai belum ada pesaingnya, namanya …

Resep Buka Puasa dengan Sambal Boran Khas Lamongan

Ada satu makanan khas dari daerah Lamongan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang luar Lamongan. Ya, jika kebanyakan orang tahunya kuliner Lamongan itu identik dengan Soto Ayam Lamongan, tapi sebenarnya, di Lamongan sendiri ada sebuah kuliner yang menjadi makanan keseharian masyarakat Lamongan.
Namanya Nasi Boran. Disebut boran karena biasanya penjualnya menggunakan bakul besar yang bernama boran saat berjualan.
Panganan yang satu ini kerap ditawarkan para penjualnya saat pagi hari sebagai sarapan, atau sore hingga malam hari. Biasanya penjual akan membungkus nasi boran dengan menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran pada bagian luarnya.
Sedangkan di bulan Ramadan, Nasi Boran tetap diminati banyak masyarakat Lamongan untuk sajian berbuka puasa, atau sahur. Jadi meski dini hari, ada juga kok penjual Nasi Boran yang berjualan. Malah biasanya laris diburu mereka yang ingin menikmatinya untuk menu sahur.
Untuk satu kali sajian, Nasi Boran ini bisa terdiri satu porsi nasi, berik…

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti

Dulu sewaktu sekolah, terkadang saya punya kebiasaan unik, meminta teman sebangku untuk memukuli telapak tangan saya.
Asli, kira-kira sejak SD kelas enam saya sudah punya kebiasaan seperti itu.
Jadi zaman tahun 80 sampai 90-an, yang namanya sekolah kan muridnya kebanyakan disuruh membaca atau menulis. Bahkan kalau sudah punya buku pun tetap disuruh mencatat ulang.
Sewaktu harus sering menulis itulah, kadang tangan saya terasa lemas. Rasanya seperti tidak ada energi untuk bisa menggerakkan tangan.
Selain telapak tangan yang terasa lemas, bagian lengan di dekat siku saya juga sering terasa seperti tertusuk-tusuk jarum. Kalau bahasa saya, rasanya cengkring-cengkring!
Itu masih urusan tangan. Lha kaki saya waktu itu juga sering terasa kram. Biasanya di daerah telapak tangan bagian samping atau di jari tengah dan jari manis kaki.
Waktu itu saya tidak pernah sampai mengira-ngira, saya itu sebetulnya kena apa, apa penyebabnya, dan harus melakukan apa agar keluhan-keluhan di tangan dan kaki saya s…

Dialah Anakku, Anak Indonesia Sehat yang Pernah Terancam Mengalami Stunting

“Berapa tingginya tadi?” tanya Bu Bidan Posyandu ke Bu RW yang sudah mengukur dan mencatat tinggi Kayyisah sebelumnya.
Angka 103 lalu keluar dari jawaban Bu RW. “Tinggi ya anaknya,” komentar Bu Bidan Posyandu.
Aku tersenyum kecil mendengarnya. Ada perasaan lega mendengar kata-kata itu. Karena di balik tinggi badan Kayyisah yang sekarang berusia dua tahun sembilan bulan, ada sebuah masa saat anakku itu pernah dikomentari hampir gagal tumbuh kembang oleh seorang dokter anak.
Dulu sewaktu Kayyisah usia dua tahun dua bulan, saat ia baru ketahuan menderita TB dua bulan sebelumnya, aku dan suami pergi mengantar Kayyisah untuk mengambil obat TB di dokter anak langganan.
Ternyata dokter yang sedang bertugas saat itu bukan dokter yang biasanya. Saat melihat Kayyisah dan setelah tahu berapa usia anakku, ia mengerutkan alis dari balik kaca matanya dan menatap Kayyisah seakan tidak percaya.
“Kecil banget anaknya! Ayo coba, tidurin lagi di atas kasur. Saya mau ukur lagi semuanya,” seru dokter tersebut …

Membersihkan Luka Si Kecil Nggak Pakai Perih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Gimana caranya membersihkan luka si kecil nggak pakai perih? Ni kayaknya jadi pertanyaan banyak para ibu lah ya. Terutama yang punya anak dengan karakter aktif, suka banyak gerak.
Saya sendiri merasakannya. Kayyisah anak saya itu, masuk kategori anak yang jarang mau diam. Jadi biar katanya anak aktif itu tanda pintar, ya sudah lah ya, memang harus dibiarin sambil dipantau keaktifannya.
Cuma uniknya, Kayyisah ini kalau terluka, jarang banget mau langsung ngomong. Kecuali kalau sayanya sebagai ibunya langsung tahu. Akibatnya, lukanya yang telat ketahuan itu malah bikin proses penyembuhan nggak bisa cepat.
Belum lagi kalau sudah luka, masalah lainnya ya rasa sakit yang muncul. Iya sih, Kayyisah memang tipe anak yang kuat menahan sakit. Tapi tetap saja, kalau pas mandi, dianya baru mulai keluar reaksi kesakitannya. Akhirnya saat dirawat lukanya, jadi ada tantangan tersendiri deh!
Apalagi kalau kena obat yang malah bikin dia kesakitan. Mau nggak diobatin kok ya entar gimana sembuhnya. Diobat…

Nilai KKM, karena Tiap Anak Punya Kecerdasan yang Berbeda

Buat para orangtua, adakah yang sering kepikiran bagaimana caranya agar anaknya harus dapat nilai bagus? Adakah yang sampai pusing waktu tahu anaknya kok dapat nilai jelek?
Kalau ada yang punya pikiran kayak gitu, yuk, saya kenalin sama yang namanya nilai KKM.
Buat yang belum kenal sih. Tapi kalau sudah kenal juga nggak apa-apa kok kalau kenalan lagi *maksa
KKM apaan sih?
KKM itu singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Nah, udah ada gambaran kan arah pembicaraan saya akan ke mana?
Tapi, sebelumnya saya ceritain pengalaman saya dulu ya waktu ngajar. Jadi kalau urusan nilai anak jelek, sebetulnya yang lieur juga gurunya lho. Malah seringnya, anaknya nyantai kayak di pantai, gurunya yang ngos-ngosan kayak naik gunung menanjak dan berjurang.
Pasalnya, tiap guru sudah membuat standar nilai KKM sejak awal semester. Terus dituntut untuk melaporkan hasil akademik anak didiknya yang standar terendahnya adalah nilai KKM. Dengan waktu yang seringnya pendek, nilai anak didiknya harus berstandar KK…