Strategi Naik Pangkat di Kantor

13 comments

Cara dapat promosi jabatan



Pernah nggak terpikir seperti ini saat sedang kerja. Jadi, ceritanya kita sedang mengincar kesempatan naik pangkat di kantor. Tetapi, kita merasa cemas karena nggak tahu apakah kinerja kita selama ini sudah lebih baik dari rekan kerja yang lain ya?

Kalau sampai kita bertanya-tanya apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mengubah peluang yang menguntungkan buat kita, nah, ada kabar baiknya, nih! Aslinya, kita bisa lho berpeluang mendapatkan promosi naik pangkat di kantor!

Nggak peduli berapa banyak yang telah kita capai dalam satu tahun terakhir, sebetulnya masih ada kok langkah-langkah praktis yang bisa kita ambil untuk membuat dampak positif dan bisa membuat atasan kita terkesan. 

Tapi sadarilah, bahwa nggak ada perbaikan yang mudah jalannya, lho! Apalagi yang bisa membuat usaha kita jadi diperhitungkan. Semuanya itu tentu membutuhkan komitmen yang teguh dari diri kita sendiri.

Nah, berikut ini ada beberapa tips naik jabatan nih yang telah terbukti kebanyakan digunakan oleh para top performer untuk bangkit dalam lingkungan kerja mereka. Kita juga bisa kok menggunakan tips yang ada di artikel lainnya yaitu https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/karir-bisnis/tips-agar-mendapatkan-promosi-naik-jabatan/

Atau, coba deh ikuti tips yang ada di bawah ini. Tips ini juga bisa digunakan sebagai cara mudah dapat kerja untuk siapa saja yang sedang ingin mendapatkan pekerjaan:

1. Berikan nilai lebih dari sebelumnya tentang diri kita atau apa yang sudah pernah kita capai 

Faktanya, banyak orang menginginkan promosi naik pangkat di kantor. Tetapi, hanya sedikit karyawan yang pernah serius memikirkan apa yang diinginkan perusahaan dari dirinya sebagai seorag karyawan. 

Rahasia untuk mendapatkan apa yang kita inginkan itu aslinya sangat sederhana. Caranya, tunjukkan nilai lebih diri kita dibanding karyawan lainnya. Nilai lebih ini bisa berupa apa saja keberhasilan yang pernah kita buat, apa saja prestasi yang pernah kita capai, apa saja kesuksesan yang muncul karena usaha kita, dan lain sebagainya.

3. Perhatikan siapa yang dipromosikan

Cari ritme dari keberhasilan orang-orang yang sudah berhasil mendapatkan promosi naik pangkat atau jabatan di kantornya. Kesadaran seperti ini penting ketika kita ingin mendapatkan promosi tersebut. 

Kita bisa menemukan hal-hal seperti ciri-ciri kepribadian secara umum, kebiasaan, dan pencapaian semua orang yang dipromosikan dalam beberapa tahun terakhir. Dari sanalah kita akan mendapatkan petunjuk yang jelas tentang apa yang perlu kita lakukan agar kita bisa mendapatkan promosi jabatan tersebut.

4. Dapatkan perhatian dari atasan kita

Memang sih, bekerja keras itu penting. Tapi itu akan jadi sia-sia jika kerja keras kita selama ini malah mungkin tidak diperhatikan. 

Untuk itu kita dapat mengiklankan diri sendiri dan mendapatkan perhatian atasan. Caranya, coba bicaralah dan tunjukkan pengetahuan kita dalam rapat staf. 

Sedangkan jika kita seorang introvert, persiapkan terlebih dahulu pertemuan dengan atasan kita. Sehingga di saat itu, kita dapat berbicara dan memberikan saran pada atasan. 

Harap diingat untuk mewaspadai peluang di mana keterampilan dan bakat kita itu malah terkesan seperti dipamerkan secara terang-terangan, atau malah dimanfaatkan oleh orang lain untuk keberhasilannya sendiri.


