Agar Bisa Aktif Terus Bergerak Hingga Lanjut Usia, Ini Caranya…

25 comments

 

Anlene

Selama pandemi, banyak dari kita yang harus menghabiskan waktu sehari-hari di rumah. Jika biasanya kita bisa beraktivitas bebas di luar rumah, semuanya kemudian berubah.

Tak hanya itu, pandemi juga membuat kita jadi harus begitu peduli dengan kesehatan. Mulai dari memerbaiki pola atau gaya hidup sampai lebih mengonsumsi menu sehat untuk menunjang gaya hidup sehat. Begitu juga tambahan konsumsi berupa suplemen dan susu.

Nah untuk susu, banyak dari kita yang tahu dengan Anlene. Dan kalau tahu kata Anlene, pastinya langsung teringat dengan susu untuk kekuatan tulang.

Kemarin hari Minggu, 1 Agustus 2021, saya dan beberapa teman blogger yang tergabung dalam komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) berkesempatan mengikuti Community Webinar: Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

launching anlene terbaru 2021

Narasumber yang dihadirkan saat itu ada beberapa, yaitu Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene PT Fonterra Brands Indonesia dan Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia.

Ada juga Liliyana Natsir atau yang terkenal dengan panggilan Butet. Pasti pada tahu dong ya dengan mantan atlet nasional bulu tangkis yang satu ini. Butet pernah mengukir prestasi untuk Indonesia dengan meraih medali emas Olimpiade Ri de Janeiro tahun 2016.

Yang asyik dari kegiatan community webinar bersama Anlene ini, para pesertanya diajak yoga bareng. Dua sesi lagi, awal dan akhir acara. Ada Amanda Tasning, instruktur yoga bersertifikat yang menjadi memandu sesi yoga.

Kegiatan ini pun menurut saya terasa menghibur karena kehadiran moderatornya, Tommy Purba. Mulai dari awal hingga akhir acara, ia sering mengeluarkan kalimat yang membuat para peserta webinar jadi tertawa.

Dari kegiatan webinar ini, saya jadi sadar. Kalau tadi saya sempat bilang di rumah saja bisa membuat aktivitas kita jadi terbatas, ternyata, itu salah besar!

 

Inti Yoga, Listen to Your Body

Sejujurnya pada malam sebelum webinar, saya tidak cukup tidur. Setelah mengetik tulisan, akhirnya saya baru bisa tidur pada sekitar pukul setengah dua. Bangun jam lima pagi, dan langsung gedabrukan menyiapkan si sulung Kayyisah dan si bayi Emir.

Target saya, sebelum jam tujuh pagi saat acara dimulai, kedua anak ini harus sudah selesai mandi dan makan. Kebetulan sudah seminggu lebih setiap malam suami saya tidak di rumah karena harus menjaga kakaknya yang sedang sakit typhus.

Alhamdulillah, semuanya beres. Tahu sih kalau dalam kegiatan webinar tersebut ada yoganya. Tapi saya tidak menyiapkan apapun dan tidak berekspektasi apa-apa. Pikir saya, sudah lah, nanti yoga di atas karpet saja.

Nyatanya saat ikut, asyik juga rasanya. Tubuh saya yang lelah karena malamnya harus mengetik berjam-jam. Terutama jari.

Kalau bisa digambarkan, tubuh saya rasanya bahagia banget bisa ada dalam posisi relaks, otot-otot yang tegang jadi mengendur, capek-capek pun jadi hilang. Untuk sesi yoga yang awal acara, Mbak Amanda mengajak para peserta untuk melakukan gentle yoga. Gerakannya cukup mudah menurut saya.

sesi yoga bersama peserta webinar
Sesi yoga bersama peserta webinar

Gentle yoga ini sendiri fokusnya pada gerakan streching, peregangan, dan juga breathing. Karena itulah, tubuh saya yang kaku, yang sebelumnya sering dalam posisi tidak seharusnya, rasanya jadi relaks.

Oh iya, untuk melakukan yoga, dari yang saya tangkap atas penjelasan Mbak Amanda, sebetulnya nggak harus juga lho membuat kita jadi harus punya yoga mat segala. Sebelum yoga, Mbak Amanda sempat memersilahkan kami para peserta webinar untuk menyiapkan yoga mat atau handuk tebal untuk alas. Tujuannya, agar terutama yang lututnya bermasalah jadi aman.

Nah… giliran yoga yang sesi akhir ini yang tantangan banget. Beberapa teman di IIDN mengaku angkat tangan tidak sanggup. Hehehe, mungkin tidak biasa kali ya. Karena memang yoga ini begitu membutuhkan kelenturan tubuh.

Saya sendiri, aslinya sebetulnya mau ikut. Pas baru diminta duduk relaks, pejamkan mata, eh… Emir malah duluan sudah posisi salto! Bayi umur setahun itu ada dalam gerakan kepala di bawah, kaki di atas. Ia terjungkal akibat ulahnya naik ke bangku kecil. Untungnya anaknya baik-baik saja.

Meski nggak bisa ikut sesi yoga yang terakhir, tapi saya kok ingin sekali mengulang sesi yoga tersebut. Di channel Anlene sendiri, kita bisa lho menemukan video yoga. Bahkan ada yang untuk lansia.

yoga untuk lansian di youtube anlene
Yoga untuk lansia di Youtube Anlene

Ada pesan bagus nih dari Mbak Amanda bagi yang ingin melakukan yoga. Menurutnya, kita harus listen to your body. Misal, perhatikan napas. Kalau ngos-ngosan, atur napas.

Dari kegiatan yoga ini saya yang baru pertama kali ikutan akhirnya jadi ngerti, kenapa banyak orang jadi tergila-gila setelah menekuni yoga. Menurut saya, yoga ini olah raga yang nggak bikin ngos-ngosan. Gerakannya santai, tapi bisa bikin badan cukup berkeringat.

 

Tips Agar Bisa Terus Bergerak Hingga Nanti

Usai yoga, sesi webinar pun beralih ke pemaparan materi dari Mbak Rhesya. Pada materinya, Mbak Rhesya mengenalkan dua produk terbaru Anlene yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Sebagai produk yang sudah eksis selama dua dekade, bisa dibilang dua produk Anlene ini adalah bukti komiten Anlene yang terus berinovasi dari sisi produk. Sekaligus, launching dua produk ini juga membuat Alene kembali memberi inspirasi pada banyak orang untuk tetap terus bergerak.

Rhesya mengenalkan Anlene terbaru
Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Ada fakta menarik nih dari pemaparan Mbak Rhesya. Katanya dari sebuah penelitian, orang Indonesia itu cukup banyak yang tidak suka bergerak. Perbandingannya bisa 3 di antara 10 orang yang kurang gerak dan enam jam dalam sehari, orang ini tidak melakukan aktivitas apapun.

Uhuk, semoga saya dan yang baca tulisan ini nggak masuk kriteria ini ya…

Sementara itu agar kita bisa tetap terus bergerak sampai usia lanjut, sebetulnya tubuh perlu untuk tetap terus bergerak, lho. Selain itu, kita pun perlu rajin makanan atau minuman yang tinggi kalsium.

Salah satunya dengan mengonsumsi Anlene sebagai support nutrisi. Menurut Mbak Rhesya, minum Anlene juga nggak harus nunggu umur 40 tahun kok. Sebelum usia itu pun boleh. Karena sebetulnya, Anlene diformulasikan untuk orang Indonesia dewasa.

Kelebihan Anlene ini menurut Mbak Rhesya adalah lebih dari susu yang mengandung nutrisi sehingga kita bisa tetap terus bergerak. Anlene sendiri mengandung tinggi kalsium, mengandung kolagen dan vitamin C, ada kandungan protein dan vitamin B6.

Khusus untuk Anlene Gold 5X, plusnya selain kandungan tadi adalah rendah kolesterol. Anlene Gold 5X juga mengandung sumber kalium dan vitamin B6 yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah serta hipertensi. Satu lagi, Anlene yang ini  juga tanpa gula tambahan.

Anlene sesuai kebutuhan
Konsumsi Anlene sesuai kebutuhan

Cara Anlene agar membantu masyarakat Indoensia untuk tetap sehat diwujudkan dengan inovasi-inovasi produk. Misalnya, menjaga kepadatan tulang dengan minum Anlene 14 hari, mengandung nanokalsium atau kalsiumnya 100 kali lebih kecil sehingga membantu kepadatan tulang dari dalam, dan yang terbaru adalah Anlene 3X dan 5X.

Anlene sejak dulu juga kerap mengadakan kampanye yang bertujuan mengajak masyarakat untuk terus bergerak. Di masa pandemi ini, Anlene bekerja sama dengan Butet dengan program Jadi Atlet di Rumah.

Pesan Mbak Rhesya, kalau kita mau tetap bisa terus bergerak hingga nanti, kuncinya ada dua. Yang pertama, ya kita harus terus bergerak. Sedangkan yang ke dua, agar geraknya bisa maksimal ya kita harus mencukupi nutrisinya juga. Pastikan juga, pilih yang lebih untuk urusan nutrisi. Sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Alasan Harus Pilih Susu Anlene yang Nutrisinya Lebih

Kehadiran Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X ditujukan agar kita bisa tetap terus bergerak sepanjang hari. Dengan mengonsumsi Anlene, kita bisa memiliki otot yang lentur dan sendi yang kuat untuk dipakai beraktivitas setiap harinya.

Dalam pemaparan Pak Haryadi, ada beberapa penjelasan tentang kandungan Anlene Actifit serta manfaatnya bagi tubuh kita.

1. Tinggi kalsium sebagai pembentukan atau pemeliharaan kepadatan tulang juga gigi.

2. Tinggi kolagen dan vitamin C yang dibutuhkan jaringan sendi agar bisa terus bergerak fleksibel atau lentur.

3. Protein yang berasal dari susu yang berkualitas

4. Vitamin B6 untuk membantu metabolisme energi dan juga pembentukan jaringan. Manfaatnya bisa kelihatan awet muda atau terlihat segar.

5. Lebih rendah lemak dibanding susu full cream. Tapi, rasanya tetap lebih enak, kok.

Kandungan anlene terbaru


Sedangkan dalam Anlene Gold 5X, menurut Pak Haryadi juga memiliki manfaat yang sama dengan Anlene Actifit 3X. Selain itu juga ditujukan untuk mereka yang usianya membutuhkan bebas bergerak. Artinya, untuk mereka yang lanjut usia.

Dalam Anlene Gold 5X selain ke lima kandungan yang sama dengan Anlene Acifit 3X, juga mengandung rendah lemak jenuh, rendah kolesterol, tinggi kalium dan tanpa penambahan gula.

 

Tetap Aktif di Rumah a la Butet

Ada kata-kata yang menarik dari wanita yang kadang dipanggil dengan nama Ci Butet. Dari yang saya tangkap menurutnya, kita perlu juga lho untuk menjaga kesehatan mulai dari sekarang sebagai bagian dari investasi untuk masa depan.

Kalau kita nggak peduli dari sekarang, merasa masih kuat atau baik-baik saja lalu seenaknya, ya siap-siap saja akan menuai akibatnya nanti.

Ci Butet sendiri yang sekarang sudah gantung raket, mengaku terkadang juga mengalami yang namanya mager alias malas bergerak. Dan jika dituruti, otot bisa jadi kaku sehingga terkadang sulit dipakai bergerak posisi tertentu.

Ada saran dari Ci Butet untuk siapa saya yang ingin tetap aktif bergerak dengan kegiatan fisik. Olah raga yang disarankannya adalah berlari, berjalan, dan melompat di tempat.

Jadiatletdirumah


Yang harus diingat, pemanasan dulu ya. Karena, ketiga olah raga tersebut fokusnya ada ada kaki.

Satu lagi, olah raga itu menurut Ci Butet yang perlu diingat adalah konsistensi. Bukan durasi. Juga jangan menggebu-gebu. Yang penting konsisten setiap harinya.

Manfaatnya selain yang tadi sudah disebutkan, menurut Ci Butet efeknya bisa membuat mood jadi enak. Badan pun jadi lebih segar.

Biar bisa tetap aktif di rumah seperti Ci Butet, beliau dan Anlene juga ngajakin kita untuk ikut tantangan nih. Caranya ikutan tantangan Jadi Aktif di Rumah ini adalah sebagai berikut.

1. Follow dulu dong Instagram Anlene di @anlene_indonesia

2. Buat video salah satu cabang olah raga seperti yang sudah diberikan contohnya oleh Anlene

3. Upload video di Instagram feed dengan hastag #JadiAktifdiRumah, #PilihYangLebih, #LebihDariSusu

4. Pastikan produk-produk Anlene terlihat juga ya

5. Tag dan mention @anlene_indonesia dan ajak lima teman untuk ikutan juga.

Kompetisi ini berlaku dari tanggal 23 Juli sampai 8 Agustus, ya. Untuk lebih lengkapnya, kunjungi saja instagram @anlene_indonesia untuk informasi tentang kompetisi #JadiAtletDirumah.

 

Jadiatletdirumah

Oh iya, Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis lho. Buka saja di http://anlenemovecheck.com/. Caranya, kita bisa ikutan Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene. Ini adalah alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas kita dengan melakukan gerakan sederhana.

Tuh kan, siapa bilang di rumah saja malah bikin kita mager terus? Nyatanya, kita tetap bisa kok bergerak aktif di rumah. Dan yang penting juga, pilih nutrisi yang bagus untuk tubuh. Misalnya untuk susu, kita bisa mengonsumsi Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.


Yuk baca juga: 

Ayam dan Telur, Sumber Makanan Kaya Gizi yang Sehat dan Mencerdaskan

Inilah Penyebab Kenapa Gusi Sering Berdarah

Melawan Neuropati untuk Segudang Aktivitas yang Terus Menanti


Related Posts

25 comments

  1. Bayangin, sampai disebutkan orang Indonesia itu kurang suka bergerak. Dan saya pun ikut merasa malu deh. Untunglah dari membaca artikel mbak ini, saya jadi tercerahkan bahwa sehat itu mahal ya saat skrng ini. Dan salah satu nutrisi penting itu ya Anlene

    ReplyDelete
  2. Aku tuh dulu seneng banget Yoga. Sampe ikut member club yoga juga. Tapi setelah punya anak, blasss tidak menyentuk matras yoga. Ternyata pas kemarin yoga bareng amanda Tasning, lha kok ototku kaku semua :(

    ReplyDelete
  3. Seruuu buanget nih acaranyaaa
    keringetan pas ikutan Yoga, dan makin semangaatt ketika ada Ci Butet
    Keren nih Anlene, bikin semangat utk jaga kesehatan, no mager mager club dan penuhi nutrisi tubuh yaaaa

    ReplyDelete
  4. Jujur salah satu hal yang saya syukuri selama pandemi ini saya jadi bisa ikut gathering atau brand launching secara online seperti yang diadakan Anlene ini, Mbak. Tetap update info terbaru meski terpisah jarak. Tapi webinar Anlene ini saya akui keren banget, bahkan bisa #JadiAtletdiRumah dengan adanya yoga juga. Manfaatnya jadi berlipat ganda.

    ReplyDelete
  5. Kelamaan di rumah aja membuat kita malas bergerak, pada dasarnya masyarakat Indonesia minim gerakan tubuh hehehe :D Sekarang mesti berubah dong ya, biar kita bisa terus sehat dan bugar hingga tua nanti. Ternayta usia di bawah 40 tahun juga bisa mengonsumsi Anlene. Ikutan ah kompetisi virtualnya, siapa tau bisa dapetin hadiah menariknya nih.

    ReplyDelete
  6. Seru acaranya nggak hanya dapat informasi seputar susu dan nutrisi eh bisa ikutan yoga dua sesi sampai keringatan Alhamdulillah, Anlene jaminan mutu ya..

    ReplyDelete
  7. Yang membuatku terharu Ada Cici Butet asli keren banget ya mbak yoganya juga ada 2 sesi Anlene terbIk

    ReplyDelete
  8. Kayaknya enak pake treadmill ya kak. Tapi klo ga punya memang manual aja ga ada salahnya. Asal sehat yaa

    ReplyDelete
  9. Aku penasaran gmn ya rasanya yoga. Pernah nyoba meditasi aja enak banget. Nek soal susu kesehatan tulang, memang Anlene jagonya. Ibuku juga minum dan suka karena cocok.

    ReplyDelete
  10. Olahraga di rumah memang harus yah apalagi di masa pandemi ini, banyak gerak baik untuk tubuh. Orang tua jg konsumsi Anlene ntuk kesehatan tulang

    ReplyDelete
  11. Nggak boleh Mager ya mbaaa
    kudu aktif bergerak, utk kesehatan jiwa raga juga
    Semangaatt buat kita semua

    ReplyDelete
  12. Seru banget ya bisa ikutan community webinar dimana pesertanya pun juga diajak untuk yoga.
    Informasi dapet,sehatnya juga dapet ya

    ReplyDelete
  13. dah lewat tanggalnya ya. kukira anlene itu utk org2 tua, padahal aku suka susu tp krn kukira utk 40 nanti, jd blm minum2. minum susu yg lain khawatir tambah ndut

    ReplyDelete
  14. Makin ke sini, mendekati usia 40 tahun Mister kayaknya butuh nih Anlene Actifit 3x biar dapat asupan kalsium tinggi plus vitamin C biar sendi sehat selama pandemi gini. Sambil berusaha rajin olahraga, sehat sehat terus ya Kak!

    ReplyDelete
  15. Aku suka banget bisa ikutan acara ini.. Secara dapetnya banyak..hehe Selain informasih tentang nutrisi untuk tulang dan sendi, dapet info juga dari atlet idola.. Eh masih dapet sesi Yoga juga sampe 2x

    ReplyDelete
  16. Senangnya ya ternyata kita di rumah saja pun tetap bisa jadi atlet.
    Yuk ah maksimalkan lagi olahraga nya...

    ReplyDelete
  17. Anlene emang keren

    Dimulai dari alm ibunda puluhan tahun silam, kini keluarga terbiasa minum Anlene

    khususnya jika sedang sakit dan gak mau makan

    karena Anlene mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

    ReplyDelete
  18. setiap orang pasti mau bisa aktif bergerak sampai tua ya mbak, syaratnya ya harus rajin olahraga dan juga minum Anlene secara rutin ya mbak

    ReplyDelete
  19. Memang kalau mau badan sehat itu nggak boleh mager ya kitanya buat olahraga. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang yang seringnya kita di rumah aja

    ReplyDelete
  20. Coba ada acara ginibterus ya kak tiap hati. Aku bakalan seneng babget ini yoga terus

    ReplyDelete
  21. Lho aku kok ketinggalan acara keren kayak gini, pingin banget bisa Yoga. Ntar kalau ketemu ajarin ya. Gerakan gerakan yang sederhana.

    Salam sehat dari rumah

    ReplyDelete
  22. Woww ini banyak manfaatnya banget untuk usia seperti aku hehe. Anlene Gold 5X mengandung sumber kalium dan vitamin B6 yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah serta hipertensi ya.

    ReplyDelete
  23. Rindu olahraga bareng-bareng kaya dulu lagi..
    Tapi kalau itu yang jadi alasan, bakalan mager terus siih..
    Akhirnya, kami mulai merutinkan olahraga bersama sekeluarga. Kadang naik sepeda bareng, kadang senam bareng di rumah. Hhehe..
    Kalau treadmill, malah dibuat perosotan sama anak-anak, hehehe...

    ReplyDelete
  24. Tetep semangat di kondisi pandemi ini harus rajin olahraga agar tetep sehat dan mengkonsumsi yg sehat maupun bergizi.

    ReplyDelete
  25. Kapan ya anlene ngadain gini lagi. Asyek soalnya.olahraga bareng2 menuju sehat bareng

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular