Setelah Nonton bluMusical, Saya nggak Minder Lagi Punya Mimpi di Usia 40 Tahun

 

Nonton bluMusical yang memberi inspirasi finansial

Awalnya saat nonton bluMusical, saya cuma membatin, “Ah, tayangan ini hanya pantas untuk anak-anak generasi milenial akhir dan Gen Z. Siapalah saya yang masuk kategori generasi milenial awal? Mimpi? Kayaknya sudah nggak pantas lagi!”

Gimana enggak, liriknya saja pas awal seperti ini, “Mimpi-mimpi kita, mimpi kita yang muda.”

Oktober sebentar lagi saja, umur saya genap 40 tahun. Batas akhir dari istilah pemuda.

Tapi… kok musiknya asyik ya? Ya sudah lah, saya teruskan nontonnya. Soalnya tayangannya bentuk drama musical gitu. Ya ada ngobrolnya, tapi banyak musiknya. Koreografinya pun cakep!

Sambil nonton, pikiran saya malah kelayapan ke mana-mana. Inti lamunan saya ada pada kata mimpi. Dulu, saya memang punya mimpi. Namun mimpi yang akhirnya terpenuhi itu membuat saya justru terus bermimpi urusan finansial sekarang ini, saat di mana orang-orang seumuran saya banyak yang sudah meraih kesuksesan finansial.

Baca juga yuk tulisan ini: Ingin Punya Usaha Kuliner dengan Sasaran Generasi Milenial? Yuk Ikuti Tips Berikut

 

Mimpi Kebebasan yang Membuat Bablas Finansial

Banyak yang sudah bilang dari sisi sudut pandang manapun, yang intinya, sesuatu yang dimimpikan dengan keyakinan kuat, akan jadi kenyataan di suatu saat.

Dan itu terbukti pada saya. Dulu waktu sekolah, saya itu ingin sekali hidup pindah-pindah tempat. Bisa ke banyak tempat. Bahkan sampai bermimpi ingin gonta-ganti pekerjaan.

Eh lha da lah… lha kok beneran terkabul! Kerja kayak kutu loncat ke sana sini, pindah ke daerah satu ke daerah lain, bisa merantau dan kelayapan ke banyak tempat di luar Jawa, pokoknya hidup bahagia sebagai nomaden.

Susur sungai di banjarmasin kalimantan selatan

Penghasilan besar pun nggak ada artinya karena uang yang saya dapat tidak saya atur dengan cermat. Ujung-ujungnya, nikah dapat orang daerah asal, kembali ke daerah asal, dan menetap di daerah asal juga.

Finansial? Mengerikan! Nggak ada tabungan. Nggak punya investasi. Beneran dari nol putul kalau orang Jawa bilang.

Kebiasaan kurang bisa mengatur uang itu payahnya masih saya lakukan sampai sekarang. Setiap ada penghasilan, selalu keluar untuk kebutuhan.

Hingga di usia yang hampir genap 40 tahun, berumah tangga, punya anak 2, saya belum punya rumah. Dan itulah mimpi terbesar saya saat ini.

Mimpi-mimpi lainnya kalau disebutkan antara lain, bisa haji dan umrah dengan orang tua, punya usaha frozen food ikan tanpa duri, dan bisa punya dana tabungan untuk pendidikan anak.

Satu hal yang sangat saya syukuri, saya tidak punya tanggungan utang. Segala kebutuhan selalu terpenuhi dalam kondisi pas. Pas butuh, selalu pas ada. Itulah yang sangat alhamdulillah banget rasanya.

Tapi… tentunya siapapun termasuk saya juga pastinya ingin dong ya mimpi-mimpi itu terpenuhi.

Baca juga yuk tulisan ini: Peluang Kerja di Masa Depan yang Menjanjikan Bagi Wanita

 

Pengalaman Nonton bluMusical yang Menginspirasi

Menurut saya bluMusical ini sebuah tayangan yang cukup keren! Saya bisa terhibur dengan nyanyian dan tarian yang ditampilkan. Tapi, sekaligus juga membuat saya menyaksikannya sambil merenung ke belakang dan merencanakan masa depan.

Drama musical ini menghadirkan Raymond Chin yang merupakan CEO & Co-Founder Ternak Uang, Jehian Panangian Sijabat yaitu CEO Menantea, dan Alicia Eva yang seorang pelukis, content creator, serta entrepreneur muda. Ada juga Yura Yunita serta Jakarta Movin.

nonton bluMusical berisi edukasi finansial

bluMusical menceritakan tentang sepuluh anak muda yang masing-masing punya mimpi. Ada yang mimpinya ingin punya rumah, beli laptop baru, atau punya bisnis. Tapi mereka semua bingung, bagaimana cara mereka memulai untuk meraih mimpi mereka.

Di awal tayangan, terlihat sekelompok anak muda dengan beragam karakter. Ada yang sedang sibuk berkutat dengan laptop, ada yang sedang santai berkumpul, dan yang lainnya. 

Kemudian hadirlah Yura Yunita yang mengajak mereka ikutan kuis. Pas ditanya masalah finansial, ternyata masalah mereka beragam. Mulai dari sering mengalami susah keuangan di akhir bulan, sulit nabung, atau rencana patungan mewujudkan sesuatu tapi yang mengisi cuma dia sendiri.

Baca juga yuk tulisan ini: Tips Berbelanja dengan Cara Pintar

Bagaimana kehidupan anak muda dan keinginannya digambarkan secara perumpamaan dalam bluMusical. Selain kuis, ada juga adegan anak-anak muda yang berlomba bakiak panjang, basket, atau kebingungan menemukan kunci yang tepat untuk bisa membuka pintu. 

Ini menggambarkan bagaimana dalam finansial, anak muda perlu punya strategi, kadang jatuh dan menghadapi kegagalan, pantang menyerah bangkit lagi, saling berlomba meraih  tujuan, keberanian untuk memulai langkah, serta tahu kunci yang tepat untuk menyelesaikan masalah finansialnya.

Lalu kemudian satu per satu mulai dari Raymond, Jehian, dan Alicia pun masuk ke scene bluMusical. Mereka memberikan beberapa masukan dan solusi finansial pada 10 anak muda tersebut.

Ada scene di blu Musical yang di situ saya merasa kena banget!

“Setiap orang itu unik, nggak bisa dibandingkan. Semua punya skill, talenta, dan tujuan yang berbeda-beda. Yang penting bukan masalah nominal yang di rekening kita. Tapi seberapa jauh kita bisa berkembang. Yang lebih penting lagi kalau kita bisa bantu orang lain untuk bisa berkembang juga.” Raymond Chin.

“Kita tuh sebetulnya nggak boleh kecil hati sama pencapaian kita.” Jehian Sijabat

“Semua orang itu punya timeline masing-masing. Yang penting kita fokus untuk kembangin diri semaksimal mungkin dan cobain semuanya supaya kita nggak menyesal di kemudian hari. Pastinya kita nggak boleh lupa untuk nikmatin prosesnya.” Eva Alicia

yangpentinglakuin dan mulailangkahmu dalam bluMusical

Coba, saya yang kadang suka panik umur mau 40 tahun tapi kok masih banyak hal yang belum saya capai, lalu dengar itu, gimana nggak jadi merasa tenang?

Tentunya seperti yang sering berkali-kali disebut di bluMusical, #YangPentingLakuin dan #MulaiLangkahmu .

Yuk baca juga tulisan ini: Cara Aman Bertransaksi Non Tunai

 
Kenalan Dulu dengan Aplikasi blu by BCA Digital

Buat yang Selasa 17 Agustus 2021 lalu sempat nonton bluMusical atau tahu kata blu, mungkin bertanya-tanya, apakah blu ini bank baru?

Nah, untungnya sebelum nonton bluMusical, saya sempat baca tulisan di blog beberapa teman blogger. Informasi yang saya dapat, blu itu produk terbarunya BCA Digital. BCA Digital sendiri atau yang lengkapnya PT Bank Digital BCA, sebelumnya bernama PT Bank Royal Indonesia atau Royal Bank. Tapi kemudian tahun 2019, diakuisisi PT Bank Central Asia atau BCA.

download aplikasi blu bisa dilakukan di playstore dan appstore

Kesimpulannya, aplikasi blu by BCA Digital merupakan bagian dari Bank BCA. Yang jadi keunggulan blu adalah begitu banyaknya kelebihan di bidang digital yang bisa didapatkan penggunanya.

Bank yang labelnya BCA sendiri sekarang ini ada tiga, BCA, BCA Syariah, dan BCAD alias BCA Digital. blu ini masuk BCAD. Jadi kalau urusan keuangan antarbank, jika kita pakai nomor rekening blu, pilihannya masuk di BCAD.

Segala urusan penggunaan blu ini lewat aplikasi. Mulai dari urusan daftar awal sampai pemanfaatan fitur-fiturnya. Jadi kita harus download aplikasi blu dulu baru bisa menggunakannya.

 
Kelebihan blu Terutama sebagai Platform Perbankan Next-Generation

Kembali ke cerita saya yang beberapa hari lalu habis nonton bluMusical, kalau saya amati sih, memang blu ini ditujukan untuk generasi milenial dan Gen-Z yang emang hidupnya dekat dengan dunia digital. Apa-apa maunya simpel dan praktis. Cukup pakai hp, beres.

bluMusical juga menggambarkan atau  mewakili bagaimana anak muda zaman sekarang dengan kebutuhan finansialnya. 

Anak muda yang identik dengan hidup senang, namun di balik itu punya segudang keinginan yang ingin diwujudkan di masa depan. Itulah garis besar yang digambarkan dalam bluMusical.

Seperti yang saya tangkap dalam bluMusical terutama, masa depan memang perlu diupayakan dari sekarang. Tapi tidak kemudian membuat kita tidak bisa menikmati penghasilan.

Dan semua itu seakan-akan menjadi satu dalam tabungan blu. Kita bisa mengatur finansial dengan menikmati hidup di masa sekarang, sambil menyusun berbagai rencana untuk diwujudkan di masa depan.

Yuk baca juga tulisan ini: Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Dari hasil ulik ini itu, mengamati, dan info yang saya dapat dari beberapa teman yang sudah duluan pakai blu, menurut saya ada beberapa kelebihan dari aplikasi blu by BCA Digital sehingga pas sebagai platform perbankan next-generation. Jadi, blu itu rupanya banyak memberi…

1. Kemudahan

Mulai dari membuka rekening, membuat tabungan online blu, transfer, top up, beli pulsa, dan masih banyak transaksi lainnya, itu bisa lho lewat blu. Tentu saja, kita cuma butuh hp untuk menjalankan aplikasi blu.

tabungan online blu memiliki banyak kemudahan untuk transaksi

2. Koneksi

Kalau masih ada yang takut hingga terpikir… Ini aman nggak? Kalau yang baru gini ini jangan-jangan ntar ada apa-apa lagi. Eh ternyata, blu ini terkoneksi kok dengan sistem BCA. Sistemnya aman dan juga dapat dipercaya. Lalu kalau ada apa-apa, kita bisa tanya ke customer care haloblu yang selalu ada buat kita.

3. Pengalaman

Maksudnya itu, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan aplikasi blu di hp yang kita genggam. Dengan blu, kita bisa punya:

- 10 tabungan dalam satu rekening

- patungan online blu bisa sampai 25 orang

- buka deposito yang bisa di-top up

- pencairan deposito yang sebelum jatuh tempo, nggak kena penalti, lho!

- bisa buat transaksi bayar atau beli barang

- bisa bayar pakai QRIS

- isi ulang e-money pakai OVO atau GoPay

- kalau mau tarik tunai bisa di ATM BCA

4. Kebebasan

Sebelum saya download Aplikasi blu, seperti biasa, saya suka baca deskripsi aplikasinya sampai komentarnya. Dan ternyata, blu ini banyak kasih kebebasan lho!

Tabungan online blu punya banyak kelebihan


- bebas biaya admin

- bebas biaya tarik tunai di ATM BCA

- bebas biaya trasfer dari dan ke BCA

- bebas biaya transfer ke bank lain atau top up GoPay. Syaratnya, transaksi ini hingga 20 kali per bulan di dua bulan pertama sejak bulan pembukaan rekening. Setelah dua bulan, bebas biaya transfer ke bank lain atau top up GoPay tetap bisa dinikmati dengan memastikan saldo bulanan rata-rata Rp1 juta.

Coba deh, siapa yang nggak suka dengan semua kelebihan blu?

Baca juga yuk tulisan ini: Tips Mendapatkan Dana Cepat yang Aman dan Terpercaya untuk Lebaran

 

#YangPentingLakuin dan #MulaiLangkahmu dengan Aplikasi blu by BCA Digital

Sebagai ibu rumah tangga yang saat ini menekuni dunia konten kreator, saya merasa aplikasi blu ini bisa banyak membantu saya.

Saat ini kehidupan saya banyak dilakukan di rumah. Ya mengurus keluarga terutama anak, sampai urusan kerja. Waktu untuk bisa keluar rumah itu begitu jarang bisa saya lakukan.

Sementara itu terkait pekerjaan, saya sering berhadapan dengan kerja sama yang pembayaran feenya diberikan ke saya lewat transfer bank. Dan seringnya, pembayarannya diminta lewat BCA.

Berdasarkan pengalaman serta kondisi yang tadi saya sebutkan itulah, saya merasa banyak hal unik yang menguntungkan dari blu buat kebutuhan finansial saya.

1. Saya nggak perlu ke luar rumah untuk buka rekening BCA

Untuk mendaftar atau punya rekening blu, saya cukup menyediakan hp dan KTP. Oh iya, biar daftarnya sukses, pastikan kamera belakang buat memfoto KTP nggak ngeblur, demikian juga kamera depan untuk proses verifikasi, serta KTP yang juga dalam kondisi baik.

Plus, jaringan internet yang stabil dan bagus. Karena ini berurusan dengan data perbankan, jangan gunakan wifi umum. Bahaya kalau sampai diretas orang yang tidak bertanggung jawab.

Kalau kamera nggak jernih, ditambah kondisi yang kurang terang, pas KTP kita foto, otomatis segala identitas di KTP seperti nama atau alamat nggak akan tercatat baik di blu. Iya, nggak usah capek-capek ngetik nama dan alamat. Cukup scan saja, auto terketik kok di blu.

Ada sistem verifikasi online. Uniknya, prosesnya mirip kayak lagi di bank. Cuma kalau di bank habis ambil nomor antrian kan kita harus berdiri baris antri tuh. Kalau di blu, asal nomor antriannya masih puluhan lho ya, kita bisa ninggal buat ngopi atau ngemil dulu!

menunggu video call verifikasi aplikasi blu by bca digital

Lalu kalau nada musiknya sudah berganti deringan telepon, baru lah kita siap-siap. Pasang wajah cakep kita, sambil siap pegang KTP dekat wajah. Nanti pihak blu yang melakukan video call dengan kita juga akan menanyakan nama ibu. Jadi pastikan ya, kalau mendaftar blu jangan di tengah keramaian.

2. Ke mana-mana saya cuma modal hp untuk transaksi

Mau bayar sekolah anak, bayar listrik, isi pulsa, transfer antarbank atau ke dompet digital, atau pas bayar belanja yang ada QRIS-nya, saya bisa cukup pakai blu.

Terus kalau mau ambil uang di rekening blu, saya tinggal pergi ke ATM BCA yang banyak bisa saya temui di mana-mana.

3. Nggak takut lagi fee dipotong gara-gara nggak pakai BCA

Ya ampun, ini serius beneran! Jadi, saya sering terlibat kerja sama yang ujung-ujungnya pas berurusan dengan nomor rekening, mintanya BCA. Karena yang transfer fee, seringnya lewat BCA.

Akhirnya karena nggak punya rekening BCA, saya pun memilih pakai rekening bank yang sudah saya punya, atau dompet digital untuk meminimalisir biaya transfer. Atau kalau tidak, ya terima deh fee dipotong biaya transfer. Padahal nominal Rp1.000 atau Rp6.500 itu kan lumayan kalau dipakai buat anak jajan.

Tapi karena sudah ada blu, aman! Tinggal bilang saja, saya pakai blu, nanti pilihannya pakai BCAD. Maksudnya BCA Digital. Yang transfer nggak perlu takut kepotong biaya transfer, saya pun nggak takut lagi kalau sampai dipotong fee-nya.

4. Bebas biaya admin yang nilainya lumayan untuk beliin anak jajan

Setiap akhir dan awal bulan, saya tuh suka sedih kalau lihat rekening bank. Di akhir bulan saya harus menyisihkan uang untuk biaya admin di awal bulan. Lalu setiap awal bulan, saya harus kehilangan uang hingga lebih dari nominal Rp10.000 untuk biaya admin.

Bayangin, uang segitu di tempat saya kalau dipakai belanja bisa lumayan, lho! Buat beli nasi bungkus saja bisa dapat satu porsi.  

5. Terakhir dan yang terpenting, blu membantu saya merencanakan masa depan

Nah ini dia yang jadi hal penting ketika saya memutuskan buka rekening blu. Dengan blu, saya bisa mulai menata finansial untuk masa depan.

Untuk pengeluaran jangka pendek dalam kurun waktu kurang dari setahun, saya bisa menabungnya terpisah-pisah di tabungan online blu, sesuai dengan tujuan saya. Misalnya buat urusan pendidikan anak.

Sedangkan untuk yang jangka agak panjang atau beberapa tahun, saya bisa pakai deposito. Termasuk menyimpan dana darurat. Andai nih ya, kok ya sebelum masa deposito habis ndilalah saya butuh uang dan harus mencairkan deposito tersebut, saya nggak kena penalti. Yah, moga-moga aja kalau yang ini mah jangan sampai kejadian ya!

 

Banyaknya manfaat aplikasi blu by bca digital

Itu versi saya tentang aplikasi blu by BCA Digital yang terinspirasi dari hasil nonton bluMusical, #YangPentingLakuin dan #MulaiLangkahmu . Jadi nggak miner lagi deh meski usia sudah mau kepala 4.

Karena banyak untungnya, yuk download aplikasi blu di link berikut ini:

Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu 

Appstore: https://apps.apple.com/id/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

Lalu kalau ada yang belum nonton bluMusical, bisa lewat embed di akhir tulisan ini ya. Oh iya, kalau sudah nonton bluMusical, cerita dong, apa menurutmu #YangPentingLakuin untuk urusan finansial, dan bagaimana #MulaiLangkahmu untuk mewujudkannya? Share di kolom komentar ya…

 

Embed video

Comments

  1. Ini dulu masalahku juga mba. Pas masih single, udah kerja, gaji lumayan, tapi boro2 ditabung. Abis Mulu buat gaya hidup. Udah syukur ga pake ngutang hahahaha. Nongkrong, hangout, ntah kemana2 abisnya.

    Aku baru sadar dan mulai pikirin investasi, pas mau nikah. Langsung kayak nyeseeel bgt. Apalagi waktu itu udh 29 THN. Kayak berasa telat aja. Tapi ya sudahlaah, mendingan telat drpd ga kan :D.

    Naaaaah pas denger ttg BLU ini, aku lgs tertarik. Apalagi Krn benefit tidak ada biaya admin dan fee trf. Aku paling ga suka Ama bank yg msh ada fee2 begitu, Krn bank yg skr aku pake aja, semua udh free asal maintain dana dalam jumlah tertentu. Buatku Yaa, aku prefer maintain dana tapi free semuanya, drpd tiap bulan dipotong utk admin dll. Males yg kayak gitu

    Kalo BLU bisa ngasih benefit begitu, ya aku pasti tertarik :).

    ReplyDelete
  2. Blu Musical ini bagus banget ya kak, mendukung kita semua termasuk yang udah bukan muda lagi untuk terus mengejar mimpi!

    ReplyDelete
  3. Aplikasinya asyik ya, jadi pengin nyobain juga, kayaknya manfaatnya banyak banget neh, hehehe

    ReplyDelete
  4. Bagus ya gerakan campaign blu ini, mengangkat tema "mimpi" untuk menggapai cita-cita. Semoga cita-cita dan harapan mba terkabul ya, amin!

    ReplyDelete
  5. beruntung yaa Mbak kita kemarin bisa ikut Nonton bluMusical pas di hari launchingnya, jadi gak penasaran ketika orang lain bahas kemerdekaan finansial ya karena kita juga udah tahu kerennya acara ini dan tentu jadi ingin raih mimpi finansial juga dong ya :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah akhirnya punya rekening BCA digital ya Mbak jadi memudahkan buat transferan fee job blogger. Semoga impiannya memiliki rumah sendiri dimudahkan Allah aamiin..

    ReplyDelete
  7. Mimpi besar itu penting ya dan bermimpi yang membuat kita happy juga perlu banget ya.

    ReplyDelete
  8. Wahhh ak dah pake BCA lama baru tau soal ini, mungkin suatu saat pengen coba ah..

    ReplyDelete
  9. wah, saya malah tertarik dengan aplikasi Blu BCA nya nih, kayaknya cocok untuk kebutuhan saya.

    ReplyDelete
  10. Menurutku sah-sah aja bermimpi kapan pun di usia berapa pun. Apalagi yang berhubungan sama finansial, secara semua orang pasti pengin di masa financial freedom

    ReplyDelete
  11. Punya mimpi di usia 40? Justru ini hidup baru dimulai. Semangat!
    Eh, paling suka deh kalo buka rekening gak perlu ke luar rumah. Btw baru tau soal ini padahal pake BCA uda dari dulu banget. Terima kasih infonya ya

    ReplyDelete
  12. wah klo dipikir-pikir memang BCAD ini beda banget dengan M-BCA. bedanya tidak ada potongan. klo gitu ya, saya juga mau dong daftar. meski sudah punya rek. BCA

    ReplyDelete
  13. belum pake BCA, banyak cara untuk menanbung, dengan baca ini Rekening blu bisa jadi salah satu rekomendasi rekening baruku nanti, trimakasih sharingnya kak

    ReplyDelete
  14. Keren banget acara blu Musical nya yah memotivasi kt untuk menggapai mimpi. Saya pun makin semangat menabung buat beli rumah nanti, amiinn

    ReplyDelete
  15. Heyy mbaaa, age is nothing but number!
    Yg penting, kita tetep semangat buat menjalani hidup, berkarya dan berkontribusi seoptimal mungkin, ye kaaann?

    Btw, BCA emang cihuyy!
    Selalu punya terobosan yg menariqueee banget!

    ReplyDelete
  16. ada mode syariah gak mbak? aku juga susah banget nabung, dan kita sama, Alhamdulillah gak punya utang juga

    ReplyDelete
  17. keren ya BCA selalu punya terobosan baru

    salah satunya blu, yang membantu masyarakat gak usah berlama lama di kantor BCA

    cukup pakai gadget, beres deh semua urusan keuangan

    ReplyDelete
  18. Lha kok apik ini. Biaya admin adalah sebuah pemborosan yang hakiki. Kalau ada aplikasi non biaya admin itu wajib untuk dijaga biar makin oke dari hari ke hari

    ReplyDelete
  19. Sama banget mimpi ini selalu aku pupuk yakni bebas finasial deh sebelum anak-anak masuk kuliah. Semoga etrcapai, aamiin

    ReplyDelete
  20. Aplikasinya keren ya. Banyak banget manfaatnya. Jadi pengen buka rekening BCA juga.

    ReplyDelete
  21. Sekarang ini semua termudahkan, termasuk program dari Bank BCA semua bisa di lakukan di rumah

    ReplyDelete
  22. Ternyata yang namanya impian itu tidak terbatas oleh usia yaa, kak.
    Dengan menonton blumusical justru membuka mata kita agar berani bermimpi dan berani mewujudkan dari mulai sekarang.

    ReplyDelete
  23. Nonton bluMusical ini banyak insight yang kita dapatkan ya kak. Inspiring banget untuk belajar literasi keuangan. Aku udah download juga blu by BCA Digital niy hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan membaca. Mohon maaf, komentar yang mengandung link hidup akan saya hapus ya...

Popular posts from this blog

TB Membuat Kayyisah Menjadi Anak tak Biasa

Mengganti Token Bank Mandiri yang Habis Baterai

Pakai Serum Pemutih Badan yang Bikin Cepat Putih, Aman Nggak Ya?