Setelah menerapkan beberapa cara tadi itulah, kemungkinan besar atasan dan kolega kita bisa akan melihat bahwa kita membuat dampak yang signifikan dari hasil kerja kita di kantor selama ini. Dan begitu itu terjadi, atasan kita bisa melihat bahwa kita memang pantas mendapatkan promosi jabatan.

Selain semua itu, kita juga bisa mempelajari tips lainnya yang dapat membuka peluang naiknya jenjang, pangkat, atau jabatan karir kita di tempat kerja, di link berikut ini, https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/karir-bisnis/tips-untuk-mendapatkan-pekerjaan-setelah-lulus/

Selamat membaca dan mencobanya ya!






 

Related Posts

13 comments

  1. Wah sarannya mantap mbaa. Bisa dipraktekan dikantor sebenernya. Pengen juga praktein, tapi kalo kerjanya honorer gaboleh nuntut kenaikan jabatan huhu

    ReplyDelete
  2. Ahaaaii! Semua tuh bisa dilakukan, asal tahu tips dan triknya ya Mbaaa
    Mantul nih, buat para corporate slave bisa banget menerapkan strategi yg djabarkan di postingan ini.

    makasiii insight-nya ya Mba

    ReplyDelete
  3. Bisa dicontek ini tips dari mbak Susanti buat temen2 yang berencana naik pangkat/jabatan. Tapi salah satu yg paling utama tetep y mbak perbaiki kualitas diri n kerjaan kita

    ReplyDelete
  4. Yes, berikan nilai lebih...karena ga banyak karyawan yang serius memikirkan apa yang diinginkan perusahaan dari dirinya sebagai seorang karyawan. Jadi ya gitu deh, kalau ga kasih nilai lebih gimana mau naik pangkat ya?

    ReplyDelete
  5. Ooohh saya pernah kepikiran sih, tapi tujuannya bukan naik pangkat melainkan naik gaji (hehe, mirip lah yaa). Yaa gitu, pokoknya kasi yang terbaik dan alhamdulillah sudah resign, eh.

    Etapi memang penting sih tetap belajar dan setuju sekali dengan statment berikan nilai lebih dari sebelumnya tentang diri kita atau apa yang sudah pernah kita capai

    ReplyDelete
  6. Asyiknya kita bisa tau tips dan trik agar segera naik pangkat di kantor. Menarik perhatian atasan itu penting banget dong ya. Dengan kemampuan diri melaksanakan semua tugas yang diberikan serta cepat tanggap, insya allah lebih cepat deh naik jabatannya.

    ReplyDelete
  7. wah tipsnya penting banget ini biar cepet naik pangkat, asal jangan punya tipe oportunis dan carmuk sama atasan.

    ReplyDelete
  8. Wah tipsnya mantul nih
    Meski aku udah gak jadi pegawai kantoran, tapi beberapa tips bisa banget kok diaplikasikan dalam organisasi/komunitas yang lain
    Terimakasih sharingnya, kak

    ReplyDelete
  9. Betul banget ya harus ada kelebihan lain, keahlian tambahan yang bisa memikat atasan, entah perilaku kita tepat waktu, atau punya skill ngeblog atau menulis yang keren ternyata bisa jadi nilai tambah ya

    ReplyDelete
  10. Wajib dicatat nih tipsnya, selain naik pangkat, tentunya kecakapan dan keterampilan kita juga bakalan naik donk, dan secara otomatis gaji juga ikut naik, hehehe

    ReplyDelete
  11. Bahkan dulu dikasih tahu kalau cepat mau naik pangkat dengan "menjilat"
    Saya lama baru paham kata itu, ternyata maksudnya buruk, haha
    Yuk, naik pangkat dengan prestasi...

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat pas masih kerja kantoran dulu, ya banyak pegawai yang ABS dan cari muka tapi pekerjaan duduls. Harusnya ya kayak begini nerapin kiat yang emang sesuai kompetensi, ga mengandalkan carmuk yg berbahaya. Malah kadang saling menjelekkan. Asal kinerja oke dan mau mengembangkan diri, insyaallah jabatan datang sendiri

    ReplyDelete
  13. Saya bukan pekerja mbak, tapi ini bisa deh jd referensi buat si abang yg bekerja hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